8 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji 3 Juta

Sabtu 06 Januari 2024, 14:00 WIB
Ilustrasi - Gaji 3 juta per bulan merupakan salah satu gaji yang cukup umum di Indonesia. Dengan gaji tersebut, tentu tidak mudah untuk mengatur keuangan rumah tangga agar tetap stabil. (Sumber : Freepik.com/@pressfoto).

Ilustrasi - Gaji 3 juta per bulan merupakan salah satu gaji yang cukup umum di Indonesia. Dengan gaji tersebut, tentu tidak mudah untuk mengatur keuangan rumah tangga agar tetap stabil. (Sumber : Freepik.com/@pressfoto).

SUKABUMIUPDATE.com - Mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta memang tidak mudah, tetapi bukan berarti tidak mungkin. Dengan perencanaan dan disiplin, Anda tetap bisa mengelola keuangan rumah tangga dengan baik dan mencapai tujuan keuangan Anda.

Gaji 3 juta per bulan juga mungkin terasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tetapi jika tidak dikelola dengan baik, pengeluaran bisa menjadi lebih besar dari pemasukan. Oleh karena itu, penting untuk mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta dengan cermat.

Berikut adalah 8 cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta:

Baca Juga: 8 Cara Mengelola Keuangan di Awal Tahun Biar Gak Boros

1. Buat Anggaran

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat anggaran keuangan rumah tangga. Anggaran ini akan membantu Anda untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda miliki dan untuk apa uang tersebut akan digunakan.

Dalam membuat anggaran, Anda perlu mempertimbangkan semua pengeluaran yang Anda miliki, baik pengeluaran rutin maupun pengeluaran tidak rutin. Pengeluaran rutin adalah pengeluaran yang Anda lakukan setiap bulan, seperti biaya makan, listrik, air, dan transportasi. Pengeluaran tidak rutin adalah pengeluaran yang Anda lakukan tidak setiap bulan, seperti biaya cicilan, biaya kesehatan, dan biaya pendidikan.

Setelah Anda mengetahui semua pengeluaran Anda, Anda dapat mulai membuat anggaran. Anda dapat menggunakan metode persentase untuk membagi anggaran Anda. Misalnya, Anda dapat mengalokasikan 50% dari gaji Anda untuk pengeluaran rutin, 30% untuk tabungan dan investasi, dan 20% untuk pengeluaran tidak rutin.

Baca Juga: 10 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga yang Tepat Agar Tidak Boros!

2. Catat Semua Pengeluaran

Setelah membuat anggaran, Anda perlu mencatat semua pengeluaran Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk memantau apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran atau tidak.

Anda dapat mencatat pengeluaran Anda dengan menggunakan buku catatan, aplikasi keuangan, atau cara lainnya yang Anda sukai. Anda perlu mencatat semua pengeluaran, baik pengeluaran kecil maupun besar.

3. Kurangi Pengeluaran Tidak Penting

Setelah Anda mengetahui semua pengeluaran Anda, Anda dapat mulai mengurangi pengeluaran tidak penting. Pengeluaran tidak penting adalah pengeluaran yang tidak perlu dan dapat dikurangi atau dihilangkan.

Baca Juga: 7 Tips Mengelola Keuangan Bagi Pekerja yang Bergaji Dibawah 2 Juta

Beberapa contoh pengeluaran tidak penting adalah:

  • Jajan di luar
  • Belanja impulsif
  • Biaya langganan layanan yang tidak digunakan

Anda dapat mulai mengurangi pengeluaran tidak penting dengan membuat daftar pengeluaran tidak penting yang Anda miliki. Setelah itu, Anda dapat mulai mengurangi atau menghilangkan pengeluaran tersebut.

4. Cari Penghasilan Tambahan

Jika Anda merasa gaji 3 juta tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda, Anda dapat mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk mencari penghasilan tambahan, seperti bekerja sampingan, berbisnis, atau investasi.

Baca Juga: 7 Ciri Kamu Sudah Dewasa dan Memiliki Mental yang Kuat

Dengan mencari penghasilan tambahan, Anda dapat menambah pemasukan Anda dan meningkatkan kondisi keuangan Anda.

5. Hindari Utang

Utang dapat membuat keuangan Anda menjadi semakin sulit. Oleh karena itu, hindari utang, kecuali jika utang tersebut memang diperlukan untuk hal-hal yang mendesak.

Jika Anda sudah memiliki utang, usahakan untuk melunasinya secepat mungkin. Anda bisa melakukan negosiasi dengan pihak pemberi utang untuk mendapatkan keringanan pembayaran.

Baca Juga: 10 Cara Berdamai Dengan Diri Sendiri Agar Hidup Tenang dan Bahagia

6. Pastikan Tabungan dan Investasi Anda Berjalan

Selain dana darurat, Anda juga perlu menyisihkan sebagian dari gaji Anda untuk tabungan dan investasi. Tabungan adalah dana yang Anda tabung untuk tujuan jangka pendek, seperti liburan atau membeli barang elektronik. Investasi adalah dana yang Anda tabung untuk tujuan jangka panjang, seperti pensiun atau pendidikan anak.

Anda sebaiknya menyisihkan 30% dari gaji Anda untuk tabungan dan investasi. Anda dapat membaginya menjadi 15% untuk tabungan dan 15% untuk investasi.

7. Lakukan Evaluasi Keuangan Secara Berkala

Anda perlu melakukan evaluasi keuangan secara berkala, misalnya setiap bulan atau setiap semester. Evaluasi keuangan ini akan membantu Anda untuk melihat apakah keuangan Anda berjalan sesuai rencana atau tidak.

Baca Juga: 11 Cara Memiliki Mental Kuat dan Tidak Gampang Lemah, Makin Percaya Diri!

Dalam melakukan evaluasi keuangan, Anda perlu melihat:

  • Apakah pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran
  • Apakah Anda berhasil mengurangi pengeluaran tidak penting
  • Apakah Anda berhasil menambah penghasilan tambahan
  • Apakah dana darurat Anda sudah mencukupi
  • Apakah tabungan dan investasi Anda berjalan sesuai rencana

Jika Anda menemukan adanya masalah dalam keuangan Anda, Anda dapat segera mengambil langkah untuk memperbaikinya.

8. Jangan Mudah Terbawa Gengsi

Salah satu faktor yang dapat membuat keuangan rumah tangga menjadi tidak stabil adalah gengsi. Jangan mudah terbawa gengsi untuk mengikuti gaya hidup orang lain.

Fokuslah pada kebutuhan Anda dan keluarga Anda. Jika Anda tidak mampu membeli sesuatu, jangan memaksakan diri untuk membelinya.

Dengan mengikuti 8 cara di atas, Anda dapat mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta dengan baik.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Nasional03 Mei 2024, 01:02 WIB

Jokowi Teken UU Desa Baru, Kades Dapat Uang Pensiun dan Bisa Menjabat Hingga 16 Tahun

Presiden Jokowi menandatangani pengesahan UU Desa baru, Kades dapat uang pensiun hingga jabat 2 periode.
Ilustrasi Kepala Desa atau Kades. | Foto : Sukabumi Update
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich