Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung: Harga dan Cara Beli Online

Sabtu 16 September 2023, 20:00 WIB
Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung: Harga dan Cara Beli Online (Sumber : via Kemlu)

Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung: Harga dan Cara Beli Online (Sumber : via Kemlu)

SUKABUMIUPDATE.com - Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) memiliki kecepatan hingga 350 km/jam yang menghubungkan Tegalluar di Bandung, Jawa Barat dengan Halim di Jakarta Timur. KJCB ini adalah sebuah layanan kereta api berkecepatan tinggi pertama di Indonesia dan Asia Tenggara.

Saat ini, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mulai menjalankan tahapan uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB)  untuk masyarakat  dimulai pada Jumat, 15 September 2023. Uji coba itu dilakukan tanpa dipungut biaya alias gratis. 

Uji coba KCJB gratis, seperti mengutip Tempo.co, dilaksanakan setelah memperoleh izin dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pada Kamis, 14 September 2023. 

“Adapun keterlibatan masyarakat yang menjadi bagian dari uji coba kereta cepat akan terus dilakukan hingga 30 September 2023,” kata Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa melalui keterangan tertulis, dikutip Sabtu (16/9/2023). 

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Penurut Pada Orang Tua

Sementara untuk operasional komersialnya atau commercial operation date (COD) direncanakan akan dimulai pada Minggu, 1 Oktober 2023. Kabar itu disampaikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub Risal Wasal setelah menjajal sepur kilat bersama Presiden Joko Widodo alias Jokowi. 

“Fix insya Allah (1 Oktober operasional komersial),” ucapnya di Stasiun Halim, Jakarta Timur, Rabu, 13 September 2023. 

Harga Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung

Mengenai harga tiket KCJB, PT KCIC mengusulkan paket (bundling) KCJB sebesar Rp 300 ribu, termasuk layanan Light Rail Transit (LRT) dan kereta api pengumpan (feeder).

 “Kami sih mengusulkan Rp 300 ribu, sudah dengan feeder dan LRT,” kata Dirut PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi di Stasiun Halim, Jakarta, Rabu, 13 September 2023. 

Baca Juga: 12 Tips Mendidik Anak Perempuan Agar Memiliki Kepribadian Baik

Dwiyana menjelaskan, untuk tarif Kereta Cepat Jakarta-Bandung saja diusulkan sebesar Rp 250 ribu per penumpang untuk kelas premium ekonomi. Selain dua kategori tersebut, PT  KCIC pun mengusulkan tarif dinamis (dynamic pricing) untuk kelas bisnis dan kelas utama. 

“Soalnya kan first class dan business class pasti menggunakan dynamic pricing, karena targetnya kan berbeda, segmented-lah kalau ini,” ujarnya. 

Namun, kata Dwiyana, harga tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung tersebut masih bersifat usulan. KCIC masih terus berkoordinasi dengan Kemenhub, KAI, dan pihak-pihak lain yang terkait, seperti PT LRT Jakarta. 

Cara Beli Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung

Sebagaimana unggahan di akun Instagram @keretacepat_id pada Jumat, 11 Agustus 2023, tiket kereta api cepat nantinya dapat dibeli di aplikasi KAI Access dan aplikasi online travel agent (OTA) lainnya. Calon penumpang juga bisa memesan tiket via situs resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. 

“Tiket kereta api cepat bisa kamu beli di aplikasi KAI dan aplikasi penjualan tiket lainnya,” tulis akun tersebut. 

Baca Juga: 15 Tips Mendidik Anak Laki-laki Agar Lebih Menghargai Perempuan

Pembelian tiket KCJB juga dapat dilakukan melalui aplikasi Gojek setelah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. secara resmi bergabung ke dalam ekosistem proyek sepur kilat. Hal itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara GoTo dengan KCIC untuk pengembangan transportasi terintegrasi dan pelayanan KCJB. 

“Kami akan hadirkan pengalaman mobilitas terbaik dengan mempermudah akses masyarakat dalam menggunakan KCJB,” ucap Chief of Transport Officer Gojek, Shobhit Singhal, di kantor KCIC, Halim, Jakarta Timur, dikutip dari keterangan resminya.

Shobhit menuturkan, melalui kerja sama itu, masyarakat nantinya bisa membeli tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung melalui metode pembayaran dompet digital (e-wallet) GoPay. Tak hanya itu, penumpang dapat mengakses stasiun KCJB maupun area transit lainnya melalui aplikasi Gojek, dengan layanan GoCar dan GoRide. 

Anak usaha Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta PT JakLingko Indonesia empat hari sebelumnya pun resmi menjadi salah satu mitra dalam sistem pembayaran tiket KCJB. Hal itu dibuktikan dengan penandatanganan MoU oleh Direktur Utama (Dirut) PT JakLingko Indonesia Muhammad Kamaluddin dan Dirut PT KCIC Dwiyana Slamet Riyadi pada Rabu, 1 Februari 2023. 

“Kami mengapresiasi peluang JakLingko Indonesia mampu melayani pembelian tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang terhubung dengan transportasi umum,” ujar Kamaluddin dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis, 2 Februari 2023 lalu.

SUMBER: TEMPO.CO | ANDIKA DWI | MELYNDA DWI PUSPITA | RIANI SANUSI PUTRI | MOH. KHORY ALFARIZI

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi24 Juni 2024, 23:49 WIB

8 Fakta di Balik Misteri Penemuan Tengkorak Manusia di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di sebuah kebun di belakang Perumahan Nadira, Kampung Cioray, Sukabumi, pada Senin (24/6/2024) telah menghebohkan warga setempat.
Tengkorak manusia dan celana panjang warna merah di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat24 Juni 2024, 22:34 WIB

Terbukti Curang, Disdik Jabar Coret 199 Siswa dari PPDB SMA/SMK 2024

Dinas Pendidikan Jawa Barat membatalkan 168 siswa atau calon peserta didik setelah pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMA 2024
Ilustrasi Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi24 Juni 2024, 22:12 WIB

Peninggalan Bersejarah: Pos Security Zaman Belanda di Surade Sukabumi Masih Kokoh

Bangunan bersejarah dari masa penjajahan Belanda masih tegak kokoh di tepi Sungai Cikarang, berbatasan antara Desa Pasiripis Kecamatan Surade
Peninggalan zaman Belanda berupa bangunan yang dahulunya merupakan pos security | Foto : Ragil Gilang
Keuangan24 Juni 2024, 21:12 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Kecam Aksi Calo Klaim Program Jaminan Sosial

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan secara tegas mengutuk praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial yang dilaksanakannya.
Ilustrasi praktik calo dalam pendaftaran program jaminan sosial | Foto : Pixabay
Opini24 Juni 2024, 21:00 WIB

Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan

Teknik kultur jaringan tanaman (plant tissue culture technique) tidak dapat dipisahkan dari berbagai teknologi terkini yang mewarnai kemajuan bidang pertanian.
Penerapan Metode Kultur Jaringan pada Petani Pedesaan | Foto : Pixabay
Sehat24 Juni 2024, 21:00 WIB

Pengaruh Terhadap Gula Darah: 3 Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Bagi Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah.
Ilustrasi - Bagi penderita diabetes, penting untuk selalu menjaga kualitas tidurnya demi mencegah lonjakan gula darah. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi24 Juni 2024, 20:15 WIB

Selain Celana Merah dan Bra Ada Kemeja Bergaris Biru, Tengkorak di Cioray Sukabumi

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim medis, tengkorak tersebut diduga berjenis kelamin perempuan dengan usia di perkirakan antara 20 sampai 30 tahun.
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juni 2024, 20:03 WIB

Misteri Uang 62 Ribu Di Saku Celana Tengkorak Di Cioray Sukabumi

Penemuan tengkorak manusia di Kampung Cioray, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, masih menjadi misteri. Penemuan tengkorak itu disertai dengan temuan pakaian korban dan uang di saku celana.
Polisimi selidiki penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Life24 Juni 2024, 20:00 WIB

Kembang Kol dan Gula Darah: 10 Manfaat dan Memasukkannya ke Diet Ramah Diabetes

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes.
Ilustrasi - Kembang kol adalah salah satu sayuran yang bermanfaat baik untuk gula darah penderita diabetes. (Sumber : Freepik.com/@jcomp).
Sukabumi24 Juni 2024, 19:52 WIB

100 Meter Ke Pemukiman, Lokasi Penemuan Tengkorak di Cioray Sukabumi Jarang Dilalui Warga

Sekretaris Desa Bojongraharja, Taufik Hidayat, menjelaskan bahwa lokasi penemuan tersebut jarang dilalui warga karena kondisi yang rimbun dan tidak terurus. Padahal cuma sekitar 100 meter dari pemukiman warga
Lokasi penemuan tengkorak manusia di Cioray Sukabumi jaraknya sekitar 100 meter dari pemukiman warga | Foto : Ibnu Sanubari