KPPN Sukabumi: Gaji ke-13 Rp 37,7 Miliar Cair di 1 Juli 2022

Selasa 28 Juni 2022, 18:25 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gaji ke-13 merupakan bentuk kepedulian negara melalui pemerintah untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN). Tentunya hal ini sangat dinantikan.oleh para ASN, mengingat dana tersebut akan dibutuhkan guna pembiayaan pendidikan anak sekolah karena bertepatan dengan momen tahun ajaran baru.

Menurut Peraturan Menteri Keuangan nomor 75 tahun 2022, disebutkan bahwa gaji ke-13 adalah tambahan penghasilan bagi ASN dengan menggabungkan beberapa komponen. Komponen tersebut meliputi gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan pangan, dan tunjangan jabatan atau tunjangan umum. Berbeda dengan tahun sebelumnya, untuk tahun ini terdapat tambahan komponen baru, yaitu tunjangan kinerja sebesar 50%.

Adapun yang berhak menerima gaji ke-13 adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan calon PNS, Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), Prajurit TNI, Anggota POLRI, Pejabat Negara, Pensiunan, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan. Namun demikian, terdapat dua kelompok ASN yang tidak memperoleh pembayaran gaji ke-13. Pertama adalah ASN yang sedang menjalani cuti di luar tanggungan negara. Kedua adalah ASN yang sedang ditugaskan di luar instansi pemerintah, baik di dalam negeri maupun luar negeri yang gajinya dibayar oleh instansi tempat penugasan.

Pembayaran gaji ke-13 yang bersumber dari APBN, dilakukan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) di seluruh Indonesia, termasuk KPPN Sukabumi.

“Proses pengajuan SPM gaji ke-13 ke KPPN Sukabumi telah dimulai sejak 24 Juni 2022. Bahkan, untuk mempercepat proses penyelesaian pembayaran gaji ke-13, pegawai KPPN Sukabumi membuka layanan khusus di hari Sabtu dan Minggu tanggal 25 dan 26 Juni 2022,” jelas Abdul Lutfi, Kepala KPPN Sukabumi saat memberikan keterangan di ruangan kerjanya pada Selasa (28/6/2022).

“Hingga saat ini, terdapat total dana sebesar Rp 37,7 miliar yang sudah diajukan ke KPPN Sukabumi. Insya Allah, di tanggal 1 Juli 2022 nanti, akan cair dan masuk ke rekening masing-masing pegawai,” imbuh Abdul Lutfi.

Abdul Lutfi berharap kebijakan pemerintah memberikan gaji ke-13 akan berimplikasi positif pada peningkatan konsumsi rumah tangga di awal semester II 2022, sehingga berdampak positif pula pada pertumbuhan ekonomi.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Tags :
Berita Terkini
Inspirasi04 Mei 2024, 15:00 WIB

Info Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur

Simak Informasi Magang di Perusahaan Makanan, Penempatan Cakung Jakarta Timur
Ilustrasi. Melamar Kerja. Info Magang di Perusahaan Makanan,  Penempatan Cakung Jakarta Timur (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Life04 Mei 2024, 14:30 WIB

6 Kebiasaan Orang Tua yang Bisa Menghancurkan Mental Anak, Yuk Jangan Sepelekan!

Beberapa kebiasaan yang sering dilakukan orang tua kepada anak rupanya bisa menyebabkan hancurnya mental seorang anak tanpa disadarinya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang tua yang menghancurkan mental anak. Sumber foto : Pexels/Kampus Production
Life04 Mei 2024, 14:00 WIB

9 Tips Membahagiakan Diri Sendiri Saat Hidup Banyak Tekanan

Saat hidup banyak tekanan, setiap orang memiliki cara yang berbeda untuk membahagiakan diri sendiri.
Ilustrasi. Ciri Orang Lelah Mental Karena Banyak Tekanan Hidup (Sumber : pixabay.com/@1388843)
Sukabumi04 Mei 2024, 13:58 WIB

Bupati Sukabumi Menang PTUN, 80 Kades Harus Kembalikan Dana Bantuan Hukum ke Kas Desa

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dinyatakan menang usai PTUN Bandung menolak gugatan Law Firm Marpaung terkait penghentian kerjasama bantuan hukum desa.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami | Foto : Dok. Sukabumi Update
Sehat04 Mei 2024, 13:00 WIB

9 Cara Sehat Menurunkan Gula Darah Secara Alami Tanpa Obat Diabetes

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan terkait menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes.
Ilustrasi. Olahraga di rumah. Tips menurunkan gula darah secara alami tanpa obat diabetes. | Foto: iStock
Life04 Mei 2024, 12:30 WIB

Jangan Disepelekan Bund! Inilah 5 Tanda Rendahnya Harga Diri pada Anak

Harga diri yang rendah dapat berdampak pada perkembangan akademis, pribadi, dan sosial anak. Untungnya, ada tanda-tanda yang dapat dicari orang tua dan cara untuk membantu.
Ilustrasi. Rendahnya harga diri pada anak. Sumber : Pexels.com/@PuskarRai
Life04 Mei 2024, 12:00 WIB

Stres Termasuk 7 Penyebab Berat Badan Turun Drastis, Kamu Mengalaminya?

Stres fisik yang disebabkan oleh cedera, operasi, atau trauma, serta stres emosional yang berkepanjangan, dapat menyebabkan penurunan berat badan karena tubuh mengalami kelelahan dan kekurangan energi.
Ilustrasi. Orang Mengalami Stres Sehingga Menyebabkan Berat Badan Turun Drastis (Sumber : Pexels/NathanCowley)
Jawa Barat04 Mei 2024, 11:43 WIB

Jarkom PDs Canangkan Dana Abadi Berbasis Wakaf Bersama LW Doa Bangsa

Pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) Edukasi Wakaf Indonesia (EWI) Provinsi Jawa Barat bersilaturahmi kepada Pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Jaringan Komunikasi Pembangunan Desa (Jarkom PDs)
Perwakiln LP3H Provinsi Jawa Barat Agus Kamil dan Entus Wahidin serta Ketua Umum Jarkom PDs Pusat, Ayi Kosasih, dan Sekretaris Jenderal Jarkom PDs Pusat, Dasep Saepuloh | Foto : Ist
Life04 Mei 2024, 11:30 WIB

Temukan Akar Masalahnya, 3 Cara Membantu Anak yang Memiliki Harga Diri Rendah

Harga diri pada anak sangatlah penting. Namun bagaimana cara membantu apabila harga diri anak rendah?
Ilustrasi. Membantu Anak Yang Memiliki Harga Diri Rendah. Sumber : pexels.com/@Annushka
Sukabumi04 Mei 2024, 11:21 WIB

Pria Dipanggil Ceuceu, Korban Pembunuhan di Citepus Sukabumi Diduga Penyuka Sesama Jenis

ria yang menjadi korban penganiayaan hingga terjadi pembunuhan di sebuah perumahan di Desa Citepus, Kecamatan Pelabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (4/5/2024) diduga penyuka sesama jenis.
Evakuasi korban pembunuhan di perumahan di Citepus Sukabumi | Foto : Ist