Hindari Kebotakan! 7 Cara Perawatan Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Selasa 27 Februari 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)

Ilustrasi - Berikut ini cara merawat rambut rontok dengan menggunakan bahan-bahan alami (Sumber : Freepik.com/@stockking)

SUKABUMIUPDATE.com - Rambut rontok menjadi salah satu masalah yang dialami banyak orang dan kerap membuat khawatir karena jika terus terjadi maka bisa menimbulkan kebotakan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan merawatnya menggunakan bahan-bahan alami. Perawatan rambut rontok dengan bahan alami sendiri dapat menjadi pilihan yang baik karena tidak mengandung bahan kimia keras dan biasanya lebih ramah lingkungan.

Nah, berikut ini adalah beberapa cara perawatan rambut rontok menggunakan bahan alami yang bisa ditemukan di sekitar rumah.

Baca Juga: 6 Manfaat Masker Putih Telur Untuk Kulit Wajah, Ampuh Atasi Jerawat

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat yang dapat menguatkan akar rambut dan mencegah rambut rontok. Oleskan minyak kelapa hangat ke kulit kepala Anda dan pijat secara perlahan-lahan. Biarkan selama beberapa jam atau semalaman sebelum dibilas dengan sampo ringan.

2. Lidah Buaya

Gel lidah buaya memiliki sifat pelembap alami yang dapat membantu mengurangi kerontokan rambut. Oleskan gel lidah buaya ke kulit kepala dan rambut Anda, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

3. Bawang Putih

Bawang putih mengandung selenium dan mineral lain yang dikenal dapat merangsang pertumbuhan rambut. Haluskan beberapa siung bawang putih, campur dengan sedikit madu, dan oleskan ke kulit kepala Anda. Diamkan selama 15-30 menit sebelum dibilas dengan sampo.

Baca Juga: Rambut Berminyak dan Lepek? Yuk Coba Atasinya dengan 9 Cara Ini

4. Daun Jarak

Daun jarak mengandung minyak esensial yang baik untuk kesehatan rambut. Tumbuk daun jarak segar dan ekstrak airnya. Oleskan air ini ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 30-45 menit sebelum dibilas.

5. Minyak Almond

Minyak almond adalah pelembap alami yang baik untuk rambut dan kulit kepala. Oleskan minyak almond hangat ke kulit kepala Anda, pijat dengan lembut, dan biarkan selama beberapa jam sebelum dibilas dengan sampo.

6. Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut. Sirkulasi darah yang baik di kulit kepala juga dapat membantu mengurangi rambut rontok. Bilas rambut Anda dengan teh hijau yang telah diseduh dan biarkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

Baca Juga: 8 Gaya Rambut Ala Wanita Korea yang Bisa Bikin Kamu Lebih Percaya Diri

7. Jahe

Jahe dapat merangsang pertumbuhan rambut karena mengandung zat-zat seperti gingerol. Parut jahe segar dan campurkan dengan minyak kelapa, lalu oleskan campuran ini ke kulit kepala Anda. Diamkan selama 30 menit sebelum dibilas.

Selalu lakukan uji coba kecil terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi terhadap bahan-bahan alami ini.

Jika rambut rontok Anda parah atau berlanjut, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli perawatan rambut untuk diagnosis dan perawatan yang tepat.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi17 April 2024, 00:24 WIB

Tol Bocimi Kembali Ditutup, Polisi Lakukan Hal Ini Atasi Padatnya Kendaraan di Jalan Arteri

Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo mengatakan, dampak Tol Bocimi dari arah Cigombong hingga Exit Tol Parungkuda dalam perbaikan, diperkirakan akan meningkatkan volume kendaraan yang melintasi jalur arteri
Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo usai penutupan Tol Bocimi seksi 2, di Pos Terpadu Parungkuda, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life16 April 2024, 21:46 WIB

Tingkatkan Kualitas Tidur, Ini 8 Cara yang Harus Kamu Lakukan

Tidur adalah kegiatan yang alami dan penting bagi kesehatan manusia. Ini adalah periode istirahat yang diperlukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan memulihkan diri setelah beraktivitas sepanjang hari.
Ilustrasi tidur. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi16 April 2024, 21:36 WIB

Saber Pungli Gelar Kordinasi Pencegahan Praktik Pungli di Sukabumi

Pungutan liar (Pungli) masih menjadi masalah serius di beberapa wilayah di Kabupaten Sukabumi.
Unit Pemberantasan Pungutan Liar (UPP) Saber Pungli Kabupaten Sukabumi, sedang melakukan rapat kordinasi | Foto : Ilyas Supendi
Kecantikan16 April 2024, 21:21 WIB

Cara Mudah Agar Kulit Bersinar dengan Alami, Ini yang Harus Dilakukan

Kulit yang bersinar dan sehat adalah impian setiap orang. Namun, dengan banyaknya produk perawatan kulit di pasaran, seringkali kita lupa bahwa alam menyediakan segala yang kita butuhkan untuk merawat kulit kita dengan baik.
Ilustrasi kulit wajah bersinar. (Sumber : Pixabay)
Sukabumi Memilih16 April 2024, 21:20 WIB

Habib Mulki Resmi Daftar di PDI Perjuangan untuk Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Habib Mulki resmi mendaftarkan diri ke Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai Bacalon Bupati / Wakil Bupati pada Pilkada 2024.
Habib Mulki, resmi mendaftar di PDIP untuk maju di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

8 Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Kolesterol

Kacang kedelai adalah jenis kacang-kacangan yang berasal dari tanaman kedelai (Glycine max), yang merupakan bagian dari keluarga kacang-kacangan (Fabaceae).
Ilustrasi kacang kedelai. (Sumber : Pixabay)
Sehat16 April 2024, 21:00 WIB

Mengatur Kadar Gula Darah! Alasan Mengapa Anda Harus Tidur Nyenyak di Malam Hari

Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Alasan tidur nyenyak di malam hari membantu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Freepik.com/@wavebreakmedia_micro).
Sukabumi Memilih16 April 2024, 20:49 WIB

Jadi Pendaftar Ketiga di Demokrat, Zaenul Siap Maju di Pilkada Sukabumi 2024

Mantan Kadis Perizinan Kabupaten Sukabumi, Zaenul, secara resmi mendaftar menjadi peserta dalam konstestasi Pilkada Sukabumi 2024 melalui Partai Demokrat, hari ini, Selasa (16/4/2024).
Zaenul resmi mendaftar sebagai calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari Partai Demokrat, Selasa (16/4/2024) | Foto : Ist
Life16 April 2024, 20:31 WIB

9 Cara Agar Betah Saat Merantau, Ini yang Harus Dilakukan

Merantau adalah praktik tradisional di banyak budaya di mana seseorang meninggalkan tempat asalnya untuk tinggal sementara atau secara permanen di tempat yang jauh.
Ilustrasi merantau. (Sumber : pixabay/goesto)
Sehat16 April 2024, 20:30 WIB

Resep Seduhan Daun Alpukat untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah.
Ilustrasi - Seduhan daun alpukat dipercaya dapat membantu menurunkan kadar gula darah. (Sumber : Pixabay.com/@FoodieFactor/Istimewa).