Mengenal Filosofi Gaun Laksmi Deneefe di Miss Universe 2022

Minggu 15 Januari 2023, 22:16 WIB
Laksmi Deneefe Suardana, wakil Indonesia di ajang Miss Universe 2022, tampil memesona dengan gaun 'The Waterfall'. Gaun malam ini karya Maison Met dari Metty Choa. |Foto: Instagram/officialputeriindonesia.

Laksmi Deneefe Suardana, wakil Indonesia di ajang Miss Universe 2022, tampil memesona dengan gaun 'The Waterfall'. Gaun malam ini karya Maison Met dari Metty Choa. |Foto: Instagram/officialputeriindonesia.

SUKABUMIUPDATE.com - Deretan gaun yang dipakai Laksmi Deneefe Suardana, wakil Indonesia di ajang kompetisi Miss Universe 2022, dirancang istimewa. Selain indah, ada filosofi khusus dibalik gaun-gaun tersebut. 

Miss Universe 2022 digelar pada Sabtu, 14 Januari 2023, di Ernest N. Morial Convention Center, New Orleans, Amerika Serikat. Dalam ajang ini, gelar Miss Universe jatuh ke tangan Miss USA, R'Bonney Gabriel.

Dilansir dari tempo.co, meski tak masuk tahap 16 besar, Laksmi tampil mengenakan beberapa gaun yang memiliki filosofi khusus.

Baca Juga: Kata Warga Soal Progres Pembangunan Jembatan Baru Pamuruyan di Cibadak Sukabumi

Saat tahap preeliminary Miss Unvierse 2022, Laksmi mengenakan gaun Waterfall dari koleksi Maison Met. Menurut keterangan unggahan di Instagram-nya, gaun itu adalah simbol keindahan, kemurnian, dan energi air yang mempesona.

"Banyak air terjun dapat ditemukan di seluruh Bali dan air merupakan dasar agama Bali. Ini memberikan penyembuhan spiritual, pengetahuan dan kejelasan," bunyi keterangan tersebut.

Baca Juga: Miss Universe 2023 Disabet R'Bonney Gabriel, Ini Daftar 84 Kontestan Termasuk Indonesia

Gaun itu terbuat dari kain berhias mewah dalam nuansa biru mutiara lembut dan abu-abu tiram dan jatuh ke tanah dalam pancaran cahaya yang berkilauan, seperti air terjun yang anggun.

"Itu memberi penghormatan kepada kekayaan alam dan juga mengingatkan untuk melestarikan air terjun ekosistem yang unik dan warisan nasional. Gaun tersebut ditonjolkan oleh anting-anting berlian desain tradisional Bali. Seperti pancaran cahaya yang berkilauan, sehingga melengkapi gambar air keperakan yang berkilauan.

Selain itu, Laksmi juga mengenakan koleksi lain dari Maison Met, yaitu Wave Gown, yang merupakan simbol kekuatan agung dan keanggunan air. Seperti dikutip dari keterangan unggahan Instagram-nya, ombak melambangkan pasang surut kehidupan, emosi yang naik turun tapi selalu kembali dengan energi baru.

Baca Juga: Calon Juara! Ini Dampak Positif Hadirnya Luis Milla di Persib Bandung

Mereka didorong oleh angin, bulan dan matahari. Agama Bali dikenal sebagai Agama Tirta, agama air suci. Melalui berkah air, diyakini bahwa penyembuhan spiritual, kebijaksanaan, dan pengetahuan diperoleh

Gaun itu terbuat dari sutra cair dan berputar di sekitar tubuh seperti gelombang laut. Warna mutiara yang berkilauan mewakili energi vital ombak di puncak tertinggi dan terkuatnya. Desainnya juga mencerminkan gaya Bali dengan bentuk strapless dan keanggunan ala sarung.

Penampilan Laksmi mengenakan kostum nasional juga tak kalah menarik perhatian. Dia tampil edgy dalam balutan gaun bertema The Glory of Phinisi rancangan Ikie Morphacio. Kostum itu terinspirasi semboyan Jalesveva Jayamahe, Di Laut, Kita Menang.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Film Titanic yang Akan Tayang Lagi 10 Februari 2023

Dalam keterangan unggahan di Instagram-nya, desainer Ikie menjelaskan kostum ini memadukan warna emas dan mutiara yang melambangkan kemenangan Indonesia; keindahan, kemuliaan dan kekuatan, serta percikan biru melambangkan lautan luas. Hiasan kepala menampilkan perahu Phinisi dengan detail hiasan untuk mewakili budaya Indonesia.

"Phinisi memiliki 7 layar yang melambangkan kesanggupan nenek moyang bangsa Indonesia yang mengarungi dan menaklukkan tujuh lautan sedangkan kekuatan angin, kekuatan alam, menggerakkan layar. Angka tujuh juga melambangkan kehidupan dan rezeki. 5 gambar di sekitar pangkal kostum melambangkan angka Bugis 5 dan artinya keberuntungan selalu ada. Trisula melambangkan kesatuan tertinggi dan keharmonisan pikiran, tubuh dan jiwa yang penting untuk kepemimpinan transformatif dan visi yang kuat," tulisnya.

Baca Juga: Jadwal Syuting Terakhir Bocor, Sinetron Ikatan Cinta Segera Tamat?

Kostum nasional yang dikenakan Laksmi Deneefe, terdapat miniatur kapal pinisi di bagian punggung. Desainer kostum Ikie Morphacio dan Ayrin dari Morphacio Body Art mengungkapkan, busana nasional ini beratnya mencapai 8 kilogram. Instagram/laksmideneefe

Kostum tersebut melambangkan keberanian orang Indonesia dalam perjalanannya untuk menjadi bangsa yang lebih kuat, terinspirasi, mampu menavigasi jalan yang kuat dan mantap melalui dunia yang bergejolak saat ini.

Ajang Miss Universe 2022 dimenangkan oleh R'Bonney Gabriel yang mewakili Amerika Serikat. Wanita berusia 28 tahun itu adalah perancang busana yang berasal dari Houston, Texas. Sementara yang terpilih menjadi Runner-up pertama adalah Amanda Dudamel, Miss Universe Venezuela 2022 dan Runner-up kedua adalah Andreina Martinez Founier, Miss Universe Republik Dominika 2022.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi09 Mei 2024, 00:31 WIB

Hati-hati Jadi TKW! Belajar Rugi dari Warga Sukabumi yang Hamil Sepulang dari Dubai

Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana menanggapi hal tersebut, pihaknya menyebut peristiwa ini harus menjadi contoh (pelajaran) bagi seluruh masyarakat ketika hendak menjadi TKW.
Camat Gunungguruh Kabupaten Sukabumi, Kusyana saat diwawancarai sukabumiupdate.com, Rabu (8/5/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi08 Mei 2024, 23:30 WIB

Silaturahmi Kepala Desa Se-Dapil V, Satukan Langkah untuk Kemajuan Sukabumi

Silahturahmi dan Halal Bihalal Apdesi Kabupaten Sukabumi bersama para kepala desa, para istri kepala desa, dan aparat desa se Dapil V di gelar di Agro Park, Kecamatan Nyalindung, Rabu (8/5/2024).
Halal Bihalal dan Silaturahmi Apdesi dan Para Kepala Desa Se Dapil V Kabupaten Sukabumi, Rabu (8/5/2024) | Foto : Dok. Apdesi
Sukabumi08 Mei 2024, 23:23 WIB

Diduga Sopir Main HP saat Berkendara, Angkot di Sukabumi Seruduk Mobil Penjual Cireng

Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi, diduga gegara sopir asyik main HP saat berkendara.
Angkot seruduk mobil penjual cireng di Goalpara Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi08 Mei 2024, 22:54 WIB

DPRD Sukabumi Raker soal Pencabutan Status UHC Non-Cut Off, Ini Hasilnya

Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar ungkap hasil raker soal pencabutan status UHC Non-Cut Off bersama Pemda.
Raker Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi dan Pemda soal pencabutan status UHC Non-Cut Off oleh BPJS Kesehatan. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 21:16 WIB

Banyak Kasus Kriminal Libatkan Anak, Bupati Sukabumi Soroti Dampak Medsos hingga Ekonomi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menyebut pengawasan perserta didik harus diperketat mulai dari pengawasan orang tua, lembaga pendidikan hingga lingkungan sosial
Bupati Sukabumi, Marwan Hamami | Foto : Asep Awaludin
Sehat08 Mei 2024, 21:00 WIB

Tanaman Jelatang: Nutrisi dan 5 Khasiatnya untuk Mengobati Beragam Penyakit

Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae.
Ilustrasi - Jelatang adalah tanaman kurus dari keluarga jelatang yang disebut Urticaceae. (Sumber : pexels.com/@Simon Gough).
Sukabumi08 Mei 2024, 20:59 WIB

Kamboja Belajar soal Pencegahan Perkawinan Anak ke Pemkab Sukabumi

Kabupaten Sukabumi jadi tempat belajar soal pencegahan perkawinan anak bagi delegasi Kamboja.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat berbagi cenderamata dengan delegasi pemerintah Kamboja. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)
Sukabumi08 Mei 2024, 20:14 WIB

Kebakaran Rumah di Lengkong Sukabumi Diduga Akibat Korsleting Listrik, Penghuni Mengungsi

Kerugian akibat kebakaran rumah di Lengkong Sukabumi ini capai Rp65 Juta. Penyebab diduga akibat korsleting listrik.
Kondisi rumah di Lengkong Sukabumi yang hangus terbakar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih08 Mei 2024, 20:09 WIB

Pleno DPD Nasdem Putuskan Ayep Zaki Bacalon Wali Kota/Wakil Wali Kota Sukabumi

DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi menetapkan Ayep Zaki sebagai satu-satunya nama bakal calon wali kota / wakil wali kota Sukabumi yang lolos penjaringan.
Pleno DPD Partai Nasdem Kota Sukabumi memutuskan H Ayep Zaki satu-satunya yang lolos penjaringan dan akan diusulkan ke DPW Nasdem Jabar, Rabu (8/5/2024) | Foto : Syams
Sehat08 Mei 2024, 20:00 WIB

12 Bahan Alami untuk Mencegah Asam Lambung Naik di Malam Hari

Selain mengonsumsi bahan alami, penderita asam lambung juga penting untuk menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu refluks asam, seperti makanan pedas, berlemak, kafein, dan minuman berkarbonasi.
Ilustrasi. Beberapa bahan alami dapat membantu mencegah asam lambung naik dan meredakan gejalanya (Sumber : Freepik/diana.grytsku)