Kata Warga Soal Progres Pembangunan Jembatan Baru Pamuruyan di Cibadak Sukabumi

Sabtu 14 Januari 2023, 10:16 WIB
Kondisi Jembatan Pamuruyan lama dan baru di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 13 Januari 2023. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

Kondisi Jembatan Pamuruyan lama dan baru di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 13 Januari 2023. | Foto: SU/Ibnu Sanubari

SUKABUMIUPDATE.com - Pembangunan jembatan duplikasi Pamuruyan di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, diduga masih tertunda. Ini lantaran tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) masih fokus membenahi jembatan lama yang ambrol pada 13 Desember 2022.

Berdasarkan panatauan reporter sukabumiupdate.com di lokasi pada Jumat, 13 Januari 2023, tim dari Kementerian PUPR masih membenahi sisa longsoran Jembatan Pamuruyan yang ambrol supaya permukaan tanah rata terlebih dahulu. Kemudian ada pula penambahan beberapa bronjong, meski masih sebagian.

"Pembebasan lahan pada duplikasi jembatan (jembatan baru) sudah tuntas. Kemudian pengerjaan pascanormalnya jembatan lama yang ambrol yaitu (pembangunan) sloof beton untuk fondasi awal dan masih proses untuk meratakan tanah," kata warga yang enggan disebutkan namanya.

Baca Juga: Update Jembatan Pamuruyan Sukabumi, Kemen PUPR Pastikan Sudah Bisa Dua Arah

Warga ini mengatakan pengerjaan jembatan duplikasi Pamuruyan baru sekitar 30 persen. Adapun sloof beton tersebut baru selesai dibangun atau dipasang beberapa hari lalu. "Sloof beton yang dibangun baru selesai dalam beberapa hari lalu. Kemungkinan masih ada hambatan dalam proses pekerjaan," ujar dia.

Diketahui, Jembatan Cipamuruyan akan menjadi dua jalur. Nantinya duplikasi jembatan tersebut akan digunakan untuk kendaraan dari arah Bogor menuju Sukabumi. Sementara jembatan lama yang ambrol pada 13 Desember 2022, digunakan untuk kendaraan yang melintas dari Sukabumi menuju Bogor.

Jembatan duplikasi dibangun tepat di sebelah Jembatan Cipamuruyan lama. Kementerian PUPR membangun jembatan duplikasi sebagai upaya memperluas akses untuk mengurangi kemacetan di Cibadak.

Pada Juni 2021, Kementerian PUPR menyebut anggaran pembangunan jembatan duplikasi adalah sebesar Rp 60 miliar, dan sejumlah bidang tanah milik warga kemudian fasilitas umum termasuk masjid harus direlokasi. Rinciannya, Rp 20 miliar untuk pembebasan lahan dan Rp 40 miliar untuk pembangunan.

Baca Juga: Dibuka untuk Dua Arah, Update Perbaikan Jembatan Pamuruyan di Cibadak Sukabumi

Pembangunan jembatan baru perlu dilakukan karena jembatan lama yang sekarang masih digunakan masyarakat juga sudah berusia lebih dari 50 tahun. Jembatan Pamuruyan yang ambrol saat ini kondisinya sudah bisa dilalui kendaraan dari kedua arah. Arus dari kedua arah dibuka mulai 20 Desember 2022 hingga kini.

Pada 15 Desember 2022, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana mengunjungi Jembatan Pamuruyan. Menurutnya, setelah tahun baru 2023, pada Januari atau paling lambat Februari, jembatan ini akan memiliki tambahan jembatan baru sehingga lebar yang sekarang 7 meter, setelah terealisasikan akan menjadi 9 meter.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik24 Juli 2024, 12:30 WIB

Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7

The Sounds Project merupakan festival musik bergengsi serta di Indonesia yang kembali hadir. Pada tahun ini festival musik tersebut akan digelar selama tiga hari dari 9-11 Agustus 2024 di Ecopark, Ancol, Jakarta Utara.
Digelar Tiga Hari dan Ada Neck Deep, Berikut Line Up The Sounds Project 7 (Sumber : Instagram/@thesoundsproject)
Sehat24 Juli 2024, 12:24 WIB

Tarik OKKO dari Peredaran! BPOM Cek Kandungan Natrium Dehidroasetat di 2 Roti Made In Bandung

Keduanya adalah roti made in Bandung yang selama ini dikenal sebagai jajanan warung yang laris karena murah dan awet alias tahan lama.
Dua roti made in bandung yang diterpa isu mengandung rpengawet kosmetik (Sumber : istimewa)
Bola24 Juli 2024, 12:00 WIB

Prediksi Grup B Piala Presiden 2024: Bali United vs Madura United, H2H Hingga Skor

Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B.
Bali United akan melawan Madura United dalam lanjutan Piala Presiden Grup B. (Sumber : X/@BaliUtd/@MaduraUnitedFC).
Life24 Juli 2024, 11:30 WIB

9 Ciri Orang Memiliki Dendam Pada Kita, Terlihat dari Sikapnya

Orang yang dendam pada kita mungkin menghindari interaksi sosial atau mengurangi komunikasi.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam pada Kita (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 11:07 WIB

Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz Meninggal Dunia

Jenazah Hamzah Haz akan dimakamkan di kompleks pemakaman keluarga.
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. | Foto: ppp.or.id
Musik24 Juli 2024, 11:00 WIB

Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta

Boygrup Tomorrow X Together atau TXT akan menggelar world tour di Indonesia bertajuk ACT: PROMISE pada Rabu, 2 Oktober 2024, di ICE BSD HALL, Tangerang.
Dimulai dari 2 Juta, Berikut Harga Tiket Konser TXT ACT: PROMISE di Jakarta (Sumber : Instagram/@txtupdateina)
Life24 Juli 2024, 10:31 WIB

12 Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain, Jangan Memotong Pembicaraan!

Etika Berkomunikasi dengan Orang Lain. Dengarkan tanpa langsung membuat penilaian atau asumsi negatif menujukkan Anda adalah orang yang memiliki etika.
Ilustrasi. Gunakan kata-kata yang tepat dan jelas untuk menghindari kesalahpahaman ketika berkomunikasi dengan orang lain. (Sumber : Pexels/AndreaPiacquadio)
Nasional24 Juli 2024, 10:10 WIB

Sejak 2019! 50 WNI Dikirim Jadi PSK di Australia, Tersangka Untung Rp 500 Juta

Djuhandhani menyatakan FLA mendapatkan uang ini setelah beroperasi sejak 2019.
(Foto Ilustrasi) Polisi menangkap FLA (36 tahun), tersangka penjualan 50 orang WNI untuk dijadikan PSK di Sydney, Australia. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 10:02 WIB

Heboh Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024, Apa Kata Warganet?

Omesh, artis asal Sukabumi mengunggah foto tangkapan layar Hasil Survei Elektabilitas Sukabumi 2024. Di postingan itu, namanya disandingkan dengan beberapa pejabat Sukabumi, seperti Iyos Somantri dan Asep Japar.
Artis Omesh Posting Berita Politik Pilkada Sukabumi 2024. Foto: Instagram/omeshomesh
Life24 Juli 2024, 10:00 WIB

5 Kebiasaan Sederhana yang Jika Dilakukan Membuat Hidup Semakin Bahagia

Kebahagiaan dalam hidup seringkali berasal dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi - Kebahagiaan dalam hidup seringkali berasal dari kebiasaan-kebiasaan sederhana yang dilakukan secara konsisten. (Sumber : Freepik.com).