5 Desa Wisata di Jabar Masuk 50 Terbaik ADWI 2021, Wagub: Dorong Pemerataan Ekonomi

Senin 06 September 2021, 02:00 WIB
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum bersama warga menikmati kehangatan di Desa Wisata Cisande Sukabumi

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum bersama warga menikmati kehangatan di Desa Wisata Cisande Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com - Selain Cisande di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat punya 4 desa wisata lainnya yang masuk 50 terbaik ADWI 2021. Mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hari Minggu kemarin di Cisande, Wagub Uu Ruzhanul Ulum menyebut dewi-dewi.

Dalam daftar 50 terbaik Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, selain Cisande ada 4 lainnya di Jabar yang akan dinilai dewan juri untuk menjadi 10 besar. Yaitu Alamendah di Kabupaten Bandung, Saung Ciburial di Garut, Selasari di Pangandaran dan Gegesik Kulon di Kabupaten Cirebon.

Saat di Cisande, Uu Ruzhanul Ulum menilai keberadaan Desa Wisata ini mencerminkan keindahan Sukabumi dengan sejuta potensinya. Menurut Uu, potensi tersebut perlu dioptimalkan agar dalam situasi pandemi dan PPKM ini sektor wisata bisa menjadi pendorong pemerataan perekonomian masyarakat.

“Kebangkitan ekonomi ini tetap harus ditunjang dengan rasa keadilan dan pemerataan. Oleh karena itu Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyusun program dewi-dewi alias desa wisata desa wisata. Peraturan daerahnya pun tengah disusun bersama DPRD Jabar," ungkap Uu.

photoWagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum bersama Menparekraf Sandiaga Uno di Desa Wisata Cisande Sukabumi - (dok akun Uu Ruzhanul Ulum)</span

Tujuan Pun hanya dua, yaitu ekonomi merata dan ekonomi meningkat. "Melalui desa wisata, ada perputaran ekonomi di level desa,” tegasnya,

Uu juga merekam kehangatan di Cisande bersama Sandiaga Uno lewat beberapa foto dan narasi yang dibagikan di akun media sosialnya. Ini narasinya;

Baca Juga :

"Baraya, bagaimana akhir pekannya? Baraya yang masih memble di hari Senin, coba minggu depan weekendnya jangan hanya rebahan, tapi dipakai jalan-jalan ke pedesaan supaya pikiran bengras." 

"Alhamdulillah di akhir pekan ini saya berkesempatan mewakili Bapak Gubernur untuk mendampingi Bapak Sandiaga Salahuddin Uno di Desa Wisata Cisande, Sukabumi,dalam rangka peninjauan dan penilaian 50 Besar Desa Wisata Indonesia Bangkit Anugerah Desa Wisata 2021. Di acara ini, Bapak Menteri dan saya banyak berinteraksi dengan masyarakat dan mencoba berbagai aktivitas yang ada. Seru sekali dan pastinya menyegarkan pikiran,"

photoKonten ini didukung oleh: - (DISPUSIPDA Jabar)</span

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sehat27 Juli 2024, 09:00 WIB

7 Cara Mengurangi Risiko Penyakit Jantung Mulai dari Sejak Usia Muda

Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas.
Ilustrasi -  Kesehatan jantung adalah harta yang tak ternilai. Dengan menjaga gaya hidup sehat, Anda dapat hidup lebih lama dan berkualitas. (Sumber : pexels.com/Andrea Piacquadio)
Inspirasi27 Juli 2024, 08:00 WIB

Info Loker Teknik di Perusahaan Makanan, Posisi Operator Peralatan

Info Loker Teknik Posisi Operator Peralatan. Rekrutmen Pegawai Tetap untuk posisi Operator Peralatan ini dibuka hingga 18 Agustus 2024 mendatang.
Ilustrasi. Info Loker Teknik (Sumber : Freepik/@pvproductions)
Life27 Juli 2024, 07:00 WIB

10 Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya!

Menghadapi seseorang yang tidak punya rasa bersalah bisa sangat menantang.
Ilustrasi. Ciri Orang Tidak Punya Rasa Bersalah, Perhatikan Sikapnya! (Sumber : Pexels/YanKrukau)
Science27 Juli 2024, 06:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 27 Juli 2024, Cek Dulu Yuk Langit di Akhir Pekan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah dan cerah berawan pada Sabtu 27 Juli 2024. (Sumber : Pixabay.com).
Inspirasi26 Juli 2024, 22:02 WIB

Jatim Media Summit Bagikan Tips Bikin Konten Video Disukai Penonton di Medsos

Sebelum memulai membuat konten video, alangkah baiknya untuk mengenal audiens atau penonton. Cari tahu apa yang mereka suka dan dibutuhkan.
Jatim Media Summit, Kamis (25/7/2024) | Foto : Ist
Sukabumi26 Juli 2024, 21:26 WIB

Ini Dugaan Penyebab Kebakaran Gudang Limbah Pabrik di Parungkuda Sukabumi

Warga ungkap asal muasal api yang menjadi penyebab kebakaran gudang limbah pabrik di Parungkuda Sukabumi.
Petugas Damkar berjibaku memadamkan kebakaran yang melanda gudang limbah pabrik kain di Parungkuda Sukabumi. | Foto: Istimewa
Jawa Barat26 Juli 2024, 21:11 WIB

16 Rumah Dilaporkan Rusak, Pj Gubernur Jabar Tinjau Lokasi Gempa di Kuningan

Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau sejumlah lokasi yang terdampak bencana gempa bumi di Kabupaten Kuningan, Jumat (26/7/2024).
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin saat meninjau lokasi terdampak gempa di Kuningan. (Sumber : Humas Jabar)
Sehat26 Juli 2024, 21:00 WIB

Oatmeal Hingga Minyak Kelapa, 7 Cara Mengatasi Kulit Kering yang Dapat Anda Lakukan

Cuaca dingin dan kering, sering mencuci tangan, atau paparan sinar matahari berlebihan dapat membuat kulit kering.
Ilustrasi - Dengan perawatan yang tepat, kulit kering dapat diatasi dan kembali sehat. (Sumber : Freepik.com).
Sukabumi26 Juli 2024, 20:56 WIB

Langganan Banjir, Warga Minta Pengerukan Sungai Cibening Purabaya Sukabumi

Warga berharap adanya penanganan Sungai Cibening Kecamatan Purabaya, Kabupaten Sukabumi yang mengalami pendangkalan serta penyempitan
Forkopimcam dan relawan saat sedang membersihkan Sungai Cibening Purabaya Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life26 Juli 2024, 20:30 WIB

10 Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita

Senyuman orang yang memiliki dendam mungkin tampak dipaksakan atau tidak tulus. Ekspresi wajah sering kali tidak selaras dengan kata-kata mereka.
Ilustrasi. Ciri Orang Memiliki Dendam Namun Bersikap Pura-pura Baik Pada Kita (Sumber : Pexels/YanKrukau)