Wajah Baru Situ Bagendit Garut, Suguhkan Pesona Wisata Alam yang Sarat Legenda

Sabtu 16 September 2023, 23:18 WIB
Situ Bagendit Garut, Jawa Barat | Foto : Ist

Situ Bagendit Garut, Jawa Barat | Foto : Ist

SUKABUMIUPDATE.com - Situ Bagendit atau Danau Bagendit merupakan danau yang terbentuk secara alami. Terletak di Desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Selain memiliki keindahan alam, Situ Bagendit menyimpan legenda atau cerita rakyat yang menjadi daya tarik tersendiri.

Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan di Situ Bagendit. Baik untuk dewasa maupun anak-anak. Jadi sangat cocok untuk tempat berlibur bersama keluarga.

Apalagi dimulai tahun 2022, tampilan Situ Bagendit berubah total setelah dilakukan revitalisasi oleh pemerintah. kini nampak modern dengan penambahan spot-spot foto.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Jodoh Disebut Belahan Jiwa, Sudah Tahu?

Salah satunya terletak pada bangunan dermaga yang menjorok ke tengah danau. Maka tidak heran jika tempat wisata ini menjadi pilihan utama para wisatawan. Bukan hanya wisatawan lokal dari Garut dan sekitarnya.

Daya tarik utama dari objek wisata ini adalah danau yang menghampar luas, ditambah dengan pemandangan yang indah dan suasana khas pedesaan, objek wisata ini menjadi salah satu tempat wisata di Garut yang sangat populer.

Setelah direnovasi, Situ Bagendit terbagi menjadi tiga bagian. Pintu masuk utamanya berada di Jalan KH Hasan Arif di Banyuresmi. Sedangkan situs kedua dan ketiga berada di tengah-tengah kawasan pemukiman.

Situ Bagendit dua dapat diakses melalui kawasan Sukaratu, sedangkan Situ Bagendit tiga dapat diakses melalui kawasan Serut. Ketiga bagian objek wisata Situ Bagendit ini masing-masing mempunyai daya tarik tersendiri.

Baca Juga: Tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung: Harga dan Cara Beli Online

Jika berkunjung ke tempat wisata ini, jangan lupa untuk menjajal rakit atau perahu yang terbuat dari susunan bambu dan mengelilingi danau Bagendit.

Mengutip dari disparbud.jabarprov.go.id, penataan Situ Bagendit menelan anggaran Rp 87,73 miliar, Situ Bagendit kini memiliki berbagai sarana prasarana seperti amphitheater, jembatan, jalur pedestrian, masjid, spot UMKM, hingga area bermain anak. Revitalisasi kawasan wisata Situ Bagendit Kabupaten Garut diresmikan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Senin 21 Agustus 2023.

Ridwan Kamil dalam sambutannya saat itu menyampaikan, Situ Bagendit kedepannya diharapkan menjadi salah satu destinasi unggulan yang ada di Jawa Barat khususnya Kabupaten Garut. Dengan begitu, akan timbul dampak positif terhadap perekonomian masyarakat sekitar yang menggantungkan hidupnya dari wisatawan yang berkunjung ke Situ Bagendit.

Baca Juga: Pecah! Lesti Kejora Nyanyi Dangdut di Sukabumi, Wargi Sunda Goyang Bersama

“Sebelumnya Situ Bagendit kurang terawat, tidak memberikan PAD (Pendapatan Asli Daerah), dan tidak menjadi kebanggaan. Tapi setelah ada Pak Gubernur (Ridwan Kamil), Situ Bagendit sekarang menjadi luar biasa,” ungkap Bupati Garut Rudy Gunawan.

Legenda Situ Bagendit

Konon, pada zaman dahulu di desa tersebut hiduplah seorang wanita paruh baya bernama Nyai Bagendit yang berstatus janda.

Janda tersebut memiliki harta yang melimpah peninggalan dari suaminya yang telah lebih dahulu meninggalkannya. Jadi Nyai Bagendit tidak memiliki anak sehingga ia hidup sendiri di rumahnya.

Nyai Bagendit dikenal sebagai orang yang biasa meminjamkan sebagian hartanya kepada tetangganya yang membutuhkannya, tetapi dia meminjamkan nya dengan meminta bunga yang tinggi sehingga tetangga nya keberatan untuk membayarnya, sehingga Nyai Bagendit tidak segan-segan akan menyita apa yang dimiliki oleh tetangga nya yang memiliki hutang kepadanya.

Baca Juga: Profil Oki Setiana Dewi, Ustadzah yang Ceramah di Masjid Agung Sukabumi

Disaat Nyai Bagendit sedang menghitung kekayaan nya datang sosok kakek yang berjalan menggunakan tongkat dan meminta minum kepada Nyai Bagendit, Nyai Bagendit tidak memberikan minum kepada si kakek tapi malah memarahi si kakek yang ingin meminta minum.

Si kakek sangat sedih dan kecewa melihat perilaku yang dilakukan oleh Nyai Bagendit, kemudian si kakek menancapkan tongkatnya di depan rumah Nyai Bagendit dan berkata bahwa perbuatan yang dilakukan oleh Nyai Bagendit akan mendapatkan pelajaran atas apa yang telah dia perbuat.

Tongkat kakek yang tertancap di depan rumah Nyai Bagendit ditarik dan akhirnya mengeluarkan air yang akhirnya membanjiri desa. Para warga yang terkena dampaknya sibuk menyelamatkan diri agar terselamat dari kebanjiran tersebut, tapi Nyai Bagendit malah sibuk menyelamatkan harta yang ada di rumahnya.

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Jawa Barat Raih Penghargaan ADWI 2023

Nyai Bagendit berusaha meminta tolong kepada warga tapi tidak ada yang menolongnya dan akhirnya Nyai Bagendit tenggelam bersama harta kekayaannya.
Air semakin meluap dan membentuk danau. Kemudian, danau itu dinamakan Danau Bagendit atau Situ Bagendit.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel18 Juni 2024, 06:00 WIB

Bingung Memasak Daging Kurban? Intip 4 Aneka Resep Jeroan Sapi Ini!

Bingung Memasak Daging Kurban? Selamat mencoba dan menikmati berbagai olahan jeroan sapi ini!
Ilustrasi. Sambal Goreng Kentang Ati Sapi. Jika Bingung Memasak Daging Kurban, Yuk Intip 4 Aneka Resep Jeroan Sapi Ini! (Sumber : Freepik/@KamranAydinov)
Science18 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 18 Juni 2024, Termasuk untuk Wilayah Sukabumi, Bogor dan Cianjur

Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung dan sekitarnya.
Ilustrasi - Prediksi cuaca hari ini 18 Juni 2024 wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi, Cianjur, Bogor, Bandung  dan sekitarnya. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Sukabumi18 Juni 2024, 00:59 WIB

RAI Hergun Pastikan Terbuka Terima Silaturahmi Semua Kandidat Pilkada Sukabumi

Menjelang Pilkada Sukabumi, Rumah Aspirasi dan Inspirasi Heri Gunawan (RAI HerGun) terbuka untuk siapapun, baik warga Kota maupun Kabupaten Sukabumi yang hendak menyalurkan aspirasi dan inspirasinya
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, Heri Gunawan (Sumber : dok Heri Gunawan)
Sukabumi Memilih18 Juni 2024, 00:17 WIB

Bertemu Heri Gunawan, Iyos dan Iman Jajaki Dukungan Gerindra di Pikada Sukabumi?

Bakal Calon Bupati Sukabumi Iyos Somantri dan Ketua DPC Partai Demokrat Iman Adinugraha menyambangi Rumah Aspirasi dan Inspirasi (RAI) untuk bertemu Anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Heri Gunawan, Senin (17/6/2024) petang.
Iyos Somantri dan Iman Adinugraha bertemu politisi Gerindra Heri Gunawan di RAI Hergun di Kota Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat17 Juni 2024, 21:00 WIB

5 Alasan Kadar Gula Darah Tidak Mau Turun, Anda Pernah Mengalaminya?

Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun.
Ilustrasi. Beberapa orang mungkin pernah mengalami kadar gula darahnya tidak mau turun. (Sumber : Freepik/@xb100)
Sukabumi Memilih17 Juni 2024, 20:21 WIB

Dapat Perintah DPP, Miftahul Janah Dipastikan Maju di Pilkada Kota Sukabumi

Dewan Pengurus Pusat Partai Kebangkitan Bangsa (DPP PKB) dikabarkan akan mendorong salah satu kadernya, Miftahul Janah untuk maju di Pilkada Kota Sukabumi 2024.
Miftahul Janah, Bakal Calon Wali Kota / Wakil Wali Kota di Pilkada Sukabumi 2024 | Foto : Ist
Life17 Juni 2024, 20:00 WIB

6 Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah

Dengan menerapkan rutinitas sehat setiap hari, Anda dapat secara efektif mencegah lonjakan kolesterol dalam darah dan menjaga kesehatan jantung.
Ilustrasi. Rutinitas Sehat yang Bisa Mencegah Lonjakan Kolesterol dalam Darah (Sumber : Freepik.com)
Jawa Barat17 Juni 2024, 19:21 WIB

Gempat Darat M3,4 Guncang Cianjur, BMKG Imbau Warga Waspadai Gempa Susulan

Gempa 3.4 magnitudo mengguncang Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB.
Gempa 3.4 magnitudo di Cianjur, Jawa Barat, Senin (17/6/2024) pukul 81.21 WIB | Foto : Ist
Gadget17 Juni 2024, 19:00 WIB

Laptop Sering Nge Freeze? Begini 9 Langkah untuk Mengatasinya

Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna.
Ilustrasi -  Laptop nge-freeze adalah kondisi di mana laptop tidak dapat merespons perintah pengguna. (Sumber : Freepik.com).
Life17 Juni 2024, 18:00 WIB

Doa Minta Jodoh Terbaik untuk Laki-laki Maupun Perempuan, Yuk Amalkan

Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup.
Ilustrasi - Doa minta jodoh terbaik ini dapat diamalkan bagi perempuan atau laki-laki yang sedang mencari pasangan hidup. (Sumber : Pixabay.com/@OlcayErtem).