Akses Lalu Lintas Masih Ditutup, Berikut Progres Perbaikan Jembatan Cikereteg

Senin 03 Juli 2023, 18:34 WIB
Kementerian PUPR Update progres perbaikan Jembatan Cikereteg Bogor-Sukabumi. (Sumber : akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar)

Kementerian PUPR Update progres perbaikan Jembatan Cikereteg Bogor-Sukabumi. (Sumber : akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar)

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian PUPR menyampaikan progres perbaikan jembatan Cikereteg yang pelaksanaannya sempat terkendala akibat adanya longsor susulan di area jembatan yang menjadi penghubung Kabupaten Bogor dengan Sukabumi tersebut.

Dilansir dari akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar, penanganan longsoran dengan pembangunan Jembatan Cikereteg saat ini sudah memasuki progres erection girder pada sisi barat jembatan dengan bantuan Launcher Gantry. Saat ini, sudah berhasil dipasang 2 bentang girder dari 4 gider yang akan dipasangkan.

"Pemasangan girder di jembatan Cikereteg untuk 1 buah girder-nya sepanjang 50,8 meter dengan berat total 120 ton membutuhkan waktu hingga 29 jam, dikarenakan keterbatasan lahan di area jembatan membuat erection girder membutuhkan alat tambahan berupa Stiffener untuk menstabilkan girder saat akan diturunkan di abutmen jembatan," tulis akun tersebut, Senin (3/7/2023) sore.

Pada Minggu ini, PPK 5.3 Provinsi Jawa Barat menargetkan 4 buah girder di sisi barat jembatan Cikereteg rampung dikerjakan, sehingga pekerjaan lantai jembatan bisa segera dilaksanakan.

Baca Juga: PUPR Sebut Ada Retakan, Alasan Penutupan Jembatan Cikereteg

Akibatnya, Lalu lintas di area Jembatan Bailey Cikereteg hingga kini masih dilakukan penutupan untuk semua jenis kendaraan bermotor karena alasan keamanan, namun pejalan kaki masih diperbolehkan melintas di jembatan bailey Cikereteg.

Pengalihan arus lalu lintas untuk Kendaraan Roda 2 (dua) dapat menggunakan jalur alternatif Kampung Cibolang dan untuk kendaraan Roda 4 (empat) dapat melalui Tol Bocimi.

Sedangkan untuk pengguna lalu lintas dari Kota Bogor bisa melalui Batu Tulis, keluar di Pasar Caringin dan dari Ciawi melalui Tapos keluar di Pasar Cikereteg.

"Doakan ya Sobat, agar pekerjaan Penanganan Longsor Cikereteg berjalan lancar, sehingga lalu lintas di area Cikereteg bisa dibuka kembali seperti sedia kala," tutup akun resmi BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat Kementerian PUPR tersebut.

Jembatan Cikereteg penghubung Sukabumi-Bogor.Jembatan Cikereteg penghubung Sukabumi-Bogor.

Sebelumnya diberitakan, Kementerian PUPR akhirnya memutuskan untuk memperpanjang masa penutupan jembatan Cikereteg untuk kendaraan roda 2 dan roda 4. PUPR menyebut ada retakan baru yang mengancam kawasan tersebut pasca longsor susulan di lokasi tersebut.

Lewat akun medsos resminya, @pupr_jalan_dkijabar, pelaksana pembangunan jembatan baru cikereteg yang ambruk digerus longsor pada 14 Maret 2023, meminta pengguna jalan tetap mengikuti arahan petugas di lapangan.

Dalam postingannya, PUPR menyebut penutupan total Jembatan Bailey Cikereteg untuk semua jenis kendaraan kembali dilakukan. Sedianya akan dibuka pada tanggal 23 Juni 2023 untuk jenis kendaraan roda 2 (dua), kini masa penutupannya diperpanjang menyusul dampak longsoran susulan yang terjadi pada tanggal 22 Juni 2023.

Longsor tersebut mengakibatkan adanya retakan memanjang di area bahu jalan di samping Jembatan Bailey Cikereteg. Hingga Penutupan kembali dilakukan oleh PPK 5.3 Provinsi Jawa Barat guna melakukan evaluasi terhadap kestabilan tanah pada lokasi longsoran baru dan pengecekan terhadap keamanan struktur Jembatan Bailey Cikereteg.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait Berita Terkini
Food & Travel02 Desember 2023, 13:15 WIB

Empuk dan Gurih, Lezatnya Ikan Bakar Pisang Pisang dari Laut Ujunggenteng Sukabumi

Pengolahan ikan pisang pisang dengan dibakar cukup mudah.
Ikan pisang pisang saat dibakar warga Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ragil Gilang
Life02 Desember 2023, 13:00 WIB

12 Cara Menghadapi Anak yang Memiliki Masalah Kepribadian

Berikut Beberapa Cara Menghadapi Anak yang Memiliki Masalah Kepribadian. Orang Tua Wajib Simak Ya!
Ilustrasi - Cara Menghadapi Anak yang Memiliki Masalah Kepribadian. (Sumber : pixabay.com/@ArturSkoniecki)
Kecantikan02 Desember 2023, 12:00 WIB

7 Manfaat Masker Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit

Masker kentang bisa digunakan secara rutin minimal 3 kali per minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat masker kentang untuk wajah salah satunya adalah bisa mencerahkan kulit.
Ilustrasi. Potato | Manfaat Masker Kentang untuk Wajah, Bisa Mencerahkan Kulit (Sumber : Freepik/@jcomp)
Sukabumi02 Desember 2023, 11:22 WIB

Minta Keterbukaan Pembangunan, Warga Segel Kantor Desa di Kabandungan Sukabumi

Polisi menyebut aksi unjuk rasa dan penyegelan dilakukan spontan.
Penyegelan kantor Desa Cihamerang, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Jumat, 1 Desember 2023. | Foto: Istimewa
Life02 Desember 2023, 11:00 WIB

9 Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan

Sikap anak dengan masalah kepribadian wajib diperhatikan orang tua agar tidak terjadi hal-hal  yang tidak diinginkan. Ayah bunda harus peka ketika anak menunjukkan sikap dan perilaku tidak normal seperti seharusnya.
Ilustrasi. Anak-anak | Sikap Anak dengan Masalah Kepribadian yang Perlu Orang Tua Perhatikan (Sumber : pixabay.com/@IsaKarakus)
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:46 WIB

Jaga Netralitas ASN dan Perangkat Desa, Panwaslu Cidadap Sukabumi Rakor Pemilu

Rakor ini untuk menjalankan fungsi dan tugas Panwaslu, terutama karena sudah dimulainya tahapan Pemilu 2024.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Jumat (1/12/2023). | Foto: Istimewa
Cek Fakta02 Desember 2023, 10:30 WIB

Kemenkominfo Take Down Ratusan Konten Hoaks tentang Pemilu

Meski penyebaran isu hoaks cukup masif, namun tidak semua konten akan diturunkan.
(Foto Ilustrasi) Kemenkominfo telah mengidentifikasi 355 konten yang mengandung 96 isu hoaks terkait pemilu di berbagai platform media sosial. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih02 Desember 2023, 10:12 WIB

Punya 62 TPS, Panwaslu Cidadap Sukabumi Bahas Distribusi Logistik Pemilu

Persiapan dan koordinasi perlu untuk melakukan pengawasan sesuai tugas dan fungsi.
Rakor Panwaslu Kecamatan Cidadap, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (2/12/2023). | Foto: Istimewa
Sehat02 Desember 2023, 10:00 WIB

7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Buah adalah salah satu makanan yang paling sehat dan bergizi. Buah mengandung berbagai macam vitamin, mineral, serat, dan antioksidan yang penting untuk kesehatan.
Ilustrasi -7 Rekomendasi Buah-buahan yang Bagus Untuk Dikonsumsi Setiap Hari (Sumber : Freepik)
Food & Travel02 Desember 2023, 09:00 WIB

Tempat Camping di Sukabumi Ini Bisa Basah-basahan Main di Sungai, Yuk Kepoin!

Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya
Baturea Camp Site merupakan salah satu tempat camping di Sukabumi yang menawarkan wisata air di dalamnya (Sumber : Instagram/@batureaph)