Info Anyar dari PUPR: Jembatan Cikereteg Sukabumi-Bogor akan Ditutup Mulai 9 Juni

Rabu 07 Juni 2023, 23:39 WIB
Jembatan Cikereteg penghubung Sukabumi-Bogor. (Sumber : Akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar)

Jembatan Cikereteg penghubung Sukabumi-Bogor. (Sumber : Akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar)

SUKABUMIUPDATE.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadwalkan ulang rencana penutupan total Jalan Raya Sukabumi-Bogor di ruas jembatan Cikereteg.

Sebelumnya, penutupan total arus lalu lintas di ruas jalan Nasional tersebut sempat direncanakan pihak PUPR pada 5 Juni 2023 kemarin, namun urung terlaksana.

Informasi teranyar kemudian disampaikan akun Instagram resmi Kementerian PUPR BBPJN DKI Jakarta-Jawa Barat. Bahwa jadwal penutupan sementara Jembatan yang berlokasi di Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor tersebut bukan batal, melainkan diundur jadi tanggal 9 hingga 16 Juni 2023.

"Info penting untuk para pengguna lalu lintas di ruas Ciawi-Sukabumi. Bagi Sobat yang biasa bepergian menggunakan ruas tersebut, harap perhatiannya ya karena di tanggal 9 Juni 2023 mulai pukul 08.00, Jembatan Bailey Cikereteg akan ditutup untuk semua jenis kendaraan selama 8 hari hingga tanggal 16 Juni 2023," tulis caption di akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar tersebut seperti dikutip sukabumiupdate.com, Rabu (7/6/2023).

Baca Juga: Deretan 13 Film Jepang yang Tidak Lulus Sensor dan Dilarang Tayang di Dunia

Penutupan tersebut dilakukan, karena akan dilaksanakan pemasangan alat launcher girder jembatan yang merupakan bagian dari percepatan penanganan longsor Cikereteg.

Selama ditutup kedua arahnya, pengendara sepeda motor yang biasanya melintasi Jembatan Bailey Cikereteg dialihkan menggunakan jalur alternatif Kampung Cibolang.

Sedangkan untuk roda empat atau lebih, dialihkan ke jalan tol Bocimi maupun jalur alternatif. Hal itu sudah dilakukan pasca longsor pada 14 Maret 2023 lalu.

Kemudian untuk pengguna lalu lintas dari Kota Bogor bisa melalui Batu Tulis, keluar di Pasar Caringin dan dari Ciawi melalui Tapos keluar di Pasar Cikereteg.

"Harap perhatiannya ya Sobat, semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kalian yang hendak bepergian di area tersebut guna menghindari kepadatan yang diakibatkan pekerjaan yang kami laksanakan," tutup admin akun IG tersebut.

Sementara itu hingga berita ini tayang, Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Pranata belum merespon pesan WhatsApp redaksi sukabumiupdate.com terkait informasi lebih lanjut rencana teranyar manajemen traffic di jembatan Cikereteg tersebut.

Baca Juga: Disbudpora Sukabumi Gelar Susur Sungai Purbakala di DAS Cikaso, Ini ODCB yang Ditemukan

Sebelumnya diberitakan, perbaikan Jembatan Cikereteg, yang menjadi penghubung jalur Kabupaten Bogor dengan Sukabumi, terus dilakukan. Terbaru, rencananya dilakukan pembangunan launcher gantry.

"Untuk di Cikereteg itu memang kemarin setelah dilaksanakan rapat koordinasi pengamanan dengan instansi terkait, baik dari TNI, Dishub, Satpol PP, kemudian dari PUPR, itu memang akan dilaksanakan pemasangan launcher gantry atau tulang untuk jembatan," kata KBO Satlantas Polres Bogor Iptu Ardian Novianto kepada awak media, Kamis 1 Juni 2023.

Kondisi Jembatan Cikereteg yang tengah diperbaiki. (Sumber: akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar)Kondisi Jembatan Cikereteg yang tengah diperbaiki. (Sumber: akun Instagram @pupr_jalan_dkijabar)

Menurut Ardian, pemasangan launcher gantry itu membutuhkan ruang yang cukup lebar, sehingga kendaraan yang melintas perlu diminimalkan.

"Mengingat alatnya itu terdiri dari besi, jadi pemasangannya itu cukup membutuhkan space yang luas," ungkapnya.

Terpisah, Humas PT Brantas Abipraya, Dodon menambahkan, diharuskannya penutupan jalan pada saat pemasangan launcher untuk girder jembatan tersebut, karena sangat berisiko bagi pengguna jalan. Terlebih, area proyek jembatan sangat sempit.

"Untuk menghindari kecelakaan kerja maka pada saat pemasangan launcher girder maka jalan akan ditutup total," kata Dodon, Senin 5 Juni 2023.

Dari hasil rapat tersebut, disepakati bahwa mulai Senin 5 Juni hingga Jumat 8 Juni 2023, Jembatan Cikereteg akan ditutup total. Namun saat hari H, rencana itu urung dilaksanakan.

Hal itu disebut Dodon, karena pekerjaan perakitan jembatan masih belum selesai sehingga belum bisa dilakukan pemasangan assembly launcher gantry.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola25 April 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Persib Bandung vs Borneo FC: Duel Dua Tim Papan Atas!

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Persib Bandung vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@std.sijalakharupat/Ist).
Sukabumi25 April 2024, 18:09 WIB

Disingkat Berkah, Motto Camat Baru Waluran Sukabumi Dongkrak Potensi Alam

Pemerintah Kecamatan Waluran Kabupaten Sukabumi menggelar halal bihalal dan pisah sambut dari camat lama Ali Murtado ke camat baru Supendi, di aula kantor Kecamatan Waluran, Kamis (25/4/2024)
Pisah sambut camat Waluran Kabupaten Sukabumi dari Ali Murtado ke Supendi | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi25 April 2024, 18:08 WIB

Rapat Dinas dan Halal Bihalal, Dinkes Sukabumi Perkuat Kerjasama Tingkatkan Layanan

Rapat Dinas dan Halal Bihalal Dinkes Kabupaten Sukabumi ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Kadinkes Kabupaten Agus Sanusi saat menyampaikan arahan dalam rapat dinas sekaligus halal bihalal yang dibuka Bupati Marwan Hamami. (Sumber : SU/Ilyas)
Life25 April 2024, 18:00 WIB

4 Doa Nabi Sulaiman untuk Memohon Dibukakan Pintu Rezeki dan Kekayaan

Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT.
Doa Nabi Sulaiman ini dapat di amalkan ketika ingin diberikan rezeki melimpah dari Allah SWT. | Sumber: Freepik.com
Sukabumi25 April 2024, 17:33 WIB

Aksi Protes di PT GSI Bubar, Kades Bojongraharja Beri Jaminan Soal Pungli Tenaga Kerja

Kepala Desa Bojongraharja, Henhen Suhendar mengatakan, warga yang melakukan aksi demonstrasi ini, lantaran mereka merasa kecewa dengan pihak perusahaan.
Kades Bojongraharja, Henhen Suhendar usai menemui warga yang protes pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sehat25 April 2024, 17:30 WIB

Apakah Kopi Aman Dikonsumsi Setiap Hari? Ini Penjelasannya!

Dengan memahami secara mendalam manfaat dan risiko yang terkait dengan konsumsi kopi, pembaca dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang pola konsumsi kopi mereka dan menjaga kesehatan mereka tetap optimal.
Ilustrasi. Kopi. Sumber : pixabay/buavit66
Sukabumi25 April 2024, 17:24 WIB

Hadapi Polemik PT GSI Vs Warga. Disnakertrans Sukabumi Kembali Tak Hadir

Koordinator Aksi Dede Raka menyebut hingga saat ini belum melihat pergerakan dari Disnaker sehingga memaksa warga untuk berjuang sendiri.
Warga protes pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar (Sumber: su/awal)
Sukabumi25 April 2024, 17:17 WIB

Protes Pungli Tenaga Kerja, Warga Blokade Jalan Pelabuhan II i Depan GSI Cikembar

kali ini warga melakukan aksi blokade ruas Jalan Provinsi, tepatnya di depan bundaran pintu masuk PT GSI Cikembar, Desa Bojongraharja, Kecamatan Cikembar.
Warga sempat blokade jalan cikembar, sebagai bentuk protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI (Sumber: SU/Ibnu)
Sukabumi25 April 2024, 17:10 WIB

Isu Pungli Di PT GSI Sukabumi Merebak, Seret Sejumlah Petinggi Perusahaan

Aksi demonstrasi dilakukan ratusan warga yang tergabung dalam Gerakan Bojongraharja Memanggil (GBM) buntut dugaan pungli hingga menyeret sejumlah petinggi perusahaan.
Aksi warga protes praktik pungli tenaga kerja di PT GSI Cikembar Sukabumi (Sumber: su/awal)
Musik25 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi

"Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi". Lagu Sampai ke Bintang Asmidar yang kini viral yakni digunakan sebagai backsound video galau dan sedih di aplikasi TikTok hingga Instagram.
Lirik Lagu Sampai ke Bintang Asmidar: Tiada Gunung yang Terlalu Tinggi (Sumber : YouTube/Asmidar)