Reses II di Limbangan Sukabumi, Hendar Darsono Sebut Warga Butuh Pasar Desa

Selasa 14 Februari 2023, 10:56 WIB
Reses II 2022-2023 anggota DPRD Jabar Hendar Darsono di Desa Limbangan Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

Reses II 2022-2023 anggota DPRD Jabar Hendar Darsono di Desa Limbangan Sukaraja Kabupaten Sukabumi (Sumber: istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Anggota DPRD Jabar Hendar Darsono memulai agenda reses II 2022-2023 di Desa Limbangan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi. Banyak aspirasi yang disampaikan warga limbang kepada anggota Fraksi Partai Demokrat ini, salah satunya pusat perdagangan dan perekonomian, berupa Pasar Desa.

Silaturahmi Hendar dengan warga Limbangan berlangsung Senin, 13 Februari 2023 GOR Niaga Kampung Limbangan RT 02 RW 01. Reses ini dihadiri oleh warga, ulama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan, dan unsur pemerintah desa serta kecamatan.

“Reses ini dihadiri pemerintah Desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Camat Sukaraja, tokmas, tokoh pemuda dan masyarakat,” jelas Hendar kepada sukabumiupdate.com, Selasa (14/2/2023).

Baca Juga: Sandal Licin dan Terluka, Cerita Lansia Penjual Gorengan Keliling di Sukabumi

Dari banyak aspirasi dari Kecamatan Sukaraja ini, ada 4 isu utama yang akan dibawa Hendar ke DPRD Jabar. Yaitu; bantuan permodalan UMKM; kedua permohonan bantuan fasilitas pembangunan Pasar Desa Limbangan; bantuan untuk korban gempa di Desa Cisarua’ dan bantuan perbaikan jalan di Kampung Cisarua RW 03

“Terkait pasar desa, kita sepakat keberadaannya dibutuhkan oleh warga.Pasar desanya baru mau merintis, sehingga perlu dorongan bantuan supaya bisa terwujud demi kepentingan masyarakat,” beber Hendar yang duduk di Komisi II DPRD Jabar.

Soal pasar desa, Hendar mendapatkan banyak informasi dari warga di Limbangan. Sesuai fungsinya, Pasar desa adalah pusat perekonomian di wilayah pedesaan yang keberadaannya disepakati dari hasil musyawarah dusun dan desa, dimana fungsinya sama dengan pasar konvensional pada umumnya, dengan tujuan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang berada di wilayah pedesaan.

Baca Juga: Tilang Elektronik, Wilayah Hukum Polres Sukabumi Kota Resmi Terapkan ETLE Mobile

Dalam momen reses tersebut, Anwari Ketua RW 01 Desa Limbangan menyebut pangsa pasar desa adalah warga desa-desa yang berada di sekitaran pasar tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pokok dan lainnya.

Pasar Desa ini adalah aspirasi yang disusun secara tertulis kepada Hendar Darsono. Dimana pasar desa bisa menjadi tempat penjualan berbagai macam hasil pertanian warga. Selain itu bahan sembako juga makin dekat dengan warga karena didistribusikan langsung pabrik melalui agen-agennya.

Selain itu Pasar Desa juga bisa menjadi tempat relokasi sebagian pedagang makanan jajanan yang belum memiliki lapak berjualan. Menjual hasil home industri dari warga desa seperti makanan dan kerajinan.

Baca Juga: Termasuk di Sukabumi, Daftar Aksi SCG bersama Generasi Muda Indonesia

Hendar menegaskan bahwa banyak aspirasi yang sudah dicatat dan nantinya akan diperjuangkan di Provinsi Jawa Barat. “Alhamdulillah reses berjalan dengan tertib dan lancar, masyarakat antusias untuk hadir, Mudah-mudahan aspirasinya bisa terwujud demi kepentingan masyarakat,” tegas wakil rakyat dari daerah pemilihan Sukabumi kota dan Kabupaten ini.

(advertorial)

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 04:00 WIB

9 Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental

Meskipun tidak semua orang harus bangun pagi untuk merasakan manfaat kesehatan ini. Akan tetapi, bagi banyak orang, bangun pagi secara konsisten dapat menjadi langkah penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.
Ilustrasi. Bangun Tidur. Manfaat Rutin Bangun Pagi untuk Kesehatan, Bantu Jaga Kondisi Mental. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi29 Maret 2024, 03:21 WIB

Terekam CCTV, Dua Pria Beraksi Pecah Kaca Mobil Lalu Gondol Tas Sekolah di Brawijaya Sukabumi

Waspada, korban pecah kaca mobil yang terekam CCTV ini mengaku sudah kedua kalinya mengalami kejadian serupa di Brawijaya Sukabumi.
Tangkapan layar video CCTV dua pria beraksi pecah kaca mobil di Jalan Brawijaya Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Food & Travel29 Maret 2024, 03:00 WIB

Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri

Yuk Recook Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri!
Ilustrasi. Resep Kue Nastar Keju 6 Kuning Telur Khas Lebaran Idul Fitri. Sumber Foto : Instagram/@sukabikinkue
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)