Hamas Tewaskan 700 Warga Israel, 400 Penduduk Gaza Jadi Korban Pembalasan

Senin 09 Oktober 2023, 09:47 WIB
(Foto Ilustrasi) Israel menggempur daerah kantong Palestina di Gaza sebagai pembalasan. | Foto: Pixabay

(Foto Ilustrasi) Israel menggempur daerah kantong Palestina di Gaza sebagai pembalasan. | Foto: Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Israel menggempur daerah kantong Palestina di Gaza pada Minggu, 8 Oktober 2023, menewaskan ratusan orang sebagai pembalasan atas salah satu serangan paling berdarah dalam sejarahnya ketika Hamas membunuh 700 warga Israel dan menculik puluhan lainnya.

Mengutip tempo.co, amukan pejuang Hamas di kota-kota Israel pada Sabtu adalah serangan paling mematikan sejak serangan Mesir dan Suriah dalam perang Yom Kippur 50 tahun lalu dan mengancam akan memicu konflik lain dalam konflik yang telah berlangsung lama.

Sebagai tanggapan, serangan udara Israel menghantam blok perumahan, terowongan, masjid dan rumah pejabat Hamas di Gaza, menewaskan lebih dari 400 orang, termasuk 20 anak, sesuai sumpah Perdana Menteri Benjamin Netanyahu untuk melakukan "balas dendam besar-besaran".

“Harga yang harus dibayar oleh Jalur Gaza akan sangat berat dan akan mengubah kenyataan dari generasi ke generasi,” kata Menteri Pertahanan Yoav Gallant di kota Ofakim, yang menderita korban jiwa dan sandera.

Baca Juga: Rumah Sakit Indonesia di Gaza Dihantam Rudal Israel, 198 Warga Palestina Tewas

Di luar Gaza yang diblokade, pasukan Israel dan milisi Hizbullah Lebanon yang didukung Iran saling baku tembak artileri dan roket. Sementara di Mesir, dua turis Israel ditembak mati bersama seorang pemandu.

Seruan untuk menahan diri datang dari seluruh dunia, meskipun negara-negara Barat sebagian besar mendukung Israel. Sementara Iran, Hizbullah, dan pengunjuk rasa di berbagai negara Timur Tengah memuji Hamas.

Di Israel selatan pada Minggu, orang-orang bersenjata Hamas masih melawan pasukan keamanan Israel lebih dari 24 jam setelah kejutan mereka dengan serangan roket dan sekelompok pria bersenjata menyerbu pangkalan militer dan kota-kota perbatasan.

"Kedua gadis kecilku, mereka masih bayi. Mereka belum genap berusia lima tahun dan tiga tahun," kata Yoni Asher yang menceritakan video orang-orang bersenjata Palestina menangkap istri dan dua putrinya yang masih kecil setelah dia membawa mereka mengunjungi ibunya.

Uri David mengatakan pada konferensi pers bahwa dia menghabiskan 30 menit di telepon dengan kedua putrinya, Tair dan Odaya, selama serangan sampai mereka tidak lagi menanggapinya dan dia tidak mengetahui nasib mereka.

“Saya mendengar suara tembakan, teriakan dalam bahasa Arab, saya suruh mereka berbaring di tanah dan berpegangan tangan,” ujarnya sambil menangis.

Militer Israel, yang mendapat kecaman karena tidak dapat menggagalkan serangan tersebut, mengatakan bahwa mereka telah menguasai kembali sebagian besar titik infiltrasi di sepanjang penghalang keamanan, membunuh ratusan penyerang dan menahan puluhan lainnya.

Militer mengatakan telah mengerahkan puluhan ribu tentara di sekitar Gaza, wilayah sempit yang menjadi rumah bagi 2,3 juta warga Palestina, dan mulai mengevakuasi warga Israel di sekitar perbatasan.

"Ini adalah perang kelima saya. Perang harus dihentikan. Saya tidak ingin terus merasakan hal ini," kata Qassab al-Attar, seorang warga Palestina yang menggunakan kursi roda di Gaza yang dibawa oleh saudara laki-lakinya ke tempat penampungan.

Israel belum mengumumkan jumlah korban resmi namun medianya mengatakan sedikitnya 700 orang tewas, termasuk anak-anak. Juru bicara militer Daniel Hagari menyebutnya sebagai "pembantaian warga sipil tak berdosa terburuk dalam sejarah Israel."

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih membenarkan bahwa beberapa orang Amerika terbunuh oleh para penyerang Hamas, dan mengatakan bahwa AS akan terus memantau situasi dengan cermat.

Gejolak yang mengejutkan ini mungkin melemahkan langkah-langkah yang didukung AS untuk menormalisasi hubungan antara Israel dan Arab Saudi – sebuah penataan kembali keamanan yang dapat mengancam harapan Palestina akan penentuan nasib sendiri dan menghambat pendukung utama Hamas, Iran.

Sekutu regional utama Teheran lainnya, Hizbullah Lebanon, berperang dengan Israel pada tahun 2006 dan mengatakan “senjata dan roketnya” mendukung Hamas.

Dengan puing-puing dari serangan yang masih berserakan di kota-kota selatan dan komunitas perbatasan pada hari Minggu, warga Israel terguncang melihat mayat-mayat berlumuran darah di jalan-jalan, mobil, dan bahkan rumah mereka.

Sekitar 30 warga Israel yang hilang saat menghadiri pesta dansa yang diserang oleh orang-orang bersenjata muncul dari persembunyiannya pada Minggu, media Israel melaporkan, jumlah korban tewas pada pertemuan di luar ruangan tersebut sebanyak 260 orang.

Pejuang Palestina menyandera puluhan orang ke Gaza, termasuk tentara dan warga sipil, anak-anak dan orang tua. Kelompok militan Palestina kedua, Jihad Islam, mengatakan mereka menahan lebih dari 30 tawanan.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota
Bola29 April 2024, 14:00 WIB

Optimis! Shin Tae-yong Ingin Bawa Timnas Indonesia ke Olimpiade Paris 2024

Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024.
Shin Tae-yong berambisi bawa Timnas Indonesia terbang ke Olimpiade Paris 2024. (Sumber : pssi.org).
Life29 April 2024, 13:41 WIB

Jangan Diabaikan! Ketahui 7 Penyebab Balita Sering Memukul

Apakah balita Anda memukul anak lain saat pertama kali merasa frustasi? Jika ya, berikut cara menangani perilaku ini.
Ilustrasi balita memukul. | Foto: Freepik/@freepik
Life29 April 2024, 13:30 WIB

Jangan Dibentak! Ini 5 Cara Agar Anak Selalu Mau Dinasihati Orang Tua

Orang tua harus memiliki pendekatan yang bagus dan baik selama mengasuh anak agar mereka mau dinasihati dan tidak memberontak.
Ilustrasi. Cara agar anak mau dinasihati orang tua. Sumber foto : Pexels/Elina Fairytale
Life29 April 2024, 13:11 WIB

Tetap Bersikap Konsisten, 5 Tips Penerapan Sistem Penghargaan untuk Anak Usia Sekolah

Dengan menerapkan sistem penghargaan untuk anak usia sekolah, disinyalir sangat berguna untuk memotivasi mereka.
Ilustrasi penghargaan untuk anak. | Foto: Freepik/@stocking
Sehat29 April 2024, 13:00 WIB

Hidup Bersama Diabetes Tak Perlu Panik, 12 Langkah Sehat untuk Mengelola Gula Darah

Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna.
Ilustrasi - Dengan pengelolaan gula darah yang baik, orang yang hidup dengan diabetes dapat menjalani hidup yang sehat, bahagia, dan penuh makna. (Sumber : Freepik.com).
Life29 April 2024, 12:45 WIB

6 Cara Menjadi Orang Pemaaf Agar Hidup Jauh dari Permusuhan, Ini Langkahnya!

Menjadi pribadi pemaaf sebenarnya bisa diupayakan dalam hidup. Tentunya dengan beberapa langkah yang mesti dilakukan secara konsisten.
Ilustrasi. Cara menjadi orang yang pemaaf. Sumber foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Life29 April 2024, 12:30 WIB

7 Penyesalan Orang Tua kepada Anak Akibat Kesalahan Mengasuh di Masa Lalu

Para orang tua biasanya akan mengalami rasa penyesalan manakala berurusan dengan kesalahan pada pola asuhnya di masa lalu kepada anak-anaknya.
Ilustrasi. Pola asuh. Contoh Penyesalan orang tua kepada anaknya. Sumber foto : Pexels/Anastasiya Gepp
Bola29 April 2024, 12:15 WIB

Prediksi Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024, Selangkah Menuju Final!

Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024.
Indonesia akan menghadapi Uzbekistan dalam laga semifinal Piala Asia U-23 2024. (Korsel) | Foro : Ist