bankbjb

Berpotensi Tsunami, Gempa M 7,3 Berpusat di Kepulauan Solomon

Gelombang tsunami diperkirakan kurang dari 0,3 meter di atas permukaan air pasang untuk pantai Papua Nugini dan Vanuatu.

Selasa 22 Nov 2022, 10:20 WIB
Berpotensi Tsunami, Gempa M 7,3 Berpusat di Kepulauan Solomon

SUKABUMIUPDATE.com - Gempa dengan kekuatan M 7,3 terjadi di Kepulauan Solomon pada hari ini, Selasa (22/11/2022), dengan koordinat 9.85 S;159.52 T.

Gempa terjadi dengan kedalaman 10 km, kata Survei Geologi Amerika Serikat.

Sistem Peringatan Tsunami Amerika Serikat mengeluarkan peringatan tsunami setelah gempa bermagnitudo 7,3 melanda Malango di Kepulauan Solomon.

"Gelombang tsunami yang berbahaya mungkin terjadi di pantai dalam jarak 300 km dari pusat gempa," kata sistem peringatan tsunami Amerika Serikat.

Peringatan tsunami tersebut berlaku untuk wilayah Kepulauan Solomon, Vanuatu, Papua New Guinea, dan Australia. 

Selain itu, gelombang tsunami diperkirakan kurang dari 0,3 meter di atas permukaan air pasang untuk pantai Papua Nugini dan Vanuatu.

Juru bicara Perdana Menteri, Masnasseh Sogavere mengatakan orang-orang disarankan untuk segera pindah ke tempat yang lebih tinggi setelah gempa berkekuatan M 7,3 tersebut.

"Orang-orang disarankan untuk pindah ke tempat yang lebih tinggi sekarang," kata juru bicara dari kantor Perdana Menteri Manasseh Sogavare.

Sampai berita ini diunggah, masih belum ada keterangan lebih lengkap mengenai kerusakan yang terjadi di Kepulauan Solomon dan sekitarnya yang juga merasakan guncangan gempa tersebut.

#SHOWRELATEBERITA


Administrator
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini