13 Ide Usaha Sampingan, Bisa Jadi Passive Income Menjanjikan

Kamis 14 September 2023, 13:00 WIB
Ilustrasi. 13 Ide Usaha Sampingan, Bisa Jadi Passive Income Menjanjikan (Sumber : Freepik/odua)

Ilustrasi. 13 Ide Usaha Sampingan, Bisa Jadi Passive Income Menjanjikan (Sumber : Freepik/odua)

SUKABUMIUPDATE.com - Usaha sampingan bisa menjadi cara mendapatkan penghasilan tambahan di luar penghasilan utama atau yang biasa disebut passive income.

Ada banyak ide usaha sampingan yang dapat dicoba. Ide usaha tersebut sangat bervariasi tergantung pada minat, keterampilan, dan sumber daya yang Anda miliki.

Tak jarang usaha sampingan yang dijalani seseorang bisa berubah menjadi penghasilan utama ketika sukses menjalankannya dan semakin berkembang.

Baca Juga: 7 Tips Memulai Bisnis Online Untuk Pemula, Yuk Ikuti Langkah-langkahnya

Berikut beberapa ide usaha sampingan yang mungkin dapat Anda pertimbangkan untuk mendapatkan penghasilan tambahan

1. Jasa Penyelenggara Acara

Jika Anda memiliki keterampilan dalam merencanakan dan mengelola acara, Anda dapat memulai usaha penyelenggaraan acara kecil seperti ulang tahun, pernikahan, atau pesta perusahaan.

2. Freelancer

Jika Anda memiliki keterampilan khusus seperti penulisan, desain grafis, pengembangan web, atau penerjemahan, Anda dapat menjadi seorang freelancer dan menawarkan layanan Anda secara online.

Baca Juga: 15 Ide Bisnis Berbasis Digital: Platform Belajar Online hingga Desain Grafis

3. Jualan Online

Anda bisa memulai bisnis e-commerce dengan menjual produk fisik atau digital di platform seperti Shopify, Amazon, Etsy. Atau bisa juga di website e-commerce yang populer di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia dan sebagainya, bahkan sekarang banyak orang yang memanfaatkan TikTok shop untuk berjualan.

4. Jasa Konsultasi

Jika Anda memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam industri tertentu, Ide usaha menjadi konsultan mungkin bisa dipertimbangkan untuk memberikan saran kepada orang atau bisnis yang membutuhkan.

5. Penyewaan Properti

Jika Anda memiliki ruang tambahan di rumah Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menyewakannya melalui platform seperti Airbnb.

Baca Juga: 18 Ide Usaha dengan Modal Kecil yang Bisa Dilakukan di Rumah

6. Jasa Pengantar Makanan

Jika Anda memiliki kendaraan yang dapat digunakan, Anda bisa bekerja sebagai pengantar makanan untuk aplikasi pengiriman makanan seperti UberEats atau DoorDash.

7. Kelas atau Pelatihan Online

Jika Anda memiliki keahlian khusus, Anda bisa menawarkan kelas atau pelatihan online melalui platform seperti Udemy atau Teachable. Hal tersebut bisa menjadi ide usaha sampingan yang memberikan passive income lumayan jika dijalani dengan serius.

8. Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Jika Anda menyukai hewan peliharaan, Anda bisa membuka jasa perawatan hewan peliharaan seperti penitipan kucing atau anjing, grooming, atau pelatihan hewan.

Baca Juga: 8 Alasan Kenapa Kamu Harus Punya Pekerjaan atau Usaha Sampingan

9. Budidaya Tanaman

Siapa sangka hobi pada tanaman bisa menjadi ide usaha sampingan yang menjanjikan. Menanam tanaman hias atau tanaman produktif seperti sayuran dan buah-buahan di rumah Anda dan menjual hasilnya.

10. Jasa Kebersihan dan Perawatan Rumah

Menawarkan jasa kebersihan rumah atau perawatan taman untuk tetangga atau orang-orang di komunitas Anda. Ini mungkin bisa menjadi peluang bagus apalagi di tengah semakin sibuknya orang-orang.

11. Fotografi

Jika Anda memiliki keterampilan fotografi, Anda bisa menawarkan jasa pemotretan untuk pernikahan, acara khusus, atau pemotretan keluarga. Jika belum memiliki alat, Anda bisa memulainya dengan cara menyewa sambil mengumpulkan portofolio dan menabung untuk membeli alat sendiri.

Baca Juga: 5 Doa Memulai Usaha, Agar Bisnis Diberikan Kelancaran dan Keberkahan

12. Jualan Barang Bekas

Anda bisa menjual barang-barang bekas atau barang-barang yang sudah tidak Anda gunakan lagi melalui situs web penjualan barang bekas seperti eBay, Craigslist, atau bisa juga di e-commerce lain bahkan menawarkannya di media sosial.

13. Jasa Pemeliharaan Kendaraan

Jika Anda paham dengan kendaraan, mungkin ide usaha sampingan dengan menawarkan jasa perawatan dan perbaikan kendaraan, seperti servis rutin, ganti oli, atau perbaikan ringan.

Itulah beberapa ide usaha sampingan yang bisa dicoba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Penting untuk memilih ide usaha sampingan yang sesuai dengan minat dan keterampilan Anda, serta yang memadai dengan sumber daya yang Anda miliki.

Selain itu, pastikan untuk memahami peraturan dan persyaratan bisnis di daerah Anda sebelum memulai usaha sampingan Anda.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science14 Juni 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 14 Juni 2024, Sukabumi Siang Hingga Malam Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca Sukabumi hari ini dan sekitarnya pada 14 Juni 2024, berpotensi mengalami hujan pada siang hari hingga dini hari. (Sumber : Freepik)
Jawa Barat13 Juni 2024, 23:30 WIB

Terima 150 Aduan, Ombudsman Ungkap Potensi Kecurangan di PPDB Jabar 2024 Tahap 1

Ombudmsan menerima 150 aduan dari masyarakat tentang PPDB Jabar 2024 tahap 1 tingkat SMA/SMK. Ditemukan adanya potensi kecurangan.
Ilustrasi. Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Jabar 2024. (Sumber : Istimewa)
DPRD Kab. Sukabumi13 Juni 2024, 21:55 WIB

Harapan DPRD untuk Kades di Sukabumi yang Masa Jabatannya Diperpanjang Dua Tahun

Paoji menekankan bahwa perpanjangan masa jabatan ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin oleh para kades untuk meningkatkan kinerja.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi, Paoji Nurjaman. (Sumber : Dok. SU)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:31 WIB

Sungai Cipangasahan Dangkal dan Sempit, Puluhan Jiwa Terancam Banjir di Cibadak Sukabumi

5 unit rumah warga yang dihuni 5 KK 30 jiwa di Cibadak Sukabumi terdampak banjir akibat luapan Sungai Cipangasahan pada Rabu 12 Juni 2024.
Aliran anak Sungai Cipangasahan yang menyempit dan alami pendangkalan mengakibatkan bencana banjir di Desa Sukasirna, Cibadak Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi13 Juni 2024, 21:28 WIB

SPI Sukabumi Soal Penyerahan 31 Hektar Tanah HGU Suka Karet: Pelepasan atau Plasma?

Serikat Petani Indonesia (SPI) Sukabumi menyikapi penyerahan tanah HGU PT. Perkebunan Karet Suka Karet seluas 31 Hektar di Desa Bantarkalong Kecamatan Warungkiara.
Rozak Daud, Ketua SPI Sukabumi. | Foto: Sukabumi Update
Sehat13 Juni 2024, 21:00 WIB

9 Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Lambung, Dijamin Efektif!

Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.
Ilustrasi - Dengan mengikuti panduan ini dan memilih metode yang paling sesuai untuk Anda, gejala asam lambung dapat dikelola secara efektif dan alami.(Sumber : Freepik.com).
Sukabumi13 Juni 2024, 20:29 WIB

Tingkatkan Pengairan, UPTD Pertanian Cicurug Perbaiki 6 Saluran Irigasi di Sukabumi Utara

Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug, Hasari menyatakan bahwa saat ini para petani membutuhkan pengairan yang baik. Oleh karenanya monitoring dan perbaikan irigasi menjadi prioritas saat ini.
Hasari, Kepala UPTD Pertanian Wilayah III Cicurug di kantor UPTD, Kamis (13/6/2024) | Foto : Ibnu Sanubari
Aplikasi13 Juni 2024, 20:08 WIB

Di Sukabumi, Menteri Teten Ungkap Potensi Ancaman Aplikasi Temu asal Cina Bagi UMKM

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki bicara ancaman kehadiran aplikasi Temu yang berpotensi mengganggu pasar produk dalam negeri dan UMKM.
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki saat ditemui di Kota Sukabumi pada Kamis (13/6/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat13 Juni 2024, 20:00 WIB

4 Langkah Penting yang Harus Anda Lakukan Setelah Didiagnosis Pradiabetes

Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan.
Ilustrasi - Didiagnosis pradiebetes bukanlah alkhir dari segalanya dan Anda pun dapat hidup sehat dan senang di masa depan. (Sumber : Freepik.com).
Sehat13 Juni 2024, 19:45 WIB

Bolehkah Ngemil Saat Diabetes? Inilah 9 Camilan Sehat Ramah Kadar Gula Darah

Mengelola kadar gula darah ketika sedang terkena diabetes memanglah tidak mudah. Apalagi bagi mereka yang senang ngemil dan selalu perlu camilan.
Ilustrasi Penderita diabetes tetap bisa ngemil dengan camilan sehat ramah kadar gula darah (Sumber : Freepik.com/@8photo)