Banyak yang Sukses, Inilah 9 Ide Wirausaha dan Cara Memulainya

Senin 12 Juni 2023, 20:09 WIB
Ide Wirausaha tahun 2023 | Foto : Pixabay

Ide Wirausaha tahun 2023 | Foto : Pixabay

SUKABUMIUPDATE.com - Wirausaha adalah seseorang yang menciptakan bisnis baru dengan menanggung sebagian besar risiko dan menikmati sebagian besar imbalan. Seorang wirausaha umumnya dipandang sebagai inovator, sumber ide, barang, jasa, atau bisnis baru. 

Ada beberapa ide Wirausaha sangat sederhana namun cukup menguntungkan jika Anda rajin membuat promosi. Terutama bagi anda yang baru mau mencoba mencari peruntungan dalam bidang wirausaha. Berikut beberapa ide wirausaha yang berpotensi banyak peminatnya dan mendatangkan keuntungan di tahun 2023:

1. Pakaian

Salah satu wirausaha yang berpeluang untuk menghasilkan keuntungan di tahun 2023, salah satunya yaitu bisnis pakaian. Bisnis pakaian bisa dibilang tidak ada hentinya untuk diminati karena pakaian merupakan salah satu kebutuhan primer yang akan selalu dibutuhkan setiap saat. Ditambah lagi, meningkatkan peminat fashion dari merk lokal. Tentu saja hal ini menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan untuk meraup keuntungan.

2. Makanan and Minuman

Wirausaha food and beverage atau biasa disebut bisnis FnB merupakan bisnis yang tidak akan pernah mati dimakan waktu, malah akan terus berkembang dengan berbagai macam ide-ide atau inovasi baru. Peminatnya akan tetap terus ada sepanjang waktu. Bisnis makanan atau minuman sangat patut dicoba di tahun 2023. Bisnis makanan dan minuman juga bisa dengan sistem franchise.

3.  Photography

Wirausaha yang berpeluang banyak peminatnya di 2023, salah satunya bisnis di bidang photography. Apalagi mulai muncul tren baru yaitu self photo, dimana tidak adanya fotografer di dalam studio. Kelebihan dari konsep self photo studio yaitu pengunjung bisa mengambil photo sebanyak-banyaknya dan bebas berekspresi karena foto diambil menggunakan remote, tanpa adanya fotografer yang membantu.

4. Penyewaan Peralatan Bayi

Tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memenuhi semua kebutuhan bayi. Seringkali orang tua lebih memilih untuk sewa perlengkapan bayi seperti alat pumping, stroller, box tempat tidur bayi, alat steril dan masih banyak lagi. Selain karena harganya yang lumayan menguras dompet, peralatan bayi sering kali hanya dipakai beberapa bulan saja, tidak untuk jangka waktu yang lama. Bisnis penyewaan peralatan bayi merupakan ide bisnis yang menjanjikan di tahun 2023 karena peminatnya sepanjang tahun akan selalu ada dan selalu dibutuhkan oleh para orang tua.

5. Tour & Travel

Setelah pandemi Covid-19 berlalu dan berbagai tujuan wisata mulai dibuka, antusiasme masyarakat untuk mulai berpergian sangat tinggi. Masyarakat mulai berpergian keluar maupun dalam negeri. Bisnis tour and travel pun mulai hidup kembali dan dibutuhkan masyarakat. Hal ini menjadi peluan untuk Anda yang ingin mulai berbisnis di bidang perjalanan wisata.

6. Kosmetik dan perawatan wajah

Salah satu wirausaha yang patut Anda coba yaitu jasa mengajar via daring. Saat ini sedang ramai pembelajaran daring via internet karena dirasa lebih efisien, hemat waktu dan tempat. Jika Anda memiliki kemampuan di bidang tertentu, tidak hanya terbatas di bidang akademik saja, Anda bisa menyalurkan ilmu Anda sekaligus menjadikannya ide bisnis yang menghasilkan penghasilan, contohnya les bahasa inggris dan bahasa asing lain, les editing, dan yang lainnya.

7. Design

Untuk Anda yang memiliki kemampuan membuat design yang cukup mumpuni, Anda bisa menjadikannya sebagai peluang bisnis di 2023. Anda bisa menjual jasa design atau hasil design karya Anda yang banyak dibutuhkan oleh pebisnis.

8. Reseller

Wirausaha reseller bisa Anda coba dengan menjual produk yang berasal dari supplier lain dan menjualnya kepada konsumen. Bisnis reseller akan lebih menguntungkan untuk Anda yang baru mencoba memulai bisnis, karena resiko kerugian yang bisa diminimalisir serta bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu banyak. Dan keuntungan lainnya Anda bisa menjual lebih dari satu produk dalam satu toko.

9. Sembako

Wirausaha yang selalu dibutuhkan sepanjang waktu, salah satunya adalah bisnis sembako. Bisnis sembako dahulu hanya dijalankan melalui warung atau toko saja, tetapi sekarang banyak yang menjual sembako di toko online. Anda bisa menjual berbagai macam kebutuhan pokok sehari-hari yang pasti dibutuhkan oleh pelanggan seperti gula pasir, minyak goreng, tepung, dan lainnya. Bisnis sembako online merupakan peluang bisnis yang menjanjikan sepanjang waktu.

Bagaimana Cara Memulai Wirausaha di 2023

Sebelum mulai wirausaha, ada baiknya untuk melakukan beberapa persiapan agar usaha Anda berjalan dengan lancar.

Riset terlebih dahulu

Salah satu hal yang wajib dilakukan sebelum mulai berbisnis yaitu melakukan riset. Riset dilakukan untuk mengetahui informasi mengenai apa saja yang sedang tren atau banyak diminati masyarakat dan berpotensi menghasilkan keuntungan dimasa mendatang. Selain itu, Anda juga bisa dapat mengidentifikasi tentang calon pelanggan Anda.

Tentukan siapa target pasar wirausaha Anda

Wirausaha yang baik adalah usaha yang tahu dengan pasti siapa target pasarnya. Mengetahui target pasar sangat penting untuk bisa memberikan arah bisnis Anda dan kegiatan bisnis Anda akan lebih memiliki fokus. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan strategi pemasaran yang tepat, sesuai dengan target pasar bisnis Anda.

Analisis kompetitor Anda

Analisis kompetitor sangat berguna untuk mengetahui celah dari kompetitor bisnis Anda. Anda bisa mengetahui kelemahan kompetitor Anda dan bisa menjadikan kelemahan tersebut menjadi unique selling point dari bisnis Anda. Analisis kompetitor bisa dilakukan dengan membuat analisis SWOT (strengths, weakness, peluang opportunities, dan threat).

Buat brand guideline

Brand guideline berguna untuk mengetahui identitas dari wirausaha Anda. Brand guideline biasanya terdiri dari nama bisnis, logo, key visual, brand story, Dengan adanya brand guideline, target pasar Anda akan dengan mudah mengenal serta mengidentifikasikan brand Anda.

Tentukan rencana wirausaha yang matang

Business plan sangat penting untuk menjadi acuan dalam berbisnis atau wirausaha. Membuat business plan akan membuat Anda memiliki tujuan yang jelas dalam menjalankan bisnis Anda. Business plan berisi budget, rencana marketing, dan rencana program kerja dari bisnis Anda secara rinci dan jelas. Dalam akhir periode, business plan ini juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi.

Sediakan sistem pembayaran online untuk pelanggan Anda

Sebelum memulai bisnis, salah satu hal yang penting untuk disiapkan adalah sistem pembayaran. Sediakan sistem pembayaran online yang memudahkan pelanggan Anda dalam melakukan transaksi.

Itulah penjelasan mengenai peluang wirausaha di 2023 dan tips memulai bisnis yang wajib Anda ketahui. Setiap peluang usaha pasti memiliki risiko, Anda harus cermat dan tidak boleh melupakan risiko yang mungkin akan terjadi agar bisa meminimalisir kerugikan dan dapat keuntungan yang maksimal.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Musik29 April 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos

Inilah Full Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Sedang Viral di Medsos. Sudah Dengar?
Video Lirik Lagu Semoga Maliq & D'Essentials yang Viral di Medsos. Foto: YouTube/ORGANICessentials
Sukabumi29 April 2024, 16:41 WIB

Viral Video Aksi Tawuran Bersajam di Palabuhanratu Sukabumi, Satu Pelajar Terkapar

Sebuah video viral di media sosial aksi tawuran antar kelompok pelajar dengan menggunakan senjata tajam, diduga berlokasi di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Film29 April 2024, 16:30 WIB

Drama Korea Queen of Tears Akhirnya Tamat, Cetak Rating Tertinggi di tvN

Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024.
Drama Korea "Queen of Tears" yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Kim Ji Won akhirnya menayangkan episode terakhirnya pada tanggal 28 April 2024. (Sumber : soompi.com)
Sehat29 April 2024, 16:00 WIB

Bantu Kontrol Darah, 9 Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan

Serat yang tinggi dalam beras merah membantu mengatur penyerapan glukosa dalam darah, sehingga dapat membantu mengontrol kadar gula darah. Hal ini bermanfaat bagi penderita diabetes atau individu yang ingin mencegah diabetes tipe 2.
Ilustrasi - Nasi merah. Bantu Kontrol Darah, Manfaat Makan Beras Merah untuk Kesehatan. (Sumber : Freepik.com/@topntp26)
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 15:35 WIB

Komisi II DPRD Sukabumi Susun Raperda Penyelenggaran Perhubungan

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi kini tengah fokus menyusun Rapncangan Peraturan Daerah Tentang Penyelenggaraan Perhubungan (Raperda RPP).
Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi menggelar FGD dengan Organda dan Komunitas Angkot untuk bahan penyusunan Raperda Penyelenggaran Perhubungan | Foto : Ist
Life29 April 2024, 15:30 WIB

6 Tips Mengobati Rasa Sakit Hati Akibat Dikecewakan Pasangan, Yuk Dicoba!

Guna menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan, maka penting kiranya agar setiap diri memiliki keinginan untuk move on yang tinggi.
Ilustrasi. Cara menyembuhkan sakit hati dikecewakan pasangan. Sumber foto : Pexels/ SHVETS production
Inspirasi29 April 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Lowongan Kerja Sebagai Kasir di Minimarket Sukabumi, Minimal SLTA/SMU/SMA. (Sumber : Freepik/pressfoto)
Sukabumi29 April 2024, 14:43 WIB

Dinas PU Perbaiki Kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan di Parungkuda Sukabumi

Perbaikan jalan sepanjang 200 meter ini untuk meningkatkan kualitas dan keamanan.
Proses perbaikan kerusakan Jalan Kompa-Cipanggulaan, tepatnya di Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Minggu, 28 April 2024. | Foto: Istimewa
DPRD Kab. Sukabumi29 April 2024, 14:26 WIB

Semifinal Piala Asia U-23 Indonesia vs Uzbekistan, Budi Azhar Prediksi Timnas Menang 2-1

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali optimis Timnas Indonesia U-23 bisa menang atas Uzbekistan.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi Budi Azhar Mutawali. (Sumber : Dok.SU)
Sukabumi29 April 2024, 14:14 WIB

Dua Remaja Citamiang Sukabumi Ditangkap, Bergilir Cabuli Anak di Bawah Umur

Kedua pelaku ditangkap setelah polisi menerima laporan soal dugaan pencabulan ini.
Lokasi dugaan pencabulan yang dilakukan RJ dan RE di rumah RE di Jalan Pemuda Kampung Baru, Kelurahan/Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: Polres Sukabumi Kota