Beasiswa LPDP 2023 Segera Dibuka! Simak Tips Lolos hingga Ragam Programnya

Senin 23 Januari 2023, 12:00 WIB
Ilustrasi. Beasiswa LPDP 2023 Segera Dibuka, Tips Lolos hingga Ragam Programnya (Sumber : Freepik)

Ilustrasi. Beasiswa LPDP 2023 Segera Dibuka, Tips Lolos hingga Ragam Programnya (Sumber : Freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP adalah satuan kerja di bawah Kementerian Keuangan Republik Indonesia yang mengelola dana pendidikan sesuai amanat PMK Nomor 252 Tahun 2010.

LPDP kemudian ditetapkan sebagai sebuah lembaga berbentuk Badan Layanan Umum pada 30 Januari 2012 setelah disahkannya KMK Nomor 18 tahun 2012.

Beasiswa LPDP kerap menjadi incaran para mahasiswa sehingga tak pernah sepi peminat.

Mengutip Tempo.co, Pendaftaran beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) 2023 bakal segera dibuka pada 25 Januari 2023 mendatang. Adapun pendaftaran beasiswa LPDP 2023 lebih cepat dibandingkan tahun lalu yang dimulai pada Februari.

Baca Juga: 6 Bahasa Tubuh Wanita Jatuh Cinta, Salah Satunya Selalu Tersenyum Padamu

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Andin Hadiyanto mengatakan agar pendaftaran berjalan mulus, para peserta yang akan mendaftar diminta untuk membaca persyaratan dengan teliti.

"Pelajari seluruh persyaratan dan lengkapi semua dokumen yang diperlukan," ujarnya melalui WhatsApp, Jumat, 20 Januari 2023.

Dia berpesan agar semua peserta mengisi dan melengkapi semua persyaratan dengan jujur. Selain persiapan substansi, kata Andin, peserta juga diharapkan mempersiapkan mental jika diterima ke tahap selanjutnya setelah lolos seleksi administrasi.

"Siap berkompetisi dengan pendaftar lainnya dan menjadi diri sendiri serta menjaga integritas selama proses seleksi," ujarnya.

Baca Juga: Puasa Sunnah Rajab 2023 Dimulai 23 Januari Besok! Simak Jadwal Lengkapnya

Andin meminta agar para peserta mengikuti semua proses seleksi dengan baik. Yang tak kalah penting, kata Andin, sebelumnya para peserta harus menetapkan tujuan studi dan rencana kontribusi untuk membangun negeri.

Seluruh kriteria dan persyaratan pendaftar beasiswa termasuk kampus-kampus tujuan studi dapat diakses di situs LPDP: https://lpdp.kemenkeu.go.id.

“Pendaftaran program beasiswa LPDP dilakukan secara online. Seluruh rangkaian kegiatan seleksi tidak dipungut biaya pendaftaran atau biaya lain,” kata Andin.

Pendaftar yang telah dinyatakan lulus persyaratan administrasi atas ketentuan dan dokumen yang dipersyaratkan, akan lanjut ke tahapan tes bakat skolastik. Bagi pendaftar yang telah memiliki dokumen penerimaan studi (letter of acceptance/LoA), dapat memiliki keistimewaan tidak perlu menjalani tes bakat skolastik.

Apabila telah lulus pada tahapan seleksi administrasi dan tes bakat skolastik, pendaftar akan menjalani seleksi substansi atau wawancara. Pengumuman kelulusan seleksi substansi periode pertama dijadwalkan pada 8 Juni 2023.

Baca Juga: Lulusan SMA/SMK Sederajat Yuk Daftar, Ada Lowongan Kerja di Perusahaan Makanan!

Andin menjelaskan program beasiswa yang dibuka pada 2023 masih sama dengan tahun lalu. Program beasiswa LPDP terbagi atas:

1. Beasiswa Afirmasi, terdiri dari beasiswa Putra-Putri Papua, Beasiswa Daerah Afirmasi, Beasiswa Prasejahtera, dan Beasiswa Penyandang Disabilitas.

2. Beasiswa Targeted terdiri dari:

- Beasiswa untuk penguatan sektor publik: Beasiswa Dokter Spesialis / Subspesialis / Fellowship, Beasiswa Doktor Praktisi, Beasiswa PNS, TNI, POLRI, dan Beasiswa Pendidikan Kader Ulama/Perempuan.
- Beasiswa untuk penguatan sektor industri: Beasiswa Kewirausahaan.

3. Beasiswa Umum: Beasiswa Reguler, Beasiswa PTUD, Beasiswa Parsial.

Sumber : Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi20 Juli 2024, 22:33 WIB

Sempat Terserempet Motor, Surtini Korban Tewas Tabrak Lari Mobil di Sukabumi

Euis membiarkan Surtini karena belum mengetahui kondisi kepribadiannya.
Euis Julaeha (54 tahun), ketua RT tempat Surtini (62 tahun) menjadi korban tabrak lari mobil di Kampung Ciutara RT 16/07 Desa Pondokkaso Landeuh, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: SU/Ibnu Sanubari
Arena20 Juli 2024, 21:07 WIB

Pertama di Asia, Atlet Asal Sukabumi Berhasil Lakukan 10 Kali Juggling Bola di Udara

Fikri terbang dengan ketinggian 1.300 mdpl didampingi pilot paralayang profesional, Derry Farhan Mutaqin.
Muhammad Fikri Sirath saat melakukan juggling bola di udara. | Foto: Muhammad Fikri Sirath
Life20 Juli 2024, 21:00 WIB

10 Cara Mengetahui Karakter Seseorang, Perhatikan Bagaimana Dia Mengelola Uang

Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten.
Ilustrasi. Mengetahui karakter seseorang memerlukan observasi mendalam dan interaksi yang konsisten. (Sumber : pixabay.com/@SzilárdSzabó)
Sukabumi20 Juli 2024, 20:20 WIB

Polisi Selidiki Temuan Limbah Sampel Darah di Jalanan Parungkuda Sukabumi

Polisi akan terus melakukan penyelidikan untuk mengetahui asal sampel darah.
Polisi di lokasi penemuan limbah tabung sampel darah di Jalan Kompa-Cipanggulaan, Desa Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Film20 Juli 2024, 20:00 WIB

5 Rekomendasi Anime Isekai Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan
Reincarnated as a Sword - Anime isekai telah menjadi subgenre yang populer karena ceritanya yang beragam, karakter yang menarik, dan tema yang membebaskan (Sumber : imdb.com).
Life20 Juli 2024, 19:00 WIB

Kamu Merasa Sulit Sukses? Kenali 5 Kebiasaan Buruk yang Menjadi Penghambatnya

Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif.
Ilustrasi - Jika kamu ingin mencapai kesuksesan, penting untuk menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk ini dan mengembangkan kebiasaan-kebiasaan yang positif. (Sumber : unsplash.com/@Joshua Rawson-Harris)
Life20 Juli 2024, 18:00 WIB

Doa Sebelum Memulai Aktivitas Bekerja, Yuk Amalkan Agar Rezeki Lancar Juga Berkah

Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi.
Ilustrasi berdoa. Membaca doa sebelum bekerja dapat membantu meningkatkan semangat dan motivasi. | (Sumber : Freepik.com)
DPRD Kab. Sukabumi20 Juli 2024, 17:12 WIB

DPRD Terima Studi Banding Mahasiswa UMMI, Bahas Kelembagaan dan Dinamika Politik

Badri berharap dengan studi banding ini mahasiswa bisa berperan aktif dalam politik.
DPRD Kabupaten Sukabumi menerima kunjungan studi banding mahasiswa UMMI di Ruang Bamus DPRD, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Jumat (19/7/2024). | Foto: Istimewa
Musik20 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Teman Biasa dari Band Sukabumi Single Season, “Terjebak Friendzone”

Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone.
Teman Biasa adalah lagu terbaru dari band Single Season tentang seseorang yang terjebak Friendzone. (Sumber : Istimewa)
Inspirasi20 Juli 2024, 16:54 WIB

Pernah 1 Ton Per Bulan, Wanita Sukabumi Jual Daun Pandan dari Tegalbuleud

Pengolahannya dilakukan setelah duri daun pandan dibuang.
Nining Maryani (60 tahun), wanita asal Kecamatan Tegalbuleud, Kabupaten Sukabumi, memanfaatkan daun pandan untuk bahan kerajinan. | Foto: SU/Ragil Gilang