457 Pelajar se Indonesia, Seleksi Akhir Beasiswa 1000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra

Senin 12 Desember 2022, 15:34 WIB
Peserta seleksi akhir program Beasiswa 1000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra. | Foto: Istimewa

Peserta seleksi akhir program Beasiswa 1000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra. | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com – Seleksi akhir program Beasiswa 1000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra tahun akademik 2023/2024 telah selesai diselenggarakan pada Minggu, 11 Desember 2022.

Seleksi akhir dilakukan secara daring bagi peserta yang berada di luar Pulau Jawa dan bagi peserta yang mengikutinya secara langsung, seleksi dilaksanakan di kampus Nusa Putra, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi.

Total pendaftar Beasiswa 1000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra tahun akademik 2023/2024 berjumlah 457 orang yang berasal dari berbagai sekolah menengah atas di Sukabumi dan daerah lain di Indonesia.

Baca Juga: Standar Eropa !!! Universitas Nusa Putra Ikuti Akreditasi Internasional AQAS dari Jerman

“Total pendaftarnya 457,” ucap Elok Setyaningsih, panitia kegiatan tersebut saat dihubungi sukabumiupdate.com Senin (12/12/2022).

Menurut dia, pengumuman seleksi akan disampaikan pada tanggal 18 Desember melalui akun pendaftaran masing-masing dan website PMB (penerimaan mahasiswa baru).

Dilansir dari web resmi Nusa Putra, Beasiswa 1.000 Anak Negeri Universitas Nusa Putra memberikan kesempatan seluas-luasnya pada seluruh masyarakat Indonesia menempuh pendidikan tinggi di Universitas Nusa Putra tanpa melihat suku, ras, agama dan golongan.

Baca Juga: Donor Darah Rutin Ganas dan PMI Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Dengan mengedepankan aspek Ekuitas Pendidikan Universitas Nusa Putra memberikan 10 jenis beasiswa untuk 1.300 mahasiswa baru terpilih.

Semua beasiswa tersebut tersebar dengan model dan skema jenis beasiswa yang mengedepankan aspek pemerataan kesempatan dan keadilan yang dapat dipilih dalam jenis beasiswa santri, beasiswa tahfidz quran, beasiswa pluralisme non muslim, beasiswa difabel, beasiswa atlet, beasiswa seniman, beasiswa juara olimpiade, beasiswa ketua osis, beasiswa Indonesia Timur, beasiswa afirmasi non Jawa Barat.

Disebutkan dalam video yang diunggah dalam akun Youtube Nusa Putra University, para peserta mengikuti serangkaian tes, mulai yang terdiri dari tes potensi akademik, tes kemampuan Bahasa inggris, serta wawancara kepribadian.

Baca Juga: UKMK GANAS Nusa Putra Raih Juara Harapan Lomba Video Edukasi HIV/AIDS

“Antusiasmenya sangat tinggi terutama kan ini program seleksinya diadakan secara offline. Kita lihat sendiri tadi pesertanya sudah ada sekian ratus bahkan dilaksanakan secara online juga untuk yang di luar daerah,” ujar Elok.

Salah satu peserta dari kegiatan tersebut yaitu Salsabela menyebutkan beberapa alasan kenapa ia memilih Beasiswa 1000 Anak Negeri dari Universitas Nusa Putra, di antaranya yaitu karena Universitas Nusa Putra sudah terakreditasi Internasional, lalu banyak alumninya yang sudah sukses serta ada kesempatan dari jalur ketua osis yang jarang ada terutama di Sukabumi.

“Suasananya enjoy, karena temen-temennya gak bikin kaku, paling dari soal sih yang matematika agak bikin mumet, terus dari interview oke Bahasa inggris dan prodi,” ujarnya.

Baca Juga: Lembah Cai Karya Mahasiswa Universitas Nusa Putra Lolos ke Pentas Nasional

Kriteria beasiswa tahfidz quran merupakan salah satu yang paling diminati. “Alhamdulilah terlihat dari peserta yang hadir mengikuti tes kali ini sangat antusias dan bahkan peserta itu sudah ada yang menyelesaikan hafalan hingga 30 juz tapi masih dalam tahap memutqinkan atau melancarkan,” ujar KH. Maftuhin Ahmad Al Hafizs, salah satu penguji.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Maret 2024, 00:57 WIB

Jangan Salah Kaprah, Ini 6 Etika Makan di Depan Calon Mertua Agar Tidak Canggung

Saat makan dengan calon mertua, etika makan yang benar sangat penting untuk diperhatikan dan dapat memengaruhi kesan pertama yang Anda buat pada mereka.
Ilustrasi makan makan bersama calon mertua. (Sumber : Pixabay)
Life29 Maret 2024, 00:51 WIB

6 Cara Ampuh Hilangkan Kecoak di Rumah Dalam Sekejap

Pengendalian kecoak di dalam rumah merupakan salah satu langkah penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan rumah tangga.
Ilustrasi kecoak. (Sumber : Pixabay)
Life28 Maret 2024, 23:54 WIB

7 Skill yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiswa, Harus Bisa Beradaptasi

Sebagai seorang mahasiswa, terdapat banyak tuntutan dan tantangan dalam menghadapi dunia akademik dan persiapan untuk karir masa depan.
Ilustrasi mahasiswa. (Sumber : Pixabay)
Produk28 Maret 2024, 23:16 WIB

Pekan Ketiga Ramadan, Beras dan Cabai-cabaian Turun Harga di Pasar Parungkuda Sukabumi

Harga komoditas pangan di Pasar Parungkuda Sukabumi seperti beras dan cabai-cabaian kompak alami penurunan di pekan ketiga ramadan.
Ilustrasi Cabai. (Sumber : SU/Ibnu)
Life28 Maret 2024, 22:58 WIB

Jangan Diberi Racun, Ternyata Ini 6 Cara Ampuh Usir Tikus di Rumah

Tikus adalah salah satu hama yang sering menjadi masalah bagi banyak orang karena dapat merusak makanan, kabel listrik, dan bahkan kesehatan kita.
Ilustrasi. Hewan tikus yang sering dianggap hama di rumah. (Sumber : Pixabay)
Keuangan28 Maret 2024, 22:41 WIB

KPPN Sukabumi Telah Realisasikan Seratus Persen Pembayaran THR 2024

Jelang Hari Raya Idul Fitri, KPPN Sukabumi telah merealisasikan pembayaran THR untuk 7.917 penerima di 67 satuan.
Kepala KPPN Sukabumi, Abdul Lutfi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 22:11 WIB

Modal Rayuan di Medsos, Playboy asal Sukabumi Ini Kencani 5 Wanita untuk Gasak Motor

Polisi berhasil menangkap seorang Playboy asal Sukabumi yang melakukan penipuan dan penggelapan motor milik korban yang dikencaninya.
Tampang HH pria asal Cisaat Sukabumi pelaku penipuan dan penggelapan sepeda motor korban dengan modus berkencan dan berkenalan via medsos saat diinterogasi petugas. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:11 WIB

Tingkatkan Pelayanan, Perumdam TJM Sukabumi Pasang Jaringan Pipa Baru di Cikembar

Perumdam TJM Sukabumi cabang Cikembar melakukan pemasangan koneksi jaringan baru pada Kamis (28/3/2024) pagi.
Perumdam TJM Sukabumi melakukan uji coba sambungan pipa distribusi baru di Cikembar. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi28 Maret 2024, 21:01 WIB

CSR PT Dwiharta Logistindo, Ini Daftar Lomba Agama di Cisande Cicantayan Sukabumi

Gebyar Ramadhan merupakan salah satu bentuk penyaluran CSR perusahaannya yang berkantor pusat di Jakarta
Pembukaan gebyar Ramadhan di Masjid Jami Al-Ikhlas RT 15/05 Kampung Cikukulu, Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Kamis (28/3/2024). | Foto: Istimewa
Sehat28 Maret 2024, 21:00 WIB

Banyak Ditemui Pas Buka Puasa, 9 Makanan Ini Harus Dihindari Penderita Asam Lambung

Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan
Ilustrasi - Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam lambung agar tidak menimbulkan masalah kesehatan (Sumber : Freepik/freepik)