Bapenda: Sumbang Pajak BPHTB Rp 8 Miliar, Sukabumi Award 2022 untuk Notaris Gunawan

Sabtu 10 September 2022, 10:48 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Gunawan SH, Notaris dan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) meraih penghargaan dalam anugrah Sukabumi Awards 2022 karena kontribusinya sebagai mitra penyelenggara pajak daerah. 

Gunawan memberikan pemasukan pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi hingga lebih dari Rp 8 Miliar.

Baca Juga :

Penghargaan berupa piagam dan plakat diserahkan secara langsung Bupati Sukabumi Marwan Hamami kepada Gunawan dalam anugrah Sukabumi Awards 2022 di Aula Setda Palabuhanratu, Jumat 9 September 2022.

Menurut Gunawan, penghargaan ini menjadi motivasi bagi kantornya dalam peningkatan pelayanan kepada masyarakat. "Dengan pelayanan baik, masyarakat akan mudah juga untuk melakukan pembayaran pajak, baik pajak pusat maupun pajak daerah, PPh maupun BPHTB, yang sangat berguna untuk pemerintah pusat maupun pemerintah daerah,” ujarnya.

Dia menyatakan penghargaan ini merupakan yang kesekian kalinya yang diterima dari Pemkab Sukabumi. Gunawan menuturkan, pada tahun 2021 lalu jumlah pajak BPHTB yang telah ia setorkan ke kas Pemkab Sukabumi nominalnya mencapai Rp 8 hingga Rp 10 miliar.

Saat ini memasuki jelang akhir tahun 2022, ia menyebut sudah menyetorkan pajak BPHTB kurang lebih sebesar Rp 5 hingga Rp 6 miliar. Ia akan memaksimalkan 3 bulan tersisa di tahun 2022 agar nominal jumlahnya tidak jauh berbeda dari tahun 2021.

“Mudah-mudahan masih ada beberapa bulan itu mungkin bisa kejar target. Kita berharap tahun ini tidak berbeda jauh dengan tahun kemarin, targetnya 8 M kurang lebih. Mudah-mudahan dapat kita bantu untuk Dispenda,” katanya.

Selain Gunawan, ada 9 notaris/PPAT lainnya yang diganjar penghargaan serupa dalam event Sukabumi Awards 2022. Kesepuluh orang tersebut masuk dalam penerima penghargaan dalam kategori mitra penyelenggara pajak daerah yang penilaiannya dilakukan oleh Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sukabumi.

Kepala Bapenda Kabupaten Sukabumi, Aisah, mengatakan pemberian penghargaan ini adalah sebagai bentuk motivasi sekaligus untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai wajib pajak dan pihak-pihak yang berperan dalam pemungutan pajak daerah. “Sehingga dapat lebih termotivasi dalam melunasi pajak daerah sebelum jatuh tempo pembayaran,” katanya dalam rilis.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami mengatakan, Sukabumi Award merupakan momentum dalam menciptakan energi positif. Terutama dalam berkarya untuk Sukabumi.

"Semua ini menunjukan Sukabumi bisa bergerak dengan baik melalui kebersamaan. Terima kasih atas berbagai hal yang diberikan untuk Kabupaten Sukabumi," terangnya.

Berkaca dari semua itu, Marwan optimis di usia ke-152 tahun, Kabupaten Sukabumi bisa semakin maju. Hal itu dengan berbagai karya dan inovasi pelayanan. "Semua layanan terbaik kita berikan untuk masyarakat," bebernya.

Maka dari itu, Sukabumi Awards 2022 harus menjadi motivasi bagi semua pihak. Terutama dalam menciptakan ide dan gagasan."Semoga adanya award ini, bisa memotivasi semua pihak dalam berkarya dan berinovasi," pungkasnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi24 April 2024, 09:50 WIB

Awas Longsor Susulan, Dampak Tebing 20 Meter Runtuh di Curug Cimarinjung Sukabumi

Sementara ini objek wisata Curug Cimarinjung tetap dibuka seperti biasa.
Lokasi longsor di Curug Cimarinjung di Kampung Ciporeang RT 04/08 Desa Ciemas, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, ketika diperiksa pada Selasa, 23 April 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi24 April 2024, 09:30 WIB

Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya!

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syarat Daftarnya!
Lowongan Kerja Lulusan SMA Jurusan IPA di Jakarta, Cek Syaratnya! (Sumber : Istimewa)
Life24 April 2024, 09:21 WIB

Tetapkan Aturan yang Sehat, Ini 7 Tips untuk Mendisiplinkan Anak yang Depresi

Depresi tidak hanya menimpa orang dewasa, namun anak-anak juga dapat mengalaminya karena beberapa hal. Namun, terapkan hal-hal berikut untuk mendisiplinkan anak yang depresi.
Ilustrasi mendisiplinkan anak. | Foto: Freepik
Sukabumi24 April 2024, 09:10 WIB

LW Doa Bangsa dan BJB Syariah Palabuhanratu Sukabumi Kolaborasi Majukan Perwakafan

Pertemuan ini membahas rencana nota kesepahaman dan kerja sama.
Pertemuan LW Doa Bangsa dan BJB Syariah di kantor BJB Syariah KCP Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Istimewa
Sehat24 April 2024, 09:00 WIB

Buah Nangka: Nutrisi dan 6 Manfaat Kesehatannya yang Luar Biasa

Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.
Ilustrasi - Meskipun tidak terlalu tinggi kalori atau protein, nangka menawarkan serat, antioksidan, dan beberapa vitamin dan mineral yang mendukung kesehatan Anda secara keseluruhan.  (Sumber : Freepik)
Sehat24 April 2024, 08:00 WIB

7 Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh

Sebelum menggunakan herbal untuk menurunkan kadar kolesterol, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli herbal terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan lain atau memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya.
Daun Sambiloto. Daun Herbal untuk Menurunkan Kadar Kolesterol dalam Tubuh (Sumber : Instagram/@dyahksi)
Life24 April 2024, 07:00 WIB

10 Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai

Ternyata Ini Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. Yuk, Simak!
Ilustrasi. Banyak Teman. Kebiasaan Orang Baik yang Membuatnya Disukai dan Dihargai. (Sumber : Pexels/DivaPlavalaguna)
Food & Travel24 April 2024, 06:00 WIB

Cuma 8 Langkah, Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah

Ternyata Gampang, Cuma 8 Langkah! Begini Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah
Ilustrasi. Cara Membuat Rebusan Daun Binahong untuk Menurunkan Gula Darah. Foto: Instagram/sitiakbari33024
Science24 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 24 April 2024, Siang Hari Seluruh Wilayah Berpotensi Hujan

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024.
Ilustrasi - Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya 24 April 2024. (Sumber : Freepik)
Sukabumi24 April 2024, 01:20 WIB

Disdik Sukabumi Pastikan Ujian Sekolah Tingkat SD dan SMP Berjalan Lancar

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sukabumi, Eka Nandang Nugraha mengungkapkan bahwa saat ini sudah tidak ada lagi ujian nasional, sebagai penggantinya ada penilaian sumatif akhir jenjang (PSAJ)
Suasana Ujian Sekolah di SMPN 1 Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update