Ada Tambahan Waktu Pemungutan Suara 30 Menit, Pilkades Desa Caringin Sukabumi Digugat

Rabu 15 Januari 2020, 08:15 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Desa Caringin, Kecamatan Cisolok berujung ke meja hijau setelah calon kepala Desa (Kades) Subyati Sofyana menggungat perdata panitia Pilkades ke Pengadilan Negeri (PN) Cibadak.

Gugatan tersebut berawal dari adanya tambahan waktu pemungutan suara saat Pilkades serentak Kabupaten Sukabumi yang digelar pada 17 November 2019 diaula Kantor Desa Caringin. Pilkades Desa Caringin, Kecamatan Cisolok ini diikuti oleh dua calon yakni Subyati Sofyan nomor urut satu, dan Pidin nomor urut dua.

BACA JUGA: 225 Pemenang Pilkades Serentak di Kabupaten Sukabumi Dilantik, 15 Menunggu?

Dari hasil perolehan suara, Pidin memperoleh suara 1.993, sedangkan Sofyan memperoleh 1.976, antara keduanya terpaut 17 suara untuk kemenangan Pidin serta daftar pemilih tetap nya, ada 5245 dengan suara sah 3969 dan suara tidak sah 48 suara. 

Dalam perkara ini, penggugat Subyati Sofyana sedangkan tergugat I Panitia Pilkades Ajat Setiawan, tegugat II BPD Encep Nurjana dan tergugat III Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

BACA JUGA: Massa Kembali Protes Pilkades Purwasedar Sukabumi, Camat Ciracap: Silahkan ke Pengadilan

Proses gugatan tersebut sudah masuk tahap mediasi. Namun, mediasi yang dilakukan di Pengadilan Negeri Cibadak, di Pengadilan Negeri (PN) Cibadak, Jalan Jenderal Sudirman, Blok Jajaway, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (15/1/2020), deadlock. Dengan demikian perkara ini dilanjutkan ke persidangan.

Adapun Hakim mediasi Soni Nugraha, kuasa hukum penggugat Makki Yuliawan, sementara kuasa hukum tergugat III dari pengacara negara Kejaksaan Negeri Cibadak Sunandar Pramono. 

BACA JUGA: Pilkades Serentak 2019 di Sukabumi Sisahkan Masalah? Jalil: Pertandingan Tanpa Wasit

Gugatan tersebut berawal dari adanya tambahan waktu pemungutan suara saat Pilkades yang digelar pada 17 November 2019. Semestinya pemungutan suara itu ditutup sesuai waktu yang ditentukan namun oleh tergugat I, memerintahkan penambahan waktu dalam proses pemungutan suara selama 30 menit. 

"Gugatan ini sebenarnya simple, ada tahapan ketua panitia ketika berita acara ditanda tangani semua kemudian sesudah bubar ada tambahan 30 menit. Kami hanya mempertanyakan itu saja sah atau tidak, setelah ditambah juga tidak ada BAP lagi harusnyakan ada berita acara perhitungan," ujar kuasa hukum penggugat Makki Yuliawan.

BACA JUGA: Dugaan Kecurangan Pilkades Cidadap Sukabumi Dibawa ke Jalur Hukum?

Masih kata Maki, untuk tergugat III yakni Bupati Sukabumi Marwan Hamami dengan tuntutan menyatakan perbuatan tergugat III, melalui aparat kecamatan tidak bertindak untuk menyelesaikan keberatan dari penggugat atas indikasi kecurangan dalam pemilihan Pilkades Caringin, hal itu sudah termasuk Perbuatan Melawan Hukum (PMH).

"Untuk itu kami meminta kepada Tergugat III, untuk menunda penetapan hasil Pemilihan Desa Caringin tanggal 17 November 2019 lalu, karena dinilai cacat hukum," tandasnya.

BACA JUGA: Dugaan Pemilih dari Luar Desa Cidadap, FKMC Laporkan Pilkades ke DPMD Sukabumi

Sementara itu, Mediator PN Cibadak Soni Nugraha mengatakan, perkara gugatan tersebut masuk pada tanggal 4 Desember 2019 dengan nomor Perkara27/Pdt.G/2019/PN Cbd. Tahap perkara gugatan sejak tanggal 2 Januari 2020 proses mediasi hingga berakhir deadlock.

"Iya untuk proses mediasi berakhir buntu, sehingga akan dilanjutkan persidangan nanti," singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Jawa Barat03 Mei 2024, 00:01 WIB

Bahas UHC, Sekda Kabupaten Sukabumi Hadiri Monev Implementasi JKN

Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman hadiri acara monev Implementasi Inpres Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN di Bandung.
Sekda Kabupaten Sukabumi didampingi perangkat daerah hadiri acara monev implementasi inpres terkait JKN di Bandung. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Sukabumi02 Mei 2024, 22:39 WIB

Longsor di Parungkuda Sukabumi, Akses Jalan Desa Langensari Tertutup Dapuran Bambu

Akses jalan Desa Langensari Parungkuda Sukabumi tertutup longsor dapuran bambu.
P2BK bersama sejumlah relawan tengah melakukan penanganan longsor dapuran bambu yang menutup badan jalan di Kampung Sindangsari RT 1/2, Desa Langensari, Parungkuda Sukabumi, Kamis (2/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Opini02 Mei 2024, 22:12 WIB

Mengarahkan Kompas Pendidikan: Sebuah Renungan di Hari Pendidikan Nasional

Sistem pendidikan harus menyediakan ruang yang cukup untuk pembelajaran empati, kejujuran, dan keberanian moral.
Ilustrasi. Seputar Hardiknas 2024 | Foto: Pixabay/sasint
Keuangan02 Mei 2024, 21:56 WIB

Masih Dibuka, Pendaftar Tahara di BPR Cicurug Sukabumi Diprediksi Terus Meningkat

Pendaftaran calon nasabah Tabungan Hari Raya (Tahara) Perumda BPR Sukabumi cabang Cicurug masih dibuka hingga 8 Mei 2024.
Kepala Pemasaran BPR Sukabumi Cabang Cicurug, Jujun Junaedi. (Sumber : SU/Ibnu)
Opini02 Mei 2024, 21:33 WIB

Menjadi Pembaca Kritis: Memilah Informasi di Era Media Baru

Pembaca kritis tidak hanya menerima informasi mentah-mentah, tertapi mampu memahami konteks informasi, menganalisis isi dan sumbernya, serta mengevaluasi kebenarannya.
Ilustrasi memilah informasi di zaman hadirnya media baru. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi02 Mei 2024, 21:17 WIB

Pengantar ke Neraka! Bank Emok-Rentenir Dilarang Keras Masuk Kutamara Sukabumi

Spanduk tolak rentenir dan bank emok terbentang di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. Praktik riba disebut sudah rusak rumah tangga dan pengantar ke neraka.
Spanduk penolakan hadirnya praktik riba akibat rentenir hingga bank emok yang dipasang ormas Gempa di Kampung Kutamara Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Bola02 Mei 2024, 21:00 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Irak di Perebutan Tempat ke-3 Piala Asia U-23 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Liga 1 2023/2024 antara Timnas Indonesia U-23 vs Irak U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sehat02 Mei 2024, 20:30 WIB

Sulit Tidur dan Sangat Mengganggu! 4 Cara Mengobati Sakit Asam Urat di Malam Hari

Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari.
Ilustrasi - Ada beberapa cara mengobati sakit asam urat di malam hari. (Sumber : Freepik.com/DC Studio).
Life02 Mei 2024, 20:15 WIB

6 Minuman yang Bisa Menenangkan Pikiran saat Stres, Cemas dan Galau, Yuk Dicoba!

Sejumlah minuman bermanfaat untuk membantu menenangkan pikiran di saat sedang mengalami stres, cemas dan galau. Patut menjadi rekomendasi sebagai menu harian.
Ilustrasi minuman yang menenangkan pikiran. | Sumber foto : Pexels/Anna Tarazevich
Life02 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Yuk Lakukan Sederet Tips Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah Berikut Agar Bisa Nyenyak di Malam Hari.
Ilustrasi. Tidak Nyenyak. Pola Tidur yang Baik untuk Penderita Gula Darah. (Sumber : Pexels/IvanOboleninov)