Apakah Sah Wudhu saat Pakai Makeup Waterproof? Simak Jawabannya!

Senin 28 Maret 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan wanita saat ini selalu menggunakan makeup terutama saat beraktivitas di luar rumah. Salah satu alasannya yaitu agar lebih percaya diri saat bertemu dengan orang lain.

Dan salah satu jenis makeup yang sering digunakan wanita yaitu makeup waterproof.

Dikutip dari Suara.com, makeup waterproof adalah andalan banyak orang yang menginginkan riasan tahan lama. Hanya saja, bagi para muslimah, apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang keharusan menghapus makeup waterproof sebelum salat? Wudhu saat pakai makeup waterproof sah atau tidak , ya?

Tidak hanya dari segi warna, bahan, maupun harga, standar waterproof menjadi salah satu pertimbangan seseorang membeli makeup. Pasalnya makeup waterproof menawarkan ketahanan makeup yang lebih lama dan tidak mudah pudar saat terkena air atau hujan.

Baca Juga :

Jika makeup tidak pudar walau terkena air, bagaimana saat seorang wanita muslimah harus menjalankan ibadah shalat?

Seperti yang kita ketahui, salah satu syarat sah shalat adalah wudhu, di mana seluruh anggota tubuh yang telah dipersyaratkan dalam wudhu harus basah dengan air. Hal ini sebagaimana dengan hadis:

"Rasulullah SAW pernah melihat seseorang shalat sedangkan di punggung kakinya ada bagian mengkilap karena tidak terbasuh air wudhu, seukuran sekeping dirham. Lalu Nabi SAW menyuruhnya mengulang kembali wudhunya." (HR. Imam Ahmad dan Abu Dawud)

Maka, jika Anda menggunakan makeup waterproof, bersihkan terlebih dahulu sebelum mengambil air wudhu supaya shalat tetap sah. Ini karena wajah menjadi salah satu bagian yang harus basah saat wudhu.

Lalu, apakah ada makeup yang tidak mengganggu wudhu? Sebelumnya, perlu diketahui setidaknya ada dua jenis makeup yang biasa digunakan wanita.

photoKuas Makeup - (Unplash.com)</span

1. Makeup yang Tipis

Makeup tipis adalah makeup yang tidak membentuk lapisan. Ini tidak perlu dihapus saat berwudhu karena tidak menciptakan lapisan yang menghalangi masuknya air ke pori-pori wajah. Oleh karena itu, wudhu tetap sah meski makeup tetap digunakan.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Abdulaziz Ibnu Baz-rahimahullah sebagai berikut:

"Jika makeup memiliki fisik (yakni membentuk lapisan), menghalangi sampainya air ke anggota wudhu, maka harus dihilangkan. Jika tidak mempunyai fisik, cumasebatas warna, tidak memiliki ketebalan, maka tidak harus dihilangkan. Namun, jika makeup memiliki fisik (membentuk ketebalan atau lapisan), sehingga dapat menghalangi terbasuhnya air wudhu, makeup seperti ini wajib dihilangkan. Seperti makeup wajah atau lengan, jika mengandung zat lilin (membentuk lapisan), maka harus dihilangkan. Adapun jika cuma warna, tidak memiliki fisik dan ketebalan, tidak harus dihilangkan."

2. Makeup Tebal

Makeup tebal akan memberikan lapisan pada wajah sehingga menghalangi saat air wudhu dibasuhkan. Oleh karena itu, wudhu dengan menggunakan makeup jenis ini dianggap tidak sah. Makeup jenis ini misalnya cream wajah yang tebal.

Lalu, wudhu saat pakai makeup waterproof sah atau tidak? Untuk makeup waterproof, dari namanya saja sudah jelas bahwa kosmetik ini antiair yang berarti menghalangi air menyerap ke wajah.

Oleh karena itu, wudhu saat wajah menggunakan makeup waterproof dianggap tidak sah. Jadi, wudhu harus diulang saat make up sudah dihapus.

SUMBER: SUARA.COM/Hillary Sekar Pawestri

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi26 April 2024, 23:14 WIB

Marwan Belum Terima 2 Partai Tambahan yang Akan Dukung Asjap di Pilkada Sukabumi, Kenapa?

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menyebut ada dua partai lagi yang ingin turut hadir pada acara deklarasi koalisi tiga partai dalam pengusungan pasangan bakal calon untuk maju di Pilkada 2024.
Marwan Hamami, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 23:09 WIB

Tiga Partai Resmi Berkoalisi, Marwan Beberkan Alasan Usung Asep Japar di Pilkada Sukabumi

Tiga partai yakni Golkar, Gerindra, dan PPP secara resmi berkoalisi untuk mengusung Asep Japar di Pilkada 2024
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami menandatangani kesepakatan koalisi tiga partai Golkar, PPP dan Gerindra, Jumat (26/4/2024) | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi26 April 2024, 21:49 WIB

Akibat Banjir, Toko Alat Listrik di Cidahu Sukabumi Alami Kerugian hingga Belasan Juta

Banjir yang terjadi di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 membuat beberapa pihak mengalami kerugian yang cukup besar.
Sejumlah warga dan karyawan toko memindahkan barang yang sebelumnya terendam banjir di Kampung Pasirdoton, Desa Pasirdoton, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer