Apakah Sah Wudhu saat Pakai Makeup Waterproof? Simak Jawabannya!

Senin 28 Maret 2022, 07:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kebanyakan wanita saat ini selalu menggunakan makeup terutama saat beraktivitas di luar rumah. Salah satu alasannya yaitu agar lebih percaya diri saat bertemu dengan orang lain.

Dan salah satu jenis makeup yang sering digunakan wanita yaitu makeup waterproof.

Dikutip dari Suara.com, makeup waterproof adalah andalan banyak orang yang menginginkan riasan tahan lama. Hanya saja, bagi para muslimah, apakah Anda pernah bertanya-tanya tentang keharusan menghapus makeup waterproof sebelum salat? Wudhu saat pakai makeup waterproof sah atau tidak , ya?

Tidak hanya dari segi warna, bahan, maupun harga, standar waterproof menjadi salah satu pertimbangan seseorang membeli makeup. Pasalnya makeup waterproof menawarkan ketahanan makeup yang lebih lama dan tidak mudah pudar saat terkena air atau hujan.

Baca Juga :

Jika makeup tidak pudar walau terkena air, bagaimana saat seorang wanita muslimah harus menjalankan ibadah shalat?

Seperti yang kita ketahui, salah satu syarat sah shalat adalah wudhu, di mana seluruh anggota tubuh yang telah dipersyaratkan dalam wudhu harus basah dengan air. Hal ini sebagaimana dengan hadis:

"Rasulullah SAW pernah melihat seseorang shalat sedangkan di punggung kakinya ada bagian mengkilap karena tidak terbasuh air wudhu, seukuran sekeping dirham. Lalu Nabi SAW menyuruhnya mengulang kembali wudhunya." (HR. Imam Ahmad dan Abu Dawud)

Maka, jika Anda menggunakan makeup waterproof, bersihkan terlebih dahulu sebelum mengambil air wudhu supaya shalat tetap sah. Ini karena wajah menjadi salah satu bagian yang harus basah saat wudhu.

Lalu, apakah ada makeup yang tidak mengganggu wudhu? Sebelumnya, perlu diketahui setidaknya ada dua jenis makeup yang biasa digunakan wanita.

photoKuas Makeup - (Unplash.com)</span

1. Makeup yang Tipis

Makeup tipis adalah makeup yang tidak membentuk lapisan. Ini tidak perlu dihapus saat berwudhu karena tidak menciptakan lapisan yang menghalangi masuknya air ke pori-pori wajah. Oleh karena itu, wudhu tetap sah meski makeup tetap digunakan.

Hal ini sebagaimana yang dijelaskan oleh Syekh Abdulaziz Ibnu Baz-rahimahullah sebagai berikut:

"Jika makeup memiliki fisik (yakni membentuk lapisan), menghalangi sampainya air ke anggota wudhu, maka harus dihilangkan. Jika tidak mempunyai fisik, cumasebatas warna, tidak memiliki ketebalan, maka tidak harus dihilangkan. Namun, jika makeup memiliki fisik (membentuk ketebalan atau lapisan), sehingga dapat menghalangi terbasuhnya air wudhu, makeup seperti ini wajib dihilangkan. Seperti makeup wajah atau lengan, jika mengandung zat lilin (membentuk lapisan), maka harus dihilangkan. Adapun jika cuma warna, tidak memiliki fisik dan ketebalan, tidak harus dihilangkan."

2. Makeup Tebal

Makeup tebal akan memberikan lapisan pada wajah sehingga menghalangi saat air wudhu dibasuhkan. Oleh karena itu, wudhu dengan menggunakan makeup jenis ini dianggap tidak sah. Makeup jenis ini misalnya cream wajah yang tebal.

Lalu, wudhu saat pakai makeup waterproof sah atau tidak? Untuk makeup waterproof, dari namanya saja sudah jelas bahwa kosmetik ini antiair yang berarti menghalangi air menyerap ke wajah.

Oleh karena itu, wudhu saat wajah menggunakan makeup waterproof dianggap tidak sah. Jadi, wudhu harus diulang saat make up sudah dihapus.

SUMBER: SUARA.COM/Hillary Sekar Pawestri

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi24 Juli 2024, 22:16 WIB

Keributan di Tipar Gede Sukabumi, Satu Pengamen Terluka Dihajar Pria Tak Dikenal

Berikut kesaksian pedagang pasar di jalan Tipar Gede Sukabumi terkait sekelompok pengamen dihajar pria tak dikenal berjaket kuning.
Kondisi di sekitar jalan Tipar Gede Kota Sukabumi usai keributan yang melibatkan pengamen dan pria misterius berjaket kuning. (Sumber : Istimewa)
Produk24 Juli 2024, 21:19 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Sukabumi Tembus Rp80 Ribu per Kilogram

Harga cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, tembus Rp80 ribu per kilogram pada Rabu (24/7/2024).
Cabai rawit merah di Pasar Parungkuda Sukabumi. (Sumber : SU/Ibnu)
Sukabumi Memilih24 Juli 2024, 21:18 WIB

2 Artis Kirim Kode Maju Pilkada Sukabumi, Warganet Dukung Omesh Jadi Bupati, Bobby Wakil Walikota

Dua artis ternama asal Sukabumi, Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana, menjadi perbincangan hangat di kalangan warganet. Hal ini terjadi setelah keduanya mengirimkan kode-kode politik menjelang Pilkada Sukabumi 2024.
Ananda Rusdiana Omesh dan Bobby Maulana | Foto : Ist
Life24 Juli 2024, 21:00 WIB

Merasa Sering Dijauhi Orang Lain? Simak 10 Perilaku yang Mungkin Jadi Penyebabnya

Jika Anda merasa sering dijauhi orang lain, cobalah untuk introspeksi diri dan perhatikan apakah Anda memiliki salah satu dari 10 perilaku ini.
Ilustrasi - Ada beberapa perilaku tertentu yang membuat seseorang atau Anda dijauhi oleh orang lain. (Sumber : Pexels.com/@cottonbro studio).
Internasional24 Juli 2024, 20:37 WIB

Kecelakaan Pesawat Saurya Airlines di Nepal, Semua Penumpang Tewas Kecuali Pilot

Sebuah kecelakaan pesawat kembali terjadi, kali ini menimpa pesawat Bombardier CRJ200 milik Saurya Airlines di Ibu Kota Nepal
Kecelakaan pesawat di Nepal, Saurya Airlines | Foto : Ist
Nasional24 Juli 2024, 20:11 WIB

Kuasa Hukum Korban Kecewa Ronald Terdakwa Pembunuhan Wanita Sukabumi Divonis Bebas

Kuasa Hukum keluarga Dini Sera Afrianti menilai putusan Majelis Hakim PN Surabaya ini sangat menciderai keadilan bagi korban.
Gregorius Ronald Tannur anak anggota DPR RI tersangka penganiayaan berujung kematian wanita Sukabumi Dini Sera Afrianti. (Sumber : Istimewa/Instagram)
Bola24 Juli 2024, 20:00 WIB

Rumor Transfer Persib: Mailson Lima Dikabarkan Jadi Pemain Asing Terakhir yang Bakal Direkrut

Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025.
Nama Mailson Lima memang mencuat sebagai kandidat pemain asing terakhir Persib untuk musim 2024/2025. (Sumber : Instagram/@inst_scout).
Sukabumi24 Juli 2024, 19:34 WIB

Dukung Kenyamanan Mobilitas, Dinas PU Perbaiki Jalan Angkrong Parungkuda Sukabumi

Dinas Pekerjaan Umum (PU) terus berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur di beberapa wilayah Kabupaten Sukabumi. Diantaranya pengaspalan ruas Jalan Angkrong di Kecamatan Parungkuda
Dinas PU Kabupaten Sukabumi melakukan pengaspalan ruas jalan Angkrong, Kecamatan Parungkuda | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi24 Juli 2024, 19:24 WIB

Inspektorat Desak RS Bunut Sukabumi Amankan Uang dari Eks Dirut yang Jadi Temuan BPK

Inspektorat Kota Sukabumi mendesak direksi RSUD R Syamsudin SH (Bunut) amankan uang dari eks dirut senilai hampir Rp1 Miliar yang jadi temuan BPK.
Kepala Inspektorat Kota Sukabumi, Een Rukmini saat diwawancara terkait temuan BPK atas keuangan RS Bunut. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Bola24 Juli 2024, 19:00 WIB

Link Live Streaming Persija Jakarta vs Arema FC Grup B Piala Presiden 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Grupa B Piala Presiden 2024 antara Persija Jakarta vs Arema FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : X/@BaliUtd/Istimewa).