Cuti Bersama Oktober 2020, Simak Tips Liburan Aman Kala Pandemi

Selasa 20 Oktober 2020, 16:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Libur panjang di akhir bulan ini segera tiba. Ketentuan cuti bersama Oktober 2020 membuat Anda bisa menikmati hari libur cukup panjang dari 28 Oktober sampai 1 November 2020.

Buat Anda yang sudah rindu berwisata, momen libur panjang itu bisa dimanfaatkan. Tapi tentu saja di masa pandemi seperti sekarang Anda harus mempersiapkan beberapa hal sebelum pergi liburan. Berikut tips dan persiapan sebelum liburan seperti dikutip dari Tempo.co:

1. Menentukan destinasi wisata yang aman

Pemilihan destinasi wisata menjadi hal pertama yang dipikirkan sebelum Anda berwisata. Namun di situasi seperti ini, Anda patut mempertimbangkan keamanan dalam menentukan destinasi wisata.

Anda disarankan untuk mengunjungi destinasi di wilayah yang masuk dalam zona hijau agar risiko terpapar virus Covid-19 lebih minim. Selain itu, Anda lebih baik mengunjungi wisata alam karena biasanya ruang gerak lebih luas sehingga kontak dekat dengan orang lain dapat lebih dihindari.

2. Mencari tahu aturan yang diterapkan di destinasi wisata

Sebelum berangkat, pastikan Anda sudah mencari tahu aturan yang diterapkan oleh destinasi wisata. Selain penggunaan masker, mungkin ada pembatasan jumlah pengunjung, jam buka, proses pembelian tiket, wahana yang dibuka dan lain sebagainya. Jangan sampai Anda gagal berlibur karena tidak membaca informasi terkini mengenai tempat wisata yang dituju.

3. Menyiapkan dokumen wajib

Berdasarkan Surat Edaran Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020 dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 41 Tahun 2020, terdapat beberapa dokumen yang wajib dibawa oleh setiap orang yang hendak melakukan perjalanan.

Calon penumpang kereta api jarak jauh mengikuti Rapid Tes Covid-19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin, 27 Juli 2020. PT KAI bekerjasama dengan PT Rajawali Nusindo untuk penyediaan fasilitas Rapid Tes Covid-19 untuk pengguna jasa kereta api jarak jauh.

Jika Anda akan melakukan perjalanan jauh seperti menggunakan kereta api atau pesawat terbang, Anda harus menyiapkan surat keterangan bebas Covid-19. Surat keterangan tersebut dapat diperoleh dengan melakukan rapid test atau tes PCR.

4. Menjaga kesehatan tubuh sebelum dan selama liburan

Sehat adalah syarat mutlak sebelum Anda pergi berlibur, baik di tempat yang jauh maupun yang dekat. Sebelum berlibur, usahakan Anda menjaga kondisi tubuh dengan istirahat yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga agar stamina dan imun tubuh tetap terjaga. Hal tersebut juga perlu Anda lakukan selama liburan agar Anda tak sakit saat pulang liburan.

5. Melakukan pemesanan tiket secara daring

Anda disarankan untuk membeli segala macam tiket secara daring untuk menghindari antrean dan kontak langsung dengan banyak orang. Apalagi saat ini rata-raya keperluan akomodasi dan transportasi sudah bisa dilakukan secara online.

Saat ini, sudah banyak destinasi wisata yang menerapkan pemesanan tiket nelalui website demi menjaga keamanan dan keselamatan bersama.

6. Selalu membawa hygiene kit

Perlengkapan wajib saat Anda berkegiatan di luar jangan sampai tertinggal. Mulai dari masker, hand sanitizer, disinfektan, tisu basah, tisu kering dan sabun cair. Bawa juga masker cadangan untuk berjaga-jaga. Agar lebih aman, sebaiknya Anda juga membawa peralatan makan sendiri.

7. Menjaga jarak kapanpun dan dimanapun

Setelah menyiapkan semua hal yang disebutkan di atas, ada satu kunci yang wajib lakukan yakni selalu jaga jarak. Pergi ke tempat umum membuka potensi interaksi atau kontak fisik dengan orang lain, tapi selalu upayakan menjaga jaraknaman demi keselamatan Anda dan orang lain.

8. Melakukan staycation atau solo traveling

Buat Anda yang masih ragu untuk bepergian jauh, Anda bisa memilih untuk staycation. Pergi ke hotel terdekat dengan fasilitas menarik juga bisa menjadi pilihan Anda menghabiskan liburan panjang. Sudah ada banyak hotel yang kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan.

Selain staycation, Anda bisa melakukan solo traveling untuk menghindari keramaian. Wisata individual bisa meminimalisir kontak fisik dengan orang lain. Lebih dari itu, solo traveling juga sangat ampuh untuk menyegarkan hati dan pikiran Anda.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Food & Travel19 April 2024, 06:00 WIB

Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ini 8 Langkahnya!

Daun jambu biji juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti flavonoid dan tanin yang memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Beberapa orang juga mengonsumsi teh atau ekstrak daun jambu biji untuk mendukung kesehatan secara umum.
Ilustrasi. Cara Membuat Air Rebusan Jambu Biji untuk Menurunkan Gula Darah, Ikuti Langkah-Langkahnya! (Sumber : Instagram/@parboaboa)
Science19 April 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 19 April 2024, Termasuk Wilayah Sukabumi, Cianjur dan Bogor

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Jumat 18 April 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Nasional19 April 2024, 03:16 WIB

Diduga Merayu Anggota PPLN, Ketua KPU RI Dilaporkan ke DKPP dengan Tuduhan Asusila

Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LKBH FHUI) dan LBH APIK melaporkan Ketua KPU Hayim Asy'ari ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari | Foto : Youtube KPU
Internasional19 April 2024, 02:43 WIB

28 Karyawan Dipecat, Buntut Protes Kontrak Kerja Google dengan Militer Israel

Google memecat sejumlah karyawan setelah diketahui melakukan protes terhadap kondisi tenaga kerja dan kontrak perusahaan dengan militer Israel.
Kantor Google di San Francisco | Foto : Ist
Internasional19 April 2024, 02:02 WIB

Bencana Banjir Melanda Dubai, Ilmuan Peringatkan Hal Ini

Bencana alam berupa banjir melanda Dubai, Uni Emirat Arab, pada hari Selasa (16/4/2024), setelah hujan deras mengguyur negara tersebut.
Bencana Banjir Melanda Dubai | Foto : Capture video youtube HAG Weather
Keuangan19 April 2024, 01:29 WIB

6 Tanda Kamu Lebih Cocok Jadi Pebisnis Ketimbang Karyawan, Ini Buktinya

Sesungguhnya ada beberapa tanda yang menjadi petunjuk orang lebih cocok jadi pebisnis daripada karyawan
Tanda orang lebih cocok jadi pebisnis  | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Inspirasi19 April 2024, 01:19 WIB

5 Tipe Overthinking yang Sering Dialami Banyak Orang, Kamu Termasuk yang Mana?

Overthingking sejatinya dibagi ke dalam beberapa tipe yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Mari simak penjelasan berikut
Tipe orang overthingking | Foto : Pexels/Andrea Piacquadio
Sukabumi19 April 2024, 00:53 WIB

Warga Keluhkan Sampah Dekat Terminal Sagaranten Sukabumi, Tidak Ada TPS Meski Iuran

Sejumlah pedagang dan warga mengeluhkan pengolahan sampah di sekitar Terminal Sagaranten Kabupaten Sukabumi
Warga Sagaranten sedang membersihkan sampah yang menumpuk | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi19 April 2024, 00:03 WIB

ASN di Sukabumi Balik Tuduh Istrinya yang Lakukan KDRT, Akan Dilaporkan Jika Tak Minta Maaf

ASN di Sukabumi membantah tuduhan KDRT. Ia menyebut informasi yang disampaikan oleh istrinya melalui kuasa hukumnya merupakan kebohongan, tidak sesuai fakta, dan terlalu dilebih-lebihkan.
Huasa hukum BCA, Muhammad Adad Maulana saat menunjukan bukti KDRT yang dilakukan oleh DM kepada BCA | Foto : Asep Awaludin
Sukabumi18 April 2024, 23:16 WIB

Pelajar dan Forkopimcam Cisolok Bersihkan Pantai Karang Hawu Pasca Libur Lebaran 2024

Usai cuti libur lebaran 2024, Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024).
Forkopincam Cisolok bersama para pelajar SMP Cisolok melakukan aksi bersih-bersih sampah di Pantai Karang Hawu, Kabupaten Sukabumi, pada Kamis (18/4/2024) | Foto : Ilyas Supendi