TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Daftar 10 Camilan Asal Indonesia yang Disukai Turis Mancanegara

Kamis 20 Agt 2020, 09:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Di hotel-hotel berbintang ataupun di Youtube, banyak makanan ringan atau camilan Indonesia yang digemari wisatawan asing. Bahkan situs Taste Atlas membuat 10 daftar camilan Indonesia yang populer di kalangan turis mancanegara.

Dilansir dari Tempo.co, berikut 10 camilan yang lazim ditemukan di Indonesia, bahkan beberapa di antaranya bisa ditemui di luar kota asalnya, seperti pempek. Bahkan, penduduk Indonesia juga tak mengenal lagi asal satu camilan, semisal pisang goreng. Camilan satu ini bisa ditemukan di seluruh Indonesia. 

Pisang Goreng

Pisang goreng bahan utamanya pisang raja dan pisang kepok. Digolongkan camilan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia. Mereka datang dalam berbagai versi di mana buahnya hanya digoreng dengan minyak dangkal ada juga yang dilapisi adonan tepung sebelum digoreng -- sampai berwarna keemasan.

Selain kerap dimodifikasi dengan lelehan cokelat manis, susu, dan keju, pisang goreng juga muncul dengan nama yang berbeda seperti godoh biu di Bali atau gedhang goreng di Jawa. Mereka secara tradisional dijual di warung pinggir jalan dan gerobak. Pisang goreng dikelompokkan dalam hidangan gorengan — jajanan yang digoreng khas Indonesia.

Versi pisang goreng yang lebih rumit disajikan dengan taburan gula bubuk dan kayu manis, disiram dengan cokelat, atau ditemani selai atau es krim. Hidangan berbahan dasar pisang serupa ditemukan di wilayah dan negara Asia Tenggara lainnya seperti Singapura, Filipina (maruya) dan Malaysia (kuih kodok).

Kripik

Kripik atau keripik di Indonesia memiliki rasa manis dan gurih, bahkan ada varian pedas manis. Dibuat dari ikan, sayur, atau buah. Adapula yang berasal dari talas, sukun, nangka, dan salak. Untuk membuat keripik, semua bahan dipotong tipis kemudian digoreng dengan minyak sayur hingga renyah.

Varietas yang paling populer termasuk kripik singkong (keripik singkong) dan kripik pisang (keripik pisang). Kripik termasuk golongan krupuk yaitu keripik yang lebih besar, sedangkan kripik berukuran lebih kecil, tetapi bahannya lebih beragam. Sehingga hampir semua buah, umbi, sayur, atau kacang-kacangan dapat dimasukkan ke dalam kripik.

Keripik sangat beragam, misalnya yang berbahan ubi jalar, ceker ayam, singkong dan cabai, bayam, dan teripang. Dan selalu ada ruang munculnya keripik-keripik dengan bahan-bahan baru, yang memperkaya ragam camilan ini. 


Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini