Keseruan Menyaksikan Matahari Terbit di Pantai Sanur Bali

Selasa 26 Februari 2019, 00:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com  - Menikmati keindahan panorama alam di Bali memang seperti tidak ada habisnya. Meski terus bermunculan destinasi pariwisata di Pulau Dewata itu, keindahan alam di Sanur sebagai destinasi pariwisata pertama di Bali tetap memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik asing dan mancanegara.

Jika Anda berpikir hanya bisa menikmati keindahan panorama alam di pantai hanya pada saat matahari tenggelam, Anda bisa jadi melewatkan kesempatan menyaksikan panorama alam saat matahari terbit di Pantai Matahari Terbit yang berada di Sanur. Menyaksikan fajar menyingsing di tepi pantai merupakan satu atraksi yang bisa Anda saksikan di Sanur.

Para pengunjung mulai mendatangi pantai itu sejak 05:30 WITA. Umumnya, mereka membidik foto orang terdekat mereka dengan latar keindahan matahari terbit. Sebagian lain memilih bersantai menikmati pemandangan dengan duduk di pinggir pantai sembari menyesap nikmatnya kopi hitam panas.

Tidak hanya pemandangan matahari terbit, pantai itu juga menyuguhkan siluet Gunung Agung yang tegak berdiri dengan gagahnya. Semua itu terasa menjadi paduan yang sayang jika dilewatkan ketika Anda berkunjung ke daerah Sanur. Ketika matahari mulai tinggi, pengunjung beralih ke warung-warung di pinggir pantai untuk mencari kopi atau makanan untuk sarapan, sebagian lainnya memilih kembali ke tempat masing-masing. 

Keindahan pantai ini membuat panitia Sanur Village Festival – sebuah festival dengan berbagai kegiatan yang diadakan di Sanur sejak 2005 dan diselenggarakan oleh Yayasan Pembangunan Sanur, mengadakannya di Pantai Matahari Terbit pada 2011 dan 2018. Sanur juga menjadi satu dari lima destinasi wisata di Indonesia yang memiliki observatoriumnya sendiri.

Observatorium pariwisata ini merupakan bagian dari Sustainable Tourism Observatory atau STO. Fungsi dari STO ini sebagai pusat pemantauan dan pendampingan tentang pariwisata berkelanjutan di setiap destinasi wisata.

Menurut Tenaga Ahli Menteri Pariwisata bidang Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, Valerina Daniel, organisasi pariwisata dunia atau UNWTO mengantongi 24 destinasi wisata dunia yang terdaftar sebagai lokasi observatoriumnya dan lima di antaranya berada di Indonesia. “Tujuh STO lagi akan segera dibangun,” ujar Valerina kepada Tempo, Kamis, 14 Februari 2019.

Lima observatorium pariwisata di Indonesia itu adalah Pangandaran bekerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB), Sanur bekerja sama dengan Universitas Udayana, Sleman bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Pangururan Samosir bekerja sama dengan Universitas Sumatera Utara, dan Sesaot di Lombok Barat bekerja sama dengan Universitas Mataram. Indonesia menjadi negara kedua di Asia Pasifik, setelah Cina yang menerapkan program STO.

Bagi Valerina, kehadiran STO ini sangat penting dalam menunjang keberlanjutan destinasi wisata di Sanur dan di tempat lainnya di Indonesia. Ia melihat semua jenis produk wisata bisa masuk ke dalam konsep pariwisata berkelanjutan. “Itu konsep holistik, memperhitungkan dampak ekonomi, sosial, lingkungan.”

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi06 Mei 2024, 22:27 WIB

Momen Hardiknas, Diarpus Sukabumi Bicara Program Pendukung Gerakan Merdeka Belajar

Kepala Diarpus Kabupaten Sukabumi Aisah dukung gerakan merdeka belajar agar generasi Indonesia emas bisa tercapai.
Program Pusling Diarpus Kabupaten Sukabumi di SMK Doa Bangsa Palabuhanratu 30 Maret 2024. (Sumber : IG UPP Palabuhanratu)
Sukabumi06 Mei 2024, 21:34 WIB

UPTD PU Sagaranten Tangani Longsor di Irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi

UPTD PU Wilayah Sagaranten melakukan penanganan sementara bencana longsor yang sempat menimbun aliran irigasi Binongsari Curugkembar Sukabumi.
Kabag TU UPTD Wilayah Sagaranten, Ami Amalia saat meninjau  penanganan longsor di Daerah Irigasi (DI) Binongsari, Curugkembar Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 21:19 WIB

Solusi Ayep Zaki Soal SDM hingga Penanganan Kemiskinan di Kota Sukabumi

Ayep Zaki menyebut dua persoalan yang harus diperhatikan di Kota Sukabumi yakni soal peningkatan kapasitas sumber daya manusia, dan soal kemiskinan.
Ayep Zaki dan Fungsionari HIMASI Kota Sukabumi | Foto : Ist
Sehat06 Mei 2024, 21:00 WIB

Terbangun dengan Tidak Nyaman, 10 Tips Jitu Menghentikan Asam Lambung Naik Saat Tidur

Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur.
Ilustrasi - Terkadang jika Asam Lambung terjadi pada malam hari dapat menyebabkan tersedak saat tidur. (Sumber : Freepik.com/@stefamerpik).
Sukabumi06 Mei 2024, 20:27 WIB

Ratusan Perumahan di Kota Sukabumi Belum Serahkan PSU, Ini Upaya DPUTR

DPUTR Kota Sukabumi tengah fokus mengintensifkan upaya pengambil alihan PSU Perumahan.
Kepala DPUTR Kota Sukabumi, Sony Hermanto. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi06 Mei 2024, 20:07 WIB

Anggaran Rp36 M: Jalan Rusak Jampangtengah-Kiaradua Sukabumi Mulai Diperbaiki

Sempat dikeluhkan warga, akhirnya jalan provinsi ruas Jampangtengah - Kiaradua mulai diperbaiki oleh Dinas Bina Marga Dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat.
Perbaikan jalan provinsi ruas Jampangtengah-Kiaradua Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang
Life06 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Cara Membantu Anak yang Takut Bertemu Orang Baru, Bunda Harus Tahu Nih

Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru.
Ilustrasi - Bersabar, suportif, dan adalah kunci membantu anak Anda untuk menemukan cara mereka sendiri untuk mengatasi rasa takut bertemu orang baru. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi Memilih06 Mei 2024, 19:31 WIB

Resmi Berkoalisi dengan 4 Partai, PKS Usulkan Tiga Nama untuk Calon Bupati Sukabumi

Dewan Pimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera (DPD PKS) Kabupaten Sukabumi sudah resmi berkoalisi dengan empat partai lainnya, yaitu PKB, Demokrat, PDIP dan PAN.
M. Sodikin, Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi | Foto : Syams
Life06 Mei 2024, 19:00 WIB

13 Cara Sederhana Mengatasi Asam Lambung atau GERD yang Bisa Anda Lakukan

Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.
Ilustrasi seorang perempuan mengalami asam lambung (gerd) - Asam lambung atau GERD dapat diatasi dengan cara-cara sederhana.| Foto : Freepik/@diana.grytsku
Sukabumi06 Mei 2024, 18:40 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi

Pemkab Sukabumi Teken Kerja Sama dengan Pemkot Bekasi soal Ketahanan pangan hingga pariwisata.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami saat menandatangani MoU kerja sama dengan Pemkot Bekasi. (Sumber : Diskominfosan Kab. Sukabumi)