Awas Tertipu! Kenali 4 Ciri Smartphone HDC

Minggu 12 Desember 2021, 22:00 WIB

SUKABUMIUPDATE.com Smartphone HDC adalah ponsel pintar yang dibuat dengan meniru suatu produk resmi. Salah satu Smartphone yang sering menjadi objek tiruan adalah Samsung dan iPhone. 

Meskipun Smartphone HDC memiliki rupa yang mirip dengan Smartphone asli, terdapat perbedaan dari sisi software maupun hardware.

Maka dari itu, Calon Pembeli harus lebih waspada dalam memilih agar tidak mendapatkan Smartphone tiruan, dengan cara mengenali ciri-cirinya.

Berikut ini empat ciri-ciri Smartphone HDC serta kerugian yang akan didapat jika membelinya.

Ciri-Ciri Smartphone HDC

photoSmartphone HDC memiliki harga yang sangat murah dibandingkan produk aslinya. - (applelives.com)

1. Perbedaan Harga

Smartphone HDC memiliki harga jual yang jauh lebih rendah dibandingkan produk aslinya. Ini merupakan salah satu cara termudah untuk mengetahui Smartphone tersebut asli atau tiruan.

Maka dari itu, kita harus mencari informasi mengenai harga resmi Smartphone sebelum membelinya. Contoh kasusnya adalah Smartphone flagship asli dijual dengan harga resmi belasan juta Rupiah. Sedangkan, Smartphone HDC biasanya dijual dengan harga 1 – 2 juta Rupiah.

Dengan perbedaan harga yang sangat jauh, seharusnya Calon Pembeli dapat membedakan Smartphone HDC dan asli. Namun, Kotak Box Smartphone HDC di desain sedemikian rupa mirip seperti pada Smartphone yang asli.

2. Software

Selanjutnya, ciri kedua perbedaan antara Smartphone HDC dan asli adalah Software yang digunakan. 

Contoh, Smartphone flagship buatan Apple menggunakan sistem operasi iOS. Sedangkan, Smartphone HDC yang mirip iPhone menggunakan sistem operasi Android. Meskipun dari segi tampilan menu terlihat sama, namun kamu akan mengetahui kejanggalan ketika melihat pengaturan dan rincian softwarenya.

Smartphone Android juga bisa menjadi objek tiruan, contohnya adalah Smartphone Samsung yang menggunakan sistem operasi Android dengan kustomisasi One UI. Smartphone HDC yang menirunya juga menggunakan sistem operasi yang sama, tetapi terdapat perbedaan pada sistem UI nya.

3. Hardware

Smartphone HDC memiliki beberapa perbedaan dengan produk aslinya dari sisi Hardware. Misalnya, Smartphone yang asli memiliki layar fullscreen dan bezel-less. Sedangkan pada Smartphone HDC, terdapat bezel yang cukup tebal di tepian sisi layarnya.

Selain itu, kamu juga bisa menemui perbedaan yang ‘tersembunyi’ antara Smartphone HDC dan asli. Jika dilihat, kamera pada Smartphone HDC maupun asli berjumlah sama. Namun setelah dibongkar, kamu akan menemui jumlah lensa kamera HDC yang lebih sedikit. Tentu hal ini, bisa digunakan untuk mengelabui Calon Pembeli.

4. Nomor IMEI

Ciri terakhir dari Smartphone HDC adalah Nomor IMEI. Nomor IMEI merupakan identitas yang melekat pada Smartphone. Nomor IMEI dibuat oleh Produsen untuk mengetahui keaslian Smartphone.

Jika Nomor IMEI tersebut terdaftar maka Smartphone tersebut asli. Namun, jika Nomor IMEI yang digunakan tidak terdaftar, maka Smartphone tersebut palsu.

Baca Juga :

Kerugian Menggunakan Smartphone HDC

photoSmartphone HDC tidak memiliki garansi resmi dan aksesoris original. - (gadgetmatch.com)

1. Tidak Memiliki Garansi Resmi

Smartphone HDC ialah Smartphone tiruan yang tidak diproduksi secara resmi. Maka jangan heran, jika kamu tidak mendapatkan garansi dari toko, distributor dan produsen ketika membeli Smartphone HDC.

Biasanya toko maupun pihak penjual smartphone HDC hanya memberikan garansi tukar saja, dengan batas waktu tertentu seperti mingguan atau bulanan sejak pembelian.

2. Spesifikasi yang Rendah

Smartphone HDC yang saat ini beredar di pasaran hampir semua tidak memiliki spesifikasi yang rendah dan tidak jelas. Maka dari itu, Smartphone HDC tidaklah sebanding dengan produk aslinya. 

Selain spesifikasi yang rendah dan tidak jelas, kamu juga tidak dapat melakukan update software karena Smartphone HDC menggunakan lisensi yang tidak resmi.

Smartphone HDC menggunakan chipset yang tidak jelas. Akibatnya, Smartphone HDC memiliki performa dan kinerja yang buruk dan jauh lebih lambat dibandingkan Smartphone asli.

3. Sulit Diperbaiki  

Smartphone HDC dibuat oleh produsen yang tidak resmi dan anonim. Ketika Smartphone HDC mu rusak, kamu akan kesulitan mendapatkan spare part dan orang yang memperbaikinya.

Tidak hanya itu, Smartphone HDC juga tidak memiliki aksesoris yang resmi. Maka ketika aksesoris Smartphone HDC mu hilang, kamu terpaksa menggunakan aksesoris murah dengan kualitas rendah.

4. Fitur Berkualitas Rendah

Smartphone HDC tidak memiliki standarisasi di dalam proses pembuatannya. Tidak heran, jika kualitas pada bagian hardware Smartphone HDC sangat jauh dibandingkan Smartphone asli.

Layar pada Smartphone HDC biasanya tidak enak dipandang. Selain itu, sensitivitas sentuhan pada layar Smartphone HDC sangat buruk, sehingga kamu perlu melakukan sedikit tekanan.

Kerugian lain yang bisa kamu rasakan pada Smartphone HDC adalah kualitas kamera. Kamera pada Smartphone asli biasanya berkekuatan 12 Megapixel atau lebih, maka Smartphone HDC hanya memiliki lensa kamera sebesar 5 atu 8 Megapixel.

5. Rentan Terserang Malware

Disinggung sebelumnya, jika Smartphone HDC tidak memiliki standarisasi di dalam proses dan lisensi yang resmi. Oleh sebab itu Smartphone HDC sangat rentan terkena serangan malware. Malware yang menyerang Smartphone HDC dapat merusak sistem dan mencuri data pribadi penggunanya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi Memilih05 Mei 2024, 12:30 WIB

Ayep Zaki Gelar Aksi Sosial Bagi-Bagi Tempe dan Jalan Santai Bersama Warga Sukabumi

Kegiatan bagi-bagi tempe ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki terhadap ekonomi masyarakat lokal.
Bacalon Wali Kota Sukabumi Ayep Zaki menyapa langsung masyarakat dengan kegiatan bagi-bagi tempe dan jalan santai di Lapangan Merdeka Kota Sukabumi, Minggu (5/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Bola05 Mei 2024, 12:00 WIB

Jadwal Lengkap Championship Series Liga 1 2023/2024, Persib Lawan Bali United!

Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United.
Jadwal Championship Series telah dirilis dan Persib siap menghadapi Bali United. (Sumber : Freepik.com/@fwstudio/Ist).
Life05 Mei 2024, 11:45 WIB

6 Dampak Buruk Sering Bertengkar di Depan Anak, Orang Tua Wajib Tahu!

Sering bertengkar di depan anak rupanya tidak baik. Oleh sebabnya, setiap orang tua harus lebih hati-hati jika sedang berselisih, jangan ditampakkan di hadapan anak.
Ilustrasi. Bertengkar di depan anak. | Sumber foto : Pexels/Monstera Production
Sukabumi05 Mei 2024, 11:09 WIB

Duel Maut Satu Lawan Satu, Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi Tewas Dibacok Celurit

Berikut kronologi kejadian duel maut satu lawan satu ala gladiator pelajar SMP di Cikembar Sukabumi. Satu orang tewas dibacok celurit.
Ilustrasi duel satu lawan satu. Pelajar SMP di Cikembar Sukabumi tewas dibacok celurit. (Sumber : Free)
Sehat05 Mei 2024, 11:00 WIB

8 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat

Yuk Ketahui Sederet Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan, Salah Satu Rempah Untuk Menurunkan Asam Urat hingga Mengatasi Nyeri Gigi.
Ilustrasi. Cengkeh mengandung sejumlah antioksidan yang dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dalam tubuh. Foto: Instagram/@spinus.official
Life05 Mei 2024, 10:00 WIB

Gangguan Tidur! 10 Ciri Orang Stres Karena Batinnya Terganggu, Apa Kamu Salah Satunya?

Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang.
Ilustrasi - Batin terganggu adalah kondisi mental yang tidak stabil dan tidak tenang. (Sumber : pexels.com/@Pixabay)
Life05 Mei 2024, 09:59 WIB

Simak 6 Cara Kerja Disiplin Lembut Berikut yang Dapat Menekankan Keselamatan Anak

Disiplin berfungsi sebagai kesempatan bagi seorang anak untuk belajar.
Ilustrasi disiplin lembut | Sumber Foto : pexela.com/@Elina Fairytale
Jawa Barat05 Mei 2024, 09:43 WIB

KOPPURI Canangkan Dana Abadi Komunitas Bersama LW Doa Bangsa

Program Dana Abadi berbasis Wakaf dan PMKH, kembali disosialisasikan oleh LW Doa Bangsa kepada KOPPURI di Gunung Puntang.
Koperasi Konsumen Pedagang Puntang Lestari (KOPPURI) canangkan dana abadi komunitas bersama Lembaga Wakaf (LW) Doa Bangsa. (Sumber : Istimewa)
Sehat05 Mei 2024, 09:00 WIB

9 Rekomendasi Sarapan Terbaik Bagi Penderita Asam Lambung (GERD)

Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD).
Ilustrasi Crepes - Ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk sarapan bagi penderita asal lambung (GERD). (Sumber : pexels.com/@ The Castlebar).
Sehat05 Mei 2024, 08:00 WIB

Picu Serangan, 4 Bahaya Terlalu Banyak Makan Purin untuk Penderita Asam Urat

Penderita asam urat memiliki metabolisme yang tidak efisien dalam mengurai purin.
Ilustrasi - Serangan Asam Urat di Rumah Adalah Salah Satu Bahaya Makan Purin Berlebihan (Sumber : Freepik/freepik)