Objek Wisata Alam dan Buatan Kabupaten Sukabumi Terbaik versi Kementerian Pariwisata

Selasa 06 Desember 2016, 14:14 WIB

SUKABUMIUPDATE.COM – Kementerian Pariwisata tengah giat melakukan promosi wisata di dalam dan luar negeri, agar kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara terus meningkat dari tahun ke tahun.

Kabupaten Sukabumi yang memiliki keindahan alam yang beragam, di mana potensi-potensi ini cukup banyak tersebar di berbagai daerah di Sukabumi, seperti Pantai Palabuanratu, Ujung Genteng, Pondok Halimun, hingga Geopark Ciletuh. Bahkan kawasan tradisional Kasepuhan Ciptagelar, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, layak "dijual".

Dengan ragam potensi wisata yang ada, Kabupaten Sukabumi berhak atas penghargaan untuk kategori Objek Wisata Alam dan Buatan Terbaik tingkat nasional. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pariwisata Arif Yahya kepada Bupati Sukabumi, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Iyos Somantri, saat menghadiri Rapat Koordinasi IV Kementerian Pariwisata, 2016 se-Indonesia, di Sultan Hotel, Jakarta, Selasa (6/1).

“Semoga penghargaan ini bisa menjadi stimulan bagi kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Sukabumi,” ungkap Iyos kepada sukabumiupdate.com, Selasa.

Menurutnya, sangat penting menumbuhkan sadar wisata di Kabupaten Sukabumi dengan melibatkan para pemangku kebijakan, pelaku usaha, dan masyarakat. “Jangan sampai wisatawan kapok datang berkunjung ke Sukabumi,” terang Iyos.

Ia menggambarkan perilaku jujur dalam berdagang, lebih baik mengambil keuntungan sedikit namun berkesinambungan dari pada menjual mahal namun frekuensi penjualan menurun. “Istilah, ulah neke wisatawan, kalau mereka kapok nggak bakal balik lagi ke Sukabumi,” imbuhnya.

Terkait kendala yang membuat kunjungan wisatawan ke Sukabumi menurun seperti kemacetan jalur Bocimi (Bogor, Ciawi, Sukabumi-red) yang tak kunjung bisa diurai, Iyos optimis bila target proyek Tol Bocimi bisa selesai pada 2019 mendatang, maka kunjungan wisatawan ke Sukabumi akan membaik.

Terlebih, menurutnya, jika didukung sektor wisata dan masyarakat Sukabumi yang berkarakter. Karakter bisa dibangun bersama-sama dengan pengelolaan yang baik dan penataan beragam aspek pendukungnya.

Optimisme mengenai perkembangan sektor wisata di Kabupaten Sukabumi, juga disampaikan Humas Sekda Pemkab Sukabumi Yudi Panca Yoga. "Harus bisa memanfaatkan Visa kunjungan wisata 156 negara yang diperjuangkan Kementerian Pariwisata, agar wisatawan mancanegara (wisman) banyak datang ke Indonesia."

Berdasarkan data Badan Pariwisata Dunia (UNWTO) 2015, sektor pariwisata dunia memberikan kontribusi 9,8% produk domestik bruto global, dengan kontribusi terhadap total ekspor dunia sebesar $7,58 triliun.

”Ini harus kita manfaatkan. Dulu kan cuma 12 negara, jadi perjuangan kementerian harus kita apresiasi sebaik-baiknya. Yang penting Sukabumi punya nilai, Wakatobi juga kan jauh, tapi orang tetap mau datang.” Tegasnya.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkini
Sukabumi17 Juli 2024, 17:50 WIB

Finalis Putri Nelayan Palabuhanratu Korban Pelecehan Seksual Didampingi Psikolog

Alami trauma, finalis Putri Nelayan Palabuhanratu 2024 korban pelecehan seksual dipastikan dapat pendampingan psikolog.
Kepala DP3A Kabupaten Sukabumi, Eki Radiana Rizki. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat17 Juli 2024, 17:30 WIB

7 Minuman Detoks Terbaik yang Bisa Anda Coba Sendiri Dirumah

Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda.
Ilustrasi - Minuman detoks yang sehat dan menyegarkan sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh Anda. (Sumber : Freepik.com).
Keuangan17 Juli 2024, 17:20 WIB

Untuk Seluruh Kendaraan! Mulai 2025, Motor dan Mobil di Indonesia Wajib Asuransi

Untuk menguatkan sektor keuangan, pemerintah berencana mewajibkan asuransi bagi seluruh kendaraan.
Ilustrasi. OJK tengah menyusun skema kebijakan kendaraan wajib asuransi pada 2024 (Sumber: istimewa)
Musik17 Juli 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos

Lagu Sayangnya dipopulerkan oleh Juicy Luicy dan sempat viral di media sosial Instagram hingga YouTube.
Lirik Lagu Sayangnya dari Juicy Luicy yang Viral di Medsos (Sumber : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:49 WIB

Tindakan Puskesmas usai Warga Temukan Limbah Medis Berceceran di Parungkuda Sukabumi

Puskesmas buka suara terkait penemuan tabung sampel darah dan jarum suntik bekas yang berceceran di jalanan Parungkuda Sukabumi.
Tabung sampel darah hingga jarum suntik ditemukan tercecer di jalan Kompa-Cipanggulaan, Parungkuda Sukabumi. (Sumber Foto : Istimewa)
Sukabumi17 Juli 2024, 16:42 WIB

Buru-buru Nyari Ojek, Wanita Gendong Anak Ini Embat Duit Warung di Sukabumi

Awalnya, tidak ada yang sadar dengan aksi pencurian ini. Namun saat pemilik warung hendak berbelanja stok barang, ia baru sadar uang Rp3 juta di meja kasir hilang.
Wanita terduga pelaku pencurian uang di warung terekam CCTV (Sumber: CCTV)
Film17 Juli 2024, 16:30 WIB

Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai

Longlegs merupakan salah satu film horor thriller terbaru serta terbaik di tahun ini yang telah tayang pada Kamis, 17 Juli 2024 di seluruh bioskop di Tanah Air.
Sinopsis Longlegs, Film Horror Mengungkapkan Kasus Misterius Pembunuhan Berantai (Sumber : Instagram/@neonrated)
Life17 Juli 2024, 16:00 WIB

10 Ciri Orang yang Punya Karakter Berkelas Meski Tampilannya Sederhana

Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi.
Ilustrasi - Orang dengan karakter berkelas biasanya menunjukkan kualitas tertentu yang membuat mereka dihormati dan dikagumi. (Sumber : pexels.com/@Sơn Ngọc).
Sukabumi17 Juli 2024, 15:54 WIB

Bupati Ikut Bersuara, Kasus Pelecehan Seksual Putri Nelayan Palabuhanratu Sukabumi

Marwan menunggu mekanisme hukum yang sedang berjalan di kepolisian.
Bupati Sukabumi Marwan Hamami ketika dimintai komentar soal kasus dugaan pelecehan seksual salah satu finalis Putri Nelayan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Rabu (17/7/2024). | Foto: SU/Ilyas Supendi
Entertainment17 Juli 2024, 15:30 WIB

Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya

Jeon Wonwoo adalah member dari boygrup sekaligus anggota unit Hip Hop SEVENTEEN yang berulang tahun hari ini, yaitu Rabu, 17 Juli 2024. Namanya menjadi trending topic di X, karena Carats mengucapkan ulang tahun padanya.
Ulang Tahun Hari Ini, Wonwoo SEVENTEEN Ingin Foto Bersama Keluarga di Studio Miliknya (Sumber : Instagram/@everyone_woo)