3 Rekomendasi Tempat Camping di Sukabumi, Cianjur dan Bogor: Viewnya Ada Lautan Awan

Jumat 10 Mei 2024, 16:00 WIB
Puncak Peuyeum, salah satu tempat berburu pemandangan lautan awan di Sukabumi yang cocok untuk dijadikan lokasi liburan akhir pekan | Foto: Facebook/@ahgoyy (Sumber : Facebook/@ahgoyy).

Puncak Peuyeum, salah satu tempat berburu pemandangan lautan awan di Sukabumi yang cocok untuk dijadikan lokasi liburan akhir pekan | Foto: Facebook/@ahgoyy (Sumber : Facebook/@ahgoyy).

SUKABUMIUPDATE.com - Camping merupakan aktivitas wisata yang menyenangkan dan menyegarkan, di mana Anda dapat menikmati keindahan alam dan merasakan pengalaman yang berbeda dari biasanya.

Camping dapat dilakukan di berbagai tempat, seperti gunung, pantai, hutan, danau, dan bahkan di taman kota. Nah, bagi kamu yang berniat untuk camping, ada beberapa tempat yang wajib dikunjungi.

Tempat camping ini tersebar di berbagai wilayah Jawa Barat, yakni Sukabumi, Cianjur dan Bogor. Berikut kami rekomendasikan 3 tempat camping yang unik dan menarik yang bisa kamu kunjungi.

1. Puncak Peuyeum (Sukabumi)

View malam hari di Puncak Peuyeum SukabumiView malam hari di Puncak Peuyeum Sukabumi.

Destinasi wisata ini berada di Tenggara Kota Sukabumi atau tepatnya berlokasi di Desa Ciengang, Kecamatan Gegerbitung, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Liburan Melepas Penat ke Sukabumi Aja, Rekomendasi 5 Pantai yang Wajib Dikunjungi

Jaraknya sekitar 40 menit dari pusat Kota Sukabumi. Namun akses jalan ke sini masih terdapat beberapa titik yang berbatu, jadi usahakan menggunakan kendaraan yang sesuai untuk tren jalan kurang mulus.

Puncak Peuyeum sendiri merupakan sebuah bukit terbuka dengan tumbuhan ilalang yang menutupinya. Yang menjadi daya tarik utama tempat ini adalah panorama alamnya yang menakjubkan.

Bukit cantik ini menyuguhkan view 360 derajat dari ketinggian. Kita juga bisa menyaksikan hamparan daerah perkotaan di Sukabumi dengan latar gunung Gede Pangrango yang tampak gagah.

Kemudian saat malam, panorama alam akan berganti dengan suguhan city light Kota Sukabumi yang tampak cantik dari kejauhan.

Tak hanya itu, Puncak Peuyeum juga menjadi salah satu spot berburu sunrise dan sunset terbaik di Sukabumi. Dan, jika beruntung kita akan disuguhkan pemandangan alam berupa lautan awan dari atas bukit ini.

Namun, untuk mendapatkan view tersebut, kita harus menginap atau camping di Puncak Peuyeum.

Mungkin banyak yang penasaran dengan harga tiket masuk ke tempat ini. Harga tiket masuk (HTM) tempat ini gratis, namun jika membawa kendaraan perlu membayar parkir sebesar Rp 5.000.

Kemudian untuk biaya camping disini dikenakan biaya sebesar Rp 10.000 per orang. Lalu, untuk fasilitas, tempat ini belum memiliki fasilitas memadai. Hanya ada lokasi parkir, camping ground dan saung untuk istirahat.

2. Smiling Cinangka (Cianjur)

Smiling Cinangka Camping Ground bisa menjadi lokasi camping di Cianjur untuk mengisi libur akhir pekan nantiSmiling Cinangka Camping Ground bisa menjadi lokasi camping di Cianjur untuk mengisi libur akhir pekan nanti. | INSTAGRAM/@SMILINGCINANGKACAMPINGGROUND.

Smiling Cinangka Camping Ground bisa menjadi pilihan lokasi camping di Cianjur, Jawa Barat dengan segala keunikan yang akan memanjakan setiap pengunjungnya.

Baca Juga: Libur Panjang Mei 2024 Telah Tiba, Yuk Kunjungi 7 Tempat Wisata Indah dan Menarik di Sukabumi

Tempat ini merupakan salah satu riverside camp di Cianjur mengingat lokasinya yang tepat berada di tepi aliran sungai besar.

Selain itu, Smiling Cinangka Camping jug dikelilingi luasnya perkebunan teh menjadikan suasana disini sangat berbeda dan menenangkan.

Istimewanya lagi, kendaraan seperti mobil juga bisa masuk ke lokasi camping ini, jadi sangat cocok untuk yang ingin berkegiatan campervan di sini.

Smiling Cinangka Camping Ground sendiri merupakan destinasi wisata yang menyediakan lokasi berkemah di Cianjur Selatan. Lokasi ini berada di ketinggian 850 mdpl dengan dikelilingi Sungai dan perkebunan teh.

Lokasinya sendiri beralamat di Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Lokasinya bisa ditempuh sekitar 1-1,5 jam perjalanan dari pusat kota Cianjur.

Fasilitas Smiling Cinangka Camping Ground

Smiling Cinangka Camping Ground bisa menjadi lokasi camping di Cianjur untuk mengisi libur akhir pekan nanti Smiling Cinangka Camping Ground bisa menjadi lokasi camping di Cianjur untuk mengisi libur akhir pekan nanti

Untuk menunjang kenyamanan pengunjung, pengelola telah melengkapi tempat camping ini dengan berbagai fasilitas seperti lokasi parkir, toilet, mushola, colokan listrik, dan penerangan saat malam hari.

Tiket Smiling Cinangka Camping Ground

Jika kamu tertarik camping di lokasi ini, kamu perlu membayar biaya sebesar Rp 25.000 per orang, dan jika ingin menikmati api unggun, pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp 70.000.

Di sini pengunjung juga bisa menikmati river tubing yaitu kegiatan hanyut di sungai menggunakan pelampung. Untuk kegiatan ini, pengunjung perlu membayar sebesar Rp 50.000 per orang.

3. Bunder Valley (Bogor)

Bunder Valley merupakan tempat camping ramah anak di Gunung Bunder Bogor untuk menikmati momen libur akhir pekanBunder Valley merupakan tempat camping ramah anak di Gunung Bunder Bogor untuk menikmati momen libur akhir pekan. | INSTAGRAM/BUNDERVALLEY

Salah satu tempat camping ramah anak di Bogor yang bisa dipilih adalah Bunder Valley Camping Ground.

Destinasi wisata ini menawarkan berbagai aktivitas untuk menikmati liburan. Tidak hanya berkemah, pengunjung juga bisa trekking menyusuri alam pedesaan, bukit dan sungai dengan aliran air yang jernih.

Belum lagi panorama alam yang ditawarkan Bunder Valley cukup memanjakan mata, ditambah dengan udara sejuk khas pegunungan semakin menjadikan kita betah lama-lama di sini.

Tak jauh dari lokasi camping juga terdapat kolam alami yang bernama Balong Saca dan Balong Mutiara. Air nya berasal langsung dari pegunungan. Di sini pengunjung bisa berenang menikmati kesegaran air yang jernih.

Alamat Bunder Valley

Tempat camping ramah anak ini berlokasi di Gunung Bunder 2, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Akses ke sini bisa menggunakan roda dua maupun roda empat.

Fasilitas Bunder Valley

Fasilitas di sini lumayan lengkap mulai dari tempat parkir kendaraan, camping ground, mushola, toilet, listrik, warung. Dan bagi yang tidak membawa peralatan camping, di sini juga terdapat penyewaan alat camping mulai dari tenda, sleeping bag, hingga alat masak.

Harga Tiket Bunder Valley

Untuk berlibur di sini, pengunjung dikenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang, kemudian untuk tiket camping yaitu sebesar Rp 30.000 per orang dengan catatan tenda membawa sendiri.

Namun, disana juga terdapat paket camping sehingga tidak perlu repot membawa alat camping dari rumah. Harganya mulai dari Rp 200.000 per orang per malam untuk tenda kapasitas 2-3 orang hingga Rp 350.000 per orang per malam untuk tenda kapasitas 4-6 orang.

Harga tersebut sudah termasuk, tenda, sleeping bag, matras, bantal tiup, lampu dan air mineral.

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
DPRD Kab. Sukabumi20 Mei 2024, 23:38 WIB

Ratusan PPK Pilkada 2024 Sudah Dilantik, Ini Pesan Ketua Komisi I DPRD Sukabumi

Paoji berharap kepada PPK yang sudah dilantik agar mempersiapkan diri untuk bertugas pada perhelatan Pilkada 2024.
Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Sukabumi Paoji Nurjaman (tengah) sampaikan pesan untuk ratusan PPK Pilkada 2024 yang baru dilantik. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi20 Mei 2024, 23:24 WIB

Perumdam TJM Palabuhanratu Akan Kuras Intake Air Baku, Cek Jadwal dan Wilayah yang Terdampak

Berikut jadwal dan wilayah yang terdampak dari pengurasan pompa intake air baku oleh Perumdam TJM Sukabumi cabang Palabuhanratu.
Kantor Perumdam TJM Sukabumi Cabang Palabuhanratu. | Foto : Ilyas
Sukabumi20 Mei 2024, 22:48 WIB

Mengenal Kecamatan Kalapanunggal Sukabumi: Sejarah hingga Potensi Wisata

Terletak di kaki Gunung Salak, berikut sejarah hingga potensi wisata di Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi.
Objek wisata Gunung Wayang Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi. | Kredit Foto: Azka Athaya Studios
Sukabumi20 Mei 2024, 22:17 WIB

Sambut Hari Jadi Ke-25, PNM Sukabumi Gotong Royong Bersih-bersih Masjid di Kadudampit

Dalam rangka HUT ke-25, PNM Peduli Bakti Sosial Masjid di Kadudampit Sukabumi
Para karyawan PNM Cabang Sukabumi saat melakukan bersih-bersih masjid Jami Al-Hidayah Kadudampit, Kabupaten Sukabumi. Senin (20/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Science20 Mei 2024, 21:55 WIB

BMKG: Gempa M4,6 Sukabumi akibat Aktivitas Sesar Dasar Laut

BMKG melaporkan getaran gempa M4,6 di Laut Sukabumi ini terasa dari Surade hingga Cianjur Selatan.
Episenter gempa M4,6 di Laut Sukabumi. (Sumber : BMKG)
Sukabumi20 Mei 2024, 21:15 WIB

Gempa Magnitudo 4,6 di Laut Sukabumi, Kagetkan Warga Ciracap

Gempa Magnitudo 4,6 mengguncang wilayah Kabupaten Sukabumi, Senin (20/5/2024), pukul 20.42.24 WIB.
Gempa Magnitudo 4,6 Guncang Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Life20 Mei 2024, 21:00 WIB

Jangan Malas! Ini 9 Manfaat Rajin Gosok Gigi Sebelum Tidur di Malam Hari

Menggosok gigi sebelum tidur membantu menghilangkan plak, yang merupakan lapisan lengket yang terbentuk dari bakteri.
Ilustrasi. Manfaat Rajin Gosok Gigi Sebelum Tidur di Malam Hari (Sumber : Pexels.com/MiriamAlonso)
Sukabumi20 Mei 2024, 20:44 WIB

Sebelum Hilang, Keluarga Ungkap Gadis Sukabumi Ditawari Main Sinetron di Bogor

Keluarga berharap Nurlela gadis asal Curugkembar Sukabumi yang hilang dua tahun lalu bisa selamat dan pulang ke rumah.
Neneng saat menunjukan Foto lama Nurlela, gadis asal Curugkembar Sukabumi yang hilang. (Sumber : SU/Ragil Gilang)
Sukabumi Memilih20 Mei 2024, 20:30 WIB

2 Nama Diusulkan Maju Pilgub Jabar dari PKS, Ini Sosoknya

Partai Keadilan Sejahtera (PKS), partai yang pernah sukses dengan menempatkan kadernya, Ahmad Heryawan, selama 10 tahun memimpin Jawa Barat itu tentu berharap mendulang kesuksesan yang sama melalui Pilgub 2024.
Dr. K.H. Mohammad Idris, Lc., MA dan Dr. H. Haru Suandharu, S.Si., M.Si, dua nama yang diusulkan PKS maju di Pilgub Jabar 2024 | Foto : ist
Sehat20 Mei 2024, 20:30 WIB

Penyebab Kolesterol Tinggi Pada Generasi Muda dan 6 Cara Mengatasinya

Selain orang tua, generasi muda zaman sekarang pun bisa terkena kolesterol tinggi.
Ilustrasi -  Selain orang tua, generasi muda zaman sekarang pun bisa terkena kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com/@studioredcup)