Pantai Pasir Putih Ditutup, Ini 5 Pantai di Sukabumi yang Memiliki Pasir Putih

Selasa 09 Januari 2024, 12:15 WIB
Berikut ini deretan pantai di Sukabumi yang memiliki pemandangan pasir putih selain Pantai Pasir Putih di Ciemas. (Sumber : Instagram/amazingwestjava)

Berikut ini deretan pantai di Sukabumi yang memiliki pemandangan pasir putih selain Pantai Pasir Putih di Ciemas. (Sumber : Instagram/amazingwestjava)

SUKABUMIUPDATE.com - Pantai Pasir Putih di wilayah Cagar Alam Cibanteng (di bawah BKSDA Cikepuh) di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi ditutup untuk kunjungan wisata.

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya jika dua destinasi wisata di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi akan ditutup untuk aktivitas wisata yakni Pulau Kunti dan Pantai Pasir Putih.

Larangan kegiatan wisata ini alasannya karena kedua tempat itu masuk ke dalam wilayah Cagar Alam Cibanteng di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Baca Juga: Warung Mulai Dibongkar, Pantai Pasir Putih Sukabumi Ditutup untuk Wisata

Keputusan penutupan sendiri disepakati dalam rapat koordinasi tata kelola Pulau Kunti dan Pantai Pasir Putih di kantor Desa Mandrajaya, Rabu, 29 November 2023.

Tapi tenang, Pantai Pasir Putih bukan satu-satunya pantai di Sukabumi yang memiliki panorama pasir berwarna putih bersih, masih ada beberapa pantai lain yang tak kalah indah.

Nah, berikut rekomendasi pantai di Sukabumi yang bisa menjadi pilihan tempat berlibur dan tak kalah indah dari Pantai Pasir putih Ciletuh.

1. Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng berlokasi tidak jauh dari pantai Amandaratu atau tepatnya berada di Desa Ujunggenteng, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Baca Juga: Asyiknya Tempat Nongkrong Malam Bersuasana Eropa di Wisata Alam Oasis Sukabumi

Pantai ini terkenal memiliki pasir putih yang bersih sehingga cocok menjadi tempat pilihan jika ingin berlibur ke pantai.

Fasilitas di pantai ini juga cukup lengkap mulai dari tempat parkir, tempat ibadah, penginapan, tempat makan dan sebagainya tersedia disini.

2. Pantai Amandaratu

Banyak yang menyebut jika pantai ini menjadi tiruan dari Tanah Lot yang ada di Bali, hal tersebut karena adanya pulau kecil terletak di tengah-tengah perairan.

Baca Juga: Kampung Rimba Tempat Camping Bogor yang Bisa Berenang Tengah Hutan Pinus

Untuk lokasinya sendiri, pantai ini cukup mudah dijangkau karena berada di Jln. Raya Ujung Genteng, Desa Purwasedar, Kecamatan Ciracap, Sukabumi. Jadi jika kamu menuju pantai Ujung Genteng kamu akan melewati pantai ini.

Pantai ini menyuguhkan keindahan alam yang memukau dan menjadi tempat yang pas untuk menyaksikan pesona matahari terbit dan terbenam.

3. Pantai Pangumbahan

Pantai Pangumbahan ini terletak di Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Jika kamu berkunjung ke kawasan Ujung Genteng maka kamu wajib mengunjungi pantai yang satu ini.

Baca Juga: Camping Nyaman di Bogor, Berenang Tengah Hutan dan Ada Sungainya Juga

Di area pantai ini juga terdapat tempat penangkaran penyu dan pelepasan anak penyu (tukik) ke laut menjadi salah satu atraksi yang bisa kamu saksikan di pantai Pangumbahan.

Kondisi pantai juga masih sangat bersih maka tak heran jika penyu memilih pantai ini untuk bertelur, ditambah pengunjung pantai ini juga tidak terlalu ramai.

4. Pantai Minajaya

Jika kamu mencari lokasi pantai yang tidak terlalu banyak pengunjung, Pantai Minajaya bisa menjadi pilihan.
Pantai ini berada di Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, tidak jauh dari Pantai Amanda Ratu.

Pantai dengan warna pasir kecoklatan ini masih asri dan alami karena belum banyak dijamah. Di Bibir pantai ini terhampar batu karang yang cukup luas, kamu bisa berjalan-jalan di hamparan batu karang ini jika air sedang surut.

Baca Juga: Pemandangan Seperti Lukisan, Wisata di Kaki Gunung Malabar Untuk Hilangkan Stres

Selain itu, pemandangan sunset disini sangat memukau serta warna air laut yang hijau kebiruan menjadi daya tarik tersendiri.

5. Pantai Tenda Biru

Pantai Tenda Biru masih berada di kawasan wisata Pantai Ujung Genteng. Namun, lokasi pantai ini cukup tersembunyi sehingga tidak banyak orang yang tahu.

Tempat tersebut menjadi ujungnya Ujung Genteng, yang bila dilihat di peta atau Google Maps posisinya menjorok ke laut. Warga setempat biasa menyebutnya dengan nama Jojongor Ujung Genteng.

Baca Juga: Danau Hingga Hutan, 7 Destinasi Wisata Alam Jakarta Ini Tak Kalah Indah

Jalan masuk ke pantai ini bisa melalui dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Ujung Genteng, kemudian sekitar tiga kilometer melewati kawasan Hutan Cagar Alam dengan luas 38 hektare. Jalannya masih tanah dan sebagian berpasir, namun bisa dilalui kendaraan roda empat.

Pantai ini cenderung sepi dan memiliki pasir putih yang bersih dengan deretan hutan bakau di sampingnya.

Nah, itulah deretan pantai di Sukabumi yang memiliki pemandangan pasir putih selain Pantai Pasir Putih yang ditutup untuk kegiatan wisata.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life16 Mei 2024, 14:45 WIB

6 Kebiasaan Sederhana yang Dapat Meningkatkan Konsentrasi Kerja, Yuk Terapkan!

Konsentrasi saat bekerja adalah impian semua pencari nafkah. Pasalnya, sebagian orang justru tidak tahu kebiasaan yang bisa meningkatkan konsentrasi dalam hidup
Kebiasaan yang dapat meningkatkan konsentrasi saat sedang bekerja (Sumber : Pexels.com/@Andreapiacquadio)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 14:33 WIB

Mendelegitimasi Pilkada, Pengamat Tanggapi Rekrutmen PPK Bermasalah di Kota Sukabumi

Jika rekrutmen PPK tidak memiliki integritas, maka rangkaian pilkada akan ternodai.
Kantor KPU Kota Sukabumi di Jalan Otto Iskandardinata, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi. | Foto: SU/Asep Awaludin
Sehat16 Mei 2024, 14:30 WIB

4 Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian

Simak Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Tidak Aman Makan Durian, Ternyata Ada Resiko Serangan Asam Urat!
Ilustrasi. Ketahui Alasan Kenapa Penderita Asam Urat Sebaiknya Tidak Mengkonsumsi Buah Durian (Sumber : Pexels/TomFisk)
Entertainment16 Mei 2024, 14:15 WIB

Selamat! Aaliyah Massaid Dilamar Oleh Thariq Halilintar

Aaliyah Massaid resmi dilamar oleh sang kekasih Thariq Halilintar pada 15 Mei 2024 di suatu tempat yang tidak diberitahu oleh keduanya. Aaliyah dan Thariq membagikan momen bahagia itu di instagram
Momen kebahagiaan Aaliyah Massaid yang dilamar Thariq Halilintar (Sumber : instagram @/thariqhalilintar)
Sehat16 Mei 2024, 14:00 WIB

Cara Membuat Infused Water Daun Sirsak untuk Asam Urat, Gula Darah dan Kolesterol Tinggi

Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi.
Ilustrasi - Infused water daun sirsak dapat memberikan manfaat tambahan dalam mengatasi asam urat, pengelolaan gula darah tinggi dan kolesterol tinggi. (Sumber : YouTube/@My Food Forest)
Sukabumi16 Mei 2024, 13:45 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Launching Kerja Sama dengan SRC Area Sukabumi

Program quarterly dimulai sejak April 2024 dan berulang setiap tiga bulan sekali.
BPJS Ketenagakerjaan melakukan sosialisasi racing program bersama SRC di salah satu hotel di Kota Sukabumi pada Senin, 13 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Nasional16 Mei 2024, 13:41 WIB

Sewa dari Maskapai Asing, Mesin Pesawat Garuda Terbakar Saat Angkut Jemaah Haji

Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar.
Insiden ini terjadi pada Rabu (15/5/2024), saat pesawat Garuda Indonesia yang membawa 450 jemaah haji sesaat setelah lepas landas dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar. (Sumber: istimewa)
Life16 Mei 2024, 13:30 WIB

10 Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat

Beberapa kondisi medis seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit ginjal dapat memperburuk asam urat. Maka dari itu, penderita asam urat penting untuk mengelola kondisi-kondisi tersebut dengan baik.
Ilustrasi. Belanja bahan makanan sehat. Cara Alami Menyembuhkan Asam Urat dengan Cepat Tanpa Obat (Sumber : Pexels/RaviKant)
Sehat16 Mei 2024, 13:00 WIB

Asam Urat Kambuh dan Rasanya Menyakitkan, 7 Obat Alami Ini Efektif Mengatasinya

Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain.
Ilustrasi - Asam urat adalah suatu kondisi yang menyakitkan dan sering dimulai pada jempol kaki dan menyebar ke sendi lain. (Sumber : Freepik.com/@Wiroj Sidhisoradej)
Life16 Mei 2024, 12:45 WIB

6 Kebiasaan Buruk yang Cepat Melemahkan Daya Ingat Anda, Berhenti Sekarang!

Daya ingat seseorang menjadi menurun biasanya disebabkan beberapa hal yang mungkin dianggap sepele. Adapun umumnya adalah kebiasaan buruk yang sering dilakukan
ilustrasi kebiasaan yang melemahkan daya ingat (Sumber : Pexels.com/@KetutSubiyanto)