Jembatan, Goa Hingga Hanyut di Sungai: 5 Wisata Adrenalin untuk Liburan Akhir Tahun

Sabtu 23 Desember 2023, 14:00 WIB
Berikut ini deretan destinasi wisata adrenalin yang bisa dicoba untuk menikmati momen liburan yang tak biasa (Sumber : Istimewa)

Berikut ini deretan destinasi wisata adrenalin yang bisa dicoba untuk menikmati momen liburan yang tak biasa (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Libur akhir tahun menjadi waktu yang pas untuk pergi berwisata melepas penat dan menghilangkan stres. Ada banyak destinasi wisata yang bisa dipilih salah satunya wisata yang menantang adrenalin.

Di Indonesia sendiri ada banyak isata jenis ini yang akan memberikan pengalaman berbeda dan berkesan saat mengisi waktu libur.

.Beberapa diantaranya seperti berjalan di atas salah satu jembatan tertinggi di Asia Tenggara, merasakan hanyut di derasnya air sungai hingga menyusuri kedalam goa alami.

Nah penasaran destinasi wisata mana saja yang bisa memacu adrenalin saat berlibur? Berikut lima wisata adrenalin yang bisa dicoba seperti dikutip dari Tempo.co.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Pantai di Sukabumi untuk Liburan Natal dan Tahun Baru

1. Jembatan Gantung Situ Gunung di Sukabumi

Jembatan gantung Situ Gunung di Sukabumi, Jawa Barat, menjadi salah satu isata yang memacu adrenalin. Jembatan yang satu ini merupakan salah satu jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara dengan panjang 243 meter di atas ketinggian 107 meter.

Dari atas jembatan, pengunjung bisa menyaksikan pemandangan perpaduan alam dengan lembah yang memanjakan mata. Namun tak perlu khawatir karena setiap pengunjung akan menggunakan peralatan safety selama melewati jembatan satu ini.

2. Menyusuri Goa Jomblang

Goa Jomblang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Dikutip dari traveloka.com, Goa Jomblang merupakan gua vertikal yang bertipe collapse doline dan terbentuk akibat proses geologi.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Bogor Cocok untuk Ajak Anak Liburan

Dengan kedalaman mencapai 60 meter, destinasi wisata ekstrem ini terkenal akan panorama eksotis, yakni keindahan cahaya matahari yang menyelinap masuk dari bibir gua. Selain keindahan alam, pengunjung juga bisa menyaksikan tanaman purba yang tersedia di kawasan ini.

3. Body Rafting di Green Canyon, Pangandaran

Rekomendasi destinasi wisata ekstrim lainnya adalah Green Canyon yang berada di Pangandaran, Jawa Barat. Dikutip dari kemenparekraf.go.id, Green Canyon atau dikenal dengan Cukang Taneuh ini menawarkan kegiatan body rafting mengarungi aliran sungai yang diapit oleh tebing terjal serta rimbunnya pepohonan.

Selain itu, Green Canyon menyuguhkan pemandangan gua dengan stalaktit dan stalakmit yang terbentuk secara alami di pinggiran tebing. Pelancong juga bisa melompat dari beberapa spot tebing langsung ke aliran air sungai yang menyegarkan.

Baca Juga: 10 Wisata Temanggung Paling Hits, Keindahan Alamnya Bikin Takjub

4. Paralayang di Timbis

Selanjutnya ada wisata paragliding atau paralayang di Timbis, Bali. Disini, wisatawan akan merasakan pengalaman terbang sambil menikmati alam Pulau Dewata dari ketinggian.

Pengalaman ekstrim pengunjung akan terbayar dengan keindahan panorama alam Bali yang berbalut kombinasi eksotis dari putihnya garis pantai, tenangnya deburan ombak Samudera Hindia, dan megahnya bukit-bukit yang diselimuti hijaunya pepohonan.

5. Bali Swing

Masih di Bali, wisata memacu adrenalin lainnya adalah ayunan Bali swing. Terletak di Jalan Dewi Saraswati No. 7 Bongkasa Pertiwi, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, ayunan ini memiliki ketinggian 78 meter, dan sangat cocok untuk pengunjung yang menyukai aktivitas keberanian.

Baca Juga: 10 Wisata Kuningan yang Hits, Keindahannya Gak Ada Lawan

Selain ayunan, para wisatawan juga dapat mencoba petualangan rafting di Sungai Ayung yang akan dipandu profesional. Serta menaiki Volkswagen antik menuju ke air terjun Tegenungan.

Sumber: Tempo.co/Khumar Mahendra | Dwi Nur Azizah

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat03 Mei 2024, 13:00 WIB

Langkah Simpel Membuat Teh Daun Mangga untuk Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi - Daun mangga dapat dibuat teh dan dimanfaatkan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : YouTube/G Family Thai).
Life03 Mei 2024, 12:30 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang yang Berakhlak dan Beradab, Yuk Terapkan!

Cara mendidik anak agar menjadi orang yang berakhlak dan beradab memang impian semua orang tua. Yuk, terapkan!
Ilustrasi. Cara mendidik anak agar berakhlak dan beradab. Sumber foto : Pexels/GustavoRing
Bola03 Mei 2024, 12:00 WIB

Peluang Terakhir ke Olimpiade Paris 2024: Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Laga Play-off

Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika.
Meskipun kalah dari Irak di perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, Garuda Muda masih memiliki peluang lolos melalui babak play-off melawan Guinea, wakil Afrika. (Sumber : pssi.org)
Life03 Mei 2024, 11:40 WIB

Simak Alasan dan Konsekuensi Perbedaan Pendapat dalam Mendisiplinkan Anak

Perbedaan pendapat terkadang bisa menjadi pelengkap dalam setiap pasangan, begitu pun ketika mendisiplinkan anak. Namun apa alasan perbedaan itu?
Ilustrasi perbedaan pendapat dalam mendisiplinkan anak. | Foto: Pexels.com/@Migs Reyes
Sukabumi03 Mei 2024, 11:38 WIB

Penampakan Pintu Tol Cisaat di Cibolang Kaler, Realisasi dan Target Tol Bocimi Seksi 3

Proses pembukaan lahan di pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler ini dilaporkan oleh edwar widodo, youtuber spesialis pemantau perkembangan pembangunan tol bocimi di Sukabumi.
Proses land clearing, untuk area pintu tol Cisaat di Cibolang Kaler pembanggunan tol bocimi seksi 3 Cibadak - Sukabumi Barat (Sumber: istimewa/akun youtube edwar widodo)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:33 WIB

Hardiknas 2024, Wakil Ketua DPRD Sukabumi: Kurikulum Merdeka Harus Munculkan Inovasi

Masih ada aspek yang perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi.
Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua DPD PKS Kabupaten Sukabumi M Sodikin. | Foto: SU/Ilyas Supendi
Life03 Mei 2024, 11:30 WIB

Tak Selalu Positif, Ini 6 Bahaya Terlalu Percaya Diri yang Harus Diketahui

Percaya diri merupakan mentalitas yang baik bagi seseorang. Tetapi, terlalu percaya diri juga tidak baik, mengingat terdapat berbahaya di balik itu semua.
Ilustrasi. Bahaya terlalu percaya diri. Sumber foto : Pexels/Nicole Michalou
Life03 Mei 2024, 11:15 WIB

5 Cara yang Bisa Dilakukan Orang Tua Jika Beda Pendapat saat Mendisiplinkan Anak

Meskipun selalu berbeda pendapat, namun Anda berdua memiliki tujuan yang sama, yaitu mencintai dan membimbing anak dengan kemampuan terbaik Anda.
Ilustrasi orang tua berbeda pendapat. | Foto: Pexels.com/@Agung Pandit Wiguna
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 11:04 WIB

Apresiasi Timnas di Piala Asia U-23, DPRD Sukabumi: Harapan Tembus Olimpiade Masih Ada

Anak asuh Shin Tae-yong memiliki peluang terakhir untuk lolos Olimpiade Paris 2024.
Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi sekaligus Ketua Fraksi PKS Amran Munawar Lutphi. | Foto: Instagram/@fpks.kabsukabumi
Inspirasi03 Mei 2024, 11:00 WIB

Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 untuk Penempatan Wilayah Ancol

Berikut Informasi Lowongan Kerja Lulusan D3 dan/atau S1 di Perusahaan Makanan untuk Penempatan Wilayah Ancol, Jakarta.
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Teknisi Jaringan Minimal Lulusan SMK. (Sumber : Freepik.com)