6 Kue Kering Khas Belanda yang Bisa Jadi Hidangan Lebaran Selain Nastar dan Kastengel

Jumat 21 April 2023, 03:00 WIB
Inilah enam kue khas Belanda yang cocok dijadukan cemilan Lebaran selain Nastar dan Kastengel (Sumber : via Prochiz)

Inilah enam kue khas Belanda yang cocok dijadukan cemilan Lebaran selain Nastar dan Kastengel (Sumber : via Prochiz)

SUKABUMIUPDATE.com - Ada banyak hal menarik jika berbicara mengenai Hari Raya Idul Fitri salah satunya soal kue khas lebaran. Karena seperti kita tahu jika ada beberapa kue yang identik dengan momen Hari Raya Idul Fitri (Lebaran).

Di Indonesia sendiri kuliner yang menjadi ciri khas lebaran diantaranya Nastar dan Kastengel. Makanan ini seolah menjadi cemilan wajib saat perayaan lebaran di Indonesia.

Tapi ternyata nastar dan kastengel sejatinya merupakan kue yang berasal dari Belanda, tapi kenapa kue-kue tersebut seolah menjadi kue Indonesia. Melansir dari Tempo.co, hal tersebut disebabkan oleh asimilasi atau peleburan suatu kebudayaan kerap terjadi.

Baca Juga: 5 Kuliner Legendaris Jawa Barat Zona Cirebonan, Cocok Jadi Buruan saat Kulineran

Termasuk dalam urusan makanan saat hari raya. Interaksi yang cukup panjang antara budaya kuliner Belanda di Indonesia melahirkan tradisi unik di masyarakat, yaitu menjadikan kue khas Belanda sebagai hidangan lebaran.

Contoh sederhana adalah nastar. Meski berasal dari Belanda, kue ini selalu identik dibuat dan disajikan masyarakat saat lebaran. Nama Belandanya adalah 'ananastaart', gabungan dari kata 'ananas' atau nanas dan 'taart' yang berarti kue atau pai.

Contoh lainnya adalah kastengel. Kue yang marak saat lebaran ini juga berasal dari Belanda. Kastengel berasal dari kata 'kaas' yang artinya keju dan 'stengels' yang artinya batangan.

Selain kue khas Belanda yang populer di Indonesia, masih banyak kue khas negara Eropa tersebut yang cocok jadi hidangan lebaran. Berikut adalah beberapa kue kering Belanda yang cocok untuk Lebaran dilansir dari Insanelygoodrecipes.com.

Baca Juga: 5 Wisata Kuliner Sukabumi yang Cocok Untuk Puas-Puasin Sebelum Ramadan

1. Stroopwafel

Pertama ada kue stroopwafel yang terkenal di seluruh Belanda. Kue ini terbuat dari dua lembar kue tipis yang diisi dengan sirup karamel manis di tengahnya.

Cara memakannya adalah dengan menempatkan stroopwafel di atas cangkir teh atau kopi yang hangat sehingga sirupnya menjadi lebih lembut dan nikmat.

2. Speculaas

Selain stroopwafel, Salah satu jenis kue kering yang menjadi favorit di Belanda adalah speculaas. Kue ini memiliki aroma rempah yang khas, seperti kayu manis, cengkeh, dan jahe.

Baca Juga: 5 Kuliner Sukabumi yang Pas Disantap saat Musim Hujan, Rekomended Banget!

Kue yang juga dikenal dengan sebutan Dutch Spice Cookies ini biasanya dibentuk menjadi bentuk-bentuk yang berbeda, seperti manusia kecil atau kuda, dan dihiasi dengan gula.

3. Kringel

Kue kering berikutnya yang sangat populer di Belanda adalah kue kringel, yang biasanya disajikan di atas piring dengan gula halus di atasnya. Kue ini terbuat dari adonan yang dicetak menjadi bentuk lingkaran kecil, kemudian dipanggang hingga renyah.

4. Pretzel

Kue dengan bentuk yang khas melingkar dan diikat ke tengahnya ini terbuat dari campuran sederhana. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya hanya air, tepung, dan garam.

Baca Juga: Bahan Kuliner Sultan! Ini 6 Fakta Menarik Kepiting King Alaska yang Harganya Fantastis

Tak heran, penyebab bahannya yang mudah didapatkan adalah karena pretzel merupakan makanan yang memiliki sejarah tersendiri. Selama masa Prapaskah, semua jenis daging, produk susu, dan telur dilarang, maka terciptalah kue ini.

5. Jan Hagel

Selanjutnya ada kue kering Jan Hagel, yakni kue yang terbuat dari campuran mentega, gula, dan kayu manis, serta dihiasi dengan almond cincang di atasnya. Jan Hagel biasanya dipanggang dalam bentuk persegi panjang dan kemudian dipotong-potong menjadi ukuran yang lebih kecil.

Baca Juga: Punya Makna Mendalam, Ini Alasan Ketupat Jadi Makanan Khas Lebaran

6. Banketstaaf

Terakhir, ada kue kering khas Belanda yang disebut banketstaaf. Kue ini terbuat dari adonan pasta almond yang dilapisi dengan kulit pastry dan kemudian dipanggang hingga renyah. Biasanya, banketstaaf dipotong menjadi kecil-kecil dan disajikan sebagai camilan.

Selain disajikan di rumah-rumah warga Muslim di Belanda, kue-kue kering khas Belanda ini juga bisa ditemukan di toko-toko kue atau pasar tradisional di sekitar Belanda.

Jika ingin mencobanya, kue-kue ini mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Di internet sudah banyak resep yang menyajikan cara membuat kue khas Belanda untuk lebaran.

Sumber: Suara.com

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 23:13 WIB

Mau Diperbaiki? Jembatan Reyot Penghubung Waluran-Surade Sukabumi Ditinjau Staf Kemenlu

Jembatan gantung yang berada di aliran Sungai Cikarang, Kampung Cukangbayur, Desa Caringinnunggal, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi, kondisinya sudah lapuk.
Pemdes Caringinnunggal Kecamatan Waluran. Staf Kemenlu, Relawan dan Pemdes saat meninjau Jembatan Gantung Sungai Cikarang | Foto : Ragil Gilang
Sukabumi04 Mei 2024, 22:54 WIB

58 Persen Masyarakat Kabupaten Sukabumi Kurang Puas Atas Kinerja Marwan-Iyos

Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute, merilis hasil survei terkait tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Sukabumi dibawah kepemimpinan Bupati Marwan Hamami dan Wakil Bupati Iyos Somantri.
Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi | Foto : Ist
Sukabumi04 Mei 2024, 21:49 WIB

Niat Cari Kerja: Pelaku Tolak Sodomi hingga Duel Sebelum Bunuh Pria di Citepus Sukabumi

Kasat Reskrim Polres Sukabumi, AKP Ali Jupri, mengatakan bahwa pelaku berinisial A (20 tahun) awalnya mendatangi Ceceu ini dengan niat mencari kerja, sebelum akhirnya membunuh korban
Pelaku pembunuhan setelah ditangkap di Mapolsek Parungkuda Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi04 Mei 2024, 21:09 WIB

Pemkab Sukabumi Akan Relokasi Rumah yang Terdampak Longsor di Cibadak

Pemerintah Kabupaten Sukabumi berencana merelokasi warga terdampak longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/RW 11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, yang berdampak pada belasan rumah.
Foto udara lokasi longsor di Kampung Cibatu Hilir RT 01/11, Desa Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. | Foto: Instagram/@kiekiesukabumi
Sehat04 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari

Berikut Sederet Cara Sehat Menyembuhkan Asam Urat Agar Tidak Kambuh di Malam Hari yang Bisa Dilakukan.
Ilustrasi - Pijat Ringan untuk Meringankan Penyakit Asam Urat (Sumber : Freepik/freepik)
Sukabumi Memilih04 Mei 2024, 20:46 WIB

Survei Terbaru Elektabilitas 17 Calon Bupati Sukabumi: Tidak Ada Sosok yang Kuat

asil survei dirilis oleh Lembaga Kajian dan Penelitian Skala Institute bekerjasama dengan Litbang Sukabumiupdate.com.
Ilustrasi pasangan calon bupati/wakil bupati Sukabumi dari jalur perseorangan atau independen | Foto : Sukabumi Update
Life04 Mei 2024, 20:00 WIB

6 Dampak Buruk Terlalu Memanjakan Anak yang Wajib Diketahui Orang Tua

Terlalu memanjakan anak rupanya memiliki dampak buruk bagi perkembangan anak jika sudah tumbuh dewasa. Ini yang perlu diperhatikan para orang tua.
Ilustrasi. Dampak buruk terlalu memanjakan anak. Sumber foto : Pexels/ Pavel Danilyuk
Sukabumi04 Mei 2024, 19:40 WIB

Sukabumi Dinilai Stagnan, Koalisi 5 Partai Cenderung Usung Figur Alternatif di Pilkada

ima partai politik yaitu, PKB, PKS, Demokrat, PAN dan PDIP secara resmi berkoalisi di Pikada Kabupaten Sukabumi 2024. Deklarasi koalisi digelar di salah satu kafe di Jalan Cemerlang, Kota Sukabumi, Sabtu, (4/5/2024).
Deklarasi koalisi 5 partai, PKB, Demokrat, PKS, PAN, PDIP | Foto : Asep Awaludin
Sehat04 Mei 2024, 19:00 WIB

5 Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita Asam Urat Sebaiknya Mengetahui Apa Saja Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Guna Mencegah Serangannya Kambuh.
Ilustrasi. Jenis Ikan Laut Tinggi Purin yang Tidak Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat (Sumber : Pexels/OzielGomez)
Sukabumi04 Mei 2024, 18:57 WIB

Di Kubur Berdampingan, Pasutri Tewas Tertabrak Kereta di Kebonpedes Sukabumi Dikenal Ramah

Dalam prosesi pemakaman, berlangsung haru serta diiringi isak tangis keluarga. Mengingat semasa hidup korban yang baik dan suka bersosialisasi dengan tetangga.
Suasana saat pemakaman jenazah suami istri korban tertabrak kereta di Kampung Gunung Kebonpedes Kabupaten Sukabumi | Foto : Asep Awaludin