TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Mochi Sukabumi Ditetapkan Jadi WBTB Nasional pada Sidang Penetapan 2022

Dede Imran
Penulis
Senin 3 Okt 2022, 15:15 WIB
Mochi Sukabumi Ditetapkan Jadi WBTB Nasional pada Sidang Penetapan 2022

SUKABUMIUPDATE.com - Mochi Sukabumi kini telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda (WBTB) Nasional dengan domain Kemahiran dan Kerajinan Tradisional.

Sebelumnya Yayasan Dapuran Kipahare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Sukabumi menjadi pihak yang mengusulkan Mochi menjadi WBTB nasional.

Dalam hal ini Yayasan Dapuran Kipahare membantu memberikan narasi sejarah Mochi, Filosofi, fungsi sosial dan lain-lain. Hal tersebut diungkapkan Ketua Yayasan Dapuran Kipahare, Irman Firmansyah.

Baca Juga :

Dan hasilnya pada 30 September 2022, Mochi Sukabumi berhasil menjadi Warisan Budaya Takbenda Nasional Indonesia.

“Hasilnya (Moci Sukabumi) lolos menjadi WBTB nasional,” Kata Irman.

Selanjutnya, Irman mengungkap jika Mochi akan lebih disosialisasikan lagi kepada masyarakat agar bisa menjadi keterampilan masyarakat umum serta mengangkat tradisi Mochi yang sudah hilang seperti dijadikan seserahan acara pernikahan karena sifatnya yang lengket bisa menjadi simbol lengketnya rumah tangga.

“Mensosialisasikan (Moci) ke masyarakat, kemudian mengangkat tradisi moci yang sudah hilang seperti menggunakan moci sebagai seserahan karena lengketnya moci dianggap sebagai simbol lengketnya rumah tangga,” ungkap Irman.

Pengamat sejarah ini juga ingin mendorong pemerintah kota Sukabumi beserta jajarannya untuk konsisten mengangkat moci dengan memberikan suguhan kepada setiap tamu dengan mochi.


Dede Imran
Editor
Halaman :
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini