11 Rekomendasi Film Horor Indonesia Menakutkan, Jangan Nonton Sendirian!

Senin 08 Mei 2023, 19:00 WIB
Film Waktu Maghrib | Rekomendasi Film Horor Indonesia Menakutkan, Jangan Nonton Sendirian! | Foto: Istimewa

Film Waktu Maghrib | Rekomendasi Film Horor Indonesia Menakutkan, Jangan Nonton Sendirian! | Foto: Istimewa

SUKABUMIUPDATE.com - Sewu Dino adalah salah satu film horor Indonesia yang diangkat dari kisah nyata tentang Santet. Santet merupakan ilmu hitam yang dikirim untuk mengganggu atau melenyapkan seseorang dengan cara yang tidak wajar dan menyeramkan hingga kematian tragis dan menyakitkan.

Cerita Sewu Dino diadaptasi dari Thread Simple Man di Twitter, sama seperti KKN di Desa Penari. Dikisahkan, ada seorang perempuan desa bernama Sri yang ingin bekerja di luar kota karena dianggap lebih menguntungkan. Karena lahir pada jumat Kliwon, Sri diterima bekerja di keluarga Atmojo untuk merawat korban santet bernama Della.

Ini sesuai dengan konsep cerita film horor yang biasanya melibatkan tema-tema kematian, supranatural atau penyakit mental. Sifat genre horor sendiri berusaha memancing emosi penontonnya berupa ketakutan, kengerian, histeris hingga rasa jijik.

Baca Juga: Dekat dengan Nyi Roro Kidul, Palabuhanratu Sukabumi Jadi Tempat Menyeramkan Di Dunia

Dirangkum dari berbagai sumber, selain Sewu Dino ada beberapa film horor Indonesia yang direkomendasikan untuk kamu, mulai dari Pelet Tali Pocong, Siksa Neraka hingga Teluh:

Rekomendasi Film Horor Indonesia

1. Pelet Tali Pocong

Film Pelet Tali pocong menyajikan kisah menyeramkan dan sarat akan pesan agama. Film yang telah tayang di bioskop pada 6 April 202 ini berpesan tentang pentingnya memperkuat iman jika ingin terhindar dari marabahaya.

2. Waktu Maghrib

Film Waktu Maghrib menjadi salah satu film horor yang siap meneror bioskop-boskop di tahun 2023 | Foto: IstimewaFilm Waktu Maghrib menjadi salah satu film horor yang siap meneror bioskop-boskop di tahun 2023 | Foto: Istimewa

Selain mengangkat mitos yang tak asing lagi di masyarakat, film Waktu Maghrib juga mengingatkan kita untuk tak berkeliaran menjelang malam dan lebih fokus untuk beribadah.

3. Siksa Neraka

Film horor yang diadaptasi dari komik legendaris karya MB Rahimsyah ini juga sarat akan nasehat agama.

Bagaimana tidak, saat kita melihat gambaran siksa neraka, maka umat muslim tentunya akan lebih ingat bahwa segala perilaku di dunia ada balasannya di akhirat kelak. Pesan agama yang apik!

4. Sewu Dino

Review Film Sewu Dino, Kisah Gadis Muda Terjebak Praktik Santet 1.000 Hari. |Film Sewu Dino, Kisah Gadis Muda Terjebak Praktik Santet 1.000 Hari. |

Film Indonesia tentang Santet yang pertama adalah Sewu Dino. Film ini diangkat dari novel berjudul sama karya SimpleMan yang terinspirasi dari kisah nyata.

Seperti dijelaskan sebelumnya, Sewu Dino bercerita tentang seorang perempuan desa bernama Sri yang melamar pekerjaan sebagai asisten rumah tangga.

Tak disangka, Sri harus bekerja untuk mengurus cucu majikannya bernama Della Atmojo yang terkena santet tua bernama Sewu Dino. Dia pun harus menjelajahi dunia sukma untuk menyelamatkan Della dari pengirim Santet.

5. Khanzab

Film Khanzab merupakan film horor karya sutradara Anggy Umbara yang terinspirasi dari kisah pembantaian dukun santet di Banyuwangi pada 1998 silam | Foto: Instagram/@deecompanyFilm Khanzab merupakan film horor karya sutradara Anggy Umbara yang terinspirasi dari kisah pembantaian dukun santet di Banyuwangi pada 1998 silam | Foto: Instagram/@deecompany

Cerita dari film horor Indonesia satu ini bermula ketika ayah Rahayu menjadi korban pembantaian dukun Santet yang terjadi pada Mei 1998 silam. Ia ingin melanjutkan hidupnya seperti biasa, Rahayu pun menjalankan ibadahnya dengan taat.

Sayangnya, Rahayu justru diganggu oleh setan bernama Khanzab yang membuatnya berada di bawah pengaruh ilmu dan malah bisa melakukan Santet tanpa sadar.

6. Iblis Dalam Darah

Film Iblis Dalam Darah bercerita tentang seorang perempuan bernama Haruni yang tiba-tiba kerasukan hingga nekat menyakiti dirinya sendiri. Akhirnya, keluarganya pun membawa Haruni ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Sayangnya, dokter tidak melihat tanda-tanda penyakit mematikan dalam tubuh Haruni. Sang dokter yang juga religius berpikir jika kejadian tersebut berkaitan dengan makhluk gaib dan ilmu hitam atau di bawah pengaruh Santet.

7. Qodrat

Film horor Indonesia yang ke empat ini bercerita tentang seseorang bernama Qodrat yang memutuskan untuk kembali ke pesantren setelah kehilangan putranya akibat gangguan setan.

Namun, sejak pertama kali menginjakkan kakinya di pesantren, Qodrat justru mengalami banyak hal aneh yang mengerikan. Guru dan masyarakat sekitar pesantren tersebut ternyata dikirimi Santet oleh seseorang yang bersekutu dengan setan.

8. Ratu Ilmu Hitam

Ratu Ilmu Hitam merupakan karya remake dari film horor Indonesia klasik berjudul serupa yang dibintangi oleh mendiang Suzanna. Film ini bercerita tentang tiga keluarga yang mengunjungi panti asuhan tempat mereka dibesarkan dahulu.

Diceritakan, ia berniat untuk bertemu pengasuh panti dan bernostalgia. Sayangnya, mereka justru menerima berbagai teror aneh yang berhubungan dengan masa lalu.

9. The Origin of Santet

The Origin of Santet bercerita tentang keluarga kecil Rendy yang harus berhadapan dengan teror Santet yang mengerikan. Teror ini berawal dari Rendy yang pulang ke Indonesia untuk mengurus pemakaman ayahnya yang meninggal dengan tragis dan tidak wajar.

Selain itu, ibu Rendy pun ternyata menderita penyakit misterius yang tidak bisa disembuhkan. Setelah ditelusuri, keluarga ayah Rendy ternyata dikirimi Santet yang juga menyebar ke anak dan istrinya.

10. Kafir: Bersekutu dengan Setan

Film Kafir: Bersekutu dengan Setan bercerita tentang sebuah keluarga yang harus menderita usai dikirim Santet oleh seseorang.

Mulanya, ayah mereka yang bernama Herman harus meregang nyawa setelah mendapat teror gaib dari orang tak dikenal. Hal ini pun membuat kedamaian keluarga terusik karena sang ibu yang mulai mendapat teror-teror mengerikan.

Untuk menyelamatkan sang ibu, anak-anaknya pun berusaha untuk mencari tahu penyebab kejanggalan yang terjadi di keluarganya.

11. Teluh

Film Indonesia tentang Santet yang terakhir adalah Teluh, tentang teror pembunuhan sadis yang terjadi pada seorang perempuan bernama Yulia. Dia merupakan seorang karyawati yang berselingkuh dengan pemilik perusahaan yang bernama Pak Indra.

Beberapa bulan setelah kematian Yulia, rumah Pak Indra tiba-tiba kejatuhan bola api di atas atap rumahnya. Sejak saat itu, keluarga Pak Indra pun mulai mengalami berbagai hal mistis yang berbahaya.

Baca Juga: Kenali 8 Bahasa Tubuh Pria Cuek, Tanda-tanda Dia Jatuh Cinta Padamu

Seperti diketahui, film horor kini semakin menggeliat dan menjadi genre favorit penonton. Meskipun dahulu cerita mistis yang dikemas oleh akting pemain film horor selalu dipandang sebelah mata.

Bahkan salah satu sutradara tersohor tanah air, Joko Anwar, menyebut bahwa film horor Indonesia memiliki banyak kelebihan yang bisa dieksplorasi oleh para sineas. Indonesia dengan ragam jenis hantunya bisa dikembangkan dalam cerita film dan berpotensi mendunia!

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola06 Mei 2024, 12:00 WIB

Persib Belum Pernah Menang Lawan Bali United Sejak 2017, Alberto: Fakta yang Aneh!

Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series.
Alberto Rodriguez yakin catatan Persib akan berubah positif kala bertemu Bali United di Championship Series. (Sumber : Instagram/@albertorguezmartin)
Jawa Barat06 Mei 2024, 11:46 WIB

Membahas Peran Perda 5/2021 Jabar, M Jaenudin Bicara Perlindungan Masyarakat

Ketua Fraksi PDIP DPRD Jabar ini meminta pemerintah harus menjamin warganya untuk merasa tentram, tertib dan terlindungi berdasarkan norma-norma yang berlaku di masyarakat.
Anggota DPRD Jawa Barat, Muhammad Jaenudin, S.Ag., MH. melaksanakan Kegiatan Penyebarluasan Peraturan Daerah (Perda) Tahun Anggaran 2023/2024 di Aula Resto King Raos Cibolang Cibatu Cisaat Sukabumi (Sumber: doktim/baim)
Sukabumi06 Mei 2024, 11:45 WIB

Jualan di Jalan Ahmad Yani, Gas LPG PKL Bandel di Kota Sukabumi Disita Petugas

Beberapa PKL dinilai bandel karena menempatkan gerobak di badan jalan.
Petugas Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Sukabumi saat menyita gas tiga kilogram (LPG) milik PKL yang berjualan di Jalan Ahmad Yani, Jumat, 3 Mei 2024. | Foto: Website Pemkot Sukabumi
Life06 Mei 2024, 11:30 WIB

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa

5 Kesalahan Orang Tua Penyebab Anak Sulit Disiplin Saat Dewasa
Ilustrasi. Kesalahan orang tua penyebab anak sulit disiplin. Sumber foto : Pexels/Karolina Grabowska
Sukabumi06 Mei 2024, 11:21 WIB

Terus Berbenah! Simak Upaya Optimalisasi Pelayanan Publik Dinas Sosial Kota Sukabumi

25 April 2024, Dinas Sosial Kota Sukabumi menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi di ruang pertemuannya.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan Dinas Sosial Kota Sukabumi pada 25 April 2024 (Sumber: dok Dinsos Kota Sukabumi)
Life06 Mei 2024, 11:14 WIB

Jarang Disadari Orang Tua, Hindari 6 Perilaku Buruk Ini Agar Tidak Ditiru Anak

Ada beberapa hal yang jarang orang tua sadari bahwa anak-anak peniru yang ulung, baik itu perilaku baik maupun perilaku buruk.
Ilustrasi menghindari perilaku buruk. | Foto: Pexels.com/@Mikhail Nilov
Food & Travel06 Mei 2024, 11:00 WIB

6 Kategori Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Penting untuk diingat bahwa konsumsi makanan tinggi protein dalam jumlah yang tepat sesuai dengan kebutuhan individu merupakan kunci untuk memastikan kesehatan yang baik.
Ilustrasi. Daging Merah. Makanan Tinggi Protein yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan (Sumber : Pexels/MaliM)
Bola06 Mei 2024, 10:32 WIB

Miel Mundt dan Van Gogh, Kisah Pesepak Bola Eropa-Belanda Kelahiran Sukabumi

Lothar Van Gogh menyelamatkan Belanda dalam pertandingan melawan Belgia.
Lothar Van Gogh (duduk-posisi sebelah kanan). Van Gogh adalah pesepak bola Belanda kelahiran Sukabumi pada 7 Februari 1888. | Foto: Irman Firmansyah
Life06 Mei 2024, 10:30 WIB

Kenali Dampak Buruknya, 6 Bahaya Perceraian Orang Tua pada Anak yang Diabaikan

Perceraian kedua orang tua pada akhirnya akan memiliki dampak buruk terhadap kondisi psikologi seorang anak di kemudian hari.
Ilustrasi. Dampak buruk perceraian orang tua kepada anak. Sumber Foto : Pexels/ Gustavo Fring
Life06 Mei 2024, 10:00 WIB

Hanya dalam Waktu 10 Menit! Cara Meningkatkan Mood yang Ampuh dan Cepat

10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang.
Ilustrasi. Tersenyum | 10 cara yang terbukti secara ilmiah untuk meningkatkan mood Anda dalam 10 menit atau kurang. (Sumber : pixabay.com/@Pexels)