Jabat Kapolresta Sukabumi, Intip Rekam Jejak Ahli Cyber Crime AKBP Wisnu Prabowo

Rabu 04 September 2019, 11:51 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menunjuk salah seorang ahli cyber crime (kejahatan cyber / siber) Mabes Polri AKBP Wisnu Prabowo untuk menduduki jabatan sebagai Kepala Kepolisian Resort Kota Sukabumi yang baru menggantikan AKBP Susatyo Purnomo Condro. Wisnu Prabowo sebelumnya menjabat sebagai Kanit II Subdit I Dittipidsiber Bareskrim Polri, dan pernah menjadi Wakapolres Sukabumi periode tahun 2013-2014 silam, saat masih berpangkat melati satu atau Komisaris Polisi (Kompol). 

Dari cek jejak digital yang dilakukan redaksi sukabumiupdate.com, Rabu (4/9/2019) sosok AKBP Wisnu Prabowo muncul dalam ekpos pengungkapan kasus sindikat pemerasan dengan modus “video chat sex” (VCS) di Kantor Bareskrim Polri pada tanggal 15 Februari 2019 silam. Dalam ekspos ini, Wisnu Prabowo mendampingi Kasubag Opinev Bag Penum Ropenmas Divisi Humas Polri AKBP Zahwani Pandra Arsyad (tengah) bersama Kasubdit 1 Siber Bareskrim Polri Kombes Pol Dani Kustoni.

BACA JUGA: Polresta Sukabumi Kantongi Rekaman CCTV Pelaku Penganiaya Enjih Alias Gagu

Jabatan Kapolres Kota Sukabumi yang diembannya saat ini sebenarnya bukan kali pertama bagi Wisnu Prabowo mengabdikan diri di Sukabumi. Dalam periode tahun 2013-2014 ia adalah Wakapolres Sukabumi (Kabupaten) dan berkantor di Palabuhanratu.

Saat ini ia masih berpangkat Kompol namun disejumlah kesempatan muncul memberikan keterangan publik kepada wartawan. Salah satu kasus yang cukup menonjol dan menyita perhatian warga Sukabumi saat itu adalah pengamanan 88 imigran gelap asal etni Rohingnya Myanmar yang menyewa wisma di Jalan Cipatuguran Palabuhanratu Kabupaten Sukabumi, 

Pada hari Jumat tanggal 11 Oktober 2013, Wisnu Prabowo memimpin tim pengamanan para imigran ini dari lokasi wisma ke Kantor Imigrasi Sukabumi. Imigran ini diduga tengah menunggu jasa perahu atau kapal yang akan mengantarkan mereka ke Pulau Christmas, Australia melalui pesisir pantai Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA: Polresta Sukabumi Ungkap Pencurian Spesialis Rumah Kosong

Tak hanya urusan imigran, rekam jejak Kompol Wisnu Wibowo sebagai Wakapolres Sukabumi pada waktu itu juga banyak tercatat dalam sejumlah kegiatan menghentikan aksi tawuran pelajar yang cukup tinggi di Sukabumi. Wisnu saat itu menginisiasi gerakan bersama dinas pendidikan dan petugas keamanan bersama masyarakat untuk mencegah aksi tawuran pelajar di Wilayah Kabupaten Sukabumi yang semakin marak dan ganas.

Wisnu pernah menjadi pemateri dalam sejumlah pengarahan langsung ke sekolah sekolah di wilayah Sukabumi yang sering melakukan tawuran. Bahkan ia bersama Dinas Pendidikan dan unsur lainnya berhasil memetakan 23 titik rawan tawuran pelajar di Kabupaten Sukabumi.

Dalam Telegram Rahasia (TR) bernomor ST/2313/IX/KEP/2019 tanggal 2 September 2019 yang diteken As Sdm Kapolri Irjen Eko Indra Heri, Kapolresta Sukabumi saat ini AKBP Susatyo Purnomo Condro dipindahtugaskan menjadi Wakapolres Jakarta Pusat. Polri menujuk AKBP Wisnu Prabowo sebagai pejabat baru Kapolresta Sukabumi yang akan segera bertugas dalam waktu dekat.

"Mutasi perwira tinggi, pejabat utama polda, dan para kapolres adalah hal yang alami dalam organisasi Polri sebagai tour of duty and tour of area, penyegaran, promosi dan dalam rangka meningkatkan performa kinerja organisasi," tutur Dedi saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (3/9/2019).

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Game26 Februari 2024, 23:49 WIB

Cake Resume Quiz Lagi Viral, Ini Cara Bermain dan Ikuti Tesnya

Cake Resume Quiz sedang viral di media sosial. Tes ini akan mengungkapkan kepribadian dan pekerjaan apa yang cocok untuk anda. Berikut linknya.
Tampilan Utama dari Cake Resume Quiz yang Viral. Sumber Foto: Website/ooopenlab.cc
Nasional26 Februari 2024, 23:40 WIB

Sandiaga Uno Isyaratkan PPP Tak Menutup Opsi Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno mengaku akan sangat terhormat jika diajak membangun bangsa di Kabinet Pemerintahan yang baru.
Ketua Bappilu PPP Sandiaga Uno saat kampanye di Desa Cisande, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, Jumat (29/12/2023) sore. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment26 Februari 2024, 23:03 WIB

Profil dan Fakta Andryan Gama Suami dari Youtuber Nessie Judge

Youtuber Nessie Judge mengumumkan pernikahannya dengan Andryan Gama pada Minggu (25/2/2024). Hal tersebut membuat Nerrorist terkejut.
Andryan Gama dan Nessie Judge ketika Pernikahan berlangsung pada Minggu (25/2/2024) di Alila SCBD Jakarta. Sumber Foto: Instagram/@thebridestory
Sukabumi26 Februari 2024, 22:54 WIB

PLN Indonesia Power Resmikan Pondok Konservasi Penyu Hijau di Ciracap Sukabumi

Peresmian ini dalam rangka Program Keanekaragaman Hayati Konservasi Penyu Hijau dan Rehabilitasi Lingkungannya (Kopi Hideung).
Suasana saat peserta Resmikan Pondok Konservasi Pangumbahan Turtle Park di Pangumbahan, Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Produk26 Februari 2024, 22:19 WIB

Harga Beras Mahal, Diskumindag Kota Sukabumi Ajak Masyarakat Beralih ke SPHP

Di tengah mahalnya harga beras premium, Diskumindag pastikan stok beras di Kota Sukabumi aman untuk satu bulan kedepan.
Gelaran operasi pasar murah Beras SPHP di Kelurahan Dayeuhluhur, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Senin (26/2/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sukabumi26 Februari 2024, 21:43 WIB

Cerita Emak-emak Sukabumi Antri Demi Beras Murah, Pulang Dengan Tangan Kosong

Tingginya antusiasme warga membuat stok beras SPHP sebanyak 30 ton yang diperuntukan untuk warga Desa Karang Tengah Cibadak tidak mencukupi. Sejumlah emak-emak hanya bisa pasrah dan pulang dengan tangan kosong
Warga mengantri beras murah di Desa Karang Tengah Cibadak Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Bola26 Februari 2024, 21:00 WIB

Kembali ke Si Jalak Harupat, Mark Klok Bertekad Kembali ke Jalur Kemenangan

Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana
Kapten Persib Bandung Marc Klok berharap tuah dari Stadion Si Jalak Harupat setelah Maung Bandung resmi kembali berkandang di sana | Foto: Instagram/@marcklok
Sukabumi26 Februari 2024, 20:58 WIB

12 Pelajar Sukabumi Diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi Gegara Hendak Tawuran

Belasan siswa SMK di Sukabumi diserahkan Ortu dan Guru ke Polisi untuk dibina gegara diduga terlibat dalam rencana aksi tawuran antarpelajar.
Para siswa SMK sedang diamankan di Polsek Sukaraja Mapolres Sukabumi Kota pada Senin (26/2/2024) karena diduga hendak terlibat tawuran. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi26 Februari 2024, 20:08 WIB

Idap Penyakit Langka, Bayi Asal Pabuaran Sukabumi Dibawa Ke RS Bunut

Bayi penderita penyakit langka, Muhamad Ismail Ishak (3 bulan) anak kedua dari pasangan suami istri Ejen (52 tahun) dengan Yuyun (46 tahun) asal Kecamatan Pabuaran Kabupaten Sukabumi segera ditangani.
Kemensos RI Phala Martha bersama Forkopimcam di Puskesmas Pabuaran mendampingi Balita yang idap penyakit langka | Foto : Ragil Gilang
Food & Travel26 Februari 2024, 19:30 WIB

4 Tempat Wisata Dekat Stasiun Cianjur, Rekreasi Sambil Naik Kereta

Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi
Inilah beberapa tempat wisata dekat Stasiun Cianjur yang memungkinkan pengunjung bisa berwisata naik kereta sekaligus berkunjung ke tempat rekreasi (Sumber : via kereta-api.info)