40 Tokoh Sukses di Dunia Pengidap Autis, Albert Einsten dan Bill Gates Termasuk?

Sabtu 03 Juni 2023, 22:00 WIB
40 Tokoh Sukses di Dunia Pengidap Autis, Albert Einsten dan Bill Gates Termasuk? (Sumber : Istimewa)

40 Tokoh Sukses di Dunia Pengidap Autis, Albert Einsten dan Bill Gates Termasuk? (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Orang disabilitas biasanya memiliki tingkat kecerdasan di atas rata-rata. Bahkan banyak tokoh sukses di dunia yang tergolong kategori Pengidap Disabilitas Cerdas.

Orang Autisme dianggap dapat menantang tetapi beberapa dari mereka justru luar biasa cerdas. Sebut saja Albert Einstein, tokoh terkenal dunia paling berpengaruh yang sukses di bidang sains.

Gangguan spektrum autisme/Autism Spectrum Disorder (ASD) adalah diagnosis yang ditandai dengan perbedaan dari populasi umum di bidang keterampilan sosial, keterampilan komunikasi, serta adanya perilaku tertentu yang mungkin terlihat tidak biasa dari orang lain.

Perilaku ini dikenal sebagai perilaku restriktif atau berulang, seperti Sia penyanyi lagu Chandelier yang baru-baru ini mengumumkan bahwa dirinya mengidap Spektrum Autis.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Asperger: Pengidap Disabilitas yang Cerdas, Termasuk Autis?

Jangan khawatir, ada banyak orang terkenal dengan gangguan spektrum autisme yang telah menggunakan kekuatan dan kemampuannya untuk mencapai kesuksesan, ketenaran hingga hal-hal menakjubkan. Melansir dari Behavioral Innovations, berikut 40 Orang Disabilitas Cerdas yang Terkenal meski mengidap Autism Spectrum Disorder (ASD):

Tokoh Sukses di Dunia Pengidap Autis

Elon Musk dan Bill Gates, Tokoh Sukses di Dunia yang diduga mengidap AutisElon Musk dan Bill Gates, Tokoh Sukses di Dunia yang diduga mengidap Autis

1. Dan Aykroyd - Aktor dan Penulis Film

Aykroyd adalah aktor komedi yang terkenal dengan peran aktingnya dan menulis film Ghostbusters yang dirilis pada tahun 1984. Minatnya yang terbatas termasuk hantu dan penegakan hukum.

2. Albert Einstein - Ilmuwan & Ahli Matematika

Meskipun tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti, tetapi banyak orang percaya bahwa Albert Einstein memenuhi syarat bahwa dirinya memiliki gangguan spektrum autisme.

3. Daryl Hannah - Aktris & Aktivis Lingkungan

Daryl Hannah dikenal karena perannya dalam film seperti Splash, Blade Runner, dan Steel Magnolias. Dia menerima diagnosis autisme sebagai seorang anak.

Dia sangat pemalu di sekitar orang lain dan terus menjadi sangat takut dengan sorotan sebagai orang dewasa. Salah satu minat khususnya adalah menonton film yang mendukung karirnya sebagai aktris.

4. Anthony Hopkins - Aktor

Anthony Hopkins adalah aktor pemenang penghargaan. Dia didiagnosis dengan Sindrom Asperger sebagai seorang anak. Beberapa ciri ASD-nya termasuk pemikiran obsesif, kesulitan mempertahankan persahabatan, dan memandang orang dengan perspektif yang unik.

5. Heather Kuzmich - Kontestan & Model TV Realitas

Heather Kuzmich berpartisipasi dalam America's Next Top Model pada tahun 2007. Beberapa ciri ASD-nya antara lain tidak memahami lelucon, kesulitan memahami dialog sosial tentang orang lain, dan tantangan dengan kontak mata.

6. Tim Burton – Sutradara Film

Masih dalam spekulasi apakah Tim Burton mengidap autisme, namun, mitra lamanya, Helena Bonham Carter, percaya bahwa dia adalah disabilitas cerdas.

Dia memiliki perspektif yang unik dan kadang-kadang sangat fokus pada pekerjaannya sampai-sampai dia tidak lagi mendengar apa yang terjadi di sekitarnya.

7. Henry Cavendish – Ilmuwan

Cavendish adalah seorang ilmuwan terkenal. Ia lahir pada tahun 1731 dan meninggal pada tahun 1810. Ia paling dikenal karena menemukan hidrogen. Ciri-ciri ASD yang dialami oleh Cavendish termasuk menghindari teman dan kesulitan melakukan kontak mata.

Dia akan berkomunikasi dengan para pelayannya secara tertulis, bukan secara lisan. Dia memesan makanannya dengan meninggalkan catatan di atas meja. Dia memiliki tangga pribadi yang dibangun di belakang rumahnya sehingga dia juga bisa menghindari pengurus rumah tangga.

8. Charles Darwin – Naturalis, Ahli Geologi, dan Ahli Biologi

Charles Darwin diyakini memiliki gangguan spektrum autisme. Darwin adalah orang yang sangat pendiam yang menghindari interaksi sosial. Ia juga lebih suka berkomunikasi dengan tulisan daripada lisan dan sangat fokus pada pekerjaannya.

9. Emily Dickinson – Penyair

Banyak yang percaya bahwa Emily Dickinson, seorang penyair klasik (1830-1886), memenuhi syarat untuk mengidap autisme. Dia dicadangkan di sekitar orang.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Sukabumi, Harga Murah 15 Ribuan Aja!

Dia memiliki cara berpakaian yang dasar dan konsisten dan dia lebih baik dalam berinteraksi dengan anak-anak daripada orang dewasa.

10. Bobby Fischer – Grandmaster Catur

Fischer dikenal sebagai grandmaster catur dan Juara Catur Dunia. Dia tidak menyukai pengalaman yang tidak terstruktur dan tidak berinteraksi dengan baik dengan orang lain.

11. Bill Gates – Salah satu pendiri Microsoft Corporation

Bill Gates diduga mengidap autisme. Dia menampilkan gerakan goyang, pola bicara monoton, dan menghindari kontak mata dengan orang lain.

12. Barbara McClintock – Ilmuwan dan ahli sitogenetik

McClintock adalah seorang ilmuwan terkenal yang membuat terobosan penting dalam studi kromosom dan bagaimana mereka berubah selama proses reproduksi. Dia dianggap autis.

Dia mampu fokus untuk waktu yang lama pada minatnya, khususnya pekerjaannya, dan dia menemukan perhatian sosial sangat tidak menyenangkan, sedemikian rupa sehingga dia hampir menolak Hadiah Nobel.

13. Michelangelo – Pematung, Pelukis, Arsitek, Penyair

Michelangelo, seorang seniman terkenal, lahir pada tahun 1475. Ia diduga memiliki obsesi yang ekstrim terhadap karyanya. Dia mengalami kesulitan dengan pengaturan emosi, bermasalah dengan interaksi sosial, dan berkembang dengan rutinitas yang ketat.

14. Sir Isaac Newton – Matematikawan, Astronom, & Fisikawan

Newton adalah contoh lain dari tokoh sejarah yang berusaha mengisolasi dirinya dari orang lain sebanyak mungkin. Dia tidak menikmati interaksi sosial dan dianggap canggung dalam percakapan dengan orang lain.

15. Jerry Seinfeld – Komedian

Jerry Seinfeld dianggap sebagai salah satu komedian paling populer sepanjang masa. Dia secara terbuka mengakui dirinya memiliki gangguan spektrum autisme karena sejarah tantangan sosial dan cara berpikirnya yang unik secara harfiah.

16. Satoshi Tajiri – Pencipta Pokemon

Tajiri terpesona dengan bug sebagai seorang anak dan memperluas minatnya di masa dewasa dengan menciptakan Pokemon.

17. Nikola Tesla – Penemu

Dipercayai bahwa Tesla memiliki banyak fobia dan dia sangat sensitif terhadap cahaya dan suara. Dia juga lebih suka menyendiri dan dianggap terobsesi dengan nomor tiga.

18. Elon Musk - Pengusaha

Elon Musk mengumumkan bahwa dia termasuk dalam spektrum autisme saat menjadi pembawa acara, "Saturday Night Live", pada Mei 2021.

Lebih khusus lagi, dia menyatakan bahwa dia adalah "orang pertama dengan Asperger" yang menjadi pembawa acara. Musk adalah salah satu orang terkaya di dunia dengan kekayaan bersih lebih dari $150 miliar.

19. Clay Marzo - Peselancar Profesional

Marzo adalah peselancar kompetitif profesional dari Hawaii. Dia didiagnosa autisme sejak kecil. Dia memenangkan banyak kompetisi selancar dan memiliki banyak prestasi termasuk dua 10 Sempurna selama National Scholastic Surfing Association pada usia 15 tahun.

20. Dr. Vernon Smith - Profesor

Smith adalah profesor ekonomi di Universitas Chapman. Dia dianggap pada dasarnya menemukan bidang ekonomi eksperimental yang menyebabkan memenangkan Hadiah Nobel.

Dr. Vernon Smith merasa bahwa ASD-nya telah membantunya, karena dia tidak merasakan tekanan sosial untuk melakukan hal-hal seperti yang dilakukan orang lain, sehingga dia dapat mendekati pekerjaannya dengan cara yang berbeda dengan menjadi lebih berpikiran terbuka dan menghasilkan hal-hal baru. ide ide.

Baca Juga: Sindrom Asperger Disebut Disabilitas Cerdas, Kenapa Orang Autis Pintar?

Selain 20 Tokoh Sukses di Dunia Pengidap Autis tadi, ada juga 20 orang terkenal yang juga sukses berkarir di dunia entertain hingga sains. Berikut daftarnya:

  • Leonardo da Vinci - Artis
  • Vincent van Gogh - Artis
  • Steven Spielberg - Sutradara
  • Alfred Hitchcock - Sutradara
  • Thomas Edison - Penemu
  • Alexander Graham Bell - Penemu
  • Benjamin Franklin - Penemu
  • Henry Ford - Penemu
  • Ludwig van Beethoven - Musisi
  • Wolfgang Amadeus Mozart - Musisi
  • Bob Dylan - Musisi
  • James Taylor - Penyanyi-Penulis Lagu & Gitaris
  • John Denver - Penyanyi-Penulis Lagu & Produser Rekaman
  • Charles Darwin - Naturalis & Ahli Geologi
  • Carl Jung - Psikiater & Psikoterapis
  • Lionel Messi - Pemain Sepak Bola
  • Samuel Clemens - Penulis
  • George Orwell - Penulis
  • Jane Austen - Penulis
  • Charles M. Schulz - Kartunis

Sumber: Behavioral Innovations

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Mei 2024, 15:15 WIB

6 Garis Tangan Orang yang Diramal Kaya Menurut Ilmu Palmistry, Kamu Termasuk?

Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan, apakah kaya atau tidaknya terutama pada pencapaian yang akan diraih
Garis tangan seseorang tentu saja memiliki rahasia masing-masing, termasuk bagaimana nasibnya di masa depan yang akan kaya atau tidak (Sumber : Pexels.com/@Mikhailnilov)
Inspirasi29 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini segera daftarkan diri sekarang juga.
Ilustrasi - Lowongan Kerja Chef’s Bakery Assistant Penempatan di Sukabumi, Cek Kualifikasinya. (Sumber : Freepik.com/@DC Studio).
Sukabumi Memilih29 Mei 2024, 14:39 WIB

Dinamai KSM dan Usung Perubahan, Koalisi 6 Parpol Akan Beri Kejutan di Pilkot Sukabumi?

Menjelang perhelatan Pilkada Kota Sukabumi 2024, intensitas komunikasi antara enam partai yang sudah bersepakat membentuk koalisi, yakni, Golkar, Nasdem, PAN, Gerindra, PDIP, serta PPP semakin ditingkatkan.
6 Ketua Parpol di Kota Sukabumi sepakat membentuk Koalisi Sukabumi Maju (Golkar, Nasdem, PPP, PAN, Gerindra dan PDIP) | Foto : Asep Awaludin
Sehat29 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Langkah Menurunkan Lonjakan Gula Darah untuk Saat Ini dan Di Masa Depan

Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat.
Ilustrasi - Lonjakan gula darah dapat diatasi dengan beberapa langkah tepat. (Sumber : Freepik/freepik)
Life29 Mei 2024, 14:00 WIB

10 Tips Membahagiakan Orang Tua, Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus

Yuk Ikuti Sederet Tips Membahagiakan Orang Tua Ini! Mulai dari Beri Kasih Sayang hingga Perhatian yang Tulus.
Ilustrasi - Keluarga. Tips Membahagiakan Orang Tua (Sumber : Freepik)
Sehat29 Mei 2024, 14:00 WIB

Takut Kena Penyakit Jantung? Ini 7 Hal yang Harus Dilakukan Agar Tetap Sehat

Setiap orang berpotensi terserang penyakit jantung apabila tidak mengikuti pola hidup yang sehat. Baik tua ataupun muda, kita perlu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari lakukan beberapa kegiatan sehat secara rutin
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit jantung (Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat29 Mei 2024, 13:45 WIB

Ingin Sukses Diet? Konsumsi 7 Makanan Kaya Protein dan Rendah Lemak Ini

Saat sedang diet, sangat disarankan untuk merubah pola makan agar lebih sehat dan seimbang. Maka dari itu, mengkonsumsi makana kaya protein dan rendah lemak diperlukan agar diet sukses
Mengkonsumsi beberapa makanan kaya protein dan rendah lemak sangat baik untuk diet (Sumber : Freepik.com)
Life29 Mei 2024, 13:30 WIB

5 Pesan yang Bisa Orang Tua Sampaikan Agar Anak Tumbuh Percaya Diri

Sebagai orang tua ingin menanamkan rasa percaya diri pada anak. Karena anak-anak yang percaya diri dan percaya pada diri sendiri dalam menghadapi tantangan baru tanpa rasa takut merupakan faktor penting untuk hidup bahagia
Ilustrasi pesan yang bisa disampaikan orang tua agar anak tumbuh percaya diri (Sumber : Pexels.com/@ketutsubiyanto)
Entertainment29 Mei 2024, 13:00 WIB

Berawal DM TikTok Bersemi Cinta: Kisah Cinta Sule dan Santyka Fauziah yang Makin Serius

Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan.
Hubungan komedian Sule dan Syantika makin serius ke arah pernikahan. (Sumber : Instagram/@santykafauziah).
Sukabumi29 Mei 2024, 12:51 WIB

Incaran Pedagang Jelang Idul Adha, Ribuan Domba di Pajampangan Sukabumi Siap Kurban

Jelang Hari Raya Idul Adha 1445 H / 2024, para peternak atau tengkulak domba di Wilayah Jampangkulon, Kabupaten Sukabumi, sudah mulai persiapkan domba-domba untuk kurban.
Pemeriksaan kesehatan Domba Kurban di Kampung Bedeng Desa Pasiripis Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi | Foto : Ragil Gilang