Sindrom Asperger Disebut Disabilitas Cerdas, Kenapa Orang Autis Pintar?

Sabtu 03 Juni 2023, 13:01 WIB
Ilustrasi. Anak-Anak | Sindrom Asperger Disebut Disabilitas Cerdas, Kenapa Orang Autis Pintar? (Sumber : pixabay.com/@Kris)

Ilustrasi. Anak-Anak | Sindrom Asperger Disebut Disabilitas Cerdas, Kenapa Orang Autis Pintar? (Sumber : pixabay.com/@Kris)

SUKABUMIUPDATE.com - Sindrom Asperger kini termasuk dalam kondisi yang disebut Autism Spectrum Disorder (ASD). Dalam kata lain, ASD sekarang adalah nama yang digunakan untuk berbagai gangguan mirip autisme, seperti Sindrom Asperger ini.

Beberapa orang masih menggunakan istilah Sindrom Asperger dan sebagian yang lain menyebutnya dengan istilah "ASD-tanpa gangguan intelektual atau bahasa.".

Penting digaris bawahi, anak laki-laki beresiko terkena Sindrom Asperger tiga hingga empat kali lebih besar dibandingkan perempuan. Adapun, melansir dari nationwidechildrens.org, sebagian besar kasus Sindrom Asperger didiagnosis antara usia 5-9 tahun dan beberapa diantaranya sejak usia tiga tahun.

Baca Juga: Mengenal Sindrom Asperger: Pengidap Disabilitas yang Cerdas, Termasuk Autis?

Pengidap Sindrom Asperger kerap terlihat kaku serta memiliki pola pikir terbatas dan berulang-ulang. Meski begitu, anak-anak dan remaja pengidap Sindrom Asperger dapat melakukan tugas sekolah dengan cukup baik, tak heran mereka disebut sebagai orang disabilitas cerdas.

Itulah mengapa, banyak orang yang kagum dengan para pengidap Sindrom Asperger. Alasannya mereka dengan jenis autis ini dianugerahi kelebihan intelektual meski sulit berinteraksi sosial.

Muncul pertanyaan, kenapa orang autis pintar? Apa hubungan antara autisme dan tingkat kecerdasan/intelektual? Simak penjelasannya seperti melansir dari laman resmi Applied Behavior Analysis Edu:

Hubungan Autisme dan Tingkat Kecerdasan/Intelektual

Beberapa tahun yang lalu, Universitas Cambridge melakukan penelitian untuk mengeksplorasi konsep kejeniusan seorang autis.

Studi ini mengamati hampir setengah juta orang dan menemukan bukti menarik bahwa ciri-ciri autis (walaupun belum tentu autisme penuh) lebih umum di antara orang-orang yang terlibat dalam bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Itu adalah karir yang secara historis membutuhkan cukup banyak kekuatan otak termasuk kemampuan analitis dan daya ingat.

Baca Juga: Bu Siti Poliandri Pingsan Usai 2 Suami Mudanya Minum Kopi Ki Bungsu Kawangi?

Meski begitu, riset tersebut tidak membuktikan adanya hubungan antara autisme dan kecerdasan, apalagi soal penyebab yang menghubungkan autisme dengan IQ tinggi. Akan tetapi penelitian lain menyempurnakan riset sebelumnya dengan melangkah lebih jauh.

Studi lain di tahun yang sama, mengungkap kemungkinan hubungan genetik antara autisme dan kecerdasan. Bahkan jenis kecerdasan ekstrim yang bisa disebut sebagai seorang yang jenius.

Studi tersebut dipimpin oleh profesor dari Ohio State University bekerja sama dengan Battelle Center for Mathematical Medicine dan Research Institute di Nationwide Children's Hospital. Kesimpulannya yakni keluarga dengan kemungkinan memiliki anak autis lebih mungkin menciptakan orang-orang jenius sebagai generasi berikutnya.

Baca Juga: Naik Mulai 5 Juni, Cek Besaran Tarif Tol Cipularang - Padaleunyi Terbaru

Sebagaimana dilansir dari laman autismspeaks.org, keterampilan bahasa verbal dan kemampuan intelektual yang khas hingga kuat menjadikan Sindrom Asperger berbeda dari jenis autisme lain. Seperti salah satu tokoh dalam Drama Korea "Move To Heaven", pembersih kediaman jenazah dengan tingkat intelektual yang tinggi.

Beberapa hal yang dialami oleh pengidap Sindrom Asperger, diantaranya Hipersensitif (terhadap cahaya, suara, rasa), kesulitan memberi dan menerima percakapan, keterampilan percakapan non verbal terbatas (jarak, kenyaringan, nada, dll), gerakan tidak terkoordinasi, merasa canggung, cemas hingga depresi.

Meski begitu, pengidap Sindrom Asperger juga punya kelebihan yang cukup bisa menyaingi manusia normal pada umunya. Mulai dari fokus dan tekun yang luar biasa, memiliki bakat mengenali pola dan sangat detail terhadap sesuatu.

Sumber: Berbagai Sumber.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life26 April 2024, 21:05 WIB

6 Mental Miskin yang Membuat Hidup Anda Melarat di Masa Depan, Yuk Hindari!

Orang yang memelihara mental miskin tentu akan berpengaruh terhadap masa depannya, melarat atau berjaya. Itulah pentingnya hal ini.
Ilustrasi. Mental miskin yang wajib dijauhi. | Sumber foto : Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz
Life26 April 2024, 21:00 WIB

8 Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati

Inilah Contoh Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati. Apa Kamu Salah Satunya?
Ilustrasi - Sikap Baik Orang Sopan yang Membuatnya Dihargai dan Dihormati . (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi26 April 2024, 20:57 WIB

Jelang Kongres, PAN Kabupaten Sukabumi Pastikan Dukung Zulhas Tiga Periode

DPD PAN Kabupaten Sukabumi menyatakan sikapnya untuk mendukung kembali Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan kembali melanjutkan kepemimpinan di periode ketiga pada masa jabatan 2025-2030.
Mansurudin, Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update
Life26 April 2024, 20:30 WIB

Kamu Akan Tetap Miskin Jika 10 Kebiasaan Ini Masih Terus Dilakukan!

Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan.
Ilustrasi - Kebiasaan buruk dapat menghambat kemajuanmu dan membuatmu terjebak dalam jurang kemiskinan. (Sumber : Freepik)
Inspirasi26 April 2024, 20:24 WIB

5 Kebiasaan Orang China yang Membuat Hidupnya Gampang Kaya dan Jauh dari Kemiskinan

Orang China memiliki kebiasaan yang membuat hidupnya selalu kaya dan jauh dari kehidupan miskin di masa depannya, apalagi di hari tuanya.
Ilustrasi. Kebiasaan orang china yang membuatnya hidup kaya. | Sumber foto : Pexels/Pixabay
Sukabumi26 April 2024, 20:09 WIB

Kades Ungkap Penyebab Banjir hingga Rendam Jalan dan 18 Rumah Warga di Cidahu Sukabumi

Data sementara terdampak banjir yang melanda Kampung Pasirdoton Desa Pasirdoton Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi, pada Kamis, 25 April 2024 bertambah
Kondisi jalan raya Cidahu dan rumah warga yang terendam banjir. (Sumber : Istimewa)
Life26 April 2024, 20:07 WIB

6 Cara Membaca Karakter Orang Pecundang di Sekitar Kita, Kenali Ciri-cirinya

Membaca karakter orang pecundang di sekitar kita sesungguhnya cukup mudah. Tentunya dengan mengenali beberapa karakter yang melekat di dalam dirinya.
Ilustrasi. Membaca karakter orang yang pecundang. | Sumber foto : Pexels/Mike Greer
Keuangan26 April 2024, 20:00 WIB

Sumber Pendapatan Pasif, 6 Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan

Beberapa jenis investasi, seperti saham dividen, obligasi, atau properti sewa, dapat menghasilkan pendapatan pasif secara teratur. Pendapatan dari investasi ini dapat membantu meningkatkan arus kas dan memberikan stabilitas finansial tambahan.
Ilustrasi. Perhitungan Ekonomi. Manfaat Investasi dalam Pengelolaan Keuangan. (Sumber : Pexels/Mikhail Nilov.)
Life26 April 2024, 19:53 WIB

Terapkan Konsekuensi, Ini 7 Cara Memperbaiki Perilaku Tidak Baik Pada Anak

Ekspektasi orang tua terhadap anaknya kadang membuat mereka tertekan. Maka dari itu, lakukan tips berikut untuk membuat anak memperbaiki perilakunya.
Ilustrasi cara memperbaiki perilaku tidak baik anak / Sumber Foto : Freepik/jcomp
Gadget26 April 2024, 19:30 WIB

3 Cara Mengetahui Password Wifi yang Lupa Melalui HP, Mudah dan Cepat!

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa.
Ilustrasi. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui password wifi yang lupa. (Sumber foto : Pexels/PhotoMIX Company)