9 Seniman Indonesia Ciptakan Nuansa Lokal di Ilustrasi Star Wars Season 3

Selasa 28 Maret 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi. Star Wars | Seniman Indonesia Ciptakan Karya Bernuansa Lokal Terinspirasi dari The Mandalorian Season 3 (Sumber : Instagram/@jakemurraystudio)

Ilustrasi. Star Wars | Seniman Indonesia Ciptakan Karya Bernuansa Lokal Terinspirasi dari The Mandalorian Season 3 (Sumber : Instagram/@jakemurraystudio)

SUKABUMIUPDATE.com - Star Wars: The Mandalorian Season 3 adalah serial televisi live-action yang merupakan kelanjutan sekaligus klimaks dari dua musim sebelumnya. Serial Star Wars Season 3 ini masih dibintangi oleh Pedro Pascal.

The Mandalorian sendiri adalah seri televisi web opera antariksa Amerika Serikat yang dijadwalkan tayang perdana di Disney+ pada 12 November 2019. Sementara untuk season 3 telah tayang di Disney+ Hotstar sejak Rabu, 1 Maret 2023 lalu.

Seperti diketahui, dalam rangka memeriahkan perilisan musim terbaru ini, Disney+ Hotstar berkolaborasi dengan berbagai seniman di seluruh dunia, termasuk Indonesia, dengan membuat Karya Seni yang terinspirasi dari serial ini.

Baca Juga: 22 Babasan Sunda dan Artinya, Contohnya Ceuli Léntaheun

Setiap 9 seniman yang berasal dari 9 kota di Indonesia, membuat karya seni yang merepresentasikan keberagaman Indonesia, melalui inspirasi dari helm The Mandalorian, dikutip via Tempo.co. Ada 9 karya Seniman Indonesia yang Terinspirasi dari Star Wars: The Mandalorian Season 3, diantaranya:

1. Gunkbudi - Banjarmasin

Pertama, seniman indonesia asal Banjarmasin ini terinspirasi dari petualangan Din Djarin dan Grogu. Gunkbudi pun membayangkan bagaimana jadinya kalau kedua karakter ikonik tersebut mendapatkan misi ke pulau Borneo dan harus berhadapan dengan kejutan atau misteri yang ada di hutan Borneo.

Menjadi tantangan tersendiri bagi Seniman Indonesia satu ini untuk menyatukan petualangan Mando dan Grogu yang sudah memiliki ciri khas tersendiri, baik dari segi cerita, fashion/armor, dan The Force, dengan situasi yang ada di hutan belantara Borneo.

2. Prasajadi - Bekasi

Kedua, seniman indonesia dari Bekasi ini menciptakan ilustrasi digital yang terinspirasi dari budaya urban Bekasi dan meletakkan elemen logo kotanya ke dalam helm The Mandalorian.

Prasajadi mengaku merasa tertantang ketika harus memasukkan ornamen landscape kota di antara gambar Grogu yang memainkan permainan populer di Indonesia saat ini, yaitu lato-lato.

3. Monez - Bali

Seniman yang berasal dari Bali ini terinspirasi dari elemen-elemen yang sering ditemukan di tempat asalnya seperti topeng, naga, dan bunga-bunga tropis. Menurutnya, yang menjembatani Bali dengan The Mandalorian adalah topeng.

Menurut budaya Bali, topeng digunakan dalam tarian-tarian tradisional, menggambarkan identitas karakter dalam sebuah pertunjukan. Sedangkan dalam Star Wars: The Mandalorian pun, topeng juga menjadi elemen penting, yaitu identitas dari para Mandalorian, bangsa petarung.

4. Tommy Chandra - Pekanbaru

Tommy Chandra turut berpartisipasi dengan membuat karya seni yang terinspirasi dari ciri khas kota Pekanbaru seperti Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, kantor gubernur Riau, gedung perpustakaan Soeman HS, dan tugu Zapin, sebagai latar belakang.

Kemudian ada beberapa motif melayu Riau seperti Kuntum Bersanding dan Pucuk Bersusun sebagai hiasan di helm The Mandalorian. Seniman Indonesia asal Pekanbaru ini mengaku bangga dapat bergabung dalam kolaborasi ini, agar dapat memperkenalkan seniman serta budaya lokal Indonesia kepada dunia.

5. Satriokk - Medan

Kemudian, seniman indonesia asal Medan ini terinspirasi dari pengalaman masa kecil, kegiatan kesehariannya, serta hal-hal unik yang ada di Sumatera Utara.

Satriokk pun merasa tertantang ketika harus menyatukan genre fiksi Star Wars: The Mandalorian dengan kehidupannya di Medan, hingga akhirnya dapat membuat keseluruhan ilustrasi yang menakjubkan.

6. Ken dan Amelia - Jakarta

Menjadi perwakilan dari ibukota, Ken dan Amelia membuat Karya Seni melalui penggabungan unsur Star Wars: The Mandalorian dengan beragam ciri khas Jakarta, seperti Monas, ondel-ondel, Patung Jenderal Soedirman, dan lain-lain.

Meski merasa tertantang ketika menyatukan kedua elemen tersebut, mereka berhasil menyelesaikan karya seni tersebut hanya dalam satu minggu.

7. Ade Anjani - Yogyakarta

Ade Anjani mengaku bahwa kolaborasi ini merupakan hal yang paling membanggakan baginya. Melalui proses coloring yang kurang dari 24 jam, berhasil memadukan visual The Mandalorian dengan suasana Malioboro, tempat wisata khas Yogyakarta.

Baca Juga: 26 Babasan Sunda dan Artinya: Dor Dar Gelap hingga Duit Panas

Ade Anjani terinspirasi suasana Yogyakarta terutama area Malioboro yang memiliki daya tarik tersendiri mulai dari aksen budaya, arsitektur, dan masyarakatnya.

8. Arya Mularama - Tangerang

Arya Mularama dikenal sebagai direktur artistik dan ilustrator dengan ciri khas Karya Seni bernuansa surealis dan satir. Kali ini Arya Mularama berhasil menggabungkan logo Tangerang dengan inspirasi helm The Mandalorian dalam karya seninya.

Ya, seniman indonesia asal Tangerang ini pun mengaku sangat bangga bisa terpilih untuk berkolaborasi dengan Star Wars: The Mandalorian.

9. Sarkodit - Bandung

Sarkodit turut bergabung dalam kolaborasi ini dengan menggabungkan segala keunikan yang ada di kota Bandung, seperti bangunan, transportasi, makanan, budaya, karakter, dengan inspirasi helm The Mandalorian.

Sarkodit, seniman indonesia asal Bandung ini mengaku sangat bangga bisa turut berpartisipasi dalam kolaborasi ini.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Food & Travel02 Mei 2024, 06:00 WIB

9 Langkah Mudah Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing untuk Menurunkan Gula Darah

Yuk Ikuti Langkah Mudah Berikut untuk Membuat Air Rebusan Daun Kumis Kucing guna Menurunkan Gula Darah.
Ilustrasi - Daun kumis kucing. Foto: Instagram/@kebonmojo
Science02 Mei 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 2 Mei 2024, Pagi Hari Cerah dan Siang Hujan Sedang

Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024.
Prakiraan cuaca hari ini wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Freepik/@wirestock)
Sukabumi01 Mei 2024, 22:58 WIB

Kepergok Warga, Maling Kotak Amal Kabur Tinggalkan Motor di Cicantayan Sukabumi

Berikut kesaksian warga terkait upaya pencurian kotak amal di Cicantayan Sukabumi. Pelaku kabur tinggalkan motor.
Motor maling kotak amal yang ditahan warga Kampung Cijabon RT 19/07, Desa Cimahi, Cicantayan Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life01 Mei 2024, 21:37 WIB

6 Gaya Bicara yang Menjadikan Anda Lebih Berwibawa dan Berkharisma, Ini Caranya

Gaya bicara seseorang menentukan apakah nanti akan dipandang berwibawa atau justru diremehkan orang lain di masyarakat.
Ilustrasi. Gaya berbicara yang dipandang berwibawa. | Sumber foto : Pexels/Werner Pfenning
Life01 Mei 2024, 21:31 WIB

Fokus Pada Jangka Panjang, Ini 10 Tips Menerapkan Disiplin Pada Anak Tetap Konsisten

Penerapan disiplin pada anak tidaklah mudah, maka dari itu orang tua perlu melakukannya dengan konsisten.
Ilustrasi menerapkan disiplin tetap konsisten / Sumber : pexels.com/@Emma Bauso
Sehat01 Mei 2024, 21:00 WIB

8 Bahan Alami untuk Menurunkan Kadar Gula Darah Tinggi dalam Tubuh

Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif.
Ilustrasi - Bahan alami ini dipercaya dapat membantu menurunkan gula darah secara efektif. (Sumber : Freepik.com/jcomp).
DPRD Kab. Sukabumi01 Mei 2024, 20:56 WIB

May Day, Komisi IV DPRD Sukabumi Serap Aspirasi Buruh Terkait Upah Hingga Isu Pungli

Komisi IV DPRD Sukabumi serap aspirasi serikat buruh terkait upah hingga isu praktik pungli di perusahaan.
Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Sukabumi, Hera Iskandar terima kunjungan serikat buruh di momen May Day 2024. (Sumber : SU/Ilyas)
Sehat01 Mei 2024, 20:30 WIB

Pantangan! 4 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat

Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi.
Ilustrasi - Beberapa makanan dan minuman dianjurkan dihindari bagi penderita asam urat karena memiliki kandungan purin tinggi. (Sumber : pexels.com/@Julia Filirovska).
Life01 Mei 2024, 20:00 WIB

8 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental, Melepaskan Emosi yang Terpendam

Salah Satu Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental Yakni Menjadi Sarana Melepaskan Emosi yang Terpendam.
Ilustrasi. Bersedih. Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental. (Sumber : Pexels/CottonbroStudio)
Sukabumi01 Mei 2024, 19:57 WIB

Termasuk dari Bule, Uluran Tangan Berdatangan Bantu Titin Penghuni Rumah Reyot di Sukabumi

Bantuan mulai berdatangan untuk mak Titin, janda paruh baya asal Surade Sukabumi yang sebatang kara huni rumah reyot.
Seorang Bule asal Australia saat berkunjung ke rumah Mak Titin di Surade Sukabumi. (Sumber : Istimewa)