Perbedaan Jilbab dan Hijab untuk Menutup Aurat Wanita Muslim, Sudah Tahu?

Selasa 12 September 2023, 10:30 WIB
Ilustrasi. Muslimah | Perbedaan Jilbab dan Hijab untuk Menutup Aurat Wanita Muslim (Sumber : Freepik/@freepik)

Ilustrasi. Muslimah | Perbedaan Jilbab dan Hijab untuk Menutup Aurat Wanita Muslim (Sumber : Freepik/@freepik)

SUKABUMIUPDATE.com - Jilbab dan hijab adalah anjuran dalam Islam yang bertujuan untuk menutup aurat wanita. Anjuran menutup aurat bukan semata-mata perintah, melainkan cara Islam memuliakan wanita.

Jilbab dan hijab sering disebut ketika membahas pakaian sopan bagi perempuan muslim. Keduanya digunakan untuk menutupi kepala dan badan, namun ternyata jilbab dan hijab sangat berbeda satu sama lain.

Lantas, apa perbedaan jilbab dan hijab? Simak penjelasannya sebagaimana dikutip via Tempo.co!

Perbedaan Jilbab dan Hijab

Jilbab

Pakaian luar yang longgar dan panjang penuh yang dikenakan di atas pakaian untuk menutupi seluruh tubuh disebut sebagai "jilbab" jika digunakan dengan benar. Ini sering dipakai bersamaan dengan jilbab atau hijab dan biasanya terbuat dari kain tebal.

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sulit Diatur, Masalah Mental hingga Keluarga

Menurut The Content Authority, pakaian Islami yang disebut jilbab menutupi seluruh tubuh, kecuali tangan dan wajah.

Jilbab sering dikenakan pada pakaian sehari-hari dan biasanya terbuat dari bahan ringan dan bernapas seperti katun atau poliester. Karena menutupi lebih banyak bagian tubuh dibandingkan hijab, jilbab dianggap sebagai pilihan yang lebih konservatif.

Jilbab adalah istilah yang disebutkan dalam Al-Quran dan Sunnah, dalam surat al ahzab ayat 59 digunakan kata Jalaabib yang merupakan bentuk jamak dari Jilbab .

Jilbab adalah sejenis pakaian luar, mantel, atau jubah, menurut Lisan al-Arab, kamus utama bahasa Arab klasik. Berasal dari kata tajalbaba, yaitu kata kerja yang berarti berpakaian.

Seorang wanita menutupi seluruh tubuhnya dari ujung kepala sampai ujung kaki dengan melilitkan jilbab di sekeliling pakaiannya. Itu sepenuhnya menyembunyikan tubuhnya.

Hijab

Perempuan muslim menggunakan hijab, yaitu kerudung kepala, untuk menyembunyikan telinga, leher, dan rambut mereka. Biasanya, hijab dikenakan di hadapan umum atau di dekat lelaki yang bukan anggota keluarga dan menjadi simbol kesopanan serta keyakinan agama.

Hijab ini hadir dalam beragam desain, warna, dan bahan, dan dapat dikenakan dengan berbagai gaya sesuai selera individu dan adat budaya.

Baca Juga: 10 Tips Bahagia Meski Sedang Capek Karena Tekanan dan Beban Hidup

Kata "hijab" sering digunakan untuk merujuk pada gaya berpakaian yang dikenakan oleh wanita muslim. Saat ini, hijab dipahami sebagai sehelai selendang yang digunakan untuk menutupi dada bagian atas dan kepala.

Dalil Penggunaan Hijab dan Jilbab

Dikutip dari NU.or.id, dalil tentang penggunaan hijab tertuang dalam surat Al-Ahzab ayat 53, yang artinya:

“...Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (istri-istri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka...”

Ayat ini berkaitan dengan etika saat berinteraksi dengan istri-istri Nabi. Oleh karena itu, hijab yang disebutkan di sini mengacu pada pembatasan kontak langsung, bukan terkait pakaian.

Selain itu, penggunaan jilbab dalam Al-Quran disebutkan hanya sekali, yakni dalam surat Al-Ahzab ayat 59, dan dalam bentuk jamak, yaitu "jalabîb".

Artinya: “Wahai Nabi, katakanlah terhadap istri-istrimu, anak-anakmu, dan istri-istri orang-orang yang beriman (agar) mereka mengulurkan jalaabib mereka. Demikian itu, supaya mereka lebih mudah dikenal dan tidak disakiti. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Sumber: Tempo.co

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist
Sehat14 Juli 2024, 19:00 WIB

7 Rekomendasi Olahraga Ringan Sebelum Tidur, Lakukan Agar Tetap Sehat dan Bugar!

Peregangan otot sederhana dapat membantu melepaskan ketegangan fisik dan meningkatkan fleksibilitas. Fokus pada peregangan otot punggung, leher, bahu, dan kaki bisa membantu tidur lebih nyenyak.
Ilustrasi. Manfaat Olahraga Ringan Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/KampusProduction)
Komputer14 Juli 2024, 18:51 WIB

Handphone Kamu Lemot Saat Di-Charge? Inilah Cara untuk Mengatasinya!

Saat ini, handphone sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Kali ini kita akan bahas penyebab dan cara mengatasi masalah ini agar handphone kamu kembali berfungsi optimal yang dilansir dari beritajogja.
Cara untuk Mengatasi Handphone Kamu Lemot Saat Di-Charge | Foto : Pixabay