9 Keistimewaan Hijab Bagi Muslimah, Cara Islam Memuliakan Wanita

Senin 11 September 2023, 10:00 WIB
Hijabers | Keistimewaan Hijab bagi Seorang Muslimah, Cara Islam Memuliakan Wanita (Sumber : Instagram/@fanimey_)

Hijabers | Keistimewaan Hijab bagi Seorang Muslimah, Cara Islam Memuliakan Wanita (Sumber : Instagram/@fanimey_)

SUKABUMIUPDATE.com - Hijab merupakan salah satu cara Islam memuliakan wanita.

Hijab bermanfaat untuk menutup aurat agar para muslimah bisa terlindung dari niat jahat orang yang tidak bertanggungjawab.

Hijab memiliki signifikansi penting dalam Islam dan kehidupan seorang Muslimah. Hijab tidak hanya berfungsi untuk menutup aurat saja, namun ada beberapa keistimewaan hijab dalam Islam bagi seorang muslimah. 

Baca Juga: 15 Cara Mengetahui Apakah Seseorang Terkena Gangguan Kesehatan Mental

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ulasannya:

Keistimewaan Hijab dalam Islam bagi Seorang Muslimah

1. Kepatuhan terhadap Perintah Allah

Salah satu keistimewaan utama memakai hijab adalah bahwa ini adalah tindakan ketaatan kepada perintah Allah dalam Al-Quran. Dalam beberapa ayat, Al-Quran dengan jelas menginstruksikan perempuan Muslim untuk menutup aurat mereka dan berpakaian dengan sopan.

2. Hijab Menjaga Kehormatan Wanita

Hijab membantu menjaga kehormatan dan martabat perempuan Muslim. Keistimewaan hijab ini melindungi muslimah dari objektifikasi seksual.

Hijab juga menekankan bahwa nilai seorang wanita tidak terletak pada penampilan fisiknya, melainkan pada karakter, kebijaksanaan, dan akhlaknya.

3. Menghormati dan Melindungi Diri Sendiri

Hijab adalah tanda penghormatan terhadap diri sendiri. Dengan memakai hijab, seorang Muslimah mengambil langkah aktif untuk melindungi diri dari pandangan yang tidak pantas dan potensi pelecehan seksual.

Baca Juga: 10 Tips Hijab Style, Tetap Fashionable dan Tampil Modis

4. Identitas Keagamaan

Hijab adalah salah satu cara untuk mengidentifikasi diri sebagai seorang Muslimah yang taat. Keistimewaan hijab ini adalah bagian dari identitas keagamaan yang kuat dan mengingatkan pemakainya akan komitmen mereka terhadap ajaran Islam.

5. Menghormati Nilai-nilai Keluarga dan Masyarakat

Memakai hijab juga dapat membantu menghormati nilai-nilai dan norma sosial dalam masyarakat Muslim yang menghargai kesopanan dan pemenuhan syariat Islam.

6. Melindungi Diri

Hijab memberikan perlindungan fisik dari sinar matahari yang berlebihan dan cuaca dingin. Keistimewaan hijab ini membantu menjaga kenyamanan fisik bagi pemakainya.

Baca Juga: 10 Penyebab Anak Sulit Diatur, Masalah Mental hingga Keluarga

7. Prioritas pada Akhlak

Dengan menutup diri dari perhatian yang tidak perlu terhadap penampilan fisik, perempuan Muslim dapat lebih fokus pada perkembangan akhlak, intelektualitas, dan spiritualitas mereka.

8. Bukti Kesetiaan terhadap Iman

Memakai hijab adalah tindakan nyata yang menunjukkan kesetiaan seorang Muslimah terhadap iman dan agama Islam. Keistimewaan hijab ini adalah bukti komitmen kepada Allah dan ajaran-Nya.

9. Solidaritas dengan Muslimah Lain

Memakai hijab juga merupakan bentuk solidaritas dengan Muslimah lain di seluruh dunia yang juga memakai hijab dan menghadapi tantangan yang serupa.

Baca Juga: 10 Tips Fashion Syar'i Perempuan Muslimah, Outfit Trendy dan Menutup Aurat!

Penting untuk dicatat bahwa pemilihan untuk memakai hijab adalah keputusan pribadi yang harus dibuat dengan keyakinan dan niat yang tulus.

Tidak semua perempuan Muslim memakai hijab, dan itu adalah hak mereka untuk memilih sesuai dengan keyakinan dan situasi mereka sendiri. Hijab tidak hanya tentang penampilan fisik, tetapi juga tentang penghormatan terhadap prinsip-prinsip Islam, integritas diri, dan kebebasan beragama.

Sumber: Berbagai Sumber.

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Editor :
Berita Terkini
Life15 Juli 2024, 07:00 WIB

12 Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang

Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang. Berikan penghargaan pada diri sendiri untuk pencapaian kecil maupun besar.
Ilustrasi. Cara Membangun Harga Diri yang Baik di Depan Orang (Sumber : Pexels/fauxels)
Food & Travel15 Juli 2024, 06:00 WIB

Resep Air Rebusan Jahe yang Kaya Manfaat Kesehatan, Bisa Meredakan Mual Muntah

Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan jauh.
Ilustrasi. Jahe dikenal efektif dalam meredakan mual dan muntah, termasuk yang disebabkan oleh kehamilan atau perjalanan. (Sumber : Freepik/@freepik)
Science15 Juli 2024, 05:00 WIB

Prakiraan Cuaca Jawa Barat 15 Juli 2024, Awal Pekan Potensi Cerah Berawan

Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024.
Ilustrasi - Sebagian besar wilayah Jawa Barat termasuk Sukabumi dan sekitarnya diperkirakan mengalami cuaca cerah berawan pada Senin 15 Juli 2024. (Sumber : Freepik.com/@fanjianhua)
Jawa Barat14 Juli 2024, 22:09 WIB

Influencer Sukabumi Mang Kifly Serahkan Hadiah Motor Ke Pegi Setiawan Cirebon

Influencer asal Sukabumi yang dikenal dengan @mang-kifly bertemu dengan seorang yang kini tengah viral dalam pemberitaan kasus pembunuhan Vina Cirebon, yaitu Pegi Setiawan.
Inluencer asal Sukabumi, Mang Kifly saat bertemu Pegi Setiawan di Cirebon | Foto : Istimewa
Life14 Juli 2024, 21:00 WIB

Selalu Berterima Kasih, 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Sukses di Malam Hari

Orang sukses selalu meluangkan waktu untuk bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi pada hari itu.
Ilustrasi. Kebiasaan Sukses Sebelum Tidur (Sumber : Pexels/VladaKaporvich)
Sukabumi14 Juli 2024, 20:53 WIB

Jelang HCS 2024, Tumpukan Sampah Hiasi Jalanan di Palabuhanratu Sukabumi

Jelang Healthy Cities Summit (HCS) 2024, tumpukan sampah liar masih terlihat menghiasi ruas jalan Palabuhanratu, tepatnya di Kampung Babadan, Kelurahan Palabuhanratu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi.
Tumpukan sampah yang berada di Jalan raya Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Sukabumi14 Juli 2024, 20:23 WIB

Dukung Net Zero Emission, PLN Sukabumi Siap Layani Gangguan Pelanggan 24 Jam dengan Motor Listrik

Dalam upaya mendukung program Pemerintah menuju Net Zero Emission (NZE) di Tahun 2060, PLN Sukabumi mengambil langkah konkret dengan menyiapkan layanan gangguan pelanggan 24 jam menggunakan motor listrik.
PLN Sukabumi siapkan motor listrik untuk layani gangguan pelanggan | Foto : Ist
Sukabumi14 Juli 2024, 20:09 WIB

Polisi Selidiki Kasus Malam Minggu Berdarah di Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Ini Ceritanya

Peristiwa berdarah terjadi pada Sabtu malam 13 Juli 2024 sekira pukul 23:30 WIB di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi. Akibatnya seorang pria dikabarkan mengalami luka disekujur tubuhnya.
Tempat kejadian perkara seorang pemuda dikeroyok di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi | Foto : Asep Awaludin
Life14 Juli 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk dan Cara Menghindarinya

Makan makanan berat atau berkalori tinggi sebelum tidur dapat membuat tubuh sulit mencerna makanan dan menyebabkan penumpukan lemak.
Ilustrasi. Kebiasaan Malam yang Membuat Badan Gemuk (Sumber : Pexels/picjumbo.com)
Sukabumi14 Juli 2024, 19:40 WIB

Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam: PLN Sukabumi-Srikandi PLN Berbagi Kado Ke Anak Yatim

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1446 H, PLN Sukabumi melalui Yayasan Baitul Maal (YBM) PLN Sukabumi dan Srikandi PLN menggelar kegiatan sosial
PLN Sukabumi dan Srikandi PLN mengadakan kegiatan sosial dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional dan Tahun Baru Islam 1446 H | Foto : Ist