Profil Zhafira Devi Liestiatmaja, Selebgram Semarang yang Buang Bayi di Bali

Jumat 27 Oktober 2023, 13:16 WIB
Profil Zhafira Devi Liestiatmaja, Selebgram Semarang yang Buang Bayi di Bali (Sumber : Instagram/@zhafira_devi)

Profil Zhafira Devi Liestiatmaja, Selebgram Semarang yang Buang Bayi di Bali (Sumber : Instagram/@zhafira_devi)

SUKABUMIUPDATE.com - Zhafira Devi Liestiatmaja alias ZDL (28 tahun), adalah Selebrgam Semarang, pembuang sekaligus pembunuh bayi di Bandara I Ngurah Rai Bali, Minggu (15/10/2023) lalu. Imbas hal itu, Zhafira Devi Liestiatmaja akhirnya diamankan polisi gara-gara buang bayi di Bandara Ngurah Rai, Bali.

Zhafira Devi Liestiatmaja yang menginap dengan pacar barunya asal Singapura di Hotel St Legian, Badung, Bali diketahui melahirkan di toilet hotel. Dia kemudian membunuh bayinya di kloset lalu dimasukkan ke tas kresek dan dibuang di bandara.

Sosok Zhafira Devi Liestiatmaja, Selebgram Semarang yang Buang Bayi di BaliSosok Zhafira Devi Liestiatmaja Ditangkap Polisi, Selebgram Semarang yang Buang Bayi di Bali

Jasad bayi yang dibunuh Selebgram Semarang, Zhafira Devi Liestiatmaja ditemukan di area bandara pada Minggu (15/10/2023). Usai melakukan serangkaian penyelidikan, Polres Kawasan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali akhirnya menetapkan ZDL sebagai tersangka pada Kamis (26/10/2023).

Baca Juga: Selebgram Semarang Bunuh Bayi di Bandara Bali, Jasad Dibuang di Kloset

Selebgram Semarang itu tega membunuh dan membuang bayi di Bandara Bali karena dia bingung tidak tahu bapak si bayi, mengingat dirinya kerap gonta ganti pasangan dan terlibat seks bebas. Lantas, Siapa Zhafira Devi Liestiatmaja, Selebgram Semarang yang membuang bayi di kloset Bandara Ngurah Rai Bali? Simak profilnya berikut ini sebagaimana dihimpun via Suara.com!

Profil Zhafira Devi Liestiatmaja

Zhafira Devi Liestiatmaja merupakan selebgram, model dari Semarang, Jawa Tengah. Dia kerap menerima endorse produk kecantikan hingga fashion.

Baca Juga: Kenali 12 Penyebab Seseorang Memiliki Masalah Psikologis

Wanita kurus tinggi langsing ini menginjak usia 28 tahun dan mempunyai tinggi badan 174 cm. Dia mempunyai rambut panjang sebahu dan berombak. Sosoknya dinilai sukses di dunia entertainment media sosial gara-gara kerap keluar negeri melakukan proyek.

Zhafira Devi adalah lulusan dari Universitas Katolik Soegijapranata di Semarang. Dia mengambil jurusan Desain Komunikasi Visula (DKV) dan berhasil jadi sarjana.

Akun Facebook Zhafira Devi Liestiatmaja bernama Zhavira Devi Lie namun tak begitu aktif. Sementara akun Instagram yakni @zhafiradevilie diketahui sudah hilang. Selain itu ada akun X (Twitter) pun tampak sudah lama tak digunakan oleh @ZhafiraDL sejak tahun 2017 lalu.

Selebgram Semarang Buang Mayat Bayi di Bandara Ngurah Rai

Pada Minggu (15/10/2023) lalu, geger ditemukan mayat bayi yang dibuang di kawasan Bandara Ngurah Rai Bali. Pembuang mayat bayi di Bandara Ngurah Rai itu adalah selebgram bernama Zhafira Devi Liestiatmaja.

Baca Juga: 10 Ciri Orang yang Mengalami Trauma, Kamu Merasakan Salah Satunya?

Zhafira Devi Liestiatmaja kemudian ditangkap polisi di Semarang pada Kamis (19/10/2023). Dalam rilis jumpa pers polisi pada Kamis (26/10/2023), Zhafira turut dihadirkan. Dia memakai seragam tahanan berwarna oranye dan celana pendek warna putih.

Tak ada satu kata pun terlontar dari Zhafira. Dia hanya terdiam dan menunduk menghadap ke belakang selama Kapolres Kawasan Bandara Ngurah Rai AKBP Dayu Wikarniti menjelaskan proses penyelidikan, motif, hingga penangkapan dirinya atas kasus tersebut.

Kronologi Selebgram Semarang Bunuh dan Buang Bayi di Bali

Zhafira tiba di Bali sejak 11 Oktober 2023. Dia melahirkan bayinya di toilet kamar Hotel ST Legian pukul 08.00 WITA. Usai melahirkan, Zhafira sempat mencoba menyiram bayinya masuk ke dalam kloset toilet hotel. Ketika itu Zhafira juga sedang bersama pacarnya namun sedang tidur.

"Dia (Zhafira) melahirkan di kloset, kurang lebih satu setengah jam di kamar mandi. Terus dia membersihkan diri dari ceceran darah lalu menyiram bayinya dan menutup kloset," ungkap Kapolres Dayu.

Baca Juga: 13 Ciri Orang yang Memiliki Masalah Psikologis, Kamu Mengalaminya Juga?

Namun usaha Zhafira itu gagal dan bayinya tewas. Ketika mencoba menyiram bayinya masuk ke dalam toilet dan menutupnya, Zhafira dianggap sengaja membunuh bayinya.

"Sempat hidup bayinya, sempat nangis. Tapi ditutup klosetnya agar tidak ketahuan oleh pacarnya yang tidur di kamar. Dan mungkin (bayinya) sudah meninggal saat itu," tutur Dayu.

Polisi menangkap Zhafira setelah penyelidikan dan perburuan selama 5 hari di Jawa Tengah pada Kamis (19/10/2023). Zhafira ditangkap dengan tuduhan pembuangan orok di Bandara Internasional Ngurah Rai pada Minggu (15/10/2023).

Upaya penangkapan Zhafira berawal dari informasi yang ditampilkan rekaman CCTV bandara. Dari rekaman itu tampak seorang perempuan yang tak lain adalah Zhafira sedang membuang bungkusan plastik di dropzone 2 Terminal Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali.

Motif Selebgram Semarang Bunuh Bayi

Setelah diperiksa polisi, Zhafira mengaku tega melakukan aksi kejinya itu karena takut ketahuan oleh pacar barunya yang merupakan warga negara Singapura. Zhafira tega membunuh bayi yang dikandungnya karena tidak mengetahui siapa ayah dari bayinya.

Baca Juga: 11 Ciri Orang yang Hidupnya Menderita Karena Banyak Masalah

Zhafira mengaku sering gonta-ganti pasangan berhubungan seksual hingga menyebabkan kehamilan pada Januari 2023 lalu. Dia baru sadar hamil saat usia kandungan sudah 8 bulan atau pada Agustus 2023.

Di saat bersamaan, Zhafira tengah menjalani hubungan asmara dengan pacar barunya yang merupakan warga negara Singapura. Dia berupaya menutupi kondisinya yang sedang hamil dengan berpakaian yang agak besar. Atas perbuatannya, Zhafira dijerat dengan Pasal 342 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Sumber: Suara.com/Trias Rohmadoni

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sukabumi10 Mei 2024, 21:19 WIB

Perumdam TJM Sukabumi Gelar Diklat Laporan Keuangan, Kenalkan Pegawai soal SAK EP

Diikuti 66 pegawai, Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan Sosialisasi dan Diklat mengenai SAK ETAP menuju SAK EP.
Perumdam TJM Kabupaten Sukabumi gelar sosialisasi SAK EP dan diklat laporan keuangan bagi pegawai. (Sumber : Istimewa)
Life10 Mei 2024, 21:00 WIB

7 Cara Tidur yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Urat

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi jika memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang cara tidur yang tepat untuk kondisi asam urat Anda.
Ilustrasi - 7 Manfaat Mematikan Lampu Saat Tidur, Bobo Jadi Lebih Nyenyak!. (Sumber : Freepik.com/@tirachardz)
Entertainment10 Mei 2024, 20:45 WIB

Epy Kusnandar Ditangkap Narkoba, Dulu Pernah Divonis Hidupnya Sisa 4 Bulan Lagi!

Aktor Epy Kusnandar ditangkap terkait kasus narkoba.
Aktor Epy Kusnandar ditangkap terkait kasus narkoba. (Sumber : Instagram/@epy_kusnandar_official).
Sehat10 Mei 2024, 20:30 WIB

8 Ciri-ciri Gejala Awal Stroke Pada Pria yang Harus Anda Ketahui

Stroke adalah keadaan darurat medis yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah beroksigen ke otak.
Ilustrasi - Stroke adalah keadaan darurat medis yang disebabkan oleh kurangnya aliran darah beroksigen ke otak. (Sumber : pexels.com/@Andrea Piacquadio).
Sukabumi10 Mei 2024, 20:24 WIB

Sosok Nenek Engkah, Calon Jemaah Haji Tertua Usia 99 Tahun Asal Cidahu Sukabumi

Menunggu 11 tahun, Nenek Engkah calon jemaah haji asal Cidahu Sukabumi siap berangkat ke tanah suci.
Nenek Engkah, calon jemaah haji 2024 asal Cidahu Sukabumi yang berusia 99 tahun. (Sumber : SU/Ibnu)
Entertainment10 Mei 2024, 20:02 WIB

Profil Epy Kusnandar: Bos Preman Pensiun yang Ditangkap Karena Kasus Narkoba

Epy Kusnandar yang memerankan Kang Mus di sinetron Preman Pensiun ditangkap narkoba
Epy Kusnandar yang memerankan Kang Mus di sinetron Preman Pensiun ditangkap narkoba. | Foto: Instagram/@epy_kusnandar_official
Life10 Mei 2024, 20:00 WIB

5 Posisi Tidur Terbaik untuk Penderita Gula Darah

Inilah Posisi Tidur Terbaik yang Disarankan untuk Penderita Gula Darah.
Ilustrasi. Picu Serangan Kambuh, Ketahui Sederet Alasan Gangguan Tidur Tidak Baik untuk Asam Urat. (Sumber : Pexels/CraigAdderley)
Entertainment10 Mei 2024, 19:51 WIB

Terjerat Narkoba, Epy Kusnandar Ditangkap Bersama Rekannya Sesama Pemain Preman Pensiun

Epy Kusnandar dan rekannya sesama pemain Preman Pensiun saat ini masih diperiksa oleh kepolisian terkait kasus narkoba.
Potret Epy Kusnandar Kang Mus Preman Pensiun.  (Sumber Foto: Instagram/@epy_kusnandar)
Life10 Mei 2024, 19:30 WIB

4 Nutrisi Penting untuk Anak Mencapai Tinggi Badan Optimal, Bunda Yuk Kenali

Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu anak mencapai potensi tinggi badan maksimalnya.
Ilustrasi - Asupan nutrisi yang cukup dan seimbang akan membantu anak mencapai potensi tinggi badan maksimalnya. (Sumber : pexels.com/@Alex Green)
Sukabumi10 Mei 2024, 19:22 WIB

TPT Ambruk Timpa Rumah Lansia di Caringin Sukabumi, Penghuni Diungsikan

Hujan deras picu TPT setinggi 4 meter longsor hingga ambruk menimpa rumah lansia di Caringin Sukabumi.
TPT ambruk timpa rumah seorang lansia di Caringin Sukabumi. (Sumber : Istimewa)