Michael Gambon, Pemeran Dumbledore di Film Harry Potter Meninggal

Kamis 28 September 2023, 20:56 WIB
Mendiang Michael Gambon saat berperan menjadi Albus Dumbledore dalam film Harry Potter. (Sumber : gamerfocus/Richard Harris)

Mendiang Michael Gambon saat berperan menjadi Albus Dumbledore dalam film Harry Potter. (Sumber : gamerfocus/Richard Harris)

SUKABUMIUPDATE.com - Michael Gambon, aktor yang terkenal karena perannya sebagai Albus Dumbledore dalam film Harry Potter meninggal dunia Kamis (28/9/2023) waktu setempat.

Dikutip suara.com dari agensi berita PA Media, Michael Gambon tutup usia pada usia 82 tahun dikabarkan akibat pneumonia.

"Pihak keluarga dengan berat hati mengumumkan kepergian Sir Michael Gambon," demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh agen publisitasnya, Clair Dobbs, seperti yang dilaporkan oleh PA.

"Ia adalah suami dan ayah yang terkasih, Michael meninggal dengan tenang di rumah sakit bersama istri Anne dan putranya Fergus di sisinya, setelah mengalami serangan pneumonia,"

"Kami mohon agar Anda menghormati privasi kami dalam waktu yang sulit ini, dan kami berterima kasih atas pesan dukungan dan cinta yang telah diterima."

Baca Juga: Daniel Radcliffe Pemeran Harry Potter: Cegah LGBTQ Bunuh Diri, Dapat Hero Award!

Gambon dikenal atas katalog karyanya yang luas di TV, film, dan radio, dengan salah satu peran terbesarnya sebagai detektif yang menderita psoriasis dalam serial hit tahun 1980-an, "The Singing Detective."

Sebagai salah satu aktor terkemuka generasinya, Gambon lahir di Cabra, Dublin, tetapi pindah ke London sebagai seorang anak.

Ia tumbuh besar dalam komunitas imigran Irlandia di Camden, dan pekerjaan pertamanya adalah sebagai tukang perkakas magang.

Saat magang sebagai tukang perkakas, Gambon belajar di Royal Academy of Dramatic Art, dan membuat debut panggung profesionalnya dalam produksi "Othello" di Gate Theatre Dublin (1962).

Ia menarik perhatian aktor Laurence Olivier, yang mengontraknya untuk bergabung dengan National Theatre Company yang baru dibentuk.

Empat tahun kemudian, Gambon bergabung dengan Birmingham Repertory Company, akhirnya memerankan peran utama dalam drama Shakespeare favoritnya.

Barulah pada tahun 1980-an, Gambon menjadi nama yang dikenal luas saat memerankan tokoh utama Philip Marlow dalam mini-seri televisi publik Anglo-Amerika "The Singing Detective" (1986).

Pada tahun 1990, ia diangkat menjadi Komandan Ordo Kekaisaran Inggris. Delapan tahun kemudian, ia dianugerahi gelar Knight Bachelor atas jasanya dalam dunia drama.

Namun, mungkin yang paling dikenang adalah perannya sebagai Kepala Sekolah Hogwarts, Albus Dumbledore, dalam seri film "Harry Potter."

Ia mengambil peran ini setelah kematian Richard Harris pada tahun 2002.

Secara total, Gambon memerankan Dumbledore dalam enam dari delapan film "Harry Potter."

Selama karirnya, Gambon memenangkan beberapa penghargaan Aktor Terbaik di British Academy Television Awards (BAFTA) dan dinominasikan untuk dua penghargaan Emmy.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life29 Februari 2024, 11:00 WIB

10 Hal yang Harus Dipersiapkan Menjelang Datangnya Bulan Suci Ramadan

Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua.
Ilustrasi - Dengan mempersiapkan diri dengan baik, diharapkan bulan Ramadhan dapat menjadi bulan yang penuh berkah dan ampunan bagi kita semua. (Sumber : Freepik.com).
Inspirasi29 Februari 2024, 10:15 WIB

Lowongan Volunteer Tenaga Kesehatan di KAI Services, Cek Kualifikasinya

Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Apabila kamu tertarik dengan lowongan volunteer ini, yuk daftarkan diri sekarang juga! (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com).
Jawa Barat29 Februari 2024, 10:09 WIB

Gandeng Penggiat dan Komunitas EV, PLN Touring Lambretta Konversi Listrik Sejauh 170 Km

PLN UID Jabar menggelar kegiatan komunitas kendaraan hobi yakni Lambretta Vakansi Vol. 1.
PT PLN (Persero) UID Jawa Barat mengajak Bengkel Konversi GBESCOOT dan komunitas kendaraan listrik lakukan touring. | Foto: PLN
Life29 Februari 2024, 10:00 WIB

11 Kebiasaan Orang Sukses di Pagi Hari yang Harus Anda Tiru

Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.
Ilustrasi. Orang sukses memiliki berbagai kebiasaan yang membantu mereka mencapai tujuan mereka.| Foto: Pixabay
Sukabumi29 Februari 2024, 09:49 WIB

Pembayaran Klaim BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp384 M

Sebanyak 23.807 dari 48.204 klaim merupakan pencairan program Jaminan Hari Tua kepada para peserta baik klaim yang dilakukan secara online melalui lapak asik dan yang langsung datang ke kantor cabang.
Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi | Foto : Istimewa
Film29 Februari 2024, 09:46 WIB

6 Drama Korea yang Dibintangi Lee Jae Wook, Teman Kencan Karina AESPA

Namanya kembali menjadi perbincangan karena kabar kencannya dengan idol Karina AESPA. Berikut 6 Drama Korea yang dibintangi oleh Lee Jae Wook.
Lee Jae Wook, aktor ternama di Korea Selatan. Sumber Foto: Instagram/@jxxvvxxk
Nasional29 Februari 2024, 09:40 WIB

44 Petugas Pemilu Meninggal dan Kecelakaan Kerja Dapat Santunan BPJS Ketenagakerjaan

Ketiga ahli waris mendapatkan santunan BPJS Ketenagakerjaan.
Penyerahan santunan kepada keluarga di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, pada 27 Februari 2024. | Foto: Istimewa
Sukabumi29 Februari 2024, 09:25 WIB

Atlet Muaythai Dilindungi BPJS Ketenagakerjaan

Para atlet yang bertanding berhak mendapatkan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk 2 program yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM) selama 1 bulan.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi memberikan perlindungan jaminan sosial kepada atlet muaythai yang bertanding di DCS Muaythai Challenge, Minggu (25/2/2024). | Foto: Istimewa
Life29 Februari 2024, 09:15 WIB

29 Februari 2024 Tahun Kabisat: Terjadi 4 Tahun Sekali dan Doodle Katak

Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari.
Tahun kabisat adalah tahun yang memiliki satu hari tambahan di bulan Februari, yaitu tanggal 29 Februari. (Sumber : Istimewa).
Internasional29 Februari 2024, 09:01 WIB

Hamas Serukan Warga Palestina Ramai-ramai Datangi Masjid Al Aqsa saat Ramadhan

Israel mengatakan akan mengizinkan salat Ramadhan di Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
Hamas menyerukan warga Palestina untuk bergerak ke Masjid Al Aqsa di Yerusalem pada awal Ramadhan. | Foto: Instagram/@masjid_al_aqsa