Profil Maudy Ayunda, Artis yang Bakal Hapus Soal Pilihan Ganda Jika Jadi Mendikbud

Sabtu 16 September 2023, 14:00 WIB
Profil Maudy Ayunda, Artis yang Bakal Hapus Soal Pilihan Ganda Jika Jadi Mendikbud (Sumber : Instagram/@maudyayunda)

Profil Maudy Ayunda, Artis yang Bakal Hapus Soal Pilihan Ganda Jika Jadi Mendikbud (Sumber : Instagram/@maudyayunda)

SUKABUMIUPDATE.com - Maudy Ayunda akan mengubah sistem assesment dalam evaluasi pembelajaran dengan menghapuskan soal pilihan ganda. Hal itu akan ia wujudkan jika suatu saat nanti artis berprestasi itu menjabat menjadi Menteri Pendidikan.

Maudy menilai, siswa bukan lagi memilih jawaban, melainkan akan dituntut untuk berpikir kritis dengan mengeksplorasi jawaban uraian. Critical thinking inilah yang akan perlahan akan mengubah sistem pendidikan di Indonesia secara keseluruhan.

"Bisa dibilang aku, pasti akan mengubah assessment. Assessment itu filtering through akhirnya impacting the way that teachers teach. The way that student learn, the way that parents incentivize, their kids gitu. Kalau assessment-nya, itu open ended question, dan bukan multiple choice. (Penilaian belajar itu akan berdampak pada cara guru mengajar. Cara siswa belajar dan cara orangtua fokus ke pendanaan belajar. Itu kalau penilaian itu berdasarkan pertanyaan terbuka dan bukan pilihan ganda -red)," ujar Maudy Ayunda dalam video pendek yang viral di media sosial, dikutip via suara.com, Sabtu (16/9/2023).

Baca Juga: 9 Cara Mendidik Anak Laki-laki Agar Penurut Pada Orang Tua

Maudy Ayunda selama ini dikenal sebagai penyanyi dan aktris yang berprestasi. Namun meski sudah cukup terkenal dengan deretan prestasinya, masih ada yang belum tahu siapa Maudy Ayunda sebenarnya.

Yuk, simak Profil dan Biodata Maudy Ayunda berikut ini sebagaimana dihimpun via Suara.com:

Profil Maudy Ayunda

Artis Maudy Ayunda Akan Hapus Soal Pilihan Ganda dalam Pembelajaran Jika Jadi MendikbudArtis Maudy Ayunda Akan Hapus Soal Pilihan Ganda dalam Pembelajaran Jika Jadi Mendikbud

Maudy Ayunda merupakan model, aktris, penyanyi, aktivis, dan penulis bernama asli Ayunda Faza Maudya. Artis berprestasi ini lahir di Jakarta pada 19 Desember 1994.

Baca Juga: 12 Tips Mendidik Anak Perempuan Agar Memiliki Kepribadian Baik

Maudy Ayunda adalah anak sulung dua bersaudara dari pasangan Didit Jasmedi R. Irawan dan Muren Murdjoko. Adik perempuan Maudy Ayunda bernama Amanda Khairunnisa.

Sejak Mei 2022, Maudy Ayunda berstatus sebagai istri pria keturunan Amerika-Korea bernama Jesse Choi. Keduanya bertemu saat sama-sama menjadi mahasiswa S2 Universitas Stanford.

Maudy Ayunda mengawali karir di dunia hiburan dengan membintangi film Untuk Rena (2005) produksi Miles Films. Karir Maudy Ayunda sebagai penyanyi baru dimulai pada 2011 dengan merilis album bertajuk "Panggil Aku...".

Hingga 2023, Maudy Ayunda telah membintangi 15 judul layar lebar termasuk rencana berperan di film Tanah Air Kedua bareng aktor Korea Kim Bum di Garut. Ia juga telah merilis 3 album musik, yang terakhir berjudul "Oxygen" tahun 2018.

Prestasi Maudy Ayunda

Maudy Ayunda bukan hanya dikenal sebagai aktris dan penyanyi handal. Dunia pendidikan tetap menjadi fokus Maudy Ayunda sehingga berhasil kuliah di universitas terbaik dunia.

Maudy Ayunda diketahui menyelesaikan S1 di Universitas Oxford. Sebelum memutuskan S2 di Universitas Stanford, Maudy Ayunda juga diterima di Universitas Harvard.

Baca Juga: Syuting di Garut, Kim Bum dan Maudy Ayunda Jadi Pasutri di Film Tanah Air Kedua

Sederet prestasi telah diraih Maudy Ayunda, baik di bidang entertainment maupun pendidikan. Saat kuliah di Oxford, Maudy Ayunda ternyata mahasiswa Indonesia pertama yang mengambil jurusan Philosophy, Politics, and Economics (PPE).

Pendidikan S2 Maudy Ayunda di Universitas Stanford rupanya dibiayai dari beasiswa LPDP. Ia berhasil menyabet dua gelar master sekaligus, yakni Master of Business Administration (MBA) dan pendidikan Master of Arts (MA).

Pada 2021, Maudy Ayunda termasuk dalam daftar Forbes Under 30 Asia kategori Entertainment and Sports. Maudy Ayund bersanding dengan artis Korea seperti Suzy dan IU dalam daftar tersebut.

Sedangkan pada 2022, Maudy Ayunda ditunjuk sebagai Juru Bicara Presidensi G20 dari Indonesia. Maudy Ayunda ditunjuk langsung oleh Johnny G. Plate yang merupakan Menteri Komunikasi dan Informatika.

Sementar di dunia hiburan, Maudy Ayunda telah masuk berbagai nominasi serta memenangkan sejumlah penghargaan dari Festival Film Jakarta, Indonesian Movie Actors Awards, Piala Maya, hingga Indonesian Choice Awards.

Baca Juga: 8 Alasan Ajaran Stoikisme Masih Relevan hingga Sekarang, Baik Untuk Mental

Itulah Profil dan Prestasi Maudy Ayunda yang trending topic usai menyatakan bakal menghapuskan soal pilihan ganda dalam sistem assesment evaluasi pembelajaran jika menjadi Menteri Pendidikan.

Sebelumnya diketahui, Maudy Ayunda mengaku akan menetapkan kebijakan menghapus soal pilihan ganda. Dia berharap hal tersebut bisa membuat siswa dapat lebih berpikir kritis dan menganalisa, bukan menghapal atau asal menebak jawaban.

Pernyataan Maudy Ayunda ini sempat menuai pro kontra di kalangan netizen. Ada yang setuju namun ada juga yang tidak setuju dengan ide perempuan lulusan Universitas Stanford dan Oxford tersebut.

Sumber: Suara.com/Neressa Prahastiwi

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Sehat15 Mei 2024, 16:00 WIB

Berapa Seharusnya Kadar Kolesterol Tinggi dan Normal Pada Lansia? Simak Disini

Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan.
Ilustrasi - Mengetahui kadar kolesterol tinggi dan normal pada lansia sangat penting dilakukan. (Sumber : Freepik.com/@ rawpixel.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:37 WIB

Kronologi, Identitas dan Dugaan, Lansia Tergeletak Tak Bernyawa di Nanggeleng Sukabumi

Seorang lansia Christina Tampubolon (71 tahun) ditemukan tergeletak tak bernyawa tepat di depan kantor Kelurahan Nanggeleng, Rabu 15 Mei 2024, sekira pukul 08:00 WIB, pagi.
Jenazah Christina Tampubolon (71 tahun) saat di rumah sakit | Foto : Ist
Sehat15 Mei 2024, 15:30 WIB

Inilah 7 Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol

Minyak zaitun adalah sumber lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Konsumsi minyak zaitun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL dan mengurangi risiko penyakit jantung.
Telur Dadar Bayam. Makanan Tinggi Lemak yang Masih Aman Dikonsumsi Penderita Kolesterol (Sumber : Royco.co.id)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:23 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Peringati May Day Bersama Pengusaha dan Buruh

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi, Oki Widya Gandha mengatakan pengusungan tema kolaborasi, kebersamaan serta gotong royong itu menandakan hubungan erat antara pemerintah, pengusaha serta para buruh.
BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi peringati May Day | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 15:15 WIB

8 Cara Membesarkan Anak Agar Memiliki Hati yang Baik, Yuk Bunda Terapkan

Ketika anak-anak melakukan tindakan kebaikan, Anda mungkin tidak mendorong mereka hanya karena orang lain tidak lagi dapat dipercaya.
gambaran membesarkan anak yang baik hati (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 15:08 WIB

Ayah Dihabisi Isu Dukun Santet, Kisah Tragis Dibalik Anak Bunuh Ibu di Sukabumi

Belum diketahui secara pasti apa motif Rahmat nekat membunuh ibu kandungnya.
Aparat memegang garpu yang digunakan Rahmat (25 tahun) untuk membunuh ibunya, Inas (43 tahun). Foto ini berlokasi di rumah korban dan tersangka di Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Selasa, 14 Mei 2024. | Foto: Istimewa
Inspirasi15 Mei 2024, 15:00 WIB

Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini

Apabila kamu tertarik dengan lowongan kerja ini, segera daftarkan diri sekarang juga!
Ilustrasi - Lowongan Kerja di Sukabumi Sebagai Chef/Cook, Cek Kualifikasinya Disini. (Sumber : Freepik.com/@wirestock)
Keuangan15 Mei 2024, 14:57 WIB

BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Sosialisasikan Perlindungan Sosial Ke Organisasi Pekerja

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi menggelar sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya.
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi saat sosialisasi perlindungan sosial kepada para buruh yang tergabung dalam Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Sekretariat Daerah Sukabumi Raya | Foto : Dok. BPJS Ketenagakerjaan
Life15 Mei 2024, 14:45 WIB

Jangan Salahkan Anak, Ini 6 Didikan Orang Tua yang Membuatnya Durhaka

Sebuah didikan terkadang menjadi masalah utama yang menjadi penyebab anak tumbuh menjadi pribadi yang durhaka kepada orang tuanya
gambaran didikan orang tua yang menyebabkan anak durhaka (Sumber : Pexels.com/@KindelMedia)
Life15 Mei 2024, 14:30 WIB

Stop Curhat ke Media Sosial, Ini 6 Dampak Buruk yang Sering Diabaikan Banyak Orang

Kebiasaan sering curhat ke media sosial atau medsos rupanya memiliki dampak buruk yang mesti dihindari. Sebab bahayanya sangat banyak kepada diri sendiri
Ilustrasi dampak buruk sering curhat ke media sosial (Sumber : Pexels.com/@Bianca)