Mengenal Lebih Dekat Zakiyah Rahmah Addawiyah, Politisi Perempuan Muda PPP Sukabumi

Senin 15 April 2024, 13:20 WIB
Hj. Zakiyah Rahmah Addawiyah, Anggota Fraksi PPP / Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update

Hj. Zakiyah Rahmah Addawiyah, Anggota Fraksi PPP / Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : Sukabumi Update

SUKABUMIUPDATE.com - Hj. Zakiyah Rahmah Addawiyah, SE saat ini merupakan anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Sosok ibu muda kelahiran Sukabumi 05 Maret 1997 itu menjabat anggota parlemen pertama kalinya melalui Pemilu 2019, tepat diusianya yang ke 23 tahun saat itu.

Zakiyah dalam posisinya sebagai anggota legislatif dipercaya membidangi pengawasan berbagai kebijakan yang menjadi garapan mitra Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi.

Secara khusus komisi III membidangi: keuangan daerah, retribusi dan perpajakan, lembaga keuangan bukan bank, perusahaan daerah dan perusahaan patungan. penanaman modal, perindustrian, perdagangan dan koperasi, pertanian tanaman pangan, perikanan dan kelautan, serta peternakan, kehutanan dan perkebunan.

Debut politik lulusan Fakultas Manajemen UIN SGD Bandung itu dimulai ketika ia diajak oleh ayahandanya terjun langsung mencalonkan pada pemilihan legislatif 2019. 

Menurutnya, awalnya ia sempat kaget dengan tawaran ayahandanya untuk terjun di politik, selain masih muda, waktu itu ia masih belum kelar dari bangku perkualiahan, Namun ia dikuatkan oleh ayahnya bahwa kesempatan menjadi dewan tidak semua orang memilikinya. 

"Ayah bilang seperti itu, katanya, orang pintar banyak, orang kaya juga banyak sekali, orang yang lebih sempurna dari kita yang istilahnya mengerti agama juga banyak dan lain sebagainya. Tapi ingat tidak semua punya kesempatan (menjadi dewan)," ujar Zakiyah seperti dikutip sukabumiupdate.com, dari posdcast Jejak Wakil Rakyat, Senin (15/4/2024).

Walaupun sempat menolak, karena tidak paham politik itu kayak gimana? tapi akhirnya setelah dijelaskan bahwa ketika dijalani dengan sendirinya akan memahami. 

Yang menarik saat menjadi anggota parlemen, kata Zakiyah, adalah bagaimana rasanya bisa memberikan manfaat bagi orang banyak.

"Kalau menjadi pengusaha atau bekerja manfaatnya mungkin dalam skup kecil untuk keluarga atau tetangga, tetapi ketika menjadi dewan bisa memperjuangkan infrastruktur untuk kepentingan masyarakat yang lebih luas, dan membangun memajukan daerah" jelasnya. 

Terkait dengan keikutsertaan anak muda dalam politik, Zakiyah menilai, para politisi muda justru mempunyai pemikiran-pemikiran yang luar biasa, dan inovasi-inovasinya. Intinya saat ini politik sudah tidak terpaku lagi kepada orang-orang tua. Bahkan mungkin kedepannya akan lebih banyak lagi anak muda yang tertarik di politik. 

"Dan saat ini pun kita sudah lakukan edukasi politik ke sekolah-sekolah. Jangan sampai mereka enggak mau kenal apa sih politik? Padahal semua hal, termasuk harga gorengan juga ditentukan keputusan politik," kata  alumni MAN 1 Cibadak itu.

Baca Juga: Lebih Dekat dengan Heri Antoni, Wakil Rakyat Kabupaten Sukabumi Kaya Pengalaman

Baca Juga: Mengenal Yusuf Ridwan, Legislator Senior nan Kiai dari Cibaraja Sukabumi

Kehidupan Keluarga

Dalam menjalani aktivitasnya sebagai anggota dewan sekaligus ibu rumah tangga, istri dari Ahmad Syahid Syamsul Hadi itu mengaku hal tersebut bukanlah sebuah beban. Menurutnya kesibukan sebagai anggota parlemen dijalaninya dengan tidak harus mengorbankan pertumbuhan anaknya, jika pun ada kegiatan rapat kedewanan atau kunjungan kerja, ia tidak sungkan membawa serta anaknya. 

Zakiyah Rahmah Addawiyah yang merupakan anak sulung dari Ketua DPC PPP H Dedi Damhudi dan Cucu dari pendiri Ponpes Darul Ahkam alm KH. Ruyani  menikah dengan Ahmad Syahid Syamsul Hadi yang juga merupakan anak dari tokoh PPP Kabupaten Sukabumi. Kini pasangan suami istri itu sudah dikarunia  dua orang putri; Syaqina Mumtazah Fariha, dan Noura Uzma Hanifah

Politisi perempuan muda PPP itu kini terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kabupaten Sukabumi untuk periode 2024-2029. 

Ia berdomisili di Kp. Situ Sukarame RT/RE 06/05 Desa Parakanslak Kec Parakansalak Kabupaten Sukabumi.

"Alhamdulillah, keluarga dan suami mendukung untuk beraktivitas di politik," ujar pengagum sosok politisi perempuan PPP alm Hj Reni Marlinati itu. 

(Advertorial)

AYO! main games di Sukabumi Update Games
Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Simak breaking news Sukabumi dan sekitarnya langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita SukabumiUpdate.com WhatsApp Channel : https://whatsapp.com/channel/0029VaXv5ii0LKZ6hTzB9V2W. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.
Berita Terkait
Berita Terkini
Inspirasi12 Juli 2024, 22:52 WIB

Puluhan UMKM Ramaikan Event Jampang Ngabhuana 2 di Surade Sukabumi

Sebanyak 40 pelaku UMKM meramaikan event tahunan Jampang Ngabhuana 2 di lapang Lodaya Setra Surade Sukabumi.
Pelaku UMKM ramaikan event Jampang Ngabhuana 2 di lapang lodaya setra Kelurahan/Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Ragil)
DPRD Kab. Sukabumi12 Juli 2024, 22:32 WIB

Dukung Aksi Demo HMI soal Truk ODOL, DPRD Sukabumi Minta Dishub Tegakan Aturan

Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hera Iskandar dukung aksi unjuk rasa HMI kepada Dishub terkait penegakan aturan jam operasional truk ODOL.
Demo massa HMI cabang Sukabumi di kantor Dishub Kabupaten Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi12 Juli 2024, 22:05 WIB

Disdik Kabupaten Sukabumi Beri Beasiswa Tahfidz Quran untuk 64 Pelajar

Disdik Kabupaten Sukabumi memberikan beasiswa tahfidz quran tingkat SMP tahun 2024 kepada 64 pelajar. Ini harapannya.
64 pelajar SMP yang mendapatkan beasiswa Hafidz Quran di Kantor Disdik Kabupaten Sukabumi, Jumat (12/7/2024). (Sumber : Istimewa)
Nasional12 Juli 2024, 21:35 WIB

Lewat Perpres, Jokowi Obral HGU IKN ke Investor hingga 190 Tahun

Presiden Jokowi teken Perpres kebut pembangunan IKN Nusantara, investor bisa pakai HGU hingga 190 Tahun.
Presiden Joko Widodo saat melakukan groundbreaking pembangunan gedung kantor PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk di Kawasan IKN Nusantara Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur pada Rabu, 5 Juni 2024. (Sumber : BPMI Setpres)
Sukabumi12 Juli 2024, 21:15 WIB

Dinilai Tak Tegas Tegakan Aturan Jam Operasional Truk, Dishub Sukabumi Digeruduk HMI

HMI Cabang Sukabumi geruduk kantor Dishub Kabupaten Sukabumi di Cikembar, desak tegakkan Perda terkait jam Operasional Truk ODOL.
Aksi unjuk rasa HMI di depan kantor Dishub Kabupaten Sukabumi,  Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Cikembar, Jumat (12/7/2024). (Sumber : SU/Ibnu)
Life12 Juli 2024, 21:00 WIB

8 Bahasa Tubuh Pria yang Menyukaimu Secara Diam-diam

Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali.
Ilustrasi - Bahasa tubuh pria saat jatuh cinta atau menyukai seseorang dapat dilihat dan dikenali. (Sumber : Freepik/Pressfoto)
Sehat12 Juli 2024, 20:00 WIB

8 Pengobatan Rumahan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Mengelola kolesterol tinggi dengan perubahan gaya hidup dan, jika perlu, obat-obatan adalah kunci untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan menjaga kesehatan secara keseluruhan.
Ilustrasi. Olahraga Rutin. Pengobatan rumahan adalah salah satu cara untuk mengatasi kolesterol tinggi. Sumber: Freepik/freepik
Sukabumi12 Juli 2024, 19:32 WIB

Potensi Cisolok, Surga Wisata Alam hingga Budaya di Kabupaten Sukabumi

Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, merupakan salah satu kecamatan yang memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa
Kantor Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi | Foto : Istimewa
Sehat12 Juli 2024, 19:28 WIB

Bupati Sukabumi Apresiasi RSUD Sekarwangi dan RSHS Kerja Sama Pengampuan Layanan KJSU

Apresiasi kerja sama RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung dalam pengampuan layanan KJU, ini harapan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.
Jajaran RSUD Sekarwangi dan RSHS Bandung berfoto bersama Bupati Sukabumi Marwan Hamami. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Nasional12 Juli 2024, 19:02 WIB

Bahlil Yakin Bandara di IKN Siap Beroperasi sebelum 17 Agustus 2024

Menurut Bahlil, bandara itu bakal menjadi salah satu fasilitas bagi para tamu yang akan mengikuti kegiatan upacara di IKN.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Presiden Joko Widodo saat meninjau lokasi pembangunan Bandara VVIP IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu, 1 November 2023. Sumber Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden