TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
bankbjb

Lebih Dekat dengan Agus Mulyadi, Mantan Kades yang Sukses di Parlemen Sukabumi

H.M. Agus Mulyadi, SE, MH adalah politisi partai Golkar, namanya cukup terkenal dalam perbincangan parlementaria Sukabumi. Hingga kini, ia tercatat sudah empat periode menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Sukabumi

Penulis
Senin 22 Mei 2023, 00:07 WIB

H.M. Agus Mulyadi, SE, MH, Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto : dok.sukabumiupdate.com

SUKABUMIUPDATE.com - H.M. Agus Mulyadi, SE, MH adalah politisi Partai Golkar, namanya cukup terkenal dalam perbincangan parlementaria Sukabumi. Pria kelahiran Sukabumi, 09 Maret 1970 itu hingga kini tercatat sudah empat periode menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Sukabumi.

Agus Mulyadi yang berdomisili Kp. Benda Legok RT 02 RW 09 Desa Benda Kecamatan Cicurug itu terpilih menjadi anggota DPRD Kabupaten Sukabumi dari Daerah Pemilihan II yang meliputi: Cicurug, Cidahu, Kalapanunggal, Kabandungan, Parakansalak, Bojonggenteng, Parungkuda dan Ciambar.

Jebolan Resimen Mahasiswa Universitas Pancasila Jakarta itu pertama kalinya terpilih menjadi wakil rakyat pada Pemilihan Legislatif 2004. Pada saat itu Agus Mulyadi dikenal sebagai seorang mantan kepala desa di Cicurug yang berhasil melompat ke panggung politik tingkat kabupaten.

"Saya memang sejak awal sudah bermusyawarah dan meminta izin kepada para tokoh Desa Benda, ketika suatu waktu saya sebagai kepala desa tidak dapat merampungkan jabatan sampai selesai karena akan maju ke jenjang karir politik tingkat kabupaten, yaitu mencalonkan anggota dewan, dan Ahamdulillah pada pileg 2004 saya terpilih mewakili masyarakat dapil II, Cicurug dan sekitarnya," kata Agus Mulyadi yang sempat menjabat Kepala Desa Benda Kecamatan Cicurug selama 4,7 bulan (sejak medio 1999 sampai 2004) seperti dikutip posdcast Jejak Wakil Rakyat Sukabumi sukabumiupdate.com.

Agus yang merupakan alumni angkatan 1990 SMAN I Cibadak itu menuturkan saat dirinya terpilih menjadi anggota legislatif pada periode pertama (2004-2009) lebih banyak dihabiskan untuk mempelajari bagaimana tugas dan fungsi sebagai legislator dan bagaimana caranya memperjuangkan aspirasi masyarakat. Baru kemudian di periode kedua (2009-2014) dirinya mengakui sudah mampu merealisasikan apa yang menjadi spirit perjuangannya dalam berpolitik termasuk banyak program yang diaspirasikan oleh warga Cicurug dan sekitarnya.

"Pada periode pertama itu saya sempat menangis, karena saya lihat infrastruktur di daerah pemilihan saya banyak yang harus dibantu, tapi saya tidak bisa apa-apa. Maka pada saat itu saya lebih banyak belajar dan berdiskusi dengan teman dan para senior," ucap Agus yang juga seorang pengusaha transporter dan pabrik Batako itu.

Pada periode kedua (2009-2014), Agus yang punya obsesi membangun wilayahnya itu mulai merealisasikan berbagai programnya. Dengan daya dukung posisi sebagai salah satu ketua komisi di DPRD Kabupaten Sukabumi

"Alhamdulillah ada beberapa infrastruktur yang mulai bisa diwujudkan, dari sarana umum sampai sarana keagamaan," imbuhnya. 

Karir Agus sebagai legislator semakin cemerlang setelah ia kembali lolos di periode ketiga (Pemilu 2014), dengan perolehan suara tertinggi di Partai Golkar, Agus Mulyadi kemudian didaulat menjadi pimpinan tertinggi dengan jabatan sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi 2014-2019.

Kini, politisi dan pengusaha tansporter itu pada periode keempat (2019-2024) duduk di DPRD sebagai anggota komisi III. yaitu suatu komisi yang diantaranta membidangi pertambangan, keuangan, ekonomi, pertanian.


Halaman :
Berita Terkait
BERITA TERPOPULER
Berita Terkini