[TIDAK BENAR] Tak Ada Undangan Fisik untuk Mencoblos di Pemilu 2024

Senin 12 Februari 2024, 14:24 WIB
Undangan fisik pencoblosan Pemilu 2024 salah satu warga Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi (Sumber : Istimewa)

Undangan fisik pencoblosan Pemilu 2024 salah satu warga Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi (Sumber : Istimewa)

SUKABUMIUPDATE.com - Undangan fisik untuk mencoblos di Pemilu 2024 ramai diperbincangkan menjelang hari pencoblosan pada Rabu, 14 Februari mendatang. 

Pasalnya, beredar luas isu undangan fisik pencoblosan Pemilu 2024 ditiadakan. Bahkan di media sosial hal itu pun viral sejak pekan lalu.

Salah satu akun ada yang mengunggah isu undangan fisik pencoblosan Pemilu 2024 ditiadakan di media sosial Facebook. Akun tersebut, sebagaimana merujuk laman Koalisi Cek Fakta, mempostingnya pada Selasa, 6 Februari 2024 lalu.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Viral Tegalbuleud Sukabumi Perbatasan Australia-Indonesia

Berikut isi pesan berantainya:

Hoaks, Tidak Ada Undangan Fisik Pemilu 2024 | Sumber: cekfakta.comHoaks, Tidak Ada Undangan Fisik Pemilu 2024 | Sumber: cekfakta.com

"Just Info..pemilu 2024 (pil-leg dan pil-pres)Cek DPT Online https://cekdptonline.kpu.go.id/Masukkan NIK. akan keluar dan TPS yang haruss didatangi ditampilkan 

Sekarang *tidak dikeluarkan Undangan coblos*, tapi langsung Cek secara online saja!!!!!" tulis keterangan caption pesan berantai di media sosial Facebook, dikutip via cekfakta.com, Senin (12/2/2024).

Lantas, benarkah pesan berantai yang menyebut KPU tidak lagi memberikan undangan fisik untuk mencoblos dalam pemilu 2024? Simak Hasil Cek Faktanya!

Hasil Cek Fakta KPU Tidak Memberikan Undangan Fisik untuk Mencoblos di Pemilu 2024

Tim Pemeriksa Fakta sukabumiupdate.com mencoba menelusuri dengan mewawancarai beberapa pemilih yang berdomisili di Sukabumi.

Baca Juga: Surat Suara Pemilu: Sorlip Rusak di Sukabumi, Isu Tercoblos dan Tidak Sah

Agustian (20 tahun), salah satu pemilih di TPS Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi mengatakan dirinya menerima undangan fisik untuk mencoblos dalam pemilu 2024 di wilayahnya. 

"Saya dapat undangan fisik untuk mencoblos dalam pemilu 2024 dari panitia yang membagikan ke rumah" terang Agustian ketika dihubungi, Minggu (11/2/2024).

Undangan fisik pencoblosan Pemilu 2024 salah satu warga Kecamatan Cikole, Kota SukabumiUndangan fisik pencoblosan Pemilu 2024 salah satu warga Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi

Tak hanya Agustian, Ami (25 tahun) warga Kelurahan Jayamekar, Kecamatan Baros, Kota Sukabumi juga menyebut panitia pemungutan suara di wilayahnya membagikan undangan fisik Pemilu 2024.

"Iya dapat, undangannya dibagikan ke rumah" kata Ami.

Baca Juga: Waspada Hoaks Jelang Pemilu 2024, Cek Kategori Surat Suara Rusak

Selain pemilih wilayah kota, Juli (28 tahun) warga Desa Lembursawah Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi mengatakan undangan fisik baru ia terima hari ini, Senin, 12 Februari 2024.

"Iya barusan dapat (undangan fisik untuk mencoblos dalam pemilu 2024)" tutur Juli kepada sukabumiupdate.com, Senin (12/2/2024).

Sejalan dengan hal tersebut, Tim Pemeriksa Fakta Liputan6.com yang tergabung dalam Koalisi Cek Fakta turut menelusuri dengan meminta penjelasan pada Komisioner KPU RI, Idham Holik. Pihaknya menjelaskan pesan berantai yang beredar tersebut tidak benar.

"Dalam pasal 6 peraturan KPU No.25 Tahun 2023 ayat (2), KPPS melakukan kegiatan antara lain menyampaikan surat pemberitahuan pemungutan suara kepada pemilih. Format dan waktu penyampaian surat pemberitahuan pemungutan suara kepada Pemilih sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan dengan Keputusan KPU," ujar Idham saat dihubungi Minggu (11/2/2024) kemarin.

Baca Juga: [PREBUNKING] Apa Itu Putaran Pilpres dalam Pemilu dan Contohnya

Idham juga menambahkan dalam Bab II angka 1 huruf a angka 2 dan 3 dalam Lampiran I Keputusan KPU No. 66 Tahun 2024, pada halaman 10 terdapat penjelasan yang lebih rinci terkait hal tersebut. Berikut penjelasannya:

"2) Ketua KPPS dibantu anggota KPPS menyampaikan surat pemberitahuan untuk memberikan suara kepada Pemilih yang terdaftar dalam DPT di wilayah kerjanya paling lambat 3 (tiga) Hari sebelum hari dan tanggal Pemungutan Suara menggunakan formulir Model C.PEMBERITAHUAN-KPU sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Keputusan ini.

3) Ketua KPPS dibantu anggota KPPS mendokumentasikan penyampaian surat pemberitahuan sebagaimana dimaksud pada angka 2) berupa foto atau video yang disimpan sebagai arsip dan disampaikan kepada PPS bersamaan dengan rekapitulasi pengembalian formulir Model C.PEMBERITAHUAN-KPU."

Baca Juga: [PREBUNKING] Perbedaan Hari Pencoblosan Pemilu 2024 di Indonesia dan Luar Negeri

"Jadi pesan berantai yang beredar yang menyebut KPU tidak memberikan undangan fisik untuk mencoblos adalah disinformasi, siapapun yang melakukan disinformasi bisa terjerat UU ITE. Peraturan KPU ini teregister di Kementerian Hukum dan HAM RI" jelas Idham.

Selain itu, KPU turut membenarkan adanya website untuk memeriksa DPT secara online. Cara Cek DPT Online ini bisa diakses melalui link https://cekdptonline.kpu.go.id/.

Kesimpulan Cek Fakta

Berdasarkan Hasil Cek Fakta tentang pesan berantai yang menyebut KPU tidak lagi memberikan undangan fisik untuk mencoblos dalam pemilu 2024 adalah tidak benar. Faktanya, Undangan fisik pencoblosan Pemilu 2024 tetap diberikan maksimal tiga hari sebelum hari pemungutan suara.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Life09 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat

Jangan Di Skip Ya, Ini Rekomendasi Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Yuk Lakukan!
Ilustrasi. Posisi Tidur. Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Asam Urat. Sumber: Pexels/MichelleLeman
Sukabumi09 Mei 2024, 19:57 WIB

Landmark Alun-Alun Palabuhanratu Rusak dan Lampu Mati, Disperkim Sukabumi Janji Perbaiki

Landmark Alun-alun Palabuhanratu mengalami kerusakan pada beberapa hurufnya. Pada saat malam hari sebagian hurufnya juga sudah tidak menyala.
Landmark Alun-Alun Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi | Foto : Ilyas Supendi
Bola09 Mei 2024, 19:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia U-23 vs Guinea di Play-off Olimpiade Paris 2024

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Ilustrasi - Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Play-off Olimpiade Paris antara Timnas Indonesia U-23 vs Guinea U-23 berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : FFF/Ist).
Sehat09 Mei 2024, 19:00 WIB

Rasanya Sakit dan Susah Berdiri, 8 Cara Mengobati Asam Urat di Pergelangan Kaki

Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki.
Ilustrasi - Asam urat bisa menyerang di area sendi mana saja termasuk di pergelangan kaki. (Sumber : pexels.com/@Boys in Bristol Photography).
Sukabumi09 Mei 2024, 18:56 WIB

Sopir Mengaku Ngantuk, Ayla Tabrak Pohon di Parungkuda Sukabumi

Sopir mengaku mengantuk hingga kendaraan yang dikemudikannya Daihatsu Ayla dengan nomor polisi F 1742 MB menabrak pembatas jalan dan pohon hingga mengalami kerusakan parah.
Daihatsu Ayla menabrak pohon di Parungkuda Sukabumi | Foto : Ibnu Sanubari
Sukabumi Memilih09 Mei 2024, 18:23 WIB

Jelang Pilkada Kota Sukabumi, Bagus Pekik Diam-diam Bertemu Achmad Fahmi

Bagus Pekik diam-diam melakukan pertemuan dengan mantan Wali Kota Achmad Fahmi di salah satu cafe di Kota Sukabumi.
Diam-diam Bagus Pekik bertemu Achmad Fahmi jelang Pilkada Kota Sukabumi | Foto : Ist
Life09 Mei 2024, 18:00 WIB

Menemukan Cinta Sejati: 5 Doa Minta Jodoh Terbaik yang Bisa Diamalkan

Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT.
Ilustrasi. Jodoh terbaik bisa didapatkan dengan cara berikhtiar dan juga berdoa kepada Allah SWT. | Foto: Pixabay
Sehat09 Mei 2024, 17:30 WIB

Penderita Asam Urat Sulit Tidur di Malam Hari, 4 Cara Ini Bisa Jadi Solusi Terbaik!

Tak jarang penderita asam urat sering mengalami sulit tidur di malam hari.
Ilustrasi. Tak jarang penderita asam urat sering mengalami sulit tidur di malam hari. | Foto: Pexels/cottonbro studio
Musik09 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback!

Resmi Comeback! Lagu Maestro merupakan salah satu lagu yang masuk ke dalam album terbaru Seventeen berjudul “17 IS RIGHT HERE” yang dirilis 29 April 2024 lalu.
Video Klip Lagu Maestro, Seventeen Boyband Korea Resmi Comeback. Sumber:  pledis.co.kr/@SEVENTEEN
Sukabumi09 Mei 2024, 16:45 WIB

Serunya Lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Sukabumi

Mengisi liburan panjang sejumlah warga Kota Sukabumi mengikuti perlombaan makan kue Milk Bun raksasa. Diketahui, kue Milk Bun saat ini tengah viral di media sosial.
Suasana keseruan lomba Makan Kue Milk Bun Raksasa di Outlet Bolu Amor Bakery and Cakes di Jalan Jenderal Sudirman Kota Sukabumi, Kamis (9/5/2024) | Foto : Farrah