Final Piala AFF 2020: Indonesia Tertinggal 0-1 dari Thailand di Babak Pertama

Rabu 29 Desember 2021, 20:29 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Babak pertama leg 1 final Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Thailand berakhir dengan skor 0-1. Skuad Garuda harus kebobolan di menit ke-2 oleh Chanathip Songkrasin.

Tim Gajah Perang, julukan timnas Thailand, langsung mengambil inisiatif serangan sejak awal permainan. Thailand bahkan nyaris berbuah gol saat pertandingan belum berumur satu menit.

Bordin Phala berhasil menusuk lini pertahanan Indonesia setelah melewati Fachrudin Aryanto. Bola sepakannya mampu ditepis Nadeo namun tak sempurna. Beruntung bola pantulan tak masuk ke gawang.

Baca Juga :

Pada menit ketiga Timnas Indonesia langsung kebobolan. Chanathip Songkrasin yang terlepas dari pengawalan berhasil menerima umpan dari Phillip Roller di sisi kanan. Dia pun langsung melepaskan tembakan keras ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa diantisipasi oleh Nadeo Argawinata.

Unggul satu gol membuat Thailand semakin bersemangat menggempur lini pertahanan Indonesia. Mereka tampak memanfaatkan absennya Pratama Arhan dengan terus menggempur sisi kiri pertahanan Indonesia.

Pada menit ke-13, Thailand nyaris menambah gol. Umpan silang Supachok Sarachat dari sisi kanan berhasil disambar oleh Phala. Nadeo sebenarnya sudah tak mampu menjangkau bola, beruntung masih ada Asnawi Mangkualam yang menghalau di garis gawang. Sundulan dari Elias Dolah juga masih sedikit saja melambung di atas gawang.

Timnas Indonesia di sisi lain tampak tak bisa bermain tenang. Kesalahan umpan hingga posisi kerap terjadi saat Irfan jaya cs melakukan serangan. Alhasil upaya mereka untuk membuat ancaman tak berbuah hasil.

Pada menit ke-20, Thailand mendapatkan hadiah tendangan bebas setelah Edo melakukan pelanggaran terhadap Supachok. Beruntung Bordin Phala yang menjadi eksekutor masih belum bisa mengarahkan tembakan tepat ke arah gawang.

Pada menit ke-23, Timnas Indonesia berhasil melancarkan serangan balik cepat. Umpan panjang dari Ricky Kambuaya berhasil disambut oleh Witan Sulaeman yang kemudian memberikan umpan kpada Irfan jaya. Sayangnya bola berhasil direbut oleh Chanatip dan Irfan pun melakukan pelanggaran kepada pencetak gol Thailand itu.

Pada menit ke-31 Timnas Indonesia mendapatkan sepak pojok setelah umpan silang Dedik Setiawan dari sisi kanan dibuang oleh Dolah. Sayangnya, Fachrudin membuang peluang itu dengan melakukan pelanggaran terhadap Kritsada Kaman.

Bek tengah Elias Dolah mendapatkan kartu kuning pada menit ke-34 setelah melakukan pelanggaran terhadap Rachmat Irianto. Pemain keturunan Swedia- Thailand itu pun mengalami cedera sehingga harus ditarik keluar.

Kerjasama Asnawi Mangkualam dengan Ricky Kambuaya berhasil membuat Timnas Indonesia mendapatkan peluang. Sayangnya Asnawi memilih untuk melepaskan tembakan saat mendekati kotak penalti. Tembakan Asnawi pun masih jauh dari gawang Timnas Thailand.

Pada menit ke-41, serangan balik Timnas Indonesia berbuah peluang emas. Mendapatkan umpan dari Irfan Jaya, Witan Sulaeman berhasil melepaskan umpan silang mendatar dari sisi kiri. Dedik tak mampu menjangkau bola namun di belakangnya masih ada Alfeandra Dewangga. Bek PSIS Semarang itu membuang peluang setelah sepakannya di depan gawang melambung di atas mistar, padahal dia tak mendapatkan kawalan dari lawan.

Pada akhir babak pertama, Nadeo membuat penyelamatan fantastis dengan menepis tendangan Bordin Phala. Thauland pun tak mampu memanfaatkan hadiah tendangan pojok yang mereka dapatkan.

Skor 0-1 menutup babak pertama final Piala AFF 2020 antara Indonesia vs Thailand. Babak kedua akan dimulai sesaat lagi.

SUMBER: TEMPO

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life13 Mei 2024, 14:45 WIB

5 Tips Membesarkan Remaja Agar Mandiri Serta Bertanggung Jawab Di Masa Depan

Sulit untuk melihat anak tumbuh dan menyadari bahwa dia tidak akan menjadi bayi kecil Anda selamanya. Namun, sangat merugikan jika Anda tidak menanamkan rasa tanggung jawab pengasuhan yang membekali anak menghadapi dunia nyata
membesarkan anak remaja agar mandiri dan bertanggung jawab di masa depan (Sumber : Pexels.com /@Julia M Cameron)
Sukabumi13 Mei 2024, 14:37 WIB

Dinkes Dorong Laboratorium di Kota Sukabumi Terapkan Standar Akreditasi

Kegiatan ini mendorong laboratorium kesehatan menerapkan standar akreditasi.
Dinkes Kota Sukabumi menyelenggarakan pembinaan teknis standar akreditasi laboratorium kesehatan. | Foto: Instagram/@dinkeskotasukabumi
Life13 Mei 2024, 14:30 WIB

7 Tantangan Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Tidak Dihargai

Tantangan-tantangan hidup orang miskin sering kali saling terkait. Akhirnya dapat menciptakan lingkungan yang sulit bagi orang miskin untuk meraih kehidupan yang layak dan dihargai.
Ilustrasi. Tantangan Hidup Orang Miskin yang Membuatnya Sulit Dihargai (Sumber : pixabay.com/@Mario)
Life13 Mei 2024, 14:30 WIB

Membangun Tanggung Jawab Sejak Dini, Berikut Tugas Rumah Yang Sesuai Dengan Usia Anak

Tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan usia anak merupakan salah satu bagian penting dari perkembangan anak.
tugas rumah yang sesuai untuk anak dapat memupuk rasa tanggung jawab (Sumber : pexels.com /@Erina Fairytale)
Life13 Mei 2024, 14:15 WIB

6 Cara Menghilangkan Rasa Jenuh Akibat Beban Kerja yang Menumpuk, Yuk Dicoba

Rasa jenuh memang kerap dialami banyak orang akibat beban pekerjaan selama sehari suntuk. Inilah cara untuk menghilangkan hal demikian
Cara menghilangkan rasa jenuh akibat beban kerja seharian di kantor (Sumber : Pexels.com /RDNE Stock project)
Sukabumi13 Mei 2024, 14:09 WIB

Tiga Pengedar Sabu di Sukabumi Diciduk, Ini Wilayah Penangkapannya

Polisi menangkap terduga pelaku, MA (21 tahun), PP (25 tahun), dan EA (31 tahun).
(Foto Ilustrasi) Polres Sukabumi Kota membongkar sejumlah kasus peredaran narkoba jenis sabu. | Foto: Istimewa
Sehat13 Mei 2024, 14:00 WIB

16 Ikan Laut Purin Sedang Untuk Dimakan Secukupnya Bagi Penderita Asam Urat

Beberapa jenis ikan laut bisa dimakan secukupnya karena memiliki kandungan purin sedang.
Ilustrasi - Beberapa jenis ikan laut bisa dimakan secukupnya karena memiliki kandungan purin sedang. (Sumber : Freepik.com/@bearfotos).
Sukabumi13 Mei 2024, 13:50 WIB

Ramai-ramai Tolak Pencabutan UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi, Merugikan Warga

BPJS seharusnya tidak membuat kebijakan yang merugikan masyarakat.
(Foto Ilustrasi) LSM Korek Mas keberatan atas pencabutan status UHC Non-Cut Off Kabupaten Sukabumi. | Foto: Shutterstock
Sehat13 Mei 2024, 13:45 WIB

9 Manfaat Air Lemon, Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi Cocok Diminum Tiap Hari

Meminum air lemon setiap hari secara rutin ternyata cocok untuk menurunkan kolesterol tinggi, apalagi kandungan di dalamnya juga memiliki manfaat lain untuk menyehatkan tubuh
Ada 9 manfaat dari air lemon untuk kesehatan tubuh, salah satunya turunkan kadar kolesterol tinggi. (Sumber : Freepik.com)
Food & Travel13 Mei 2024, 13:30 WIB

Usia 0-3 Tahun, 4 Jenis Susu Formula untuk Anak yang Harus Diketahui Bunda

Susu formula adalah alternatif nutrisi yang dirancang khusus untuk memberikan nutrisi yang seimbang bagi anak-anak yang tidak dapat atau tidak mendapatkan ASI.
Ilustrasi. Memberikan Susu Formula untuk Anak (Sumber : Pexels/SarahChai)