7 Cerita Masa Kecil Ansu Fati di Sevilla Sebelum Direkrut Barcelona

Minggu 04 Oktober 2020, 15:01 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Pada dinihari nanti, Senin 5 Oktober 2020, pemain penyerang Ansu Fati akan membela FC Barcelona melawan Sevilla untuk pertama kali dalam pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Camp Nou, Barcelona.

Sevilla adalah klub yang dibela Fati selama satu setengah tahun, yaitu dari musim panas 2020 sampai musim gugur 2012. Rentang waktu itu adalah tak hanya masa pembinaan kariernya di sepak bola, tapi juga sebagai manusia.   

Ini adalah cerita tentang pembetukan karier Ansu Fati di Sevilla, sebelum menjadi bintang muda di Barcelona dan sudah melakukan debutnya di tim nasional Spanyol sekarang pada usia 17 tahun.  

1 Dari Mana Anak Kecil Ini Berasal?

Penampilan pertama yang penting buat Ansu Fati dalam membela Sevilla terjadi dalam Turnamen Mini Piala Dunia Junior Antarklub yang digelar setiap tahun di Portugal oleh Ricardo Gody. Turnamen ini sekarang dilaksana di Costa Daurada, Tarragona.

Ansu dalam kategori usia bocah (pre-benjamin). Tapi, pelatih junior di Sevilla, Ernesto Chao, merekrutnya untuk melompati dua kategori usia. Ia bermain melawan anak-anak yang berusia tiga tahun lebih tua darinya.

Fati bermain sangat mengesankan dalam sebuah pertandingan melawan tim dari Brasil. Lawan kemudian meminta bukti tertulis untuk membuktikan bahwa adalah benar ia baru berusia delapan tahun. Ansu kemudian mengelarkan paspornya yang menunjukkan ia dilahirkan di Bissau, Guinea-Bissau, Afrika Barat, pada 31 Oktober 2002.

Sevilla kemudian memenangi turnamen ini setelah mengalahkan Ajax pada final. Di tim Sevilla saat itu adalah seorang pemain lain yang juga kelak bergabung ke Barcelona, yaitu Nils Mortimer dari Malaga yang kini masih berada di Barcelona B.

2 Penuh Bopeng di Kaki

Ketika Ansu Fati bergabung dengan Sevilla, sejumlah rekan satu timnya terkejut melihat kakinya penuh bekas luka. Sejumlah pelatih di Akademi Sevilla penasaran dari mana anak yang penuh bopeng di kakinya ini berasal?

Ansu menjelaskan asal terjadinya penuh bekas tanda luka di kakinya. “Di Bissau, kami biasa bermain di jalanan dan kami sering menabrak pintu serta dinding rumah yang terbuat dari besi.”

3 Idolanya adalah Jesus Navas

Suatu hari, setelah latihan, Ansu pergi bersama pelatihnya ke pusat pertokoan di dekat pusat peralatan olahraga di Sevilla. Ia perlu sepatu bola. Ia mencoba beberapa sepatu, tapi terlalu pendek. Ia kemudan jatuh cinta dengan sepasang sepatu berwarna unggu yang mengingatkan pada salah satu sepasang sepatu milik Jesus Navas, salah satu idola Ansu.

Dengan malu-malu, Ansu Fati meminta jika ia dibelikan sepatu unggu itu dan beberapa hari kemudian, Navas membubuhkan tanda tangan di atas sepatu itu.

Beberapa tahun berlalu. Jesus Navas terbang ke Inggris untuk menerima pinangan Manchester City dan kembali ke Sevilla. Ansu sudah pindah ke Akademi FC Barcelona sampai meraih promosi membela tim utama Barcelona musim lalu. Ia ikut rombongan tim Barcelona bertandang ke Stadion Sanchez Pizjuan, Juni lalu.

Tapi, saat itu Ansu tidak dimainkan dan tidak berani mengetuk pintu kamar ganti lawannya untuk meminta kostum tim Sevilla yang dipakai Jesus Navas. Beberapa hari kemudian melalui seorang karyawan klub, Ansu akhirnya bisa mendapatkan kostum Jesus Navas.

4 Peran Penting Pascual dan María del Mar

Ansu Fati kecil menghabiskan waktu berjam-jam di rumah  Pascual dan María del Mar di Herrera, pasangan manajer bank dan pengacara. Pasangan ini sudah menganggap Ansu seperti anak ketiganya.

Pascual berperan membawa Ansu dari Herrera ke Osasuna, sekitar 85 kilometer dari Seville. Dari Osasuna, Ansu naik bus yang disewa Sevilla untuk membawa sejumlah anak kecil dari kawasan provinsi Andalusia untuk berlatih di klub yang berdomisili di Seville itu.

Pascual dan María del Mar menotong Ansu mengerjakan pekerja rumahnya dan beradaptasi di Herrera. Tahun-tahun berlalu, tapi Ansu tidak melupakan orang tua asuhnya di Herrera itu dan menjalin hubungan sampai sekarang.   

5 Dua Sandwich untuk Persediaan

Adalah kebiasaan Ansu untuk pergi mencari makanan di sebuah bar dalam kawasan markas latihan Sevilla sebelum atau setelah latihan. Ia bisa memesan roti lapis atau sandwich yang pedas ala Spanyol, tortilla sandwich.

Semula kelihatan wajar saja. Tapi, kemudian diketahui María del Mar, wanita yang merawatnya di Herrera, juga membawa sebungkus sandwich untuknya setiap hari.

Staf tim Sevilla kemudian bertanya apa yang dilakukannya dengan sandwich disiapkan María del Mar untuknya dari  Herrera. “Ia bilang kepada kami bahwa di negaranya, anda tidak makan sampai anda sudah punya makan untuk hari berikutnya. Itu sebabnya, ia menyimpan sandwich yang dibawanya dari Herrera da memakan tortilla di kota olahraga ini,” kata seorang staf di Sevilla.

6 Orang Asing di Seville

Ansu Fati baru memperoleh kewarganergaraan Spanyol pada September 2019. Sebelumnya ia adalah adalah pemain asing sebelum berusia 18 tahun. Ansu memperoleh keuntungan dari peraturan di kawasan Andalusia, bahwa klub-klub boleh mendaftarkan para pemain muda asingnya untuk menjalani proses naturalisasi, selama mereka terdatar di Andalusia.

7 Perpisahan Tak Mengenakkan dengan Sevilla

Kepindahannya dari Sevilla ke Barcelona tak berlangsung dengan damai. Menurut Sevilla, Ansu menjalani beberapa bulan terakhirnya tanpa bermain membela klub Andalusia ini. Pasalnya, Barcelona meminta Ansu yang masih sangat muda tidak mengalami cedera ke pindah ke klub di ibukota Catalan ini.

Sevilla tidak pernah menolak untuk memberikan Ansu kepada Barcelona secara bebas. Meski demikian, Sevilla mengakui akan lebih suka melakukan komunikasi lebih jauh dengan ayah Ansu lebih dulu, yang ikut menentukan keputusan untuk menerima lamaran Barcelona.

Ketika masa depan Anfu Fati di tim senior Barcelona belum seperti sekarang dan masih tergabung di Barcelona B, ayahnya dikabarkan menawarkan anaknya ke Sevilla untuk kembali ke klub Andalusia itu. Ansu ditawarkan sang ayah untuk bisa bermain di tim B, Sevilla Atletico, bersama kakaknya, Brahima, yang saat itu bermain untuk Vilafranca. Ayahnya, Bori Fati, mantan pemain sepak bola yang membawa keluarga berimigrasi dari Guinea- Bissau ke Portugal dan kemudian ke Herrera, yang masuk dalam wilayah Seville.

Sumber: Tempo.co

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkini
Sukabumi16 Mei 2024, 23:37 WIB

Berwajah Lugu, Bupati Sukabumi Heran Rahmat Bisa Tega Bunuh Ibu Kandung

Bupati Sukabumi Marwan Hamami sudah meminta adanya pendampingan psikologis Rahmat pembunuh ibu kandung.
Rahmat alias R alias Herang (25 tahun) tersangka kasus pembunuhan ibu kandung di Kalibunder Kabupaten Sukabumi (Sumber : istimewa/warganet)
Sukabumi16 Mei 2024, 22:23 WIB

Kebakaran Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi, Api Muncul dari Ruang Oven

Pabrik Palet Kayu di Parungkuda Sukabumi terbakar. Penyebab kebakaran diduga berasal dari ruang oven.
Petugas Damkar saat berupaya memadamkan api yang membakar ruang oven di Pabrik Palet Kayu yang berada di Parungkuda Sukabumi, Kamis (16/5/2024). (Sumber : Istimewa)
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 21:41 WIB

Komitmen Bangun Kota Sukabumi, Ayep Zaki Serahkan Formulir Pilwalkot ke Gerindra

Ayep Zaki resmi daftar Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi.
Ayep Zaki serahkan berkas formulir pendaftaran Pilwalkot 2024 ke DPC Partai Gerindra Kota Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life16 Mei 2024, 21:00 WIB

9 Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan, Berhenti Sekarang Juga!

Begadang atau kurang tidur yang kronis dapat memiliki dampak yang berkepanjangan terhadap kesehatan.
Ilustrasi. Overthinking di Malam Hari. Dampak Buruk Sering Begadang Terhadap Kesehatan . Sumber: Freepik/pressfoto
Sukabumi Memilih16 Mei 2024, 20:39 WIB

Serentak, KPU Kota dan Kabupaten Sukabumi Resmi Lantik PPK Untuk Pilkada 2024

Jelang Pilkada 2024, sebanyak 35 PPK di Kota Sukabumi dan 235 PPK di Kabupaten Sukabumi dilantik serentak.
Suasana pelantikan PPK Pilkada 2024 di Kabupaten Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Sehat16 Mei 2024, 20:30 WIB

Tips Meningkatkan Kualitas Tidur di Malam Hari Saat Terjadi Serangan Asam Urat

Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat.
Ilustrasi - Asam urat dapat menyerang di malam hari, dan menemukan solusi untuk meningkatkan kualitas tidur adalah hal yang tepat. (Sumber : Freepik.com/DC Studio)
Sukabumi16 Mei 2024, 20:12 WIB

Gelar Aksi Bersih-bersih Pantai, Camat Simpenan soal Masalah Sampah di Pesisir Loji Sukabumi

Forkopimcam Simpenan Sukabumi gelar bersih-bersih pantai di pesisir Loji. Terkumpul dua truk
Ratusan orang bersih-bersih pesisir Loji Sukabumi. (Sumber : SU/Ilyas)
Food & Travel16 Mei 2024, 20:00 WIB

9 Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat, Tetap Sehat!

Pastikan untuk memperhatikan porsi dan memilih cemilan yang sehat dan seimbang untuk penderita asam urat.
Ilustrasi - Camilan sehat. Rekomendasi Cemilan Malam untuk Penderita Asam Urat (Sumber : pexels.com/@Antoni Shkraba)
Life16 Mei 2024, 19:30 WIB

10 Cara Membantu Anak Berteman dan Bersosialisasi, Yuk Bunda Ajarkan!

Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan.
Ilustrasi - Membantu anak berteman baik dan bersosialisasi adalah hal yang penting dilakukan. (Sumber : Pixabay.com/@Bessi)
Jawa Barat16 Mei 2024, 19:17 WIB

Terkait Publisher Rights, AMSI Dorong Anggota Jadi Media Terverifikasi Dewan Pers

Di tengah kehadiran Perpres Publisher Rights, AMSI mendorong perusahaan pers yang jadi anggotanya agar bisa terverifikasi oleh Dewan Pers.
Suasana diskusi bertema "Publisher Rights dan Keberlangsungan Ekosistem Bisnis Media Siber di Jawa Barat". (Sumber : Istimewa)