Piala Presiden: Penjualan Tiket PSMS Vs Persija Pecahkan Rekor

Sabtu 24 Februari 2018, 16:47 WIB

SUKABUMIUPDATE.com - Tiket yang terjual pada pertandingan leg pertama semifinal Piala Presiden 2018 antara PSMS Medan dan Persija Jakarta di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu malam, 10 Februari 2018, mencapai 22.370 tiket. Angka tersebut merupakan rekor tertinggi dalam hal penjualan tiket di Stadion Manahan selama Piala Presiden 2018.

"Dari 22.370 tiket yang terjual tadi (kemarin), hasilnya sebesar Rp 757.300.000," kata ketua panitia penyelenggara lokal Piala Presiden 2018, Hari "Gogor" Isranto, saat dihubungi Tempo pada Ahad dinihari, 11 Februari 2018. Gogor menambahkan, mayoritas tiket diborong Jakmania, sebutan suporter Persija.

Sebelum dipilih menjadi rumah bagi PSMS dan Persija untuk dua leg semi final pada Sabtu dan Senin pekan depan (10-12 Februari), Stadion Manahan juga menjadi tempat penyelenggaraan babak perempat final pada 3-4 Februari lalu. Perempat final itu menampilkan delapan tim. Tiga di antaranya, yaitu Persija, Persebaya, dan Arema, mengerahkan suporter dalam jumlah besar.

Jumlah tiket yang terjual pada babak perempat final paling tinggi hanya 22.184 tiket, yakni saat Persebaya melawan PSMS pada Ahad, 4 Februari. Namun jumlah tiket yang terjual tidak selalu berbanding lurus dengan jumlah penonton. "Saat Persebaya versus PSMS Medan, ada sekitar 3.000 suporter Persebaya yang masuk tanpa tiket," ujar Gogor kepada Tempo, Kamis pekan lalu.

Menurut Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018 Maruarar Sirait, hasil penjualan tiket bukanlah satu-satunya tolok ukur keberhasilan Piala Presiden. "Jumlah pedagang asongan dan pedagang kaki lima (PKL) meningkat signifikan selama Piala Presiden bergulir. Artinya, ekonomi mikro jadi tumbuh dan bergairah. Ini sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo, Piala Presiden menjadi hiburan sekaligus mendongkrak ekonomi rakyat," ucapnya di Stadion Manahan pada Sabtu, 3 Februari lalu.

Sejajar dengan kenaikan penjualan tiket, jumlah pedagang asongan dan PKL di kawasan Stadion Manahan pada leg pertama semi final Piala Presiden juga tercatat mengalami peningkatan. "Jumlah PKL mencapai 323 unit. Sedangkan pedagang asongannya sebanyak 147 orang," tutur Gogor. 

Pada pertandingan pertama perempat final Piala Presiden Persebaya melawan PSMS Medan, 3 Februari, jumlah PKL di kawasan Stadion Manahan hanya 279 unit dan belum ada pedagang asongan yang muncul. Meski kehadiran pedagang asongan di dalam stadion dikhawatirkan bakal menjadi penyedia "amunisi" bagi para pelaku lempar botol, insiden tersebut belum pernah terjadi. "Pertandingan selalu berjalan dengan tertib. Tidak ada satu pun insiden pelemparan botol air mineral ke lapangan," kata Gogor.

Sumber: Tempo

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sukabumi04 Mei 2024, 00:01 WIB

Bayi Baru Lahir Ditemukan Menangis di Semak-semak Gegerkan Warga Gunungguruh Sukabumi

Berawal dari suara tangis, Warga Gunungguruh Sukabumi temukan bayi baru lahir berlumuran darah di semak-semak.
Penemuan bayi laki-laki baru lahir di Gunungguruh Sukabumi. Ditemukan menangis di semak-semak kebun. (Sumber : Istimewa)
Sukabumi03 Mei 2024, 21:46 WIB

5 Perangkat Daerah Kabupaten Sukabumi Akan Dinilai Ombudsman, Ini Arahan Sekda

5 perangkat daerah Kabupaten Sukabumi yang akan dinilai Ombudsman yaitu DPMPTSP, Dinsos, Dinkes, Disdik dan Disdukcapil.
Sekda kabupaten Sukabumi Ade Suryaman, memimpin rapat pembahasan persiapan penilaian pelayanan publik oleh Ombudsman. (Sumber : Dokpim Pemkab Sukabumi)
Life03 Mei 2024, 21:00 WIB

12 Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar

Berikut Beberapa Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. Meskipun Hati Sangat Kesal pada Mereka, Coba untuk Tetap Empati Ya!
Ilustrasi. Pasangan bertengkar. Tips Menghadapi Orang Egois yang Selalu Merasa Benar. (Sumber : Freepik.com)
Sehat03 Mei 2024, 20:30 WIB

7 Daun yang Berkhasiat Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah dalam Tubuh

Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.
Ilustrasi daun kelor. Daun-daun ini dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. (Sumber : Instagram/@dina_dara_chadank)
Sukabumi03 Mei 2024, 20:08 WIB

Kronologi Pasutri Tewas Tertabrak KA Siliwangi di Sukabumi, Korban Sudah Diteriaki

Warga ceritakan detik-detik suami istri tewas tertabrak kereta api KA Siliwangi di Kebonpedes Sukabumi.
Tempat Kejadian Perkara Pasutri tertabrak kereta api di Kampung Babakansirna, Rt 03/04, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Sukabumi. (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Keuangan03 Mei 2024, 20:00 WIB

10 Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!

Waspada Terhadap Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidupmu Miskin, Jangan Lakukan!
Finansial Terbatas. Kebiasaan Sepele yang Bisa Membuat Hidup Miskin | Foto : Karolina Grabowska/Pexels
Gadget03 Mei 2024, 19:30 WIB

Begini Langkahnya, 7 Tips Mengatasi Memori Internal yang Penuh di HP Android

Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.
Ilustrasi. Ada beberapa cara untuk mengatasi memori internal HP yang penuh.(Sumber : Freepik/@rawpixel.com)
DPRD Kab. Sukabumi03 Mei 2024, 19:11 WIB

Pelajar Sukabumi Darurat Kekerasan Seksual, DPRD: Penguatan Ilmu Agama, Sekolah dan Rumah

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Budi Azhar merespon dua kasus kekerasan seksual yang melibatkan pelajar.
Budi Azhar Mutawalli, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi | Foto: Aji
Sukabumi Memilih03 Mei 2024, 19:10 WIB

50 Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi Hasil Pemilu 2024 Ditetapkan, Berikut Daftar Namanya

Sah! Berikut daftar nama Anggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024.
KPU gelar rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi parpol dan penetapan calon angggota DPRD Kabupaten Sukabumi hasil Pemilu 2024, Kamis 2 Mei 2024. (Sumber : Istimewa)
Life03 Mei 2024, 19:00 WIB

Biasa Menjadi Luar Biasa: 10 Kebiasaan Kecil yang Membuatmu Dihormati dan Disegani

Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha.
Ilustrasi -Menjadi orang yang disegani dan dihormati membutuhkan waktu dan usaha. (Sumber : pexels.com/Alexander Suhorucov)