Masalah Keuangan Hingga Simic, Persija Jakarta Buka-bukaan Kondisinya Saat Ini

Sabtu 01 Juli 2023, 20:30 WIB
Persija Jakarta Buka-bukaan soal kondisinya saat ini mulai dari masalah keuangan hingga bergabungnya kembali Marko Simic | (Sumber : Instagram/@markosimic_77)

Persija Jakarta Buka-bukaan soal kondisinya saat ini mulai dari masalah keuangan hingga bergabungnya kembali Marko Simic | (Sumber : Instagram/@markosimic_77)

SUKABUMIUPDATE.com - Persija Jakarta menjadi salah satu klub besar Indonesia yang tidak akan dianggap remeh setiap lawannya. Dengan finish sebagai runner up Liga 1 musim 2022/23, mereka menjadi salah satu klub yang difavoritkan juara di musim ini.

Namun, siapa sangka jika saat ini Macan Kemayoran sedang tidak baik-baik saja. Salah satu yang menjadi sorotan yaitu soal mereka yang memutuskan merekrut kembali Marco Simic.

Padahal sebelumnya Simic telah memutuskan meninggalkan Persija dan terlibat konflik dengan manajemen klub Ibu Kota tersebut.

Baca Juga: Nama 3 Pemain Ini Tak Didaftarkan Persib ke PT LIB, Indikasi Bakal Dilepas?

Terkini Presiden klub Mohamad Prapanca membeberkan masalah yang tengah dihadapi Persija Jakarta saat menatap musim baru.

Dalam surat terbuka yang ditujukan kepada suporter Persija Jakarta The Jakmania Prapanca menjelaskan alasan lambannya klub di bursa transfer musim ini hingga alasan kembali merekrut Marko Simic.

Berikut surat terbuka Presiden Persija Jakarta yang ditujukan untuk The Jakmania.

“TOGETHER, STRONGER

Halo the Jakmania,

Perjuangan panjang Persija di Liga 1 2023/2024 akan dimulai pada awal pekan depan. PSM menjadi ujian pertama Andritany Ardhiyasa dan kolega dalam laga yang tersaji di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Senin (3/7/2023), pukul 19.00 WIB.

Mungkin banyak diantara kalian yang merasa bahwa persiapan Persija jelang musim baru sedang tidak baik-baik saja. Mulai dari ketidakpastian venue pertandingan, perdebatan soal Marko Simic, insiden mati lampu Stadion Patriot, dan tentunya belum lengkapnya pemain asing Persija.

Baca Juga: Laga Liga 1 Persija Jakarta vs PSM Makassar Diundur Sehari

Sebagai nahkoda yang memimpin kapal Persija ini, tentu seluruh awak dan penumpang kapal berhak untuk tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi. Kami menyadari bahwa dalam masa persiapan menyambut musim baru, Persija menemui dinamika di berbagai aspek, yang membuat seolah kapal kami sedikit oleng.

Harus diakui badai yang terjadi musim lalu akibat tragedi Kanjuruhan benar-benar menohok. Luka akibat kehilangan beberapa partai kandang dan mundurnya sponsor di musim lalu turut berimbas pada stabilitas finansial di akhir musim dan awal musim ini. Alhasil, banyak pekerjaan rumah yang harus kami selesaikan lebih dulu, sebelum kami bisa tancap gas untuk musim baru. Kapal ini perlu menepi sejenak untuk mengonsolidasikan perbekalan dan logistik sebelum mengarungi samudera Liga 1 2023-2024.

Langkah terpenting adalah membangun sinergi dengan pengelola Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Buat kami penting, Persija harus berlabuh di stadion kebanggan Indonesia ini demi memanjakan Jakmania semua. Syukur alhamdullilah, akhirnya Persija dapat menggelar pertandingan di SUGBK sejak pekan perdana Liga 1 2023/2024.

Konsolidasi berikutnya adalah memperkuat barisan manajemen. Per bulan lalu (Juni), Persija resmi menetapkan Sebastien Lecrec sebagai Direktur Komersial yang baru. Kepakaran beliau di dunia pemasaran olahraga dengan sederet pengalaman di FIFA, UEFA, Red Bull, dan masih banyak lagi menambah kekuatan Persija pada sektor komersial.

Terakhir adalah soal rekruitmen pemain asing. Setelah melalui pertimbangan panjang, seluruh elemen klub sepakat untuk kembali merekrut Marko Simic. Jujur, kebijakan ini terkesan romantis belaka, tetapi sejatinya kebijakan ini didasari rasa hormat kedua belah pihak untuk mencetak prestasi Persija yang lebih tinggi di masa mendatang.

Bagaimana dengan rekrutmen pemain asing lainnya? Saat ini, kami sedang melakukan finalisasi tahap akhir terhadap pemain incaran hasil rekomendasi Thomas Doll. Kami menyadari bahwa proses ini terasa berjalan lamban. Meski demikian, manajemen merasa perlu untuk melakukan rekrutmen secara cermat dengan analisa yang mendalam. Sebab pemain asing adalah tulang punggung yang akan menjadi penopang kapal ini. Tentu, kami tidak boleh salah memilih hanya karena keterburu-buruan.

Kini kita semua, yaitu pelatih, pemain, official, manajemen, dan Jakmania, harus tetap meyakini bahwa Persija merupakan tim besar yang selalu memiliki tradisi untuk bertahan dalam segala rintangan yang menerpa. Kejayaan dan nama besar Persija pasti akan tetap kami topang dalam singgasana kehormatannya.

Ombak deras ini tidak boleh menggerus semangat juang kita untuk memberikan yang terbaik di setiap pertandingan. Pelaut ulung tidak lahir dari laut yang tenang. Sang Juara juga tidak lahir dari kemudahan. Kompetisi diibaratkan ajang ekspedisi melintasi samudera yang memerlukan nafas maraton. Kita harus berkeja keras bukan untuk menjadi yang tercepat di awal, tetapi menjadi yang terbaik pada akhir musim.

Kepada pemain ke-12 kami, Jakmania, mari tetap saling perpegangan tangan dalam mengarungi ketatnya persaingan Liga 1. Bersatu kita teguh, bersama kita makin kuat. We are Together Stronger!

Gua Persija, Gua Champions!”.

Sumber: Persija.id

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Editor :
Berita Terkait
Berita Terkini
Bola24 April 2024, 12:00 WIB

Prediksi Persebaya Surabaya vs Bali United di Liga 1: Susunan Pemain, H2H dan Skor Akhir

Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini.
Persebaya akan melawan Bali United di Liga 1 2023/2024 pekan ke-33 sore ini. (Sumber : X@persebayaupdate/@BaliUtd).
Life24 April 2024, 11:40 WIB

Perhatian Positif Bisa Kurangi Masalah Perilaku, Terapkan 3 Tips Ini untuk Bantu Anak

Memiliki hubungan yang sehat dan positif dengan anak dapat membantu mengurangi masalah perilaku dan mempererat hubungan orang tua dan anak.
Ilustrasi perhatian positif dapat mengurangi masalah perilaku pada anak. | Foto: Freepik
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:29 WIB

Belum Ditambah dari Jabar, Pilkada 2024 Kota Sukabumi akan Habiskan Rp 25 Miliar

Anggaran Rp 25 miliar ini muncul setelah perampingan dari pengajuan Rp 37 miliar.
(Foto Ilustrasi) KPU menyebut pilkada serentak tahun 2024 di Kota Sukabumi akan menyerap anggaran sekitar Rp 25 miliar. | Foto: Istimewa
Sukabumi Memilih24 April 2024, 11:08 WIB

Anggaran Pilkada Kota Sukabumi Capai Rp25 Miliar

Ketua KPU Kota Sukabumi Imam Sutrisno mengatakan anggaran sebesar Rp25 miliar itu muncul setelah melalui proses perampingan anggaran.
Ketua KPU Kota Sukabumi saat diwawancarai pada Selasa (23/4/2024). (Sumber : SU/Asep Awaludin)
Life24 April 2024, 11:01 WIB

Beri Pujian, Terapkan 8 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Memukul

Memukul sering dilakukan oleh banyak orang tua, karena menurut mereka hal ini efektif untuk mendisiplinkan anak. Padahal, hal ini memiliki efek negatif jangka panjang pada diri anak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa memukul. | Foto: Freepik
Life24 April 2024, 11:00 WIB

Melihat Dirimu Apa Adanya, 10 Ciri Si Dia Ternyata adalah Jodoh Sejatimu

Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama.
Ilustrasi - Jodoh adalah seseorang yang akan menemani kita dalam suka dan duka, menjadi partner hidup, dan membangun keluarga bersama. (Sumber : Freepik.com/@marymarkevich)
Sukabumi24 April 2024, 10:52 WIB

Selamat! 66 Siswa Dapat Beasiswa Wali Kota Sukabumi di Universitas Nusa Putra

Calon mahasiswa peraih beasiswa ini merupakan hasil seleksi dari ratusan peserta.
Pemerintah Kota Sukabumi bekerja sama dengan Universitas Nusa Putra memberikan beasiswa kepada 66 siswa. | Foto: Universitas Nusa Putra
Life24 April 2024, 10:31 WIB

6 Cara Mendisiplinkan Anak Tanpa Membentak, Salah Satunya Tetapkan Aturan yang Jelas

Ketika sering membentak atau mengomel anak, maka mereka akan menangkap bahwa hal itu boleh dilakukan kepada orang lain. Ada cara lain untuk mendisiplinkan anak tanpa perlu membentak.
Ilustrasi mendisiplinkan anak tanpa membentak. | Foto: Pexels.com/@Monstera Production
Sehat24 April 2024, 10:30 WIB

10 Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah

Penderita Diabetes atau Gula Darah Tinggi Yuk Simak, Ini Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah!
Ilustrasi - Konsumsi Buah-buahan Sehat. Prinsip Pola Makan yang Baik untuk Penderita Gula Darah (Sumber : Freepik/ASphotofamily)
Sukabumi24 April 2024, 10:22 WIB

Isi BBM Lalu Muncul Api, Kronologi Kebakaran Angkot di SPBU Gedongpanjang Sukabumi

Mulyana kemudian melihat api dan tak lama api langsung menyambar celananya.
Tangkapan layar video kebakaran angkot di SPBU Jalan RH Didi Sukardi, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang, Kota Sukabumi, Rabu (24/4/2024). | Foto: Istimewa/Facebook Dedi Suhendra