5 Wasit Terkenal Berlisensi FIFA yang Gagal Lolos Seleksi di Liga 1 2023/2024

Jumat 23 Juni 2023, 20:45 WIB
5 Wasit Terkenal Berlisensi FIFA yang Gagal Lolos Seleksi di Liga 1 2023/2024. | (Sumber : Istimewa.)

5 Wasit Terkenal Berlisensi FIFA yang Gagal Lolos Seleksi di Liga 1 2023/2024. | (Sumber : Istimewa.)

SUKABUMIUPDATE.com - Wasit yang lolos bertugas di Liga 1 musim 2023/2024 hanya ada 18 saja. Hal itu diumumkan langsung oleh Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

Sayangnya, dari beberapa wasit yang lolos ada nama-nama wasit yang terkenal dan juga sarat kontroversi yang tidak lolos seleksi untuk Liga 1 musim depan.

Wasit-wasit yang tidak lolos ini sebelumnya malah menjadi langganan memimpin laga di Liga 1 2022/2023.

Seleksi wasit Liga 1 2023/2024 dilakukan bersama Federasi Sepak Bola Jepang (JFA). Setidaknya, ada 55 wasit yang mengikuti seleksi untuk memimpin Liga 1. Namun, tak semuanya lolos seleksi.

Baca Juga: Link Nonton Film Sewu Dino Full Movie, Film Horor Tentang Santet yang Mematikan

Dari yang lolos itu 18 peringkat teratas akan memimpin pertandingan Liga 1. Sisanya akan bertugas di Liga 2 pada peringkat 15-24.

Dalam daftar 18 wasit itu, ada beberapa nama wasit yang tak muncul. Padahal, wasit-wasit ini kiprahnya sudah cukup dikenal di Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan telah mengantongi lisensi FIFA.

Berikut deretan wasit terkenal yang gagal lolos seleksi untuk memimpin pertandingan Liga Indonesia musim depan dikutip via Suara.com.

1. Iwan Sukoco

Iwan Sukoco merupakan salah satu wasit terkenal yang tak lolos seleksi. Lelaki asal Malang, Jawa Timur, ini juga berstatus sebagai wasit senior di sepak bola Indonesia.

Kariernya sudah dimulai sejak 2009. Wasit yang berstatus sebagai anggota TNI ini juga pernah mendapat penghargaan sebagai wasit terbaik ISL 2013-2014. Namun, kepemimpinannya juga sering diwarnai keputusan kontroversial.

2. Aprisman Aranda

Secara mengejutkan, wasit asal Indonesia yang telah mengantongi lisensi FIFA, Aprisman Aranda, gagal lolos seleksi untuk memimpin jalannya Liga 1 musim depan.

Baca Juga: 6 Spot Menarik di Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi yang Wajib Kamu Kunjungi

Padahal, Aprisman Aranda punya rekam jejak yang panjang di level internasional. Dia juga berstatus sebagai wasit Indonesia termuda yang memiliki lisensi FIFA, tepatnya sejak 2020.

3. Oki Dwi Putra

Wasit terkenal lainnya yang gagal menembus seleksi untuk menjadi perangkat pertandingan di Liga 1 musim depan ialah Oki Dwi Putra. Wasit asal Bandung ini memang namanya sudah tak asing.

Dia telah mendapatkan lisensi FIFA sejak 2010. Namun, karena tak diperbarui, lisensi itu sudah tak lagi dipegang lelaki berusia 39 tahun tersebut.

Baca Juga: Intip 5 Potret Cantik Shita, Janda Muda yang Diklaim dari Sukabumi

4. Mustofa Umarella

Selanjutnya, ada nama Mustofa Umarella yang akan absen pada Liga 1 musim depan karena tak lolos seleksi. Dia sudah memimpin jalannya kompetisi kasta tertinggi sejak 2016.

Mustofa Umarella merupakan salah satu wasit yang sebetulnya berkualitas. Sebab, dia pernah mendapat penghargaan Wasit Terbaik Piala Presiden 2017 dan Wasit Terbaik Liga 1 2017.

5. Fariq Hitaba

Wasit dengan lisensi FIFA lainnya yang dipastikan tak akan memimpin jalannya Liga 1 musim depan ialah Fariq Hitaba. Lisensi tertinggi ini diperoleh sejak 2020.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Dekat Kota Sukabumi yang Indah dan Wajib Kamu Kunjungi

Pada musim lalu, dia mendapatkan 10 kali penugasan untuk memimpin jalannya Liga 1, termasuk empat laga yang dijalani Persib Bandung.

Sumber: Suara.com (Muh Faiz Alfarizie)

 

 

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkait
Berita Terkini
Life02 Mei 2024, 18:00 WIB

Doa Meminta Rezeki dari Segala Penjuru: Halal, Berkah dan Berlimpah

Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit.
Ilustrasi. Berdoa.  Berdoa meminta rezeki dapat memberikan harapan dan optimisme bahwa Allah SWT akan memberikan yang terbaik bagi mereka, meskipun dalam situasi yang sulit. Sumber Foto : Pexels/Alena Darmel
Jawa Barat02 Mei 2024, 17:52 WIB

Sukseskan WHO24, LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang

Untuk sukseskan program Wajib Halal Oktober 2024 (WHO24), formatur pengurus Lembaga Pendamping Proses Produk Halal Edukasi Wakaf Indonesia (LP3H EWI) Kabupaten Bogor menginisiasi temu rembug dengan pengurus LP3H EWI Jabar
LP3H EWI Bogor Gelar Temu Rembug dan Sosialisasi Wakaf Uang | Foto : Ist
Sukabumi02 Mei 2024, 17:28 WIB

Setuju Duel Terkapar 1, Polisi Tetapkan 2 Tersangka Tawuran Pelajar di Palabuhanratu Sukabumi

Polisi ungkap kronologi aksi tawuran yang viral di media sosial antara dua kelompok pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Jalan Patuguran, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi yang menelan korban luka parah.
Tangkapan layar video tawuran antar pelajar di Palabuhanratu Sukabumi | Foto : Ist
Musik02 Mei 2024, 17:00 WIB

Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Eks Personil CJR

Inilah Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan Ex Personil Coboy Junior (CJR) yang Viral di Medsos.
Lirik Lagu Cinta Luka Sempurna Iqbaale Ramadhan. Foto: YouTube/IqbaalRamadhan
Keuangan02 Mei 2024, 16:30 WIB

Hindari 5 Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya

Yuk Hindari Sekarang! Inilah Sederet Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya
Ilustrasi. Belanja berlebihan. | Gaya Hidup Boros yang Membuat Hidup Miskin dan Sulit Kaya. (Sumber : pexels.com/AndreaPiacquadio)
Bola02 Mei 2024, 16:28 WIB

Malam Ini, Nobar Pila AFC U-23 Indonesia VS Irak di Halaman Mapolres Kota Sukabumi

Perebutan juara ketiga yang mempertemukan antara Indonesia dengan Irak itu akan digelar hari ini pada Kamis (02/5) sekira pukul 22:30 WIB, malam.
Nonton bareng pertandingan Piala AFC U-23 Indonesia vs Irak di Halaman Maporles Kota Sukabumi | Foto : Ist
Entertainment02 Mei 2024, 16:00 WIB

Rizky Febian dan Mahalini Dikabarkan Bakal Menikah Secara Adat di Bali Pada 5 Mei

Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024.
Rizky Febian dan Mahalini dikabarkan akan melangsungkan pernikahan secara adat di Bali pada Minggu, 5 Mei 2024. (Sumber : Instagram/@rfasmusic)
Life02 Mei 2024, 15:23 WIB

6 Sikap yang Membuat Anda Sulit Dipercaya Orang Lain di Masyarakat

Beberapa sikap dalam hidup rupanya berpengaruh terhadap penilaian orang lain, salah satunya menjadi patokan apakah dipercaya apa tidak di mata orang
Sikap yang membuat orang sulit dipercaya | Foto : Pexels/Liza Summer
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Bejat, Gadis 13 Tahun Digilir 8 Remaja di Kosan Usai Dicekok Miras di Sukabumi

Berawal dari status di media sosial, gadis dibawah umur berinisial R (13 tahun) warga Salabintana, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, menjadi korban pencabulan dan digilir delapan orang.
Ilustrasi, Gadis inisial R (13 tahun) asal Selabintana menjadi korban pencabulan 8 remaja di kosan di Cicantayan Kabupaten Sukabumi | Foto: : Freepik/raybon
Sukabumi02 Mei 2024, 15:15 WIB

Pernah Jadi Korban, Pengakuan Pembunuh dan Pelaku Sodomi Bocah SD di Sukabumi

Polisi akan memeriksa secara medis kejiwaan S dan wilayah lubang anusnya.
(Foto Ilustrasi) Terduga pelaku pembunuhan dan sodomi di Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, berinisial S (14 tahun), mengaku pernah menjadi korban. | Foto: Pixabay