Kualifikasi Piala Asia U-20: Timnas Indonesia Tekuk Hong Kong 5-1

Jumat 16 September 2022, 22:22 WIB

SUKABUMIUPDATE.comTimnas Indonesia U-20 berhasil mengalahkan Hong Kong di matchday kedua Grup F Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 dengan skor 5-1 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jumat (16/9/2022) malam.

Sayangnya, kemenangan tim Merah Putih ini harus dibayar mahal. Kiper andalan Timnas Indonesia U-20, Cahya Supriadi harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan lebih lanjut usai terjadi benturan dengan rekannya sendiri, Ahmad Rusadi. Kondisi penjaga gawang Persija Jakarta itu masih menjadi tanda tanya.

Tentu saja ini cukup merugikan bagi skuad Garuda Nusantara --julukan Timnas Indonesia U-20. Apalagi, Marselino Ferdinan dan kawan-kawan masih harus menghadapi musuh bebuyutannya Vietnam, pada Minggu (18/9/2022).

Timnas Indonesia U-20 langsung menekan sejak peluit kick-off dibunyikan. Gempuran yang terus dilakukan membuat lini pertahanan Hong Kong cukup kerepotan.

Memasuki menit kesembilan Timnas Indonesia U-20 membuka keunggulan. Berawal dari set-piece, Rabbani Tasnim menyambut bola dengan sundulannya yang langsung meluncur ke dalam gawang Hong Kong.

Timnas Indonesia U-20 seakan tidak puas hanya mencetak satu gol di babak pertama. Tekanan semakin kencang hingga hampir seluruh pemain Hong Kong ada di area pertahanannya sendiri.

Upaya tersebut membuahkan hasil di menit 21. Berawal dari kerja sama satu dua, Alfriyanto Nico menyelesaikan tendangannya dengan sangat baik dan mengubah papan skor menjadi 2-0.

Permainan satu dua lebih banyak ditampilkan kali ini. Ahmad Rusadi dan kawan-kawan terlihat bermain sabar menunggu lengahnya pemain-pemain Hong Kong.

Sementara Hong Hong kesulitan membongkar pertahanan Timnas Indonesia U-20. Meski memang ada beberapa kejadian yang cukup membuat deg-degan penonton.

Papan skor kembali berubah di menit 43. Aksi individu Zanadin Fariz melewati pemain-pemain Hong Kong berakhir manis. Gol berkelas dicetaknya sekaligus menutup babak pertama dengan skor 3-0.

Di babak kedua Timnas Indonesia U-20 bermain lebih santai. Tapi, skuad Garuda Nusantara tetap menguasai jalannya permainan.

Memasuki menit ke-58, insiden terjadi di area penalti Timnas Indonesia U-20. Cahya Supriadi yang tengah berusaha menyapu bola terkena kaki rekannya sendiri.

Cedera yang dialami Cahya cukup serius, dan pemain Persija Jakarta itu harus dilarikan ke rumah sakit menggunakan ambulans.

Seiring dengan insiden tersebut, wasit menunjuk titik putih karena sebelum benturan Supriadi dan Ahmad Rusadi, bek Indonesia lebih dulu melakukan handball di kotak terlarang.

Timnas Indonesia U-20 pun kebobolan lewat titik putih pada menit ke-63. Chen Ngo Hin sukses membobol gawang Timnas Indonesia U-20 yang kini dijaga Aditya Arya sekaligus mengubah skor menjadi 3-1.

Berhasil membobol gawang Timnas Indonesia U-20, kepercayaan diri para pemain Hong Kong nampak meningkat. Di sisi lain, tempo permainan yang ditunjukkan skuad Garuda Nusantara menurun.

Sepuluh menit jelang pertandingan selesai, pemain-pemain andalan Timnas Indonesia U-20 mulai diturunkan. Mulai Frengky Missa hingga Marselino Ferdinan.

Perubahan strategi yang dilakukan pelatih Shin Tae-yong terbukti jitu. Marselino Ferdinan mencetak gol pada menit ke-85 setelah menerima umpan dari Robi Darwis yang juga belum lama dimainkan oleh Pelatih Shin Tae-yong.

Marselino Ferdinan mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini melalui titik putih. Wonderkid Persebaya Surabaya mampu mengecoh kiper Hong Kong.

Di sisa waktu pertandingan, skuad Garuda Nusantara terus menggempur pertahanan Hong Kong. Sejumlah peluang didapat namun tak satupun yang mampu dikonversi menjadi gol.

Skor 5-1 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-20 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Timnas Indonesia U-20 (3-5-2): Cahya Supriadi; Ahmad Rusadi, Barnabas Sobor, Dia Syayid Alhawari; Arsa Ramadan Ahmad, Zanadin Fariz, Achmad Maulana Syarif, Lafriyanto Nico, Dony Tri Pamungkas; Rabbani Tasnim, Rahmat Beri Santoso.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Hong Hong (4-3-3): Phong Cheuk Hei; Ryan Lee, Xavier Chang, Law Cheuk Hei, Ellison Tsang; Tang In Chim, Sohgo Ichikawa, Osmond Chan; Adriel Chan, Chen Ngo Hin, Lee Lok Him.

Pelatih: Cheung Kin Fung.

SUMBER: SUARA.COM

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Sehat15 Mei 2024, 20:30 WIB

Teri Termasuk 4 Ikan Laut yang Tinggi Purin dan Tidak Aman untuk Penderita Asam Urat

Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat.
Ilustrasi - Ikan laut ini sebaiknya dihindari karena kandungan tinggi purin yang tidak aman dikonsumsi penderita asam urat. (Sumber : Pixabay.com/@Jinhahahaha).
Sukabumi15 Mei 2024, 20:22 WIB

Usai Autopsi, Jenazah Korban Pembunuhan di Kalibunder Sukabumi Dimakamkan

Korban pembunuhan anak kandung dimakamkan di kampung halamannya di Kalibunder Sukabumi.
Puluhan warga, sanak saudara hingga pemerintah kewilayahan setempat mengiri pemakaman jenazah korban pembunuhan anak kandung di Kalibunder Sukabumi. (Sumber : Istimewa)
Life15 Mei 2024, 20:00 WIB

Kenali 8 Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua!

Anak yang stres karena sering dimarahi orang tua mungkin menunjukkan rasa takut atau kecemasan yang berlebihan, terutama terhadap situasi yang terkait dengan orang tua atau lingkungan rumah.
Ilustrasi. Ciri Anak Mengalami Stres Karena Sering Dimarahi Orang Tua. (Sumber : Pexels/JuanPhotoAndVideo)
Sukabumi15 Mei 2024, 19:13 WIB

9 PPK Bermasalah di Pileg 2024 Lolos 10 Besar Penyelenggara Pilkada di Kota Sukabumi

Terdapat 9 nama PPK yang bermasalah di Pileg 2024 dinyatakan lolos 10 besar calon PPK Pilkada Serentak 2024, ini kata KPU Kota Sukabumi.
Ilustrasi PPK Pilkada Serentak 2024. | Foto : Sukabumi Update
Bola15 Mei 2024, 18:30 WIB

Link Live Streaming Madura United vs Borneo FC di Semifinal Leg 1 Championship Series

Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya.
Bagi kamu yang ingin menyaksikan pertandingan Semifinal Leg 1 Championship Series Liga 1 2023/2024 antara Madura United vs Borneo FC berikut kami sediakan layanan live streamingnya. (Sumber : maduraunitedfc.com/Ist).
Nasional15 Mei 2024, 18:01 WIB

Gempa M5,4 Guncang Kepulauan Seribu, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Berikut hasil analisis BMKG soal gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta.
Episenter Gempa M5,4 di Kepulauan Seribu DKI Jakarta (Sumber : BMKG)
Life15 Mei 2024, 18:00 WIB

3 Doa Penenang Hati untuk Diamalkan Sebagai Penangkal Masalah dan Kegelisahan Hidup

Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup.
Ilustrasi sedih dan gelisah -  Doa penenang hati dapat membantu kita mengalihkan fokus dari masalah dan kekhawatiran dan mengingat hal-hal positif dalam hidup. | (Sumber : Freepik.com)
Sehat15 Mei 2024, 17:30 WIB

Jantung Sehat dan Hidup Bahagia, 3 Cara Menurunkan Kolesterol Tinggi Pada Lansia

Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.
Ilustrasi - Ada beberapa cara menurunkan kolesterol tinggi pada lansia yang bisa dilakukan.(Sumber : Freepik.com/@Lifestylememory)
Sehat15 Mei 2024, 17:15 WIB

5 Bahan Herbal Ini Bisa Jadi Obat Rumahan Untuk Asam Urat, Yuk Dicoba

Asam urat bisa diredakan nyeri dan gejalanya dengan mencoba mengkonsumsi bahan-bahan herbal ke dalam menu makanan di rumah. meski hasilnya tidak instan tapi bisa membantu untuk sembuh secara perlahan
Ilustrasi bahan herbal yang bisa dijadikan obat rumahan untuk penyakit asam urat. (Sumber : Freepik.com)
Sukabumi15 Mei 2024, 17:12 WIB

3 Terdakwa Korupsi Penyertaan Modal Perumda ATE Sukabumi Divonis 1 Tahun Penjara

Tiga mantan pejabat Perumda ATE Kabupaten Sukabumi terbukti korupsi dana penyertaan modal, divonis 1 tahun bui.
Tiga mantan pejabat Perumda ATE Kabupaten Sukabumi terdakwa korupsi penyertaan modal saat mengikuti sidang putusan di PN Bandung. (Sumber : Istimewa)