Kader Muda FKDB Dibekali Pengetahuan Keagenan Melalui IT

Kamis 10 Januari 2019, 08:02 WIB

SUKABUMIUDATE.com - Kader muda Forum Komunikasi Doa Bangsa (FKDB) megikuti pelatihan Keagenan Express Loan di aula PBNU lantai 8 Jakarta, Rabu (9/1/2019).

Pelatihan tersebut diselenggarakan oleh tim Pokja PBNU dan diikuti oleh sekitar 100 peserta dari berbagai koperasi serta calon agen di daerah Jawa Barat (Jabar).

Tim Pokja Ekonomi PBNU yang juga Ketua PW HPN Jawa Barat, Andi Maryanto menjelaskan program pelatihan keagenan Express Loan Pegadaian ini, bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para ketua dan pengurus koperasi dan para calon agen.

"Dengan motivasi utama memperkenalkan sistem dan teknologi dalam penerapan dan pola operasional kegiatan yang berlaku di koperasi maupun keagenan," ujarnya.

Ketua HPN Jabar, Asep Syaripudin menambahkan keterlibatan para pengusaha Nahdliyin, koperasi dan para agen adalah dalam rangka untuk bisa lebih memahami perkembangan keagenan termasuk perkembangan penerapan teknologi IT pada pola keagenan atau chanelling kredit kreasi ultra mikro Pegadaian.

"Tim IT pegadaian pusat juga tadi memberikan  penjelasan dan pelatihan teknis pelaksanaan program aplikasi P4D pegadaian dalam memproses kredit kreasi ultra mikro mulai dari proses pengajuan - input data - cheking data - putusan - hingga proses penagihan atau collecting oleh agen atau pendamping dari  koperasi, yang  mana kesemua prosesnya sudah tersistem diaplikasi," terangnya.

BACA JUGA: Panen Perdana Meningkat 45 Persen, FKDB Penuhi Target Pemda Solok Sumatera Barat

Sementara itu, ketua umum FKDB sekaligus pembina YPPDB, Ayep Zaki mengaku keikutsertaan pengurus dan kader  FKDB beserta pengurus  koperasi yang dibinanya, tiada lain adalah guna memberikan dan meningkatkan pengetahuan akan seluk beluk penerapan teknologi informasi atau IT dengan berbagai macam aplikasi pada polarisasi penataan penyaluran serta pemberian kredit kreasi ultra mikro pegadaian, baik yang berpola chanelling maupun pola lainnya.

"Mudah-mudahan dengan keikutsertaan kader FKDB dan koperasi pada acara yang di selenggarakan oleh PBNU ini, selain menambah pengetahuan juga semakin menambah wawasan dan koneksi serta mitra kerja sama dengan berbagai unsur baik itu dari kalangan Nahdliyin maupun para agen atau pengusaha," singkatnya.

Follow Berita Sukabumi Update di Google News
Berita Terkini
Life29 April 2024, 22:45 WIB

6 Cara agar Anak Tidak Kecanduan Main HP Setiap Waktu, Ini Solusinya

Mencegah anak agar tidak kecanduan bermain HP sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Orang tua harus paham cara mencegahnya.
Ilustrasi. Cara mencegah anak tidak kecanduan main HP. | Sumber foto : Pexels/Liliana Drew
Sukabumi29 April 2024, 22:40 WIB

Rumah Rusak Terdampak Gempa Garut di Surade Sukabumi Akan Diperbaiki Swadaya

Pemerintah Kelurahan Surade, Sukabumi akan memperbaiki rumah semi permanen ukuran 6 x 4 meter, milik Maemunah (74 tahun) seorang jompo, warga Kampung Cibarehong RT 13 /13 yang mengalami rusak berat terdampak getaran gempa Garut
Kondisi rumah Maemunah Warga Kelurahan / Kecamatan Surade yang rusak terdampak gempa Garut | Foto : Ragil Gilang
Life29 April 2024, 22:19 WIB

Jangan Gunakan Ancaman Bund! Begini 9 Cara Mengatasi Perilaku Balita yang Agresif

Perilaku agresif adalah hal yang normal ketika balita belajar tentang pengendalian diri dan pengaturan emosi. Penting untuk memberikan respons yang tenang dan konsisten.
Ilustrasi mengatasi perilaku balita agresif / Sumber Foto: pexels.com/@Yan Krukau
Sukabumi Memilih29 April 2024, 22:17 WIB

Omesh Masuk Wacana Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi, Bagaimana dengan Yudha?

Aktor dan komedian Indonesia kelahiran Sukabumi, Ananda Omesh diakui masuk dalam wacana bursa Pilkada Sukabumi dari Partai Gerindra.
Ananda Omesh dan Yudha Sukmagara | Foto : Sukabumi update
Keuangan29 April 2024, 21:32 WIB

6 Cara Melatih Anak Pandai Mengelola Uang Sejak Dini, Ikuti Langkah Ini

Mengajarkan anak pandai mengelola uang sangat berguna untuk masa depannya. Hal ini membantunya dewasa dalam memili uang.
Ilustrasi. Cara mengajari anak mengelola uang. | Sumber foto : Pexels/cottonbro studio
Sehat29 April 2024, 21:00 WIB

Hidup Sehat Bebas Asam Urat: Rekomendasi Makanan Sehat dan Pantangan yang Perlu Diketahui

Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan.
Ilustrasi daging merah - Bagi penderita asam urat, ada sejumlah makanan yang dipantang dan beberapa diantaranya di rekomendasikan. (Sumber : pexels.com/@Eduardo Krajan)
Life29 April 2024, 20:53 WIB

Bisa Berasal Dari Kemarahan, Ini 3 Penyebab Agresi Pada Balita

Ingin tahu mengapa balita Anda begitu marah dan agresif? Pelajari lebih lanjut tentang agresi balita, dan kapan harus khawatir.
Ilustrasi agresi pada balita / Sumber Foto: Freepik/@stocking
Life29 April 2024, 20:48 WIB

6 Cara Mendidik Anak Agar Jadi Orang Disiplin Seumur Hidupnya

Melatih anak agar menjadi orang disiplin tentu sangat diidamkan semua orang tua. Oleh sebabnya, perlu dilakukan beberapa langkah mewujudkannya.
Ilustrasi. Cara melatih anak menjadi orang disiplin. | Sumber foto : Pexels/Gustavo Fring
Bola29 April 2024, 20:30 WIB

Link Live Streaming Timnas Indonesia vs Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024.
Timnas Indonesia hari ini akan menghadapi Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23 2024. (Sumber : Instagram/@jagad_stadium/Ist).
Sukabumi29 April 2024, 20:29 WIB

Dibiayai Donatur, Siswa MI Gelarsari Sukabumi Setiap Hari Dapat Makan Siang Gratis

Kepala Sekolah (Kepsek) MI Gelarsari, Solahhudin Sanusi mengatakan program makan siang gratis tersebut merupakan bantuan dari lembaga swasta Indonesia Food Security Review (IFSR) yang berlokasi di Jakarta.
Para siswa MI Gelarsari Bantargadung Sukabumi saat menikmati makan siang gratis program lembaga swasta | Foto : Ilyas Sanubari